event,  Lifestyle

GoApotik Berikan Donasi Obat & Alat Kesehatan Secara Online Pertama di Indonesia

Beruntung sekali, saya menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Negara yang penuh dengan orang-orang dermawan. Jika melihat dari banyaknya pemberitaan yang muncul, di Indonesia tuh masih banyak lho orang yang kurang mampu secara ekonomi tapi ternyata tidak membuat mereka lantas tak peduli sesama. Karena memberi bukan soal kaya raya tapi soal ketulusan hati. Kali ini saya akan berbagi soal donasi obat online, pernah mendengarnya?

Hampir setiap tahunnya, Indonesia masuk pada peringkat negara dermawan di dunia menurut World Giving Index. Saya setuju banget. Terlihat nyata ketika ada musibah baik itu bencana alam misalnya, lalu bermunculan lah lembaga dan komunitas yang berlomba-lomba menggalang dana.

Baca juga : BCA Salurkan Donasi Alat Kesehatan Mata Katarak dan Donor Darah

 

Donasi Obat dan Alat Kesehatan secara Online

Bicara soal sumbangan atau donasi memang yang paling banyak dan paling mudah pengumpulannya yakni berupa uang. Cukup transfer melalui mobile banking, Insyaallah akan sampai pada orang yang tepat. Namun, kali ini saya diajak untuk berdonasi dengan cara lain yaitu berdonasi obat-obatan. Apa saya harus membawa obat sendiri lalu dikolektifkan dan disalurkan? Wah riskan dong kalo gitu, obatnya aman gak tuh?

Tenang dulu ya, Mommies. Donasi obat yang diselenggarakan oleh GoApotik dan Kitabisa.com ini sudah modern. Mulai dari prosesnya yang mudah, cepat, transparan serta kita dapat memilih sendiri penerima donasi tersebut. Cukup dengan mengakses aplikasi atau website GoApotik, niat baik kita akan segera disampaikan dengan penuh amanat.

donasi obat online, donasi alat kesehatan online, donasi obat online oleh GoApotik dan kitabisa, GoApotik, kitabisa, orang baik, berbuat kebaikan, berbasi sesama, donasi kitabisa

Mengapa harus donasi obat dan alat kesehatan? Kenapa gak berupa uang saja?

Memang betul, donasi atau sumbangan berupa uang adalah donasi yang paling mudah dan cepat penyalurannya. Uang yang diberikan pun tetap akan bermanfaat karena bisa digunakan untuk biaya pengobatan si pasien. Namun ternyata untuk beberapa kasus penyakit tertentu, banyak masyarakat kita yang merasa kesulitan mendapatkan obat sesuai dengan anjuran dokter. Gak semua rumah sakit dan apotik menjualnya, alasannya bermacam-macam, bisa stok kosong, discontinue lah dan masih banyak lagi. Sementara banyak penyakit yang gak boleh berhenti minum obat walaupun cuma sehari bahkan satu waktu saja. Oleh sebab itu, GoApotik dan Kitabisa.com dengan program #KitaPercayaBerbagi merasa bahwa donasi obat dan alat kesehatan sangat tepat untuk sodara kita yang membutuhkan.

donasi obat online, donasi alat kesehatan online, donasi obat online oleh GoApotik dan kitabisa, GoApotik, kitabisa, orang baik, berbuat kebaikan, berbasi sesama, donasi kitabisa

 

Tentang Kampanye #KitaPercayaBerbagi

#KitaPercayaBerbagi merupakan program penggalangan dana berupa donasi obat kepada sodara kita yang membutuhkan. Berangkat dari data pasien yang diberikan oleh Kitabisa.com, Selasa lalu (13/11) saya dan rekan media diundang untuk melakukan donasi obat bersama secara serentak. Khusus hari itu, donasi obat-obatan didanai oleh GoApotik. Kita tetap bisa berdonasi kapan pun dengan dana pribadi tentunya.

Selain pihak representative dari GoApotik dan Kitabisa.com yang hadir yaitu Bapak Mohamad Salahuddin selaku Head of GoApotik dan Bapak M. Alfatih Timur selaku CEO & Co- Founder Kitabisa. Hadir pula Bapak Chilfi Firqon, ayah dari adik Raffi, salah satu pasien penerima donasi obat yang mengalami kelainan saluran cerna sejak lahir.

donasi obat online, donasi alat kesehatan online, donasi obat online oleh GoApotik dan kitabisa, GoApotik, kitabisa, orang baik, berbuat kebaikan, berbasi sesama, donasi kitabisa

Pak Chilfi juga berbagi kisah dengan para tamu undangan yang hadir seputar perjuangan Raffi sejak lahir hingga saat ini berusia 5 tahun. Tentu saja sangat tidak mudah dan tidak murah ya. Berteman dengan rumah sakit, alat kesehatan dan obat membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, Pak Chilfi sangat bersyukur dengan adanya bantuan obat-obatan untuk Raffi. Semoga adik Raffi lekas sembuh dan bisa berprestasi ya nak, Amin.

Sore itu, kami juga berbincang seru dengan seorang aktris muda, Rachel Amanda yang pernah menderita kanker tiroid. Menurutnya, kanker tiroid ini penyakit yang cukup menyebalkan karena nyaris tidak ada gejala yang dirasakan dan tidak muncul secara signifikan. Artinya, penyakit ini seperti tiba-tiba datang dan merenggut kenyamanan. Diakuinya bahwa kanker tiroid yang diderita Amanda memang berawal dari gaya hidupnya yang kurang sehat. Berkecimpung di dunia entertain yang membesarkannya membuat ia kadang “terpaksa” membolehkan diri berada pada lingkungan yang tidak sehat seperti asap rokok misalnya. Amanda pun turut berbagi semangat untuk terus menjaga pola hidup sehat. Dan, program #KitaPercayaBerbagi ini disambutnya dengan penuh antusias.

donasi obat online, donasi alat kesehatan online, donasi obat online oleh GoApotik dan kitabisa, GoApotik, kitabisa, orang baik, berbuat kebaikan, berbasi sesama, donasi kitabisa

“Aku juga pernah lho kesulitan mendapatkan obat, sampe nyari dari satu apotik ke apotik lainnya tetep gak dapet, katanya sih udah discontinue. Tapi, bersyukur banget pas nyoba cari di GoApotik ada apotik yang masih menjual obat itu”, tutur Amanda dengan happy.

 

Apakah setiap orang bisa berkontribusi dalam program #KitaPercayaBerbagi ?

Tentu saja, siapapun tanpa kecuali. Gak ada batasan wilayah, apalagi usia. Semua orang bisa turut berkontribusi pada program #KitaPercayaBerbagi. Menariknya adalah program donasi atau sumbangan ini diberikan kepada sodara kita di seluruh Indonesia.

Baca juga : Peduli Wanita Indonesia, LovePink Ajak Wanita Deteksi Dini Kanker Payudara

Bagaimana cara donasi obat online?

Caranya sangat mudah. Sebelumnya saya informasikan dulu ya Mommies, jadi untuk penerima donasi yang muncul pada aplikasi dan website GoApotik merupakan pasien yang sudah dipilih dan tervalidasi kebenaran serta kebutuhannya oleh team Kitabisa.com. Nah, berikut ini adalah step by step berdonasi melalui GoApotik:

  1. Buka aplikasi atau website GoApotik.
  2. Pilih penerima donasi.
  3. Tentukan salah satu paket donasi yang tersedia dengan range mulai dari Rp 100ribu – Rp 700ribu.
  4. Donasi paket obat-obatan akan segera dikirimkan kepada penerima yang sudah kita pilih.

Mudah kan? Gak terlalu banyak step dan gak ribet ya Moms. Jadi sekarang jalan menuju surga sudah banyak caranya nih Mommies, tinggal kitanya saja apakah tergerak untuk membantu atau belum.

Apakah obat yang diberikan aman dan akan disalurkan dengan baik?

Insyaallah, GoApotik bersama Kitabisa.com akan bekerja semaksimal mungkin untuk menyampaikan amanat dari kita semua. Jika Mommies masih ragu, berikut saya perkenalkan kedua sahabat kita yang mungkin namanya belum familiar ditelinga Mommies sekalian yaitu GoApotik dan Kitabisa.com.

 

Tentang Kitabisa.com

Mommies, Kitabisa.com adalah platform untuk mengumpulkan dana dan berdonasi secara online di Indonesia. Kitabisa memang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan yang siap menghubungkan #orangbaik secara perseorangan, lembaga, organisasi atau komunitas yang ingin menggalang dana yaitu dengan membuat halaman donasi online untuk membantu sesama. Jadi melalui Kitabisa.com, kita bisa menyalurkan dana sumbangan (donator), bisa juga membuat campign penggalangan dana yang wajib melengkapi syarat verifikasi identitas terlebih dahulu dan tidak melanggar hukum di Indonesia.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Kitabisa.com sudah tercatat di Kemenkumham dan mendapatkan izin PUB (Penggalangan Uang dan Barang) dari Kemensos dengan SK Menteri no 478/HUK-PS/2017 sehingga Mommies tak perlu khawatir dengan dana yang dikumpulkan.

donasi obat online, donasi alat kesehatan online, donasi obat online oleh GoApotik dan kitabisa, GoApotik, kitabisa, orang baik, berbuat kebaikan, berbasi sesama, donasi kitabisa

 

Tentang GoApotik

Terus terang saya pun baru mendengar istilah GoApotik ini. Tapi ternyata mereka sudah hadir sejak 2016 di Indonesia. GoApotik merupakan Marketplace kesehatan di Indonesia yang aman dan terpercaya untuk melakukan pembelian obat resep, obat bebas dan produk kesehatan lainnya.

Ya memang sih, sebagian masyarakat masih belum terbiasa dengan membeli obat secara online. Untuk multivitamin mungkin masih relative aman, lain halnya dengan jenis obat tertentu apalagi sesuai resep dokter, takut dikasih obat palsu, betul gak?

donasi obat online, donasi alat kesehatan online, donasi obat online oleh GoApotik dan kitabisa, GoApotik, kitabisa, orang baik, berbuat kebaikan, berbasi sesama, donasi kitabisa

Produk dan Apotik yang lengkap

Kalau beli obatnya ditempat sembarangan ya memang alasan diatas bener banget. Tapi kalau beli obatnya di apotik yang jelas dan berizin resmi apalagi sudah langganan pasti gak ragu dan gak takut kan? Nah, Mommies simpelnya adalah GoApotik ini berisi sekumpulan apotik dan toko obat resmi yang sudah berizin yang menjual beragam macam obat dan produk kesehatan yang tersebar di 13 kota di Indonesia. Dengan GoApotik kita bisa memilih jenis obat atau produk kesehatan yang dibutuhkan sekaligus memilih apotik-nya juga lho, seperti memilih apotik dengan lokasi terdekat dengan rumah.

Varian obat dan produk kesehatannya sangat lengkap mulaidari penyakit biasa hingga kronis termasuk resep dokter. Produk bayi pun ada ya Moms, yang lainnya seperti suplemen, nutrisi, herbal, produk bayi, alat kesehatan, obat mata, anti nyeri, kecantikan, obat diabetes, hipertensi, jantung, diare, lambung, demam dan jenis obat berdasarkan kategori penyakitnya.

 

Apakah harga obatnya sama dengan harga di apotik?

Ini kabar baik banget Moms, Alhamdulilah harga obat di GoApotik sama dengan harga di apotik-nya secara offline. Yang beda adalah harga obat dari satu apotik dengan apotik lainnya. Tapi beruntungnya di GoApotik ini ada fitur compare harga jadi kita bisa memilih apotik yang menjual obat lebih murah.

 

Keunggulan GoApotik

Selasa lalu (13/11) saya mencoba aplikasi GoApotik dan dengan panduan yang diberikan oleh team-nya saya pun diajak menjelajahi isi aplikasi dan website GoApotik. Terus terang, ini membantu banget ya. Saya memiliki orangtua dan nenek yang tinggal di desa, mereka sama-sama sudah lansia. Sering banget mengalami kesulitan mendapatkan obat karena gak ada anggota keluarga lain yang bisa dimintai tolong kesana kesini setiap waktu. Nah, sekarang saya bisa membelikan obat melalui aplikasi GoApotik dari jarak jauh dan memilih apotik terdekat rumah di desa. Untuk lebih jelasnya, berikut ini keunggulan GoApotik lainnya berdasarkan first impression saya:

  1. Bisa kirim kemana saja. Kita juga bisa menambah lebih dari satu alamat baik didalam dan luar kota.
  2. Proses pembayaran mudah. Semua pembayaran dilakukan melalui aplikasi dan ditransfer ke rekening bersama GoApotik. Bisa transfer, cash on delivery dan cicilan kartu kredit.
  3. Memiliki merchant terpercaya. Sebanyak 400 merchant berizin resmi sudah bekerja sama dengan GoApotik.
  4. Penawaran Diskon yang menarik.
  5. Pilihan produk yang lengkap mulai dari obat-obat kesehatan sesuai dengan jenis penyakitnya, produk bayi hingga produk kecantikan.
  6. Adanya layanan Live Chat bersama customer service GoApotik.
  7. Bisa membeli obat resep dokter. Cukup dengan memfoto resepnya lalu diunggah diaplikasi GoApotik.

Cara pembelian obat dan produk kesehatan melalui GoApotik sama seperti pada saat kita melakukan belanja online. Pilih produknya, pilih toko/apotik (bisa by location atau by promo harga), setelah produk masuk dalam keranjang, klik bayar sekarang, masukan alamat dan pilih metode pembayaran. Barang akan dikirim dengan cepat sesuai dengan pesanan.

donasi obat online, donasi alat kesehatan online, donasi obat online oleh GoApotik dan kitabisa, GoApotik, kitabisa, orang baik, berbuat kebaikan, berbasi sesama, donasi kitabisa

Untuk informasi lebih lanjut seputar GoApotik terutama soal promo diskon produk tertentu, Mommies bisa kunjungi website dan social media GoApotik dibawah ini:
Website : www.goapotik.com
Facebook : GoApotik
Twitter : @goapotik
Instagram : @goapotik

donasi obat online, donasi obat online, donasi obat online, donasi obat online, donasi obat online, donasi obat online, donasi obat online, donasi obat online, donasi obat online, donasi obat online, donasi obat online, 

8 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *