Family,  financial

3 Tips Belanja Online Menggunakan Kartu Debit yang Aman

Belanja online menggunakan kartu debit yang aman. Seminggu terakhir ini saya mendapatkan kabar baik dari teman-teman saya yaitu kabar kehamilan mereka. Ya ampun, saya happy banget dong pastinya bakalan dapat ponakan baru lagi. Saya jadi terinspirasi untuk sharing soal persiapan menjadi ibu. Kira-kira apa saja ya yang harus disiapkan oleh calon orangtua saat menanti kehadiran si baby?

tips belanja online aman, tips belanja online mnggunakan kartu debit, belanja online menggunakan kartu debit, mastercard

Menurut Kak Saskhya, Psikolog Anak yang saya temui siang tadi di Kolega, Jakarta Selatan, ada banyak perubahan kondisi seorang ibu setelah melahirkan seperti perubahan bentuk fisik dan kelelahan yang menyebabkan si ibu mengalami krisis percaya diri dan emosinya menjadi tidak stabil. Apalagi jika kurangnya komunikasi antara si suami dan si istri. Oleh sebab itu, disinilah peran suami dibutuhkan. Ternyata ada banyak hal yang harus disiapkan saat menanti kelahiran si kecil, bahkan sejak pertama kali mengetahui kabar kehamilan. Yuk, simak ulasannya berikut ini Moms.

 

1. Persiapan Fisik

Untuk persiapan fisik, Kak Saskhya menyarankan mama muda dan calon mama, untuk konsisten berolahraga sebelum dan setelah melahirkan serta mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga stamina tubuh agar tetap prima.

2. Persiapan Mental

Persiapan mental dianggap paling penting. Saat menantikan kelahiran si kecil, biasanya nih ya calon ibu suka banget browsing untuk mencari soal persiapan melahirkan lah, menyusui lah dan masih banyak lagi informasi yang digali. Tapi yang harus diperhatikan adalah, carilah informasi dari sumber yang terpercaya supaya tidak termakan isu atau mitos gak jelas, yang justru membuat Moms panik saat menjelang waktu melahirkan.

Moms, Kak Saskhya menegaskan, jangan pernah berpikir bahwa ibu yang sempurna adalah ibu yang bisa menyelesaikan semua pekerjaannya sendiri. Jujur, dulu saya pun begitu. Alasannya sih simpel hanya ingin memastikan semua berjalan dengan baik. Namun ternyata, saya tak sekuat itu. Ada kalanya kita membutuhkan bantuan orang lain, bisa suami, orangtua, anggota keluarga lain atau ART. Kak Saskhya melanjutkan, It’s ok to be not ok, yang penting Moms selalu merasa bahagia karena impactnya akan terlihat pada tumbuh kembang anak. Gak mau dong si kecil tumbuh jadi anak yang mudah murung, mengeluh, tak bergairah karena meniru ibunya?

3. Persiapan Kebutuhan Anak

Terakhir yaitu persiapan untuk memenuhi kebutuhan anak misalnya seperti pakaian bayi, perlengkapan tidur, perlengkapan mandi, menyusui hingga perlengkapan traveling untuk si kecil. So, kira-kira Moms sudah terbayang kah barang apa aja yang akan dibeli dalam waktu dekat untuk kebutuhan si baby?

Padahal menurut Kak Saskhya, saat membeli perlengkapan anak haruslah dipertimbangkan manfaat dan fungsinya. Misalnya, beli playmat untuk bayi. Bagi sebagian orang mungkin mikirnya gak penting, kan bayi bisa tidur atau tengkurep di kasur atau tikar. Tapi ternyata, playmat memiliki manfaat lain yang bagus untuk melatih sensorik anak. Contoh lainnya saat memilih stroller, nah ini lumayan tricky juga yah. Kak Saskhya menjelaskan, memilih kereta dorong bayi itu gak boleh yang asal bagus modelnya tapi diperhitungkan juga cara pemakaiannya praktis ngga. Kira-kira aman dan mudah gak kalau dibawa oleh perempuan.

tips belanja online aman, tips belanja online mnggunakan kartu debit, belanja online menggunakan kartu debit, mastercard

.

Tips Belanja Kebutuhan Anak secara Online

Bicara soal kebutuhan anak, kita pasti sudah hunting barang yang akan kita beli baik secara online maupun datang langsung ke toko. 90% barang yang saya miliki saat ini dibeli secara online. Alasannya karena saya tuh gak bisa nawar kalo belanja. Apalagi saat hamil, maunya di rumah terus, malas banget kalau harus nyari pakaian bayi di store atau mall. Ya macet, ya antri mending kalau harganya cocok, kalau ngga? Pulang dengan tangan hampa.

That’s why, belanja online tuh surga banget. Sambil tiduran bisa pilih baju anak, gak cocok, scroll lagi. Selain itu kita juga bisa membandingkan harga barang yang diincar dari berbagai online store atau e-commerce.

tips belanja online aman, tips belanja online mnggunakan kartu debit, belanja online menggunakan kartu debit, mastercard

Ternyata hal ini juga dirasakan oleh Tarra Budiman, artis sekaligus calon papa muda. Kalau biasanya perempuan yang antusias untuk beli perintilan buat si baby, Tarra justru sebaliknya, dia lah yang mudah tergoda rayuan perlengkapan bayi yang lucu dan menggemaskan.

Berikut ini tips belanja kebutuhan anak secara online yaitu:

  • Buatlah daftar kategori.
  • Susun urutan prioritas.
  • Cek dan bandingkan harga sebelum membeli.
  • Jangan tergesa-gesa dalam membeli perlengkapan pengasuhan.
  • Pertimbangkan manfaat barang bagi perkembangan anak.

Baca juga : 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Belanja Online

Tips Berbelanja Online Menggunakan Kartu Debit

Berkat kemajuan teknologi, sekarang semua serba mudah dan praktis. Termasuk belanja online di berbagai e-commerce kini sudah banyak pilihan keuntungan yang ditawarkan. Mulai dari free ongkir hingga pilihan metode pembayaran yang bisa dilakukan konsumen.

Termasuk saya dan suami, saat belanja online lebih memilih metode pembayaran melalui fitur Bank. Karena saya merasa lebih secure, safety and simple. Dan metode yang selalu saya gunakan yaitu pembayaran secara transfer dan menggunakan debit card. Kalau belanja offline kan tinggal gesek tuh si debit card. Nah, Moms pernah gak bayar pakai debit card Mastercard saat belanja online?

tips belanja online aman, tips belanja online mnggunakan kartu debit, belanja online menggunakan kartu debit, mastercard

Sebelum menjelaskan lebih lanjut, kita samakan suara dulu ya Moms. Jadi Mastercard bukan kartu khusus untuk membayar sesuatu melainkan fitur yang dimiliki Mastercard ada pada kartu ATM atau kartu debit kita. Bisa bank apa saja. Selama pada kartu ATM atau kartu debit kita berlogo Mastercard. Is it clear? Lanjut ya…

Berikutnya, kartu debit berlogo Mastercard harus memikiki saldo untuk membayar sejumlah transaksi yang kita lakukan. Sebab belanja online dengan kartu debit akan memotong saldo bukan meminjam layaknya kartu kredit.

1. Mungkin beberapa diantara Moms masih asing dengan metode pembayaran ini tapi tenang ya, belanja online dengan kartu debit dipastikan aman karena memiliki fitur Mastercard SecureCode.

Mastercard SecureCode adalah password yang hanya bisa dipakai satu kali atau one-time password (OTP) yang akan dikirimkan melalui SMS oleh bank penerbit kartu debit kita. Kita hanya memiliki waktu 60 detik untuk menggunakan password tersebut sejak dikirimkan melalui SMS. So, pastikan nomor handphone yang didaftarkan pada kartu debit aktif.

Cara pemakaiannya sih sama seperti saat kita membayar pakai credit card. Kita harus memasukan sejumlah informasi yang tertera pada kartu debit, seperti nama pemilik, 16 digit nomor kartu dan informasi lainnya. Bedanya, kalau credit card kan berupa tagihan ya, sementara pakai debit card saldo kita yang akan terpotong otomatis.

tips belanja online aman, tips belanja online mnggunakan kartu debit, belanja online menggunakan kartu debit, mastercard

 

2. Mastercard juga memiliki fitur informasi yang dikirimkan melalui SMS perihal jumlah nominal transaksi serta lokasi pembelanjaan (merchant atau store). Jadi kita mengetahui setiap transaksi kartu debit. Pun disalah gunakan, berkat informasi tersebut, kita bisa segera melaporkan ke bank penerbit untuk ditelusuri dan dilindungi dana kita secara real time.

Direktur Mastercard Indonesia, Tommy Singgih mengatakan, kartu debit yang hilang dapat dibatalkan dan digantikan dengan cepat dan transaksi yang tidak resmi dapat ditangani, sementara uang tunai yang hilang tidak bisa ditelusuri apalagi didapatkan kembali.

tips belanja online aman, tips belanja online mnggunakan kartu debit, belanja online menggunakan kartu debit, mastercard

 

3. Meskipun kartu debit Mastercard memiliki lapisan security namun sebaiknya tidak melakukan pembayaran dengan kartu debit online di tempat umum. Pastikan Moms bertransaksi di laman atau web yang aman misalnya alamat website yang dimulai dengan “https” yang artinya informasi apapun yang kita masukan terlindungi dengan aman.

tips belanja online aman, tips belanja online mnggunakan kartu debit, belanja online menggunakan kartu debit, mastercard

Usahakan untuk bertransaki dengan debit card secara online pada perangkat pribadi, gadget atau komputer pribadi misalnya. Namun jika Moms melakukan transaksi online menggunakan komputer public, make sure Moms menghapus riwayat pencarian dan file internet sebelum meninggalkan komputer.

Bahkan Pak Tommy juga menambahkan, setelah selesai bertransaksi online dengan debit card sebaiknya kita menghapus informasi yang sudah kita masukan pada website seperti 16 digit nomor kartu misalnya. Memang agak repot karena saat akan belanja online kita harus mengetik ulang informasi kartu debit tersebut.

Baca juga : Cara Hemat Budget Saat Belanja Gadget Online

Kesimpulannya, mempersiapkan kebutuhan anak memang sangat penting terutama anak pertama yang biasanya semua barang ingin dibeli. Namun alangkah bijaknya jika kita sebagai orangtua mempertimbangkan aspek fungsi dan manfaat jangka panjang. Belanja online bisa menjadi solusi untuk mendapatkan penawaran terbaik serta menghemat waktu dan tenaga. Pastikan berbelanja online di situs  yang aman dan terpercaya. Gunakan metode pembayaran yang aman serta memberikan perlindungan secara real time pada akun bank yang kita miliki. Mastercard menawarkan fasilitas, layanan sekaligus melindungi semua transaksi dan data konsumen secara real time. Mastercard juga mendukung trend gaya hidup cashless untuk mengendalikan pengeluaran. Semoga bermanfaat dan tetap bijak mengelola keuangan ya Moms.

belanja online menggunakan kartu debit yang aman, belanja online menggunakan kartu debit yang aman, belanja online menggunakan kartu debit yang aman, belanja online menggunakan kartu debit yang aman, belanja online menggunakan kartu debit yang aman, belanja online menggunakan kartu debit yang aman, belanja online menggunakan kartu debit yang aman, belanja online menggunakan kartu debit yang aman, belanja online menggunakan kartu debit yang aman, belanja online menggunakan kartu debit yang aman, 

30 Comments

  • VHAranie

    makin kesini, kebutuhan belanja ku emang lebih condong ke online sih.. lebih irit segala-gala, terutama waktu.. walau gak punya Kartu Kredit ya aku pakenya Kartu Debit..

  • Dwi

    Godaan bangeet. Sekarang belanja online makin mudah aja. Aku juga emang prefer pake debit lebih tenang aja krn motong saldo langsung, gak jadi tagihan.

  • Ade UFi

    Wah, asyik nih belanjanya ga perlu ngutang lagi ya.. xixixi.. jadi kita siapin saldo aja ya di master card. Klo debit mastercard gitu naro uangnya dmana ya? Apa ada bank pendampingnya?

  • Reyne Raea (Rey)

    Saya udah pernah nih pakai debit mastercard buat belanja online.
    Senang banget deh, secaraaaa zaman now apa-apa serba online.
    rata-rata hanya bisa dibayar dengan mudah pakai CC.
    Padahal ga semua orang punya dan mau apply CC 🙂

  • Bunda Erysha (yenisovia.com)

    Wah sekarang mastercard ada kartu debitnya ya. Jadi enak ya mau belanja apapun . Tapi ngomong-ngomong sebelum menjadi ibu memang harus persiapan ya salah satunya persiapan mental gitu. Karena ternyata ketika menjadi ibu. Semuanya tak semudah teori-teorinya hihihi

  • Dian Restu Agustina

    Aku belanja online biasa pakai CC..tapi tagihan dibayar penuh saat datang. Jadi enggak ngutang.
    Karena pengalaman pakai debit was-was juga , langsung ada akses ke dana di rekening kita kan artinya.
    Tapi kalau ternyata Mastercard punya fitru SecureGuard begini keknya enggak bakalan khawatir lagi

  • Elly Nurul

    Kartu kredit sudah aku tinggalkan sejak lama… kartu debit bagi aku lebih bisa diandalkan, secara uang kita sendiri ya hehe.. saya setuju jika walaupun menggunakan kartu kredit kita harus tetap berhati-hati saat menggunakannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan

  • fanny f nila

    aku dan suami kerja di bank, dan untungnya bank kita masing2 punya debit card dengan logo yg 1 visa, yg 1mastercard . Nah, setelah mencoba bbrp kali belanja pakai kartu visa dan mastercard, aku harus mengakui, bhwa mastercard unggul di segi rate Forex nya yg muraaaaah!! aku prnh belanja pakai mastercard di LN , trus utk perbandingan pakai visa juga di negara yg sama. trus sampe indonesia kuta bandingin ratenya. Yg mastercard jauuuh lbh bagus dan murah. makanya utk transaksi dengan currency asing, aku lbh seneng pakai mastercard 🙂

  • Siti Faridah

    Kalau aku belum pernah belanja online peralatan dan perlengkapan bayi. Setuju banget aku sama tips belanja online. Akan aku praktikkan nanti kalau aku sudah menikah dan punya anak.

  • Irra

    Akuu!! Kalau belanja suka pakai debit online. Soalnya mudah banget dan rasanya kayak punya kartu kredit. Pembayarannya juga bisa disesuaikan dengan jumlah saldo yang tersedia. Jadi gak kalap-kalap.

  • Keke Naima

    Saya baru tau kalau kartu debit juga bisa buat belanja online. Trus, saya langsung cek kartu debit yang dimiliki. Ternyata, ada logo mastercardnya. Selama ini saya suka cuek gak perhatiin kayak gitu 😀

  • roosvansia

    Tanpa kt sadari belanja online sebenernya bikin efesiensi banyak hal sih. Dr mulai waktu, ongkos, bensin, ngga perlu ngalamin macet jadinya ngga kebawa stres dan emosi jiwa. Trs banyak diskon hihihihi. Uang untuk ongkos n bensin bisa dibeliin yg lain deh *ehhh

  • Andi Mirati Primasari

    aku mulai senang belanja online sejak pertama kali punya penghasilan sendiri di tahun 2011.. kenapa aki senang belanja online? karena lebih praktis, tdk perlu datang langsung ke toko atau mal untuk beli.. pilihan produk cukup lengkap, transaksinya pun mudah.. salah satunya dengan metode kartu debit ini 🙂

  • Andi Mirati Primasari

    aku mulai senang belanja online sejak pertama kali punya penghasilan sendiri di tahun 2011.. kenapa aku suka belanja online? karena lebih praktis dan fleksibel, tdk perlu datang langsung ke toko atau mal untuk beli.. pilihan produk cukup lengkap, transaksinya pun mudah.. salah satunya dengan metode kartu debit ini

  • emanuella aka nyonyamalas

    Aku juga seringan belanja online loh Mbak. Soalnya kan kadang ribet dan ga sempet ya belanja offline. Mana bawa-bawa bocah kecil gini. Hihihi, ga bisa santai. Mending klik klik klik di rumah, praktis. Thanks ya untuk tipsnya jadi lebih tenang juga belanja online pakai debit. 🙂

  • Elly Nurul

    Kadang kita terlalu abai ya saat belanja menggunakan kartu debit apalagi online, tetap harus memperhatikan faktor keamaannya.. InshaAllah dengan kartu debit yang berlogo mastercard ini sudah sangat aman untuk digunakan belanja online ya… karena memiliki double security

  • Rizka Edmanda

    Aku pernah tuh saldo tiba tiba kepotong lebih abis belanja di supermarket, katanya kasir dia ga sengaja input dua kali. Jaman sekarang memang harus teliti menggunakan kartu debit karna kejahatan scamming dan cyber crime lain merajalela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *