Lifestyle

Sukseskan Asian Games, PT Jaya Ancol Siapkan Rangkaian Ancol Asian Festival 2018

Asian Games, ajang kompetisi Olahraga besar untuk para atlet wilayah Asia sudah mulai terasa euporia-nya. Tak hanya di kota besar, semangat menyambut Asian Games ini terasa hingga ke polosok daerah di Indonesia. Bahkan di kampung halaman pun, saya menemukan banyak spanduk dan banner dipasang hampir di setiap gedung dan tempat umum seperti super market, tempat wisata, rumah sakit bahkan di kantor kepala desa setempat.

Apalagi tahun ini, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Hal tersebut menjadi prestasi sekaligus PR bagi banyak pihak terutama pemerintah DKI Jakarta dan Palembang, tempat Asian Games 2018 digelar.

Asian Games, Ancol Asian Festival, Jakarta dan Palembang, tuan rumah Asian Games, Sandiaga Uno, INASGOC, Tempo Media, Taman Impian Jaya Ancol

 

Ancol sebagai salah satu tempat di Jakarta yang digunakan untuk perhelatan olahraga jetski dan layar turut mempersiapkan diri menyambut para atlet dan wisatawan dari negara lain. Oleh sebab itu, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk bersama PT Tempo Inti Media bekerjasama untuk menyelenggarakan acara Ngobrol@Tempo. Ngobrol@Tempo merupakan kegiatan ruang diskusi, berkumpul untuk membahasa suatu topik yang solutif dan produktif. Dan, kali ini tema yang diangkat yakni “Kesiapan Jakarta Menyambut Asian Games” yang digelar di Candi Bentar Hall, Putri Duyung Ancol, Jakarta Utara.

TENTANG ASIAN GAMES 2018

Ini informasi singkat tentang Asian Games 2018 yang wajib diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia. Untuk kali keduanya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, setelah Asian Games IV pada tahun 1962. Skala Asian Games kali ini cukup besar yaitu ada 45 negara partisipan dengan lebih dari 30.000 atlet yang akan berlaga di 44 cabang olahraga. Luar biasa bukan? Itulah kenapa kesuksesan Asian Games ini perlu didukung oleh semua lapisan masyarakat Indonesia. Tinggal menghitung hari menuju Opening Asian Games yaitu tanggal 18 Agustus dan kompetisi ini berlangsung hingga 2 September 2018 mendatang.

Asian Games, Ancol Asian Festival, Jakarta dan Palembang, tuan rumah Asian Games, Sandiaga Uno, INASGOC, Tempo Media, Taman Impian Jaya Ancol

 

NGOBROL@TEMPO “KESIAPAN JAKARTA MENYAMBUT ASIAN GAMES 2018”

Acara diskusi yang dihadiri oleh banyak kalangan mulai dari media, blogger, komunitas hingga penggiat olahraga berkumpul untuk menyampaikan aspirasi mereka. Beberapa narasumber pun diundang, seperti:

  • Wakil Gubernur DKI Jakarta, Bapak Sandiaga Uno.
  • Wakil Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Bapak Teuku Sahir Syahali.
  • Perwakilan INASGOC, Bapak Buldansyah.
  • Pemimpin Redaksi Koran Tempo, Bapak Budy Setyarso.

Acara dibuka dengan pertunjukan tari tradisional Betawi dan atraksi sepeda BMX yang disambut tepuk tangan meriah dari tamu undangan. Dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol yakni Bapak Teuku Sahir Syahali. Beliau menjelaskan bagaiman Jaya Ancol mempersiapkan diri menyambut Asian Games, khususnya kompetisi Cabang Olahraga Layar dan Jetski yang akan digelar di sepanjang pantai Ancol. Untuk menyambut kedatangan para atlet serta tamu lainnya dari dalam dan luar negeri, Jaya Ancol kian meningkatkan fasilitas umum seperti tempat parkir dan keamanannya. Tak hanya kesiapan sarana dan prasarana, Jaya Ancol juga menggelar suatu rangkaian acara bertajuk Ancol Asian Festival 2018. Adapun rangkaian acara tersebut yaitu beragam atraksi, hiburan dan festival bernuansa Asia mulai bulan Juni hingga Agustus 2018.

Asian Games, Ancol Asian Festival, Jakarta dan Palembang, tuan rumah Asian Games, Sandiaga Uno, INASGOC, Tempo Media, Taman Impian Jaya Ancol

Berikutnya yaitu sambutan dari Bapak Sandiaga Uno yang akrab disapa bang sandi sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Beliau mengajak seluruh media termasuk Blogger dan Komunitas untuk bersama-sama menyukseskan Asian Games. Masyarakat Indonesia diharapkan dapat menjadi tuan rumah yang ramah, aman dan nyaman bagi para atlet dan tamu yang datang dari luar negeri. Selain itu, Bang Sandi juga menyampaikan beberapa upaya yang dilakukan pemerintah DKI Jakarta dalam menyambut Asian Games, seperti:

  • Memperketat status keamanan kota Jakarta dari kriminalitas seperti geng motor, begal dan lainnya.
  • Memperbaiki sarana dan prasarana seperti venue Asian Games, jalan raya, transportasi, pedestrian hingga fasilitas umum lainnya.
  • Perluasan Ganjil Genap untuk mencegah kemacetan.
  • Menyiapkan Shuttle Bus untuk mengangkut massa yang hendak mengunjungi venue-venue Asian Games.
  • Menghimbau masyarakat Jakarta untuk menggunakan transportasi umum guna mengurangi polusi dan pencemaran udara yang membuat para atlet tidak nyaman.

Selanjutnya, sambutan dari perwakilan INASGOC yakni Bapak Buldansyah salah satu pihak yang turut bertanggung jawab atas kelancaran Asian Games. Diakuinya bahwa memang waktu yang diberikan untuk persiapan sebuah ajang olahraga besar sekelas Asian Games ini terlalu mepet, sehingga mereka cukup kerepotan mengurus segala sesuatunya. Apalagi digelar di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Meski begitu, pihak INASGOC dan Pemerintah DKI Jakarta terus berjibaku untuk mempersiapkan dengan maksimal.

Asian Games, Ancol Asian Festival, Jakarta dan Palembang, tuan rumah Asian Games, Sandiaga Uno, INASGOC, Tempo Media, Taman Impian Jaya Ancol

Baca juga : Begini Caranya MRT Bekerja Bersama #Ubahjakarta Dari Kemacetan


ANCOL ASIAN FESTIVAL 2018

Seperti yang sudah disinggung diatas, Jaya Ancol menggelar rangkaian acara bertajuk Ancol Asian Festival 2018 yang mulai sejak Juni lalu hingga Agustus 2018. Ada apa saja ya kira-kira? Let’s srcoll down dear.

1. Ancol Kampung Betawi di Pasar Seni

Yang rindu dengan suasana Jakarta tempo dulu, bisa datang ke Ancol Kampung Betawi. Disini, kamu bisa mengenal Betawi lebih dalam karena ada banyak pertunjukan yang kental unsur budayanya seperti penampilan para seniman Betawi, makanan khas Betawi hingga pameran nama dan tempat bersejarah ditampilkan di Wall of Frame. Biasanya setiap akhir pekan, ada Talkshow juga loh dan kamu juga bisa berfoto ria bersama keluarga atau teman di booth ala Betawi.

 

2. Asia Lantern Festival di Pantai Festival Ancol

Rehat sejenak sambil minum kopi di The First Coffee and Tea Beach Festival Danau Monumen ancol kayaknya seru juga ya. Apalagi sambil menikmati lampion berbentuk landmark dan karakter khas berbagai negara Asia. Penasaran? Datang aja langsung ke Ancol tanggal 4 Agustus- 2 September 2018.

Asian Games, Ancol Asian Festival, Jakarta dan Palembang, tuan rumah Asian Games, Sandiaga Uno, INASGOC, Tempo Media, Taman Impian Jaya Ancol

 

3. Ancol Aquathlon di Pantai Lagoon

Catat tanggalnya ya, 12 Agustus 2018 akan ada lomba Fun Aquathlon (renang-lari) dengan titik start dan finish di Pantai Lagoon. Fun Aquathlon digelar dalam rangka memeriahkan perhelatan Asian Games 2018. Terbuka untuk umum lho.

 

4. Ancol Kemerdekaan Festival di Pantai Carnaval

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indnesia yang ke-73 sekaligus menutup rangkaian acara Ancol Asian Festival, Jaya Ancol menyelenggarakan berbagai lomba seperti panjat pinang dengan 188 batang pohon. Pastinya akan ada banyak hadiah yang bisa dibawa pulang para peserta lomba. Acara ini juga akan disiarkan LIVE oleh stasiun Televisi Nasional.

Asian Games, Ancol Asian Festival, Jakarta dan Palembang, tuan rumah Asian Games, Sandiaga Uno, INASGOC, Tempo Media, Taman Impian Jaya Ancol

Asian Games 2018 sudah didepan mata, kontribusi apa yang sudah kamu berikan untuk mendukung para atlet Indonesia? Yuk, kirimkan doa dan support untuk mereka. Menjadi tuan rumah yang ramah, senantiasa menjaga keamanan dan kenyamanan bagi para tamu yang berbondong-bondong datang ke Indonesia. Yakin, Indonesia BISA!

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *