tips mengatasi nyeri haid tanpa obat
health,  Lifestyle

3 Cara Efektif Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Masih ingat betul, persis 10 tahun yang lalu saya mencari solusi untuk mengatasi nyeri haid. Iya, pada masa menstruasi pertama. Ada rasa lega karena itu artinya organ reproduksi saya baik-baik saja meski terhitung telat sebab baru mens di usia 18 tahun. Namun, masalah baru pun muncul yakni nyeri haid atau dismenore yang banyak dikeluhkan oleh remaja lain saat itu.

tips mengatasi nyeri haid tanpa obat

Nyeri haid ini memang tidak menyerang semua wanita. Buktinya kakak perempuan ku sama sekali tidak pernah mengalami nyeri haid yang teramat. Hanya muncul rasa pegal saja katanya. Sementara itu, saya sering kesakitan pada hari pertama sampai ketiga, bahkan sampai tak bisa beraktifitas seperti biasanya.

Sehari sebelum haid biasanya rasa nyeri sudah mulai terasa diarea pinggang, payudara dan perut bagian bawah. Hingga darah haid keluar, barulah nyeri haid mulai terasa dan sangat mengganggu. Jangankan untuk pergi kuliah atau bekerja, dibawa duduk aja rasanya sakit sekali. Hal ini terjadi setiap bulan, kebayang kan seperti apa repotnya. Bahkan saya pernah pingsan karena memaksakan diri tetap berangkat kerja dan pas banget saat itu ada event di luar ruangan sementara saya tengah merasakan nyeri haid yang teramat sangat.

Baca juga : Usir Bulu Ketiak Tanpa Perih

.

Lalu, Apa Penyebab Nyeri Haid ???

Seperti yang dilansir oleh Halodoc, Nyeri haid atau dismenore yaitu keluhan yang umum terjadi pada wanita saat haid. Nyeri tersebut muncul pada awal menstruasi dan terjadi pada perut bagian bawah.

Gejala dismenore yang sering muncul seperti kram perut, nyeri punggung bawah, pinggang pegal, diare, mual, muntah, pusing hingga sakit kepala.

Nyeri haid terjadi akibat otot-otot rahim berkontraksi dan membuat aliran darah ke area tersebut berkurang sehingga menimbulkan nyeri.

.

3 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid

Sejak saat itu, saya selalu sigap untuk mengatasai nyeri haid saat datang bulan. Beberapa cara efektif yang masih saya lakukan hingga saat ini untuk mengatasi nyeri haid yaitu:

1. Bersahabat dengan air hangat

Mulai dari minum air hangat, mengompres perut dengan botol berisikan air hangat hingga berendam air hangat selalu saya lakukan untuk mengatasi nyeri haid. Nasehat ini bukan omong kosong lho, beneran sangat membantu meredakan nyeri haid dan membuat saya lebih relaks. Sensasi hangat yang dihasilkan bisa mengurangi kram perut. Saya juga kadang menambahkan teh, jahe atau jeruk nipis pada air hangat yang akan diminum.

 

2. Beristirahat dan minum kunyit asem

Berbaring dan beristirahat merupakan cara terbaik untuk meredakan nyeri haid. Atau jika kita memang harus tetap masuk kerja saat nyeri haid menyerang, solusinya duduk dengan posisi yang relaks, usahakan duduk pada kursi yang memiliki senderan dan simpan bantal emuk dibagian pinggang dan punggung. Hal ini cukup memberikan rasa nyaman pada area pinggang dan perut yang sakit.

Selain itu, saat memiliki waktu luang, biasanya saya membuat jamu kunyit asem sendiri. Selain rasanya yang enak dan segar, juga memiliki khasiat untuk meredakan nyeri haid.

 

3. Menggunakan iFree Pad Terapi Hangat

Happy banget ya hidup di era modern, semua ada solusinya termasuk soal mengatasi nyeri haid ini. Kalau dulu saya harus repot kompres pakai air hangat, sekarang tinggal tempel aja bahkan hangatnya bisa diatur pula, mulai dari hangat sedang hingga panas.

iFree pad terapi hangat

.

Tentang iFree Pad, Terapi Hangat untuk Mengatasi Nyeri Haid

iFree Pad merupakan pad atau alas/bantalan tipis tempel yang berfungsi untuk terapi hangat yang membantu meredakan nyeri haid secara efektif dan aman sebab bukan obat minum melainkan hanya ditempel pada pakaian atau celana dalam saja.

solusi atasi kram perut saat haid

.

Cara Kerja iFree Pad pada area nyeri haid

iFree pad dilengkapi  proses OxyHeat alami , dimana bantalan tipis atau pad tersebut akan menghasilkan sensasi hangat begitu pad terpapar udara saat kemasan dibuka. Rasa hangat yang dihasilkan mampu bertahan hingga 8 jam sehingga mampu memberikan rasa nyaman saat beraktifitas, mengurangi kram perut dan nyeri haid saat ditempelkan pada area yang terasa nyeri.

cara pakai ifree pad saat haid

.

Kemasan, Tekstur dan Scent

iFree pad dikemas dengan dus kertas berwarna merah muda dan putih dengan informasi yang cukup lengkap seperti cara pemakaian dan manfaat produk tersebut. Satu box/dus kertas berisi 2 pads yang dibungkus kembali, masing-masing berukuran sekitar 10 cm.

gejala demenore
1 Box berisi 2 Pads

Bentuk dan teksturnya halus seperti pembalut, namun lebih tipis dan kecil serta memiliki perekat yang baik sehingga tidak mudah lepas atau terlipat saat digunakan beraktiftas. Bantalan tipis atau pad berwarna putih bersih tanpa aroma apapun.

teksture iFree pad lembut
Tekstur permukaan iFree pad halus dan lembut

.

Cara Pemakaian

iFree Pad dapat dipakai dengan sangat simple dan praktis, yaitu:

  1. Buka kemasan pad terapi iFree. Pad perlahan akan menghangat saat terpapar udara.
  2. Lepaskan lapisan perekat dan tempelkan pada area yang sakit. Tentukan rasa hangat yang diinginkan dengan tiga cara yakni:  Agak Hangat : tempelkan pada di bagian dalam baju;  Hangat : tempelkan pad diluar celana dalam; Lebih Hangat : Tempelkan di bagian dalam celana dalam.
  3. Pad hanya untuk sekali pakai ya, jika hangatnya sudah mulai hilang, bisa digantikan dengan pad yang baru.
View this post on Instagram

 

A post shared by iFree Indonesia (@ifree.indonesia) on

.

Where to buy

iFree pad bisa dengan mudah dibeli secara online di JD.ID, Farmaku, dan KlikIndomaret, maupun offline di drugstore seperti Guardian, Watson, DanDan, Boston, Hypermart, Viva Health Apotek, dan Apotek Roxy. Harganya sekitar Rp 25.000,- untuk 1 box berisi 2 pad. Dibeberapa tempat ada perbedaan harga.

terapi hangat dengan bantalan

Kesimpulan

Bagi wanita yang super aktif, apalagi as a working mom from home with toddler, harus smart dan cepat mengatasi nyeri haid. Jangan sampai nyeri haid mengganggu aktifitas dan membuat pekerjaan jadi terbengkalai. Nyeri haid gak cuma bikin kita malas gerak tapi juga memicu emosi, bener nggak? Daripada marah-marah gak jelas sama anak dan suami, lebih baik segera atasi dengan tiga tips diatas supaya kita tetap bisa beraktifitas seperti biasanya. #iFreetobeMe.

Find Us on
Instagram : @iFree.indonesia
Facebook : iFree
Website : www.ifreeindonesia.com

Baca juga : Pentingnya Udara Bersih untuk Kesehatan Anak

18 Comments

  • Lidya

    wah ada iFree Pad ya sekarang bisa buat menghilangkan nyeri di area haid. Aku sebenernya gak ada keluhan apa-apa kalau haid, tapi sesekali nyeri aja cuma gak parah. MAulah kapan2 nyobain

    • Reyne Raea

      Dulu sebelum punya anak, saya sering sakit perut gak karuan kalau lagi mens, ama pak suami di kasih botol yang diisi air panas buat hangatin perut katanya.

      Sekarang mah udah canggih gini ya, gak perlu masak-masak air, langsung tempel aja yang hangat2 🙂

    • Okti Li

      Kalau sudah bisa dibeli secara online wah mau juga saya mencobanya. Tidak harus panas-panasan ke pasar di kota mencari pencegah nyeri saat haid ini. Terimakasih infonya ya.

  • Rohyati Sofjan

    ifree pad mah saya baru tahu. Andai tahu zaman masih kerja di Bandung soalnya kala masih lajang pernah nyeri parah. Mungkin karena lelah dengan aktivitas fisik yang berat plus tekanan psikis. Sekarang setelah menikah nyerinya berkurang. Cuma saya tetap harus berbaring atau istirahat da mudah lelah serta adanya kontraksi rahim bikin malas ngapa-ngapain. Cuma sehari saja. Kalau lebih dari sehari kayaknya saya harus coba ifree pad.
    BTW, saya juga telat mens, kala 17 tahun. Bersyukur karena sebelumnya sempat khawatir jalau ada kelainan. Kayaknya itu pengaruh saya kurang gizi dari anak-anak sampai remaja yang bikin gini. Bikin hormon estrogen berkurang.

  • Idah Ceris

    Baru tahu kalau air hangat juga bisa meredakan nyeri haid, yaa. Dan Btw, aku juga baru tahu perihal ifree pad. Cara pakainya unik, ya. Ngga deketan sama mrs v. Hihihi

  • Monica Anggen

    Aku tiap menstruasi hari pertama dan kedua biasanya sampai nggak bisa bangun saking nyerinya nggak nahan. Biasanya kunyit asam memang agak membantu meredakan rasa nyeri, tapi tetap aja aktivitas harian di 2 hari yang kursial itu jadi terganggu. Boleh nih untuk bulan depan mau coba iFee pad ini juga ah, siapa tahu bisa membantu kurangi rasa nyerinya

  • Rani Yulianty

    Pernah lihat produk pad untuk menstruasi gini di drama korea, ternyata produknya udah ada di Indonesia ya, asyik banget, praktis digunakan, saat nyeri haid bisa pakai ini, deh

  • Tuty Queen

    Aku banget nih ci kalau mau haid nggak karuan rasanya badan terutama punggung kaku dan sakit, biasanya aku minum kunyit asem. Btw aku juga kemarin lihat postingan iFree ini jadi pengen nyobain.

  • Uniek Kaswarganti

    Praktis banget yaaa sekarang nyeri haid bisa pake Ifree ini. Kalau dulu emang kudu kompres pake botol panas.
    Kalau aku sih biasanya jelang2 periode mens udah langsung konsumsi kunyit asam, biar lancar dan enakan di badan

    • Eka Rahmawati

      Kalo saya alhamdulillah banget jarang mengalami nyeri haid. Palingan punggung pegal aja. Tapi semenjak tahu salah satu cara meringankannya adalah dengan banyak minum air putih. Oh ya produk iFree Pad bakal ku kasih th temen ku yg suka nyeri haid juga. Makasih ya mba infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *