Family,  financial,  Lifestyle

Galang Dana Online, Cara mudah Berdonasi bagi Masyarakat melalui Peduli Sehat

Galang dana online semakin diminati masyarakat, yakin? Dulu kita pasti sering banget menemukan mahasiswa atau komunitas anak muda turun ke jalanan untuk menggalang dana bantuan korban bencana alam misalnya. Tapi sekarang, meskipun ada namun jumlahnya tak sebanyak dulu sebab Millenials jaman now beraksi secara online dengan jangkauan yang lebih luas dan masiv. Bahkan hingga donasi obat online pun ada.

Kita pasti tau dong kalau Indonesia termasuk negara yang paling dermawan di dunia. Awalnya saya merasa sangat bangga namun melihat fenomena yang terjadi setahun kebelakang jadi mulai khawatir. Apakah predikat dermawan tersebut karena memang masyarakatnya gemar memberi atau justru karena masyarakatnya gemar meminta sehingga memicu sebagian masyarakat lain untuk memberi.

galang dana online diminati masyarakat
Galang dana online cara mudah meringankan beban sesama

Ya memang, berbagi merupakan sebuah kebaikan yang diamanatkan oleh semua ajaran agama. Oleh sebab itu, tak heran jika ada penggalangan donasi, masyarakat kita bersemangat untuk saling meringankan beban orang lain. Orangtua ku pernah bilang, kalau mau sedekah ya sedekah aja gak usah mikirin itu uangnya mau dipakai apa, beneran untuk berobat atau ngga sebab nilai kebaikan kita tidak akan tertukar sekalipun orang tersebut berbohong, yang rugi ya dia sendiri. Benar juga namun saya pribadi ingin berbagi atau memberi atau let’s say bersedekah yang mengedukasi. Artinya, jangan sampai kebaikan kita justru memberi kesempatan oranglain untuk berbohong atau menipu.

Dijaman yang serba online, semua bisa dilakukan dengan sangat mudah termasuk galang dana online yang kini mulai diminati banyak donatur. Simpel, praktis, bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun serta manageable artinya bisa ditracking dengan mudah dana yang sudah terkumpul hingga pemberian donasi kepada penerima, sangat transparent.

.
WASPADA GALANG DANA ONLINE BERMODUS

Saya akan sharing tentang modus penipuan berkedok galang dana online melalui social media. Seperti yang saya sebutkan diatas, saya ingin donasi yang mengedukasi. Jangan sampai kebaikan kita dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab.

Minggu lalu, saya mendapat kabar ada rekan blogger yang nyaris kena tipu dengan modus pinjam uang. Si pelaku memanipulasi identitas dengan berpura-pura menjadi temannya lalu menghubungi si korban melalui whatsapp. Mudahnya kalau kita berpikir “ingin meringankan beban orang lain” dan langsung mentransfer sejumlah uang, kasus seperti ini akan jadi santapan lahap orang-orang tak bertanggung jawab tersebut.

Berikutnya, pengalaman saya pribadi. Saya sering mendapatkan pesan melalui Facebook dan Instagram dari akun-akun yang baru dibuat 1-6 bulanan. Mereka mengatas namakan yayasan tertentu, menghubungi saya untuk meminta donasi. Kebanyakan untuk donasi kesehatan, santunan anak yatim piatu dan untuk keperluan pribadi seperti uang untuk beli baju anak, susu anak, sampai jilbab pun ada. Dengan melampirkan foto-foto pendukung dan kalimat pembuka yang ramah dan santun. Dulu saya kasih ya kasih aja tapi sekarang ngga. Saya cari tau terlebih dahulu kebenarannya. Modus galang dana online seperti ini sekalipun ketauan, gak akan berhenti di kita pasti menyasar kontak atau friendlist yang ada pada social media kita. Apalagi gak ketauan kan?

Meski begitu, kekhawatiran dan keresahan kita dengan modus orang tak bertangung jawab, jangan sampai melemahkan semangat untuk berbagi. Masih banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan. Mereka yang diuji dengan rasa sakit dan ingin sembuh. Sementara penghasilan mereka hanya cukup untuk makan sehari-hari, ya kita yang diberi rejeki lebih lah harapan mereka. Percaya deh, apa yang kita berikan akan kembali dalam jumlah yang lebih banyak.

.

TIPS AMAN BERDONASI SECARA ONLINE

Dengan bantuan teknologi, kita bisa dengan mudah mengakses informasi termasuk soal galang dana online ini. Jika kita ragu, cari referensi pendukung tentang kebenaran isu tersebut.

Galang dana online melalui social media memang lebih riskan karena mudahnya membuat akun-akun tersebut. Saya pribadi akan tetap berdonasi jika yang share info tersebut teman atau komunitas yang saya kenal. Misalnya donasi kesehatan atau galang dana online bencana alam saat terjadi tsunami.

Perhatikan nomor rekening tujuan. Sama seperti tips aman berbelanja online, untuk galang dana online yang baru kita kenal, sebaiknya pilih yang menggunakan nama perusahaan, lembaga, yayasan atau organisasi bukan nama pribadi. Kecuali case nya kita sudah mengenal orang tersebut.

donasi online bersama peduli sehat
Peduli Sehat, wadah galang dana online untuk kesehatan

Mengingat bahwa berbagi dan saling menolong adalah hal baik, gak perlu menunggu untuk diajak atau menunggu musibah datang. Apalagi sebagai umat muslim, kita diamanahkan bahwa sebagian dari rejeki kita adalah milik fakir dan miskin. Sehingga menyisihkannya adalah sebagian dari kewajiban. Beruntungnya saat ini banyak sekali Lembaga social, yayasan atau organisasi yang meluncurkan platform berbasis web dan aplikasi untuk melakukan galang dana online. Mereka hadir dibawah pengawasan pemerintah, dalam hal ini yaitu Kementrian Sosial sehingga lebih aman dan terpercaya. Salah satu patform galang dana online untuk donasi kesehatan yang baru-baru ini saya ketahui yaitu Peduli Sehat.

.

Tentang Peduli Sehat, Galang Dana Online untuk Kesehatan

Nikmat yang paling mahal harganya yaitu nikmat sehat. Kadang kala kita lalai dan mengabaikan kesehatan tubuh padahal diluar sana banyak orang yang menginginkan untuk hidup sehat dan bisa beraktifitas seperti orang pada umumnya.

Setahun ini saya dan beberapa alumni sekolah sering mengadakan santunan. Dari sekian banyak kasus, yang paling banyak yaitu masalah kesehatan. Masyarakat dengan penghasilan rendah, mereka hidup di tempat yang seadanya, bahkan jauh dari kata bersih dan sehat sehingga mereka mudah sekali terpapar penyakit ringan hingga serius seperti TBC paru, TBC tulang, kekurangan gizi, kanker usus dan kasus terakhir yaitu infeksi sehingga menyebabkan pembusukan anggota tubuhnya.

Oleh sebab itu, saya bahagia sekali saat mengetahui hadirnya Peduli Sehat yang merupakan wadah untuk melakukan galang dana online secara real time dan transparan serta tepat sasaran.

galang dana online bersama peduli sehat
Peduli Sehat, siap galang dana online disemua platform

Target Donasi

Sesuai dengan namanya, Peduli Sehat berfokus pada donasi kesehatan yakni galang dana online untuk mereka yang menderita penyakit serius dan kritis serta tidak memiliki cukup uang untuk biaya perawatan, pengobatan dan bertahan hidup.

Cara Donasi

Donasi atau bantuan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi di smartphone dan website di www.pedulisehat.id. Saat ini baru bisa didownload di Playstore, dan akan segera available di iOS juga.

Mereka juga aktif di media social lainnya seperti Line @pedulisehat.id, Instagram @pedulisehatindonesia, Fanpage @Pedulisehat.id dan pedulisehat.blog. Jadi ketika ada yang meminta donasi dengan mengatasnamakan mereka, kita bisa make sure melalui 4 social media Peduli Sehat. Sebab semua proses galang dana online Peduli Sehat tidak mengatasnamakan pribadi.

Metode Berdonasi

Kita bisa berdonasi melalui transfer by online banking dan virtual account di banyak channel bank. Bahkan lebih mudah lagi, kini bisa berdonasi menggunakan OVO, Gopay dan Alfamart. Yang punya point OVO gak dipake, daripada mengendap terus, bisa juga loh didonasikan melalui Peduli Sehat.

Mau donasi Rp 10ribu, kenapa ngga? Karena memberi itu bukan soal kaya atau miskin tapi soal mau atau tidak, peduli atau ngga.

donasi kesehatan bisa dilakukan melalui galang dana online
Berikan semangat hidup melalui galang dana online kesehatan

Peduli Sehat diawasi oleh Kementrian Sosial dan Kementerian Komunikasi dan Informatika sehingga segala macam informasi yang disajikan sudah terverifikasi kebenaran dan keamanannya. Melalui aplikasi dan website kita bisa melihat campign donasi kesehatan apa yang sedang berlangsung secara real time. Disana juga akan tertera informasi lengkap soal pasien dan kondisinya, termasuk dana yang dibutuhkan dan dana yang baru terkumpul. Bahkan kita juga bisa melihat listing para donatur termasuk pesan yang disampaikan. Diakhir halaman, kita bisa membagikan informasi tersebut dan ikut berdonasi.

Semoga Peduli Sehat bisa tumbuh dan berkembang serta mampu menyampaikan amanat dari para donatur melalui proses galang dana online. Meskipun setiap tahunnya banyak pihak non pemerintah yang menyumbangkan donasi alat kesehatan namun peran kita tetap dibutuhkan. Bagi mereka, sapaan dan kehadiran kita adalah semangat baru bahkan untuk sekedar bertahan hidup. Mari hidupkan harapan dan semangat mereka kembali dengan mendukung dan menjadi donatur galang dana online Peduli Sehat.

56 Comments

  • Okti Li

    Tips cara donasi online ini yg baru saya temukan nih. Selama ini baca artikel semua bahasa donasi online tapi belum ada yg mengulas dari sisi ada juga donasi online bermodus alias tipu tipu. Trims tipsnya ya Mbak. Masyarakat awam di daerah seperti saya ini bisa saja tertipu kalau soal sensitif terkait uang dan donasi ini.

  • Afifah Mazaya

    Banyak orang yang memanfaatkan kebaikan hati orang lain untuk menipu, ya. Sedih. Kalau mau nyumbang, memang mending lewat portal yang udah jelas, sih. Lebih jelas sasarannya.

  • cifer

    ya Allah kalau liat instagram @pedulisehat ini saya jadi seperti diingatkan lagi untuk lebih bersyukur masih diberi kesehatan yang baik.
    semoga makin banyak dari kita yang peduli terhadap kesehatan orang lain dan mau berdonasi untuk mereka yang membutuhkan dana untuk kesehatannya, Aamiin..

  • Arda Sitepu

    Mbak Cici jadi teringat yang pinjem uang dari WA itu ya, hihihi. Btw saya memang merasa bahwa masyarakat Indonesia itu banyak yang dermawan dalam arti masih punya hati yang tulus untuk membantu sesama. Namun, memang kadang karena melihat kondisi ini banyak disalahgunakan oleh orang yang tidak baik.
    Setuju banget dengan aplikasi peduli sehat ini, jadi lebih fokus dan terarah terutama galang dana online untuk yang sedang sakit, donasi mulai Rp10 ribu pun bisa, bayar pakai OVO, GOPAY dan sebagainya. Bener-bener memberikan manfaat yang baik dengan asas tolong menolong. Indonesia banget…

    • cicidesri

      iya mba, jadi pas mau jajan, eh inget donasi juga, 10 ribu juga ibadah ya mba dna pasti berarti banget untuk sodara kita yang membutuhkan.

  • Reyne Raea

    Senang banget deh dengan adanya penggalangan dana melalui peduli sehat.
    Kalau semua bisa ditangani pihak yang lebih amanah, gak bakal lagi ada kasus-kasus penipuan ataupun kasus orang yang menggunakan kesempatan untuk menipu orang.

    Apalagi di bulan Ramadan gini, banyak yang mengatasnamakan yayasan abal-abal untuk menipu.
    Kalau udah ada tempat yang mengelola donasi kayak gini, lebih tenanglah kita berbagi.

    Gak bakal ketipu lagi meski ada yang WA pakai nama teman blogger *eh hahahaha

    • lendyagasshi

      Semoga gak salah dalam mengamanahkan rejeki kita ya, kak Ci..
      Karena yakin banget, Peduli Sehat adalah wadah yang aman untuk berbagi.
      Semoga banyak yang teringankan bebannya.

    • cicidesri

      ihihihi iya mba rey, ngeri juga kan. atau kadang kita suka merasa gak enak lalu dg berat hati tetap transfer eh taunya ketipu juga.

  • Susie Ncuss

    Wah… Ternyata ada ya start up yg fokus ke dunia kesehatan.
    Memang sih kalau di dunia filantropi, yg paling laris utk “dijual” itu bantuan untuk kesehatan. Hehe. Semoga makin banyak yg bs dibantu dg adanya crowdfunding baru ini. Aamiin

  • Rosanna Simanjuntak

    Idem nih dengan Mba Cifer.
    Saat melihat feed IG @pedulisehatindonesia, aku juga seperti diingatkan, agar banyak-banyak bersyukur terutama atas nikmat sehat.

    Dengan adanya Peduli Sehat bertambah lagi nih referensi platform galang dana online yang kredibel dan amanah
    Insya Allah…

  • lianny hendrawati

    Sekarang untuk berdonasi memang sangat mudah ya, pembayaran dari gopay, alfamart pun bisa.
    Dengan kemudahan donasi online ini semoga tidak disalahgunakan oleh orang2 utk menipu dan memanfaatkan kebaikan hati orang2 yg dengan tulus ingin memberikan donasi.
    Dengan Peduli Sehat ini para donator bisa melihat semua informasi dengan jelas ya, krn sdh terjamin kebenaran dan keamanannya.

  • Ika Puspita

    Sekarang makin banyak penipu yang menghalalkan segala cara termasuk menggunakan modus penggalangan dana online. Jadi ikut lega deh kalo sudah ada wadah untuk penggalangan dana online peduli sehat. Jadi nggak was-was lagi kalo mau bantu, ya.

  • Jiah

    Aku belum sering ikut Galang Dana Online gini. Tapi pas ikut, harus banget lihat nomor rekeningnya, atas nama siapa juga. Kudu teliti biar kebaikan kita enggak dimanfaatin orang yg mau tipu2

  • Ira Hamid

    Syukurlah sekarang sudah semakin banyak bermunculan aplikasi seperti peduli sehat ini. Semoga semakin banyak saudara-saudara kita yang terbantu yaa, Mba, amiiin

  • Lidya

    Dunia maya memudahkan siapa saja share apapun ya termasuk galang dana, harus diteliti dulu supaya gak tertipu.
    Jaman sekarang jangan mau transfer gitu aja ya harus konfirmasi ulang dulu sebelum donasi juga. Nah pilih galang dona online lewat peduli sehat Insya Allah amanah ya penyaluran dananya.

    • Yuni

      Suka sedih bila melihat aksi penipuan yang mengatasnamakan aksi kemanusiaan…entah apa tujuan mereka…padahal kalau kita mengaku sebagai insan beragama tindakan menipu ini tidak dibenarkan oleh agama apapun. Semoga kedepannya tidak ada lagi penipu2 berkedok Galang dana online dan sebagainya…saya pribadi salut dengan aplikasi ini… tentunya harapan terbesar dari aplikasi ini dapat meringankan beban penderitaan mereka-mereka yang membutuhkan khususnya untuk kebutuhan medis.

  • Anne Adzkia

    Nah bener mbak, kita harus hati2 meneliti dulu source yang menggalang dana online. Sayang kalau dana yg kita sumbangkan gak sampai ke target dan malah disalahgunakan. Alhamdulillah pedulisehat ini sudah terpercaya ya.

  • Nia K. Haryanto

    Iyes, setuju banget. Peduli Sehat membuat kita bisa berdonasi kapan saja di mana saja dan dengan nominal berapa saja ya. Cocok nih buat milenial yang punya saldo dalam bentuk Gopay dan Ovo. Mau berdonasi gak perlu ribet, gak perlu malu karena nominal sedikit, dan gak riya karena tak diketahui siapa pun.

    • cicidesri

      nah betul teh, kadang kan ya kalo mau donasi transfer gitu apalagi beda bank, mau sedikit udah kadung ke atm, belum biaya admin kalo beda bank, mau gede juga uang kita gak banyak. kalo bisa pake ovo dan gopay kan enak ya.

  • Yoanna Fayza

    Kalau berdonasi lewat aplikasi data-data pasien bisa mudah diakses kapan pun dan dimanapun secara real time, jadi donatur bisa update terus kondisi pasien yang dibantunya

  • Kurnia amelia

    Ada juga ya Peduli sehat yang bisa berdonasi obat bukan hanya uang. Yups bener banget Indonesia tuh orangnya baik2 kadang ada penggalangan dana pada nyumbang tapi banyak yang menipu gitu ya belum lama baca cerita kalau orang si penggalang dana beli mobil mewah dari uang penggalangan dana.

  • Elly Nurul

    Jaman sekarang memang harus teliti ya, apalagi soal penggalangan dana, harus bener bener di cek lembanganya, apakah beneran bergerak dibidang itu apa hanya ada untuk menipu. Dengan adanya Peduli sehat ini, masyarakat dapat menggalang dana secara online tanpa khawatir ya

  • Uniek Kaswarganti

    Semoga dengan adanya kemudahan yang dihadirkan oleh peduli sehat ini bikin niatan orang untuk berdonasi makin tinggi. Sungguh bermanfaat donasi kita bagi mereka semua yang sedang amat membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *