obat cacing anak. obat cacing dewasa, menu buka puasa sehat, menu buka puasa tinggi serat
Family,  health,  Lifestyle

Menu Buka Puasa Tinggi Serat untuk Keluarga

Alhamdulilah Ramadan sudah tiba ya, siapa diantara Buibuk yang tahun ini anaknya mulai belajar berpuasa? Nafeesa yang tahun ini memasuki usia 4 tahun sudah mulai tertarik dengan berpuasa juga nih meskipun tentu saja tida dipaksakan waktunya.

Kalau biasanya menu buka puasa dipenuhi dengan makanan manis seperti kolak dan sajian es lainnya. Sejak pandemi saya mulai mengurangi gula dan sebagai pengganti rasa manis biasanya saya mengandalkan madu dan kurma.

Kurma memiliki segudang kandungan yang berkhasiat untuk tubuh. Baik untuk menyehatkan jantung, otak, darah, menangkal radikal bebas hingga sebagai sumber energi. Terlebih sebagai umat muslim, kita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kurma sebagaimana yang Rasul ajarkan. Selain bermanfaat, mengonsumsi kurma juga bernilai ibadah.

Dan, yang tak kalah penting kurma juga megandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Sebab kita tau ya, 70% imunitas anak terdapat pada saluran cernanya sehingga jika pencernaannya sehat, maka nutrisi dari makanan yang ia konsumsi akan terserap dengan optimal. Sementara jika saluran cernanya bermasalah, secara otomatis nutrisi dari makanannya pun tidak terserap dengan baik. Dampaknya akan menghambat tumbuh kembang anak.

gejala penyakit cacingan, bahaya penyakit cacingan, risiko penyakit cacingan, dampak penyakit cacingan

Nah, bicara soal masalah pencernaan, penyakit cacingan merupakan salah satu masalah pencernaan yang bisa menyerang anak-anak bahkan dewasa. Penyakit cacingan terjadi akibat parasit yang hidup didalam usus dalam bentuk protozoa atau cacing kremi dan pita yang masuk kedalam tubuh anak dan tinggal didalam usus.

Karena tak terlihat, penyakit cacingan sering dianggap sepele. Padahal cacingan bisa mengganggu tubuh kembang anak. Lantaran cacing pada usus akan menyerap sari-sari makanan yang dibutuhkan tubuh anak. Jika dibiarkan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti anemia dan kekurangan gizi. Mengerikan bukan?

Oleh sebab itu, sebagai orang tua, kita wajib memperhatikan kebersihan area tempat tinggal, barang-barang yang sering digunakan anak, memberikan makanan tinggi nutrisi hingga memberikan obat cacing setiap enam bulan sekali.

obat cacing anak. obat cacing dewasa, menu buka puasa sehat, menu buka puasa tinggi serat

Salah satu obat cacing yang direkomendasikan yaitu Konvermex. Fyi, obat cacing Konvermex hadir dalam bentuk suspensi dan kaplet. Konvermex 250 untuk dewasa sementara konvermex 125 untuk anak dengan rasa jeruk (suspense) dan tablet. Jika bingung, kita bisa melihat anjuran pemakaian dalam kemasan atau bisa mengikuti aturan pakai dosis sekali minum dibawah ini:

  • Suspensi 125 mg untuk dosis anak – anak di bawah 12 tahun.
  • Suspensi 250 mg untuk dosis dewasa
  • Tablet: 125 mg untuk dosis anak
  • Kaplet: 250 mg untuk dosis dewasa

konvermex anak, konvermex dewasa, harga konvermex, cara minum konvermex, obat cacing konvermex

Terdapat bahan aktif Pyrantel Pamoate yang mampu menghancurkan cacing dalam saluran pencernaan yang kemudian akan dikeluaran dari dalam tubuh. Konvermex tidak dianjurkan untuk anak usia dibawah 2 tahun dan ibu hamil. Sebaiknya, ikuti petunjuk penggunaan saat akan minum Konvermex.

Jadi, sebelum si kecil berpuasa sebaiknya kita siapkan kesehatannya terlebih dulu. Terutama kesehatan saluran pencernaannya. Saluran pencernaan yang bermasalah bisa memicu penyakit lainnya seperti perut kembung, konstipasi, diare hingga masalah serius lainnya. Ibu bisa berikan obat cacing Konvermex sebelum si kecil mulai berpuasa dan senantiasa menyajikan makanan tinggi nutrisi dan tinggi serat. Nah, dibawah ini saya mau sharing menu buka puasa yang kaya buah, sayur juga protein.

Baca juga: Manfaat Susu Kurma As-Sunnah Syukur

.

Menu Buka Puasa Tinggi Serat

  1. Susu Kurma

Selain bisa dimakan langsung, biasanya buah kurma diolah menjadi susu kurma karena rasanya jadi lebih lezat dan menyegarkan apalagi ditambah es ya. Resep Susu Kurma untuk tiga gelas.

Bahan-bahan:

  • 9 buah kurma
  • Fresh Milk sesuai selera
  • 200 ml air mineral
  • Es

Cara Membuat:

  1. Pisahkan kurma dari bijinya.
  2. Lumatkan daging kurma dengan sedikit air terlebih dahulu supaya lebih halus. Jika daging kurma terlalu keras, Buibuk bisa merendamnya dalam air 5-10 menit. Namun jika dagingnya cukup lunak, langsung lumatkan saja.
  3. Tambahkan air dan fresh milk, lalu blend kembali.
  4. Masukan es kedalam gelas dan tuangkan susu kurma.

.

  1. Smoothie Sayur dan Buah

Bahan-bahan:

  • Segenggam bayam hijau
  • 1 buah apel
  • 1 buah pisang
  • 1 buah jeruk
  • 3 buah kurma
  • Air dan es secukupnya

Cara Membuat:

  1. Potong buah jadi lebih kecil. Peras jeruknya. Pisahkan kurma dari bijinya.
  2. Masukan semua bahan-bahan kedalam blender.
  3. Tambahkan air sedikit saja dan es supaya tidak terlalu cair karena sudah ada air perasan jeruk.

Smoothie memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk saluran pencernaan anak. Rasanya sangat lezat, ada rasa manis dari buah kurma dan sedikit asam dari jeruk sehingga lebih segar.

Sementara buat Buibuk yang tidak menyukai Smoothie, bisa menggunakan juicer atau menyaringnya dan hanya mengambil airnya saja. Untuk Buibuk yang ingin mendapatkan resep jus dan smoothie harian bisa cek highlight Instagram saya, setiap hari saya share resepnya.

buka puasa sehat, resep buka puasa harian, resep buka puasa, resep sahur

.

  1. Capcay Goreng

Capcay menjadi menu alternatif menikmati sayuran yang beraneka ragam. Selain lezat, pastinya tinggi nutrisi dan serat.

Bahan-bahan:

  • 1/2 kembang kol
  • 1 batang wortel
  • 1 ikat sawi hijau
  • 1/2 bj sawi putih
  • Bakso sapi iris kecil

Bumbu:

  • 4 siung bawang putih
  • 1 bj bawang Bombay
  • 2 sdm saos tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm saos tomat
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdm margarine
  • 1 sdt tepung maizena dilarutkan dengan 1/2 gelas air
  • Gula, garam, kaldu ayam bubuk

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang putih cincang dan bombay yang sudah dirajang kasar.
  2. Masukkan wortel yang sudah dipotong-potonng tambahkan air kira-kira setengah gelas.
  3. Rebus wortel sebentar.
  4. Masukkan bakso sapi.
  5. Masukkan saos tiram, kecap asin, saos tomat. Masukkan sayur lainnya.
  6. Tambahkan minyak wijen. Aduk sebentar.
  7. Masukkan larutan tepung tapioka.
  8. Tambahkan gula dan garam. Hidangkan.

Baca juga: Logo Cemilan Baik pada Produk Paddle Pop, Apa ya Maksudnya?

.

Kesimpulan

Sekarang Ibu sudah tau ya bagaimana menjaga kesehatan pencernaan si kecil saat berpuasa. Mulai dari minum obat cacing Konvermex hingga menjaga asupan makanan yang bernutrisi setiap harinya. Tak lupa, perhatikan jam istirahat, asupan cairan serta jam aktif anak. Sebab anak sedikit gerak juga kurang baik untuk pencernaan anak.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa minum obat cacing setiap enam bulan sekali ya. Ibu dan ayah juga perlu mengonsumsinya bersama supaya kesehatan saluran cerna terjaga dengan baik. Ibu bisa membeli obat cacing Konvermex melalui Konimex e-Store.

#KreasiMenuBukaPuasaBunda #MakanSehatBebasCacingan #PanduanBunda

53 Comments

  • Nanik Nara

    Cacingan ini kayaknya nggak kelihatan ya mbak, tapi efeknya besar juga. Anak jadi lesu dan bisa kekurangan nutrisi karena diambil oleh cacing di dalam perut. Untung ada konvermex, jadi cacingan jauh-jauh dari anak

  • Dian Restu Agustina

    Menunya sungguh menggoda, sehat-sehat pula. Benar jika penting untuk minum obat cacing seperti Konvermex ini hingga menjaga asupan makanan yang bernutrisi setiap hari. Juga perhatikan jam istirahat dan asupan cairan serta jam aktif anak biar lancara puasa mereka

    • Jiah

      Cacingan itu emang gak banget ya. Aku pun milih Konvermex aja buat diminum. Kalau anak, beberapa ada yang masih dapat jatah obat cacing dari sekolah. Soal makan puasa gini, alhamdulilah cukup. Mungkin perlu ditingkatkan soal sayurnya

  • Ucig

    Semangat yaa belajar puasanya deeekk..
    Aku ada 2 anak yg puasa, dan buka puasa itu beneran harus ekstra pemilihan menunya ya. Bagus deh menunya ini aku suka. Kadang kalau mreka bosen sayur, buah nggak boleh skip. Nggak boleh langsung minum dingin jugaa

  • Rani R Tyas

    Yes, kita kudu jeli sama yang namanya cacingan. Sebab, kita kan tidak mungkin kayak cctv memantau anak terus, bisa-bisa pas lengah, mereka main sesuatu yang kotor sehingga tangannya jadi ikutan kotor terus bisa menyebabkan cacingan.

  • Lisdha

    Inget tagline : tidak ada belajar tanpa noda? ^_^
    Di satu sisi memang positif untuk eksplorasi buat anak2 ya..
    Tapi ketika main noda dari tanah/debu atau benda2 yang kotor, jd ada potensi kena cacingan
    Penting banget untuk konsumsi obat cacing secara teratur 🙂

  • Keke Naima

    Untuk sahur pun menu yang tinggi serat begini enak ke perut. Gak bikin begah, tetapi juga gak cepat lapar. Tahun lalu, saya termasuk disiplin. Sekarang agak longgar. Mesti disiplin lagi, nih

  • Eri Udiyawati

    Cacingan memang gak boleh dianggap sepele. Okay, sebelum si Kecil puasa, sebaiknya kita perhatikan dulu pencernaannya. Baik atau tidak.

    Hmm menu buka puasanya, bikin ngiler terus. Capcay goreng ini juga aku doyan banget.

  • Adindarara Rachmanita

    Kebutuhan serat anak itu sangat penting banget ya moms dan harus terpenuhi juga apalagi ketika anak mulai belajar berpuasa jadi harus bisa terpenuhi kebutuhan seratnya juga

  • Dian

    makan buah dan sayur saat puasa emang enak dan sehat ya mbak
    tubuh bisa tercukupi kebutuhannya seratnya, juga bisa menahan rasa lapar lebih lama ya mbak
    Pastinya juga tubuh jadi bebas dari cacingan

  • Lidya

    Kadang kita gak aware dengan obat cacing juga ya, padahal dulu ada kampanyenya segala untuk kasih obat cacing nih. Cobain ah beli buat anakku, bulan puasa gini gpp ya makan obat cacing

  • lendyagasshi

    Terbiasa kalau pas sekolah, pihak sekolah rutin memberikan obat cacing pada anak-anak setiap 6 bulan sekali.
    Karena sedang pandemi, jadi harus diingat-ingat sendiri niih..
    Alhamdulillah,
    Puasa begini kudu tetap semangat dengan memasak menu hidangan kesukaan keluarga. Lebih sehat dan terjamin nutrisi yang masuk ke perut.

    • lendyagasshi

      Ternyata ada banyak sekali yang bisa mengancam kesehatan cerna anak dan bahkan orang dewasa yaa..
      Kudu diwaspadai dengan rutin minum Konvermex minim 6 bulan sekali.
      Plus mengolah makanan sehat sendiri di rumah.

    • lendyagasshi

      Selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga dengan memasak dan menyediakan makanan sehat untuk pencernaan plus tetap waspada untuk memberikan obat cacing. Tapi sebenarnya, aku sendiri uda lebih dari 6 bulan kak Ci, belum minum Pyrantel Pamoate.

  • Hana Aina

    Wah! Susu kurma! Favoritku itu Apalagi kalau buat buka puasa. Manis dan berenergi. Omong-omong soal obat cacing, terimakasih lho sudah diingatkan. Ini nih yang sering kelupaan

  • Mugniar

    Imunitas sebagian besar terletak pada saluran cerna … penting banget ya memperhatikan asupan, termasuk pangan yang tinggi serat dan juga memperhatikan pengonsumsian obat cacing.

  • Nchie Hanie

    PR banget ya punya anak kecil yang mau belajar berpuasa, kudu sabar dan memang banyak hal yang perlu diperhatikan.
    Salah satunya menu2 untuk buka puasa yang tinggi serat, duh menggoda banget capcaynyaaa..

  • Ira Hamid

    cacingan ini terlihat sepele tapi efeknya ngeri yaa, Mba.

    Btw, saat puasa, kita memang membutuhkan lebih banyak serat saat berbuka hingga sahur karena siang hari kita gak mengonsumsi apapun

  • Ida Tahmidah

    Penting banget makanan berserat terutama saat berpuasa ya…. kerasa banget kalau kurang tuh auto mulai sembelit deh kerasa. hehe…. Jadi betul2 harus diperhatikan memang… 😀

  • Yuni Handono

    Menu buka puasanya tinggi serat ya mbak supaya percernaan tidak bermasalah. Memang benar mbak kalau kita tidak menjaga pola makan bisa terserang diare terutama disaat bulan puasa seperti ini. Terlebih anak2 yang kadang suka kalap saat adzan maghrib tiba, ini yang harus diwaspadai agar pencernaan tetap sehat.

  • Nanie

    Susu kurma favoritku juga, segar banget untuk berbuka puasa. Udah gitu ternyata termasuk makanan tinggi serat yang direkomendasikan untuk kesehatan pencernaan. Anak sulungku kurang suka kurma, beda banget dengan adiknya yang doyan sekali makan kurma.

  • Lidya

    Kesehatan cerna anak penting banget ya untuk dukung tumbuh kembangnya juga. Pemberian obat cacing rutin juga untuk menjaga pencernaan anak. Banyak menu buka puasa yang bisa dibuat sendiri pastinya nutrisinya terjamin ya termasuk serat

  • Bundabiya.com

    ini aku terapkan juga mbaa.. jadi setelah adzan, minum dulu. lalu maem buah atau ta’jil dikit. trus makan sayur, makan buah lagi. baru sekitar setelah tarawih, aku ambil nasi dan lauk sedikit. tujuannya biar bisa tetep sehat dan ga makin gendats abis puasa hahah

  • Mei Daema

    ngomongin susu kurma saya suka banget dengan susu kurma, sayangnya selama buka puasa ini saya belum nyobain minum susu kurma. sehat selalu mba Ci dan adek, semoga puasanya lancar dan jangan lupa minum konvermex ya agar pencernaannya lancar dan sehat.

  • fanny_dcatqueen

    Obat cacing konvermex itu udh langgananku dan rutin tiap 6 bulan sekali mba. Semua org di rumah termasuk asisten2 ku wajib minum ini 6 bulan sekali . Krn biar gimana aku ngebayangin ada cacing dlm bdn sendiri aja udh ngeriii tau. Mending aku rutin minum obatnya sih.

    Asiiiiik resepnya bisa banget aku pake pas asistenku udh pulang ntr. Ga terlalu susah pula 😀

  • Eryvia Maronie

    Kalo lihat anak agak kurusan, biasanya kita pikir karena malas makan ya, padahal bisa jadi dia cacingan.
    Zat gizi dari makanannya diserap sama si cacing.

    Makanya harus rutin minum Konvermex 6 bulan sekali.

  • Nyi Penengah

    Sudah setahun aku diingetin belum minum obat cacing kyaaaaaaa
    maksih kak Ci, persiapan mental lagi nih kalau mau minum hahaha takut-takut soalnya
    makasih menunya yang kaya serat ini aku catet Kak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *