kamar nyaman, kamar anak nyaman, ide dekorasi kamar tidur
Family,  Home,  Lifestyle,  Minimalist Lifestyle,  moms,  tips & trick

Bagaimana Menjaga Kamar Tidur Anda agar Tetap Bersih dan Segar

Setelah menjalani kesibukan yang melelahkan, kenyamanan tempat tidur menjadi hal yang ditunggu-tunggu di penghujung hari. Tapi, bagaimana jika Anda justru melihat kamar yang kotor dan pakaian berserakan di tempat tidur? Pasti mood Anda untuk beristirahat sedikit terganggu. Ini yang saya rasakan ketika melihat kamar tidur berantakan.

Ya, kamar tidur yang berantakan bisa berdampak negatif pada kondisi pikiran seseorang. Sebaliknya, kamar tidur yang bersih dan segar bisa berperan layaknya oasis karena mampu memberikan kedamaian dan ketenangan. Setuju ngga nih?

Nah, merapikan kamar tidur sebenarnya bukan hal yang sulit dan mahal. Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini, yang mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa menit hingga beberapa jam saja. Sangat membantu meringankan beban pekerjaan kita lho.

kamar nyaman, kamar anak nyaman, ide dekorasi kamar tidur

 .

1. Gunakan air purifier

Salah satu kunci untuk mendapatkan udara yang bersih dan segar di kamar adalah penggunaan air purifier. Alat ini membantu untuk mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan akibat polutan di dalam ruangan.

Air purifier mampu menyaring virus dan bakteri di udara dan meningkatkan kualitas udara di dalam kamar tidur Anda. Alat ini juga mampu menghilangkan debu, serbuk sari pemicu alergi, dan bau tak sedap di kamar tidur. Anda juga bisa melihat artikel dari BestSpy untuk mendapatkan rekomendasi air purifier terbaik.

 .

2. Gunakan wadah penyimpanan

Kamar tidur yang penuh dengan kotak penyimpanan, karton, dan sampah pasti akan terasa sesak. Jangan jadikan kamar tidur Anda tempat penyimpanan berbagai benda. Jika Anda melakukannya, akan sulit untuk menjaganya tetap bersih dan rapi.

Luangkan waktu untuk membersihkan kamar Anda. Temukan tempat baru untuk menyimpan barang-barang tersebut, atau donasikan. Singkirkan apa saja yang tidak lagi Anda butuhkan atau inginkan.

Jika Anda memang benar-benar perlu menyimpan beberapa benda, gunakan wadah penyimpanan yang bisa Anda jauhkan dari pandangan, misalnya di bawah tempat tidur atau di lemari. Dengan begitu, kamar tidur Anda akan tetap terlihat lapang dan tidak terkesan berantakan. Ini yang saya lakukan pada bualn Desember, decluttering membantu memberikan ruang baru dengan menyingkirkan barang yang tidak terpakai.

home dekor, room tour, storage kamar lucu murah

 .

3. Bersihkan bagian atas meja, lemari, dan tempat tidur

Jangan jadikan bagian atas furnitur sebagai area penyimpanan. Semua area itu harus tetap rapi agar kamar tidur Anda tetap terlihat bersih. Jika memang benar-benar perlu, simpan beberapa benda penting yang Anda butuhkan di atas meja samping tempat tidur Anda. Misalnya, Anda bisa meletakkan lampu, jam alarm, satu atau dua buku, dan ponsel.

Membatasi jumlah barang yang ada di bagian atas furnitur akan mempermudah Anda ketika membersihkan kamar. Jangan lupa untuk membersihkan atau menyedot debu yang menempel setidaknya seminggu sekali.

.

4. Rapikan tempat tidur Anda

Merapikan tempat tidur setelah bangun di pagi hari adalah langkah pertama yang penting untuk memulai rutinitas harian. Anda hanya perlu beberapa menit untuk melakukannya, dan ruangan Anda akan terlihat membaik secara instan. Tindakan yang kecil ini berdampak besar. Selain itu, merapikan tempat tidur akan memotivasi Anda untuk menjaga kebersihan kamar secara keseluruhan. Dengan mengawali membereskan tempat tidur, saya merasa mood saya jauh lebih baik lho.

. 

5. Tidak boleh ada pakaian di lantai

Percayalah, begitu Anda melemparkan pakaian begitu saja di lantai, kamar Anda akan langsung terlihat berantakan. Apalagi jika Anda biarkan pakaian itu menumpuk dari waktu ke waktu setiap Anda selesai berganti baju. Jadi, hentikan kebiasaan buruk itu.

Sediakan keranjang yang bisa ditutup jika kamar tidur Anda memang selalu menjadi tempat Anda berganti baju. Toh melemparkan pakaian ke keranjang menghabiskan waktu yang sama dengan melemparkan pakaian ke lantai.

 .

6. Tebarkan aroma favorit Anda

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada bersantai atau beristirahat di kamar tidur yang beraroma menenangkan. Anda juga dapat mencoba pengharum ruangan atau lilin dengan aroma baru.

Hanya dengan menebarkan aroma baru ke dalam ruangan, Anda dapat menghadirkan suasana baru tanpa menghabiskan banyak uang. Selain itu, Anda bisa mendapatkan manfaat ganda jika tempat lilin atau pengharum ruangan itu juga indah secara visual.

 .

7. Jangan makan di kamar tidur anda

Banyak orang suka mengambil kudapan dan pergi ke kamar untuk menikmatinya sambil menonton drama atau apa pun di layar mereka. Makan di tempat tidur berarti Anda berpotensi menumpuk gelas, mangkuk, sendok, dan banyak lagi. Belum lagi remah-remah yang tak terlihat.

Selain menimbulkan bau tak sedap, remahan dan sisa makanan juga mengundang serangga. Apalagi bagi Anda yang memiliki balita, sengatan serangga bisa membuat ruam pada kulit si kecil. So, lebih baik tetaplah makan di meja atau tempat tertentu tanpaharus membawanya keatas tempat tidur.

menjaga kamar tidur, kamar tidur bersih dan segar

.

8. Bersihkan kamar secara teratur

Pastikan untuk menyediakan keranjang sampah di kamar tidur Anda. Dan, jangan lupa untuk mengosongkannya secara teratur. Terakhir, bersihkan kamar Anda secara keseluruhan. Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk membersihkan lantai, meja, dan tempat tidur. Jangan menunggu sampai kamar Anda terlihat sangat kotor.

Bereskan benda-benda yang berpotensi menumpuk di area mana pun dalam kamar Anda. Dengan begitu, kamar Anda akan selalu bebas dari sampah dan barang-barang yang berantakan. Anda mungkin tidak menyadari pengaruhnya pada hidup Anda setiap hari, tetapi itu akan sangat meringankan dalam jangka panjang.

Itulah 8 hal yang sudah saya lakukan secara rutin selama pandemi dan berdampak luar biasa pada kehidupan saya. Menerapkan kiat-kiat di atas akan memastikan Anda menciptakan kamar tidur yang bisa Anda nikmati di penghujung hari.

30 Comments

  • Reyne Raea / Rey

    Setuju bangeeett nih!
    Saya paling suka tuh kamar yang terlihat rapi, simple, nggak banyak perintilan yang nggak penting, semua peralatan masuk ke laci atau lemari aja, terlebih kalau tempat tinggalnya kayak di tempat saya yang debunya ampun-ampunan, mending biarin lapang dan minimalis gitu.

    So, wadah penyimpanan itu penting sekali, biar pernak pernik terorganizir dengan rapi.

    Dan satu lagi, penerangan kudu bagus, usahakan jangan banyak baju bergantungan, duh udah kebayang tuh nyamannya bobok di kamar kayak gitu 😀

  • nurulrahma

    Selama pandemi ini, saya menghabiskan waktu paling banyak di kamar.
    Ya tidur, ya kerja, ya ngedrakor 😀
    Jadii, wajib banget kamar tetep bersih dan segar

    Tipsnya mantuuull mba

  • Okti Li

    Aduh saya sih gak pernah taruh pakaian di lantai, tapi hampir semuanya bergantung di paku. Eh sama aja ga sedap dipandang ya?
    Saya juga ga sering ngelap atas meja apalagi atas lemari. Hikz!
    Pengen kamar menyenangkan ternyata syaratnya banyak yg saya malah langgar. Terimakasih ini bikin saya makin semangat beberes

      • Lita Chan Lai

        Kamar bersih, wangi bikin suami betah kata adikku. soalnya kamar tempat para suami melepaskan lelah setelah seharian bekerja mencari nafkah. Tipsnya bagus banget nih…
        bikin semangat bersihkan kamar sendiri.

  • Azifahaa

    Wishlist akhir tahun banget nih buat beberes.. Makasih mbak sudah diingatkan :)) yokayok beberes apalagi kamar nih biar refreshhihi

  • Lusi

    Kalau kamarku simple, nggak ada pernak pernik, mudah bersihinnya. Kamar anak2 tuh haduuuuh nyerah deh. Kertas dimana-mana. Cuma aku tegaskan ke mereka, terserah kayak kapal pecah, asal ada space bersih buat sholat.

    • Kurnia amelia

      Saya lagi proses hidup minimalis nih kak jadi barang-barang pada di kasih atau dibuangin gitu. Dan kalau kamar tidur sendiri memang diatas lemari aku kosongin soale liat barang2 diatas gitu penat rasanya hehe.

  • nchie hanie

    Naah bener banget yang dilakukan di atas Ci, duh kamar yang nyaman dan bersih memang tempat andalan dan mojok kalo lagi di rumah yaa. Bisa sehariaan ga beranjak di sanaa. Tapi kadang aku suka dipake tempat buat nyemiiil jugaa, hahaa.

  • Apura

    Aduh.. aku masih sering nih bawa makanan ke kamar wkwk.. Apalagi ada duo krucil yang masih tidur satu kamar, ajaiblah keadaan kamar aku tuh kadang-kadang. Makasih loh mak tipsnya. Emang paling nyaman kalau tempat tidur itu rapih, bersih, kamarnya juga gak memuat banyak barang. Rasanya jadi lapang

  • Shyntako

    harus rajin bersih-bersih ya mba, kalo aku indikatornya tuh kalo aku udah bersin-bersin biasanya waktunya untuk bersih2 biar gak ada debu lagi dikamar

  • demia

    kamar tidur salah satu bagian rumah yang hampir sebagian besar waktu dihabiskan di sana yaa, wajib banget nyaman pokonyaaa, aku juga akhir akhir ini udah ngehindarin bawa makanan ke kamar tidur, jadinya di depan kasur disediain meja khusus kalo pas lagi pengen makan di kamar hehehe

  • Yuni

    Sepakat mbak…saya pagi sore selalu bersihkan rumah termasuk kamar tidur. Apalagi anak saya cowok suka malas merapikan sprei…jadi sesering mungkin saya rapikan tempat tidur dan barang2 yang ada didalamnya…memang pandemi inj membuat kita harus menjaga kebersihan rumah ya mbak….takut banget karena gejalanya kadang tak nampak.

  • lendyagasshi

    Barang yang paliiing keliatan banget berserakan kalau di rumahku tuh…buku.
    Entah gimana anak-anak kalau abis baca, gitu…aku juga.
    Tapi untungnya jadi di ruangan manapun, selalu ada buku yang bisa dijangkau.
    Simalakama banget sih yaa…

  • Diah Alsa

    ahaaa, yang poin no. 5 tuh Mbak, saya juga paling malas kalau ada pakaian di lantai, apalagi pakaian kotor, padaha sudah disiapkan tempat untuk pakaian kotor itu.
    no.3 ini nih yang masih PR juga, segala-gala diletakkan di meja ini jadi berasa sesak.
    padahal kalau kosong (hanya simpan barang yang seperlunya saja) bisa jadi lebih rapi.
    anyway makasih tipsnya ya Mbak, semangat beberes juga ini 🙂

  • Helena

    no. 8 penting banget soalnya remahan makanan mengundang semut. Trus kalau selesai makan enggak segera dibawa ke dapur, eww … bau juga!

    membersihkan kamar tidur setiap hari penting, kan kita istirahat di sana. Dalam keadaan capek, mau recharge dengan tidur. Kalau kotor, tidur enggak nyaman dan rawan tertular penyakit.

  • Ika Puspita

    Aku suka kamar yang bersih dan wangi. Biasanya setelah dibersihin aku suka naruh bunga segar kayak bunga sedap malam atau melati gitu. Jadi tambah nyenyak tidur loh. Trus di kamarku juga udah bersih dari baju-baju yang menggantung, bajuhabis pake biasanya langsung masuk ke mesin cuci sih

  • Eka Mustika

    Sudah praktekin semua nih kecuali yang air purifier Wah nggak kepikiran juga sebelumnya buat punya air purifier di kamar. apalagi pas punya bayi seperti sekarang ya kayaknya ini penting banget

  • Nanie

    Nah bagian melempar baju ini yang masih jadi peer banget di rumah. Dan beneerr, sekali audah ada satu baju di lantai, atau ada satu baju tergantunh, tunggu aja deh rombongannya akan menyusul

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *