tips liburan keluarga
Family,  Lifestyle,  Traveling

3 Rekomendasi Hotel Nyaman di Kuningan Jawa Barat

Hotel nyaman di Kuningan Jawa Barat – Liburan keluarga merupakan agenda yang harus direncakan jauh-jauh hari. Selain membawa banyak orang, tentu saja liburan keluarga akan membutuhkan banyak biaya. Oleh sebab itu, rencana liburan keluarga ini bisa dimulai dengan budgeting hingga membuat itinerary.

Sejak awal tahun 2019, saya sudah mulai mencari waktu berlibur bersama keluarga. Dan, kami putuskan akan berlibur sekalian mudik lebaran Idul Fitri sebab setelah lebaran tak ada lagi tanggal merah berpihak pada kami. Ya, memang ada tanggal merah tapi jatuhnya rata-rata diakhir pekan jadi gak ada deh istilah long weekend sampai akhir tahun nanti.

Destinasi liburan kami yaitu ke kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasinya tak jauh dari Kota Cirebon. Meski begitu, suasana Kuningan dengan Cirebon sangat jauh berbeda. Cirebon dikenal dengan panasnya sebab berada di bibir pantai utara. Sementara orang dari kota akan berbondong-bondong ke Kuningan karena suasana yang asri dan sejuk sebab berada di kaki gunung Ciremai. Di Kuningan, kita akan menemukan suasana desa yang tenang, rindang, hijau, pokoknya betah banget deh liburan disana.

tips liburan keluarga

Karena lokasinya di pegunungan, destinasi wisatanya pun didominasi oleh wisata alam seperti outbond, kolam renang, wisata kebun dan curug atau air terjun. Tapi dijamin deh, kalian akan dibuat jatuh cinta dengan semua tempat wisata di Kuningan Jawa Barat. Tempat favorit kami yaitu Palutungan. Letaknya ada didataran tinggi gunung ciremai sehingga untuk bisa kesana kami harus melewati medan yang cukup curam. Meski was-was takut mundur lagi, kamu sangat puas sebab sepanjang jalan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Kami bisa melihat daerah Kuningan dan sekitarnya dari ketinggian. Tak perlu pakai AC, buka saja kaca mobilnya dan rasakan udara yang segar dan asri. Disana kita bisa bermain outbond, berkebun, memetik tanaman strawberi, mandi di air terjun, berkemah hingga menikmati makanan khas sunda di salah satu resto disana.

Selain itu, liburan disini juga terbilang ekonomis ya. Mulai dari tiket masuk wisata hingga biaya makannya masih sangat terjangkau. Apalagi jika kalian mencoba makanan yang di warung atau gubuk, makan kenyang sekeluarga tetap tenang sebab masih terhitung low budget. Soal rasa gak perlu khawatir, makanan khas sunda dikenal kelezatannya, apalagi yang doyan pedas!

Nah, kemarin kami diajak makan dipinggir sawah, namanya nasi kasreng. Bukan resto atau rumah makan ya. Ini beneran warung kecil, tempat duduknya pun hanya cukup untuk 10-15 orang saja. Tapi warung kasreng ini gak pernah sepi lho. Dan mereka tetap bisa menikmati nasi kasreng ditepi sawah. Jadi, menunya seperti prasmanan, kita pilih dan ambil sendiri, bayar lalu bebas deh mau makan dimana. Asal jaga kebersihan ya! Cara makannya pun unik, disajikan diatas piring anyaman bambu yang dilapisi daun pisang. Menunya pun sangat sederhana. Cukuplah nasi, ikan nila goreng, tempe, tahun, teri medan, sambal dan lalapan. Minumnya teh tawar hangat, Alhamdulilah nikmat sekali.

Untuk pusat belanja oleh-oleh khas Kuningan juga sekarang semakin banyak. Mulai dari yang warung kecil hingga toko besar dan modern. Liburan di Kuningan belum lengkap kalau balik Jakarta tanpa peuyeum ketan atau tape uli. Rasanya yang manis legit paling enak dinikmati dengan kopi hitam pahit. Makin lama tape uli disimpan, dia akan menghasilkan air tape yang banyak, teksturnya semakin lembut dan rasanya pun semakin manis. Hati-hati, jangan terlalu banyak juga ya makan tape uli, bisa blenger nanti.

Berikutnya yaitu soal penginapan. Kalian gak perlu khawatir, banyak pilihan hotel nyaman di Kuningan. Kalian bisa memilih sewa rumah warga, homestay, Villa, Guest House hingga hotel berkelas. Sesuaikan dengan budget dan anggota keluarga ya. Kalau bawa anak-anak, sepertinya kurang nyaman jika tempat menginapnya sempit. Nah, berikut ini 3 hotel nyaman di Kuningan Jawa Barat yang saya rekomendasikan untuk liburan bersama keluarga. Pertimbangannya mulai dari lokasi hotel yang nyaman dan mudah dijangkau, suasana hotel menyenangkan, kebersihan dan fasilitas didalamnya.

1. Grand Purnama by Cordela Hotel

Letaknya berada dipusat Kabupaten Kuningan. Grand Purnama hadir dengan konsep hotel yang modern serta memiliki fasilitas yang lengkap seperti restoran, kolam berenang, area parkir yang cukup luas serta wifi.

Suasana hotelnya nyaman dan bersih sebab bangunannya memang masih baru. Selain itu, kita bisa menikmati suasana taman kota Kuningan di malam hari tanpa repot bawa kendaraan. Kalian bisa jalan kaki atau naik delman sebab jaraknya yang dekat. Apalagi sepanjang jalan Siliwangi, tepatnya depan Grand Purnama tidak pernah sepi pedagang makanan. Buat kalian yang mau hunting jajanan tradisional khas Kuningan, cocok banget! Kalian bisa mampir ke warung hucap Mak Iroh yang legendaris. Hucap atau dikenal juga ketupat tahu disajikan dengan bumbu kacang, taburan bawang goreng dan kerupuk bisa jadi menu makan malam disana. Grand Purnama by Cordela Hotel berlokasi di Jalan Siliwangi No. 91 Kec. Kuningan, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia, 45511.

grand purnama hotel kuningan
by Grand Purnama
kamar hotel grand purnama
by Grand Purnama

2. Grage Sangkan Hotel Spa

Grage Sangkan termasuk hotel yang sudah lama dan dikenal oleh banyak wisatawan. Hotel ini juga sering digunakan untuk acara dan pertemuan karena lokasinya yang strategis yakni dekat dengan kota Cirebon dan tempat pariwisata Kuningan.

Grage Sangkan Hotel Spa cocok banget untuk family trip sebab lahannya cukup luas untuk bermain anak-anak. Terdapat kolam renang indoor dan outdoor lengkap dengan fasilitas bermainnya, lapangan sepak bola anak-anak, spa serta suasana yang tenang dan sejuk. Area parkirnya luas, hotelnya juga bersih. Meski udara disana dingin namun pihak hotel tetap menyediakan AC. Tapi buat saya yang kedinginan, berendam air hangat jadi pilihan. Jangan lupa untuk menyempatkan olahraga pagi sebab suasana olahraga disana beda banget. Udaranya yang masih segar dan bersih membuat pikiran jadi lebih relaks dan tenang.

kamar grage sangkan hotel
by GSH

Hotel ini berada dibarisan hotel dan pemandian air panas alami lho. Jadi meski malam hari, jalanan cukup ramai oleh para wisatawan yang akan berendam air panas di area pemandian Sangkanhurip. Kolam pemandian air panas alami ini buka hingga jam 12 malam. Saya sempat bertemu dengan sekelompok anak-anak muda yang baru selesai futsal jam 11 malam dan hendak berendam disana. Luar biasa!!!

hotel grage sangkan spa kuningan jawa barat
by GSH

Kalau kalian ingin mengunjungi tempat wisata di Cirebon juga, menginap di Grage Sangkan Hotel Spa bisa jadi pilihan sebab lokasinya tak terlalu jauh. Selain itu, banyak restoran ternama didekat area hotel yang bisa kita kunjungi. Grage Sangkan Hotel Spa berlokasi di Jl. Raya Sangkanhurip No. 1 Kuningan , Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, 45556.

grage sangkan kolam renang
by GSH

3. Horison Tirta Sanita Kuningan

Seperti yang saya bilang, sepanjang jalan Sangkanhurip memang banyak ditemukan hotel. Salah satunya yaitu Hotel Horison Tirta Sanita Kuningan. Saya dibuat jatuh cinta dengan pemandangan yang disajikan disana. Bangun tidur yang biasa dihadapkan dengan suasana kota Jakarta yang macet, ini beda banget, yang dilihat pertama kali gunung ciremai lengkap dengan awan dan langitnya yang biru bersih.

Untuk fasilitas sama dengan hotel lainnya, seperti kolam renang lengkap dengan wahana bermain anak-anak, wifi, AC, menu sarapan sehat dan halaman hotel yang rindang dan hijau. Rasanya saya tak ingin bergegas balik ke Jakarta sebab suasananya yang benar-benar nyaman dan tenang.

kamar hotel tirta sanita kuningan
by Horison
kolam renang tirta sanita
by Horison

Setelah lelah seharian keliling Kuningan, kalian bisa juga mencoba spa atau massage dan sauna. Dijamin fresh dan relaks banget. Apalagi air panas yang digunakan juga alami, dialirkan langsung dari gunung ciremai, jadi kandungan sulfurnya masih murni. Jadi sekalian bisa digunakan untuk terapi, yang punya asam urat, reumatik, pegal dan encok, cobain deh berendam air panas sulfur alami di Hotel Tirta Sanita.

horison tirta sanita hotel
by Horison

So, itulah Moms 3 hotel nyaman di Kuningan yang saya rekomendasikan untuk kalian yang akan berlibur bersama keluarga disini. Sebaiknya kalian booking jauh-jauh hari sebab biasanya full booked bahkan 2 minggu sebelum hari H. Atau sebagai alternatif kalian juga bisa mencari daftar hotel di Kuningan Jawa Barat dengan fasilitas dan budget yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat and have a good family trip!

27 Comments

  • Nefertite Fatriyanti

    Wah ternyata hampir tak kalah dengan Cirebon ya kualitas hotelnya, sudah seramai apa Kuningan sekarang? Mungkin mendekati kota metropolis ya.
    Aku suka kangen Kuningan, dulu pernah beberapa waktu di sana, hawa dinginnya waktu itu masih menggigit, bagaimana sekarang?

    • Siska Dwyta

      Belum pernah ke Kuningan, injak Bandung aja belum pernah hehe tapi kalau suatu hari bisa ke sana pastinya nggak bingung lagi mau pilih2 hotel yang rekomended. Btw hotel yang Mbak rekomendasikan di atas boleh juga, bagus-bagus pula. Pastinya nyaman ditempati selama liburan

    • Okti Li

      Iya nih sesekali ke Ciremai turunnya bisa santai menginap di hotel yang nyaman ya. Memulihkan stamina
      Biasanya selama ini turun dari Ciremai kami menginap di basecamp, hehehe…
      List hotelnya saya saved. Ke Ciremai selanjutnya mau coba staycation setelahnya hehehe

  • Ay

    Pengen ajak anak anak ke Grage Sangkan nih ajakin anak anak. Biasanya kalau nginep di hotel karena tugas dinas tapi belum pernah yang pergi nginep liburan sekeluarga. Makasih referensi-nya kak jadi bisa siapin segala sesuatunya kalau jadi staycation

  • Helena

    nasi kasreng khas Kuningan ini menarik. Sederhana tapi bikin kangen ya apalagi makan beralas daun pisang. Duh enaknya pakai nasi hangat dan sambal.

  • Lidya

    Aku ada rencana pingin jalan-jalan ke Cirebon, pas banget ada rekomendasi hotelnya nih di postinganya. Kolam renang Horison Tirta besar banget ya pasti anak=anak suka nih nginep di sini

  • Ida

    Belum sempat nyampe Kuningan nih…baru sampe Cirebon dan Indramayu doang ga tahu ttg Kuningan ternyata sejuk ya..jd penasaran jg sama nasi kasreng nya nih.

    • Rahmah

      Diantara semua hotel yang ada di atas, kayaknya pilihan saya jatuh ke Horison
      Soalnya ada kolam renang yang mumpuni dan cantik buat main air si kecil

  • Hidayah Sulistyowati

    Waahhh jadi nostalgia nih, aku pernah nginap di Sangkan Hotel Spa karena mau kondangan di Cirebon. Kamarnya nyaman banget jadi mager. Padahal aku pengen berendam di air panas, jadi cuma anak-anak dan suami. Aku malah tidur karena capek di perjalanan

  • April Hamsa

    Belum pernah ke area Kuningan atau Cirebon sih hehe. Pengen juga ke sana. Wah di san ada pemandian air panas yang bisa dikunjungi ya? Suka bingung solanya kalau liburan ke sana perginya ke mana 😀
    Btw tengkyu informasi dan rekomendasi hotelnya

  • lendyagasshi

    Perasaan aku aja apa yaa..kalau nama-nama lokasi di Cirebon, Kuningan, itu biasanya ada “Tirta”nya.
    Hehhee…

    Aku dulu pernah 3 tahun di Cirebon, jadi pernah beberapa kali ke Kuningan.
    Hanya memang ga nginep.
    Ada hotel cantik-cantik begini yaa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *