liburan hemat dengan transportasi kereta api
product review,  tips & trick,  Traveling

Ini Dia Solusi Perjalanan Anda, Transportasi Liburan Dengan Kereta Api

Untuk Buibuk yang ingin melakukan perjalanan untuk liburan, kamu bisa mencoba untuk menggunakan kereta api sebagai transportasi. Alat transportasi yang satu ini mampu menunjang perjalanan mu ke berbagai daerah dalam satu pulau. Sekarang kita tak perlu lagi repot untuk untuk liburan ke mana saja.

Semuanya bisa dipermudah dengan adanya berbagai aplikasi untuk pemesanan tiket. Selain bisa memesan, kita juga bisa lihat tiket PT KAI Indonesia sebelumnya.

Kita bisa melihatnya dengan langsung mengunjungi website atau langsung mendownload aplikasi. Salah satu agen perjalanan terkenal yang bisa membantu dalam melakukan perjalanan adalah Traveloka.

Bahkan, kita ngga harus datang ke stasiun terdekat untuk mengecek jadwal pemberangkatan dan tiket yang tersisa dari kereta yang menuju tempat tujuan. Lalu bagaimana caranya? Apa yang harus dilakukan? Nah, ikut cara berikut ini untuk mendapatkan informasi mengenai tiket PT KAI Indonesia.

liburan hemat dengan transportasi kereta api

1. Membuka aplikasi

Kamu bisa langsung membuka aplikasi Traveloka yang kamu miliki atau langsung membuka website resmi dari Traveloka.

2. Memilih Transportasi

Yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memilih transportasi. Klik pada bagian transportasi atau transportasi, kemudian pilih train atau kereta.

3. Masuk pada bagian pemesanan

Setelah selesai, kamu akan masuk pada bagian pemesanan tiket. Tak perlu khawatir, boleh kok sekedar cek harga atau hanya ingin melihat jadwal tiket saja.

4. Memilih tempat tujuan                                                                   

Setelah masuk pada bagian pemesanan tiket, lanjutkan dengan memilih lokas. Yang dimaksud lokasi adalah stasiun terdekat dari tempat tinggal mu. Setelah itu kamu pilih tempat tujuan dengan mencari stasiun setempat. Jika sudah selesai, kamu bisa langsung tekan enter atau cari tiket.

cara cek tiket kereta api di website kai

5. Melakukan pengecekan

Daftar harga, jenis kelas, dan jadwal keberangkatan dari kereta akan langsung muncul. Anda hanya perlu mencari kereta yang ingin kamu pilih.

Jika sudah menemukan jenis kereta yang cocok dan sudah menemukan tempat tujuan yang sesuai, Anda bisa langsung memesan tiket melalui Traveloka. Caranya cukup mudah dan hampir sama dengan cara yang kamu lakukan untuk mengecek jadwal. Namun ada hal yang menjadi pembeda dengan sebelumnya. Hal yang membedakan, ketika kamu ingin memesan tiket, kamu harus memiliki akun pribadi pada aplikasi yang terhubung dengan email yang kamu miliki. Hal ini berfungsi sebagai media untuk mengirim tiket elektronik (e-ticket). Inilah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pemesanan tiket.

  1. Buka aplikasi atau website dari Traveloka. Kemudian login bagi pengguna lama atau mendaftar bagi pengguna baru.
  2. Setelah masuk ke halaman depan, kamu hanya perlu menekan bagian transports, dan pilih transportasi yang ingin kamu gunakan (kali ini adalah kereta).
  3. Setelah itu kamu akan masuk pada bagian pemesanan. Pilih stasiun terdekat kemudian pilih stasiun tujuan.
  4. Berikutnya, pilih tanggal keberangkatan dan jumlah tiket yang kamu pesan. Ada dua jenis tiket yang disediakan. Tiket untuk orang dewasa, dan tiket untuk anak-anak di bawah 3 tahun. Setelah itu tekan cari tiket.
  5. Selanjutnya, pilih kelas kereta yang ingin kamu gunakan. Terdapat tiga jenis kelas business, ekonomi, dan eksekutif. Setiap kelas memiliki harga yang berbeda. Kamu hanya perlu memilih sesuai dengan budget yang kamu sediakan.
  6. Setelah selesai memilih, kamu diminta untuk mengisi biodata. Mulai dari nama, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan email aktif. Terdapat dua biodata yang diisi, yaitu biodata pemeran, dan biodata penumpang. Untuk biodata penumpang, kamu akan mengisi nama, jenis kelamin, identitas yang digunakan, dan nomor identitas. Jika kamu tidak hanya pergi sendiri, kamu juga harus mengisi biodata dari orang yang akan pergi bersama.
  7. Setelah mengisi identitas dengan benar, kamu bisa memilih gerbong kereta dan kursi yang diinginkan. Kamu bisa memilih untuk berdampingan dengan orang yang menemani perjalananmu.
  8. Kamu akan diminta untuk mengecek kembali biodata yang sudah diisikan dan jumlah kursi yang dipesan. Jika sudah benar, bisa lanjut ke pembayaran. Kamu bisa memilih untuk membayar melalui ATM, Bank Transfer, Kartu Kredit, atau Alfamart.
  9. Setelah selesai melakukan proses pembayaran,, tunggu untuk e-ticket mu dikirim.
  10. Setelah selesai, kamu bisa langsung pergi ke stasiun pilihanmu, kemudian menukarkan e-ticket yang kamu miliki kepada petugas.

cara pesan tiket kereta api di traveloka

Buibuk, yang mungkin saat itu kesulitan untuk mencari tiket, kini dimudahkan dengan adanya Traveloka. Booking tenang, travelingnya senang.

Baca juga : 5 Kiat Nyaman Naik Kereta Ekonomi Jarak Jauh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *