traveloka pesan kereta ekonomi
Lifestyle,  Traveling

5 Kiat Nyaman Naik Kereta Ekonomi Jarak Jauh Bagi Solo Taveling

Sambil tergopoh-gopoh, saya mendorong koper yang beratnya melebihi berat badan ku sepanjang koridor stasiun Cirebon Kota. Agak panik dan terburu-buru karena sempat terjebak macet selama perjalanan menuju stasiun. Sementara 15 menit lagi, kereta menuju Surabaya akan tiba. Jadilah, saya terengah-engah memasuki stasiun. Beruntung, semua sudah saya persiapkan sebelumnya, mulai dari cek dan beli tiket KAI resmi disini. Kebayang dong, kalau semua serba manual, udah pasti ketinggalan kereta. Malah belum tentu saya bisa mendapatkan tiket kereta api menuju Surabaya.

Ini adalah pengalaman pertama saya naik kereta api jarak jauh. Biasanya paling jauh ya cuma ke Bandung dan Jakarta saja. Kali ini saya akan pergi ke Malang dan Surabaya. Awalnya ragu, apalagi tiket kereta yang tersisa hanya kereta ekonomi saja. Tapi karena teman saya dari Jakarta tidak mau naik pesawat, supaya hemat jadi kami memilih naik kereta api.

traveloka pesan kereta ekonomi

Perjalanan Cirebon-Surabaya dengan kereta ekonomi ternyata memakan waktu cukup lama, yaitu sekitar 12 jam. Meskipun ekonomi, suasana didalam kereta cukup nyaman, AC nya dingin dan bersih. Hanya saja kursi dan sandarannya standar. Nah, kali ini saya mau sharing pengalaman, gimana caranya supaya tetap nyaman naik kereta ekonomi jarak jauh bagi solo traveling, diantaranya:

  1. Pilih kursi dan gerbong yang nyaman

Saya pribadi lebih senang memilih kursi yang memiliki dua baris penumpang daripada tiga baris. Lebih leluasa, apalagi untuk keluar masuk kursi jika hendak ke toilet. Terlebih jika kita mendapatkan kursi dekat jendela. Bagi pemilik kaki jenjang akan sedikit kerepotan karena ruang dan jarak kaki yang sempit. Saya pun merasakan hal serupa, jadi mudah pegal karena kaki sulit diluruskan. Nah, biasanya kursi diujung memiliki ruang dan jarak lebih luas.

Sementara untuk gerbong, sebaiknya jangan memilih gerbong pertama sebab dekat dengan lokomotif. Kalau saya pribadi sih, agak kurang nyaman ya. Saya lebih suka memilih 2 gerbong dekat restorasi kereta.

  1. Bawa barang favoritmu

Suasana tetap menyenangkan kalau ada teman ngobrol, entah itu bareng teman atau keluarga. Tapi jika perjalannya lama, jaraknya jauh dan sendiri pula, saya sih menyarankan untuk membawa barang favorit. Entah itu menyiapkan playlist favorit, main game, bawa buku bacaan atau yang lainnya. Lumayan loh, bisa mengobati rasa bosan kita selama diperjalanan.

Karena disetiap tempat duduk kereta sudah tersedia colokan untuk charging handphone, jadi gak perlu khawatir kehabisan baterai. Yang gak pernah ketinggalan sih sambungan Letter T, antisipasi colokan di kereta terpakai semua.

Baca juga : Pengalaman Naik Rama Sakti Travel

  1. Bawa camilan, makanan dan uang tunai

12 jam itu lumayan lama loh, meskipun pagi sudah sarapan, perut pasti keroncongan lagi. Selain camilan, boleh juga loh membawa bekal makan berat selama baunya tidak mengganggu dan tidak menyengat. Misalnya bawa sambal terasi, duh bakalan semerbak banget dan bisa mengganggu orang lain ya, hihihi. Atau buat kalian yang gak mau ribet, bawa uang tunai aja yang cukup jadi bisa makan atau cemal-cemil di restorasi. Banyak juga kok varian menunya, mulai dari nasi, mie, cemilan hingga aneka minuman pun ada.

  1. Bawa bantal kecil atau bantal leher

Sebagai perempuan, saya memang termasuk orang yang PD membawa boneka saat bepergian. Bahkan sampai sekarang punya anak. Alasannya, lumayan buat dipakai bantalan leher atau pinggang. Sementara, buat kalian yang gak mau repot, membawa bantal leher sudah cukup membantu. Sebab kursi kereta ekonomi itu berbeda ya dengan kereta eksekutif, disini gak ada penyangga lehernya jadi biar kamu bisa tidur dengan nyaman, bisa menggunakan bantal leher.

  1. Pisahkan barang yang akan dibutuhkan selama di perjalanan

Terlihat sederhana tapi sangat membantu. Saya lebih suka mengemas pakaian berdasarkan kebutuhan harian, dbandingkan berdasarkan kategori. Jadi meminimalisir ada barang yang tertinggal. Misalnya untuk hari Senin, Selasa hingga 5 hari kedepan. Jadi kita bisa tau, berapa pakaian dalam, pakain dinas atau pakaian untuk tidur yang dibutuhkan. Nah, siapkan tas-tas kecil untuk memisahkan perintilan lainnya. Misal tas untuk perlengkapan mandi, tas elektronik mulai dari kamera, baterai, kabel charger, memory dan lainnya. Siapkan juga tas kecil selama diperjalanan, misalnya isi dompet, uang kecil, permen, charger handphone, headset dan perintilan yang biasanya dibutuhkan selama diperjalanan. Jadi, kita gak perlu bongkar isi tas saat membutuhkannya. Kalau saya sih, tambahin lipstick sama lotion travel pack, hihihi. Kalau kamu biasanya apa nih?

tips naik kereta ekonomi untuk solo traveling

Nah, itulah 5 kiat nyaman naik kereta ekonomi jarak jauh yang bisa membantu menghilangkan rasa bosan selama di perjalanan. Tak lupa, kenakan pakaian yang nyaman dan gak terlalu ribet, apalagi jika kalian membawa barang cukup banyak, misalnya tas, koper dan jinjingan lainnya. Jangan sampai pakaian yang kalian kenakan malag bikin gak betah dan ribet.

Baca juga : 3 Rekomendasi Hotel di Kuningan, Jawa Barat

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *