health,  Lifestyle,  product review,  tips & trick,  Traveling

Tips Healthy Traveling Bersama Si Kecil

Siapa diantara Moms yang suka banget traveling? Toss dulu kalo gitu. Kalo udah hobby memang susah ya Moms, meskipun punya baby tapi kayanya naluri untuk nge’trip itu selalu melekat dan nagih. Meski tidak sesering masih lajang namun saat ini saya masih melanjutkan hobby saya yang satu ini. Ya, memang gak jauh-jauh masih dalam negeri karena traveling with infant or toddler itu banyak banget yang harus disiapkan dengan matang. Mulai dari alat transportasi, lama perjalanan, penginapan, listing destinasi wisata hingga makanan si kecil itu harus sudah terencana dengan matang. Why? Agar perjalanan kita jadi moment yang menyenangkan dan berkesan dong pastinya. Gak mau kan, si kecil jadi cranky karena lapar atau bahkan salah makan.

Bicara soal makanan saat traveling bersama si kecil, Moms termasuk tipikal orangtua yang concern dengan menu makanan gak sih? Atau justru bebas makan sepuasnya atau bahkan seketemunya? Wah, kalau jawabannya seperti itu, kayanya Moms harus membaca informasi dibawah ini deh soal pentingnya mengonsumsi makanan sehat (real food) saat traveling. Karena ternyata, hal tersebut memengaruhi kebugaran saat dan setelah melakukan perjalanan.

.
Cosmos Gathering

Rabu lalu (29/8) saya dan Moms Blogger lainnya menghadiri Cosmos Gathering. Acara ini bertajuk “TRAVEL HACKS WITH COSMOS MINI RICE COOKER” bertempat di Soeruni Restaurant, Lippo Mall Puri, Jakarta Barat. Disini para Moms Blogger diberikan edukasi tentang tips menyiapkan makanan sehat dan lezat saat traveling ala Cosmos. Ada dua narasumber yang dihadir yakni seorang nutritionist, Ibu Pafitri, SKM, RD dan Mom Chef Selebgram, Kushandari Arfanidewi (@kelincitertidur). Para Moms blogger juga diajak praktek langsung saat Cooking demo healthy Real Food for traveling yaitu memasak nasi kuning yang dipandu langsung oleh Mom Chef kita.

Ibu Pafitri, SKM, RD
Cooking Demo, Memasak nasi kuning menggunakan Cosmos CRJ1031

.
How to Eat Real Food While Traveling

Ibu Pafitri mengatakan bahwa sebagian besar traveler ternyata sering mengabaikan kondisi tubuh selama traveling loh. Gak heran makanya kenapa kita sering kali mudah lelah bahkan stress saat liburan. Beliau menjelaskan bahwa 10-30% traveler mengalami gangguan intestinal seperti diare, perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya disebabkan karena mengabaikan makanan yang dikonsumsi saat traveling.

You are what you eat. Setuju banget! Traveling atau tidak sebenarnya pemenuhan gizi ini sangat penting. Apalagi saat taveling dimana aktifitas pasti lebih padat, mobilitas tinggi dan jam tidur cenderung berkurang, lebih membutuhkan energi dan nutrisi tinggi yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi.

Jadi, apa aja sih yang harus dilakukan agar kita tetap fit dan sehat saat traveling? Jawabannya yaitu tetap harus mengonsumsi makanan segar dan melakukan beberapa hal sebelum dan saat traveling. Yuk, simak informasi lengkapnya dibawah ini:

Persiapan Sebelum Traveling

  • Membuat keputusan untuk makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama traveling.
  • Rencanakan jenis makanan apa yang akan dibawa dan berapa banyak yang akan dibutuhkan.
  • Fasilitas dan alat masak praktis.
  • Berbelanjalah sesuai kebutuhan.

.

5 Hal Yang Harus Dilakukan Selama Traveling

  • Perhatikan Hygiene dan sanitasi makanan serta miuman yang dikonsumsi.
  • Makan sesuai pola kebiasaan rutin.
  • Untuk menghindari “Jet Lag”, siapkan makanan di pesawat. Hindari mengonsumsi garam berlebihan.
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh.
  • Makan sering tapi dalam jumlah yang sedikit.
  • Siapkan penanganan saat muncul gastroenteritis dan diare.

.

Pemenuhan Gizi Selama Traveling

Moms, gak sedikit para traveler yang mengalami kegemukan setelah melakukan perjalanan, baik perjalanan bisnis maupun liburan. Hal tersebut disebabkan oleh pola makan yang sembarangan dan mengonsumsi jenis makanan apapun. Alhasil lemak tubuh jadi meningkat. Gak mau dong ya dibilang gendut? So, pastikan Moms tetap mengonsumsi makanan segar dan sehat selama traveling. Nah, berikut ini adalah manfaat pemenuhan gizi selama traveling menurut Ibu Pafitri, diantaranya:

  • Mempertahankan simpanan glikogen.
  • Mempertahankan hidrasi tubuh.
  • Menjaga kebugaran tubuh.
  • Mencegah stress selama perjalanan.
  • Selalu siap melakukan aktifitas.

.

Jenis Makanan Segar yang Bisa Dibawa Saat Traveling Bersama Si Kecil

Moms, untuk menjaga makanan tetap segar, sebaiknya simpan makanan dalam wadah plastik yang kedap udara dan tidak mudah tumpah. Selain itu, gunakan juga wadah atau plastik yang food grade dan BPA Free. Beberapa contoh real food atau makanan segar yang bisa dibawa saat traveling seperti wortel, brokoli, telur rebus tidak dikupas, kentang manis panggang, potongan daging, ikan dan ayam yang sudah direbus serta salada siap pakai. Sementara untuk perjalanan jauh dan cukup lama, Moms bisa menyiasatinya dengan membawa bekal makanan kering yang tahan lama seperti dendeng, abon, kacang-kacangan, biskuit rendah kalori (crackers), buah kering dna buah segar.

Baca juga : Cara Memasak Ketupat Lebaran dengan Rice Cooker

.

Prinsip Pola Makan Sehat dan Seimbang Saat Traveling

  • Jangan tinggalkan pola dan jadwal makan sehat seperti biasanya.
  • Tetap makan 3 kali sehari (pagi, siang dan malam).
  • Perbanyak konsumsi ikan dan sumber protein lainnya.
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh.
  • Membawa bekal dan camilan sehat.
  • Batasi mengonsumsi makanan fast food, jajanan dan snack manis, asin dan berlemak.
  • Biasakan makan sering dalam jumlah kecil.

 

Nah, dari sekian banyak informasi yang disampaikan oleh Ibu Pafitri, masalahnya cuma satu yaitu kita seringkali gak mau “ribet”. Ya gak sih? kebayang dong, membawa bekal real food udah tapi masak di tempat tujuan nanti gimana? Bawa kompor sama panci? Bisa sih, makan di restaurant yang menyediakan menu sehat, kalau dihitung sehari 3X makan, bisa over budgeting liburan kita. Untungnya ada Cosmos yang menjawab keresahan ibu-ibu seperti kita yang mau traveling sehat tapi tetap hemat. Jadi, ada produk terbaru dari Cosmos yang fortable alias mudah dibawa bepergian loh. Ukurannya mini, hemat listrik dan multifungsi. Penasaran? Yuk, kenalan dengan si kecil mungil yang canggih banget ini. Keep reading on my blog ya Moms…


Tentang Cosmos

Cosmos merupakan salah satu merk elektronik rumah tangga asli Indonesia. Sebagai inovator dan pelopor dalam indsutri perlengkapan rumah tangga, Cosmos disebut sebagai Local Brand with Global Quality yang membuatnya selalu menghadirkan produk dengan teknologi dan kualitas berstandar tinggi.

Ibu Retno selaku GM Marketing Cosmos menyebutkan bahwa Cosmos termasuk dalam kategori home appliances yang memiliki pilihan produk lengkap. Hal tersebut dibuktikan dengan produknya yang dapat ditemukan hampir di setiap rumah ya Moms.

Cosmos dibawah naungan PT. Star Cosmos didirikan oleh bapak. Ir. Alam Surjaputra. Selama 42 tahun Cosmos konsisten melahirkan banyak produk berkualitas sehingga tak heran jika Cosmos meraih banyak penghargaan seperti Indonesia Good Design dan Top Brand Awards sejak tahun 2003 hingga sekarang. Kini, untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia, Cosmos meluncurkan produk terbarunya yakni mini digital rice cooker seri CRJ 1031.

.

Varian Produk Cosmos 

Moms, ada 11 jenis kitchen appliances yang dikeluarkan oleh Cosmos diantaranya Rice Cooker, Rice Container, Blender, Juicer, Mixer, Oven, Coffee Maker, Kettle, Kompor Gas & Induksi serta Cookware. Dan ada 4 jenis home appliancess dari Cosmos diantaranya kipas angin, setrika standar SNI, air cooler dan water dispanser.

.

New!!! Cosmos Mini Digitial Rice Cooker CRJ 1031

Sedikit sharing pengalaman saya. Sebelumnya saya sudah menggunakan rice cooker Cosmos. Dan seri Favorit saya yaitu Cosmos CRJ 101 berkapasitas 1 liter. Produk ini sudah menemani saya sejak 5 tahun yang lalu, saat saya masih kuliah dan ngekos. Bahkan hingga sekarang, Alhamdulilah masih bagus dan bekerja dengan sangat baik, gak pernah ada keluhan apalagi service karena rusak. Selain itu, produk ini juga membantu meringankan beban saya saat masa MPASI Nafeesa. Awalnya saya masak manual, tapi sebagai working Mom, saya cukup repot dan makan waktu, harus bangun subuh untuk masak MPASI sebelum ngantor. Finally, I got the solution, masak MPASI dengan rice cooker Cosmos CRJ101. Cara masaknya mudah dan praktis banget. Tinggal masukan beras dan semua bahan-bahan, tekan tombol cook dan bisa ditinggal mengerjakan pekerjaan rumah yang lain.

Oleh sebab itu, saya seneng banget saat mengetahui ada produk rice cooker Cosmos terbaru dan sesuai dengan kebutuhan saya. Berawal dari kerepotan saya saat menyajikan makanan untuk Nafeesa saat traveling, produk rice cooker mini seperti ini sudah jadi incaran saya sejak 6 bulan yang lalu.

Di dalam box, Moms akan mendapatkan 1 unit mini digital rice cooker, panci anti lengket, gelas takar, sendok nasi dan pengukus serbaguna.

.

Fitur dan Keunggulan Produk

  • Kapasitas 0,3 liter.
  • Low watt, 180 W.
  • Multifungsi 4in1, memasak cepat, menanak nasi, memasak mie instant dan menghangatkan.
  • Memiliki tempat penyimpanan kabel dibagian bawah rice cooker.
  • Garansi 1 tahun.
  • Design modern.
  • Compact dan mudah dibawa saat traveling.

.

Alasan Memilih Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031

  1. Ukurannya mini jadi solusi banget saat traveling dengan si kecil. Gak makan tempat di tas atau koper dan gak makan muatan bagasi saat di pesawat.
  2. Multifungsi. Ini long lifetime sih menurutku, gak cuma bisa dipakai saat traveling tapi juga bisa digunakan sehari-hari. Cocok banget buat anak kosan.
  3. Untuk memasak MPASI. Kalau kita beli produk elektronik khusus untuk masak MPASI itu harganya lumayan banget loh Moms sementara daya pakainya hanya sebentar, paling lama cuma 6 bulan doang. Dengan Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 ini pas banget, takarannya juga gak terlalu banyak sesuai dengan porsi si kecil jadi gak banyak sisa nantinya.

.
Nah, kabar baiknya Cosmos saat ini memberikan promo berupa potongan harga 20% untuk produk Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 tanpa minimum pembelian loh. Moms bisa membeli produk ini di www.belanjacosmos.com, lalu masukan kode voucher COSMCICIDESRICRJ saat melakukan pembayaran. Atau, Moms juga bisa mendapatkan Discount 15% all item produk Cosmos dengan code voucher COSMCICIDESRI.

.
Untuk infromasi lebih lanjut bisa mengunjungi Cosmos disini:
Website : www.belanjacosmos.com
Instagram : @cosmosonline
Facebook : mycosmos

.

Memasak dengan Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031

Ada banyak menu yang bisa dimasak menggunakan Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 loh. Moms bisa memasak nasi kuning, nasi uduk, nasi ayam hainan, bubur nasi, ikan sarden, menu MPASI dan masih banyak lagi. Berikut ini contoh masakan yang sudah sering saya masak menggunakan rice cooker Cosmos CRJ 1031. Resep yang saya tuliskan hanya satu ya Moms, untuk menu lainnya boleh email atau DM di akun instagram saya (@cicidesri).

1. Mac and Cheese

Bahan-bahan:
200 gr Makaroni
1,5 gelas air
1 kotak susu UHT plain
1 sdm minyak goreng
3-5 slices keju cheddar atau keju parut


Cara Memasak:

  1. Masukkan 200 gr makaroni, 1,5 gelas air dan 1 sdm minyak goreng ke dalam rice cooker.
  2. “Cook” selama 10 menit. Moms boleh mengaduk perlahan namun jangan terlalu sering karena makaroni akan hancur. Jangan khawatir makaroninya lengket karena Cosmos menggunakan panci anti lengket ya Moms.
  3. Tambahkan 1 kotak susu UHT plain dan 3-5 slice keju cheddar yang dipotong kecil.
  4. Atur rice cooker pada keadaan “Warm”, aduk hingga keju meleleh. Siap dihidangkan.

Moms sesuaikan air dan susu dengan banyaknya makaroni. Jika Moms ingin tekstur makaroninya terasa, kurangi air. Untuk Mac and Cheese yang saya buat makaroninya lebih lumer karena untuk dimakan si kecil juga. Selamat mencoba.

Menu Lainnya

Bubur Kacang HIjau & Ketan HItam Ala Cosmos CRJ 1031

 

Nasi Uduk Ala Cosmos CRJ 1031

traveling bersama si kecil, traveling bersama si kecil, traveling bersama si kecil, traveling bersama si kecil, traveling bersama si kecil, traveling bersama si kecil, traveling bersama si kecil, traveling bersama si kecil, traveling bersama si kecil, traveling bersama si kecil, traveling bersama si kecil, traveling bersama si kecil

7 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Website ini dilindungi Hak Cipta!!!