keunggulan pembersih kewanitaan andalan
health,  Lifestyle,  moms

Tips Aman Menggunakan Sabun Pembersih Kewanitaan, Andalan Feminine Care Wash

Siapa diantara Buibuk yang sering menggunakan sabun pembersih kewanitaan? Sesuai dengan namanya, sabun pembersih kewanitaan tidak dipakai di muka ya, dan sabun yang digunakan juga tidak bisa disamakan dengan sabun lainnya. Misal, supaya hemat lantas menggunakan sabun mandi. Wah, hati-hati ya Buibuk, karena kandungan pH nya sudah pasti berbeda.

Perlu ngga sih pakai sabun pembersih kewanitaan?

Perlu, namun bisa disesuaikan dengan kondisi dan aktifitas masing-masing. Kalau saya sih tetap menggunakan sabun pembersih kewanitaan namun terus terang, tidak setiap hari. Beberapa produk memang menganjurkan untuk digunakan 1-2 kali sehari. Tapi, bisa dilihat juga nih kondisi kita seperti apa. Misal, pekerjaan lagi banyak dan mobilitas tinggi, sudah pasti banyak gerak dan berkeringat, nah saat mandi sore biasanya saya pakai lah si pembersih kewanitaan itu. Atau menjelang, saat haid hingga setelah haid, saya juga menggunakannya hampir setiap hari. Sebab, biasanya pada 3 moment itu kondisi Miss V jadi lebih lembab, keputihan cenderung lebih banyak pula. Terutama saat haid, saya yakin banget deh semua perempuan merasakan hal yang sama.

Sementara untuk beberapa kondisi dimana saya lagi gak banyak aktifitas, cuma sleeping slonjor di rumah, cukup mengandalkan air hangat atau air bersih yang mengalir untuk membasuh vagina dari arah depan ke belakang.

pembersih kewanitaan cocok untuk wanita aktif

Apakah semua wanita bisa menggunakan sabun pembersih kewanitaan?

Saya ingat sekali, saat masa kehamilan sempat konsultasi dengan dokter kandungan soal kapan sih seorang wanita diperbolehkan menggunakan sabun pembersih kewanitaan. Ternyata usia remaja juga boleh, terutama yang sudah menstruasi ya. Sebab, sabun pembersih kewanitaan ini fungsinya untuk menjaga dan melindungi area genital.

Terlebih bagi wanita yang sudah berumah tangga dan melahirkan, merawat area intim itu penting sekali . Jadi, bisa dikatakan sabun pembersih kewanitaan ini sudah menjadi salah satu sahabat wanita, untuk remaja wanita aktif, juga wanita dewasa produktif.

Baca juga : Kenali Gejala Dehidrasi pada Orang Dewasa

 

Aman ngga sih menggunakan sabun pembersih kewanitaan dalam jangka panjang?

Saya juga sempat bimbang, beberapa media mengatakan, penggunaan sabun pembersih kewanitaan itu gak bagus. Tapi ada juga yang menganjurkan.

Jadi begini Buibuk, Vagina sebenarnya mampu membersihkan dan melindungi dirinya sendiri tanpa perlu dibantu. Subhanallah banget kan Tuhan menciptakan organ intim ini? Bahkan, keluarnya keputihan termasuk tanda kalau fungsi pembersihan vagina kita normal. Tapi tentu saja, keputihan biasa ya, tidak berwarna, tidak gatal dan tidak berbau.

Tapi sayangnya, kadang kita-nya yang bandel. Misal, malas mengganti pembalut saat haid, keliru memilih jenis celana dalam, memakai pakaian dan celana ketat, tidak disiplin saat buang air kecil, malas minum air putih, malas olahraga dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga beberapa dari kita memiliki problem dengan area genital tersebut. Oleh karena itu, bagian luar yang disebut Vulva tetap harus dibersihkan secara teratur agar pH nya tetap stabil dan terhindar dari bakteri serta jamur.

Langkah sederhananya ya membersihkan Miss V dengan bantuan sabun pembersih kewanitaan, bukan sabun mandi apalagi sabun cuci muka. Jika keluhannya berlanjut, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

manfaat pembersih kewanitaan

 

Lalu, apa saja kiat memilih produk pembersih kewanitaan?

Lanjut ya Buibuk, hasil konsultasi saya kemarin dari salah satu aplikasi konsultasi dokter secara online, kita bisa memilih produk atau sabun pembersih kewanitaan dengan syarat sebagai berikut:

  • Tidak mengandung parfume alias pewangi.
  • Tanpa pewarna.
  • Tidak mengandung pengawet.
  • Tanpa bahan kimia yang terlalu keras.
  • Perhatikan kandungannya.

Salah satu produk pembersih kewanitaan yang saya rekomendasikan yaitu miliknya Andalan, Andalan Feminine Care. Mereka mengeluarkan tiga varian diantaranya Andalan Fresh Intimate Wash, Andalan Revitalize Intimate Wash dan Andalan Natural White Intimate Wash.

keunggulan pembersih kewanitaan andalan

Alasan Memilih Andalan Feminine Care Wash

  1. Teruji Klinis

Seperti yang kita tau, sifat asam pada area Vagina sangat bagus untuk memelihara bakteri baik sebagai pelindung terjadinya risiko infeksi. Oleh sebab itu, saya memilih sabun pembersih kewanitaan dengan pH yang dianjurkan yaitu 3.4- 4.9 pH sehingga tetap menjaga keseimbangan bakteri baik dan level pH Miss V. Andalan Feminine Care Wash memilih kandungan pH yang seimbang dan telah lolos uji Gynecologically tested, Hypoallergenic & Dermatology tested. Terlebih Andalan Feminine Care Wash juga sudah lolos uji sertifikasi Halal sehingga lebih aman, nyaman dan tenang digunakan.

  1. Kandungan dan Bahan yang Digunakan Aman

Semua varian Andalan Feminine Care tidak mengandung alcohol, Parfume dan Paraben Free. Selain itu, Andalan Feminine Care juga megandung bahan alami seperti Aloe-vera, manjakani, chamomile dan sirih debagai anti bakteri. Kandungan Aloe Vera dan Chamomile pada Andalan Feminine Care Wash berfungsi untuk melembabkan dan menjaga kesegaran area Miss V. Yang pasti, saya akan menggunakan produk ini sebelum, saat dan setelah menstruasi untuk menjaga dan melindungi Miss V dari bau tak sedap.

  1. Mengandung Prebiotic, Sodium Lactate & Lactic Acid

Kandungan Lactic Acid berfungsi untuk membersihkan Vagina sekaligus membantu mempertahankan keseimbangan pH area genital. Disempurnakan juga dengan Prebiotic didalamnya sebagai proteksi dari serangan bakteri dan jamur.

sabun pembersih kewanitaan yang aman

 

Kandungan

Prebiotics, Sodium Lactate dan Lactic Acid, Milk Extract, Manjakani, Sirih sebagai antibakteri alami, Aloe Vera dan Chamomile.

 

Kesimpulan

Sejauh ini, saya suka dengan manfaat Andalan Feminine Care. Terlebih kemasannya juga handy and travel friendly. Tutup Fliptop pada kemasan menjaga cairan didalamnya tidak mudah tumpah. Apalagi Andalan Feminine Care Wash juga mudah didapatkan dengan harga ekonomis, yaitu sekitar Rp 15.000,- kemasan 60 ml.

Semoga informasi diatas membantu ya Buibuk. Jika kurang mencerahkan, bisa loh mengunjungi https://andalanfemininecare.com untuk informasi lebih lengkap soal tips dan fakta merawat area genital.

Baca juga : Kiat Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

rahasia vagina sehat dan kesat

24 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *