health,  Lifestyle,  parenting

WASPADA INFEKSI SALURAN KEMIH, TEPAT ATASI ANYANG-ANYANGAN DENGAN URI CRAN DARI COMBHIPAR

Kita tentu sering mendengar istilah anyang-anyangan yang ditandai dengan mudah yakni munculnya rasa sakit saat buang air kecil. Saking seringnya, anyang-anyangan menjadi salah satu penyakit yang dianggap lumrah dan cenderung sembuh dengan sendirinya.


Saya juga salah satu orang yang sering mengalami anyang-anyangan karena kebiasaan buruk yang saya pelihara. Minimnya informasi dan edukasi tentang anyang-anyang pun membuat saya dan mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap sepele sakit kencing atau anyang-anyangan padahal dampaknya cukup berbahaya untuk kesehatan kita, terutama saluran kemih.

GAGAL TES KESEHATAN HINGGA DITOLAK PERUSAHAAN IDAMAN AKIBAT INFEKSI SALURAN KEMIH ATAU ANYANG-ANYANGAN

Sejak masih SMA saya termasuk siswi yang aktif dibanyak organisasi sekolah dan di luar sekolah bahkan hobi saya pada dunia jurnalis membawa saya pada pekerjaan sebagai wartawan junior di media cetak hingga kuliah. Sejak saat itulah, Infeksi Saluran Kemih menyerang hingga saya harus sering merasa tidak nyaman karena anyang-anyangan.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang saya derita yaitu karena kebiasaan buruk dan gaya hidup yang tidak sehat seperti kondisi di lapangan saat liputan membuat saya lebih menyukai minum minuman manis seperti soft drink dan minuman berkafein daripada mengonsumsi air mineral. Kebiasaan buruk lainnya yaitu sering menahan buang air kecil alasannya tidak lain dan tidak bukan karena kondisi di lapangan yang setiap waktu berpindah-pindah sehingga saya kesulitan menemukan toilet. Terakhir, kesibukan dan aktifitas tinggi membuat saya kurang memperhatikan kebersihan area genital sehingga area tersebut sering lembab dan memicu ISK atau anyang-anyangan.

Kebiasaan tidak sehat tersebut ternyata membawa pengaruh buruk untuk saluran kemih saya. Dua hari setelah wisuda saya mendapat panggilan kerja dari salah satu Perusahaan Maskapai ternama di Indonesia. Setelah proses screening dan interview lolos, sayang sekali saya gagal pada tahap terakhir tes kesehatan karena terindikasi ada Infeksi Saluran Kemih. Saya memang sering mengalami anyang-anyangan namun tidak menyangka akan sedemikian rupa dampaknya. Sedih, kecewa dan menyesal hingga akhirnya saya harus konsultasi dengan dokter Spesialis Urologi untuk mengetahui lebih lanjut tentang infeksi saluran kemih yang saya derita. Dan memang benar semua berawal dari pola hidup tidak sehat yang saya jalani dalam waktu yang cukup lama.

Kali ini saya akan berbagi informasi tentang ISK atau anyang-anyangan berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri dengan harapan bahwa kedepannya wanita Indonesia, khususnya kawula muda sadar akan kesehatan saluran kemih agar tidak menyesal seperti saya saat kesempatan emas datang menghampiri.


APA SIH INFEKSI SALURAN KEMIH ATAU ANYANG-ANYANGAN ???

Saya pun sempat membuat polling di Instagram tentang anyang-anyangan dan seluruh peserta yang menjawab adalah perempuan remaja dan dewasa dengan jawaban yang sama yaitu “PERNAH”. Hal ini mendorong saya untuk membagikan pengalaman saya dalam sebuah artikel pada blog saya. Sebelum kita membahas lebih jauh, berikut ini adalah informasi detail tentang ISK atau anyang-anyangan yang saya peroleh dari dr. Mahatma Putra, SpU Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading.

ISK atau anyang-anyangan adalah suatu siklus dimana kita merasa ingin buang air kecil secara terus menerus dalam waktu dekat disertai rasa pegal dan sakit di area genital sementara air seni yang keluar sedikit.

Kemudian dr. Mahatma Putra, SpU pun menjelaskan perbedaaan antara Infeksi Saluran Kemih (ISK) dan anyang-anyangan, diantaranya saat pasien menderita Infeksi Saluran Kemih (ISK) pasti akan muncul gejala anyang-anyangan, lain halnya pada saat pasien mengalami anyang-anyangan belum tentu pasien tersebut menderita Infeksi Saluran Kemih.

Meski begitu, gejala anyang-anyangan yang muncul cukup mengganggu aktifitas ya dear sehingga sekecil apapun gejala yang ditimbulkan sebaiknya segera ditangani dengan bijak bahkan penting sekali adanya edukasi untuk masyarakat luas tentang penyebab dan pencegahan anyang-anyangan atau ISK, terlebih untuk wanita yang cenderung lebih beresiko 50% terkena anyang-anyangan daripada pria.


PENYEBAB ISK ATAU ANYANG-ANYANGAN

Dari banyak penyebab anyang-anyangan yang disampaikan oleh dokter Urologi Mitra Keluarga, beberapa diantaranya pernah saya alami sendiri dan ketika penyebab tersebut saya hindari maka berangsur anyang-anyangan pun minggat. Apa saja penyebabnya?

Secara teori penyebab anyang-anyangan adalah semua hal yang menyebabkan reaksi berlebih seperti iritasi, rangsangan, adanya tekanan pada kandung kemih, alergi dan semua gangguan pada organ kemih dapat menyebabkan anyang-anyangan. Namun penyebab anyang-anyangan juga dapat dilihat dari faktor eksternal seperti pola hidup kurang sehat yang pernah saya pelihara, seperti sering menahan buang air kecil, jarang mengganti celana dalam secara berkala, memakai pakaian dalam yang kotor, membiarkan area genital dalam kondisi yang lembab, menggunakan toilet dan air untuk membasuh yang kotor, cara membasuh yang keliru setelah buang air kecil dan buang air besar dan kurang minum air mineral.
    uri cran, combhipar, anyang-anyangan yaitu , infeksi saluran kemih adalah, penyebab anyang-anyangan, penyebab infeksi saluran kemih, gejala anyang-anyangan, gejala infeksi saluran kemih, uri cran melindungi saluran kemih, manfaat buah cranberry, buah cranberry tinggi vitamin C, bahaya bakteri e colli  anyang-anyangan pada ibu hamil, mengatasai anyang-anyangan, mengatasi infeksi saluran kemih, sakit buang air kecil, bahaya anyang-anyangan, bahaya infeksi saluran kemih, ISK


    GEJALA UMUM INFEKSI SALURAN KEMIH ATAU ANYANG-ANYANGAN YANG SERING MUNCUL

    Honestly, anyang-anyangan ini sangat mengganggu aktifitas saya dan semua gejala yang saya rasakan membuat saya tidak nyaman bergerak. Gejala paling gampang dikenali saat menderita anyang-anyangan yaitu hasrat ingin buang air kecil lebih sering namun air seni yang keluar sedikit-sedikit jadi membuat saya harus bolak-balik toilet entah berapa kali dalam durasi pendek.

    Saat buang air kecil rasanya seperti ada yang tertahan padahal udah kebelet banget jadi lumayan membuat saya meringis karena muncul rasa perih saat buang air kecil.

    Rasa tidak nyaman seharian juga dipengaruhi karena timbul nyeri disekitar panggul. Nyerinya mirip-mirip gejala PMS tapi ini lebih gak nyaman karena hasrat buang air kecil yang tak terkendali. Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa anyang-anyangan yang menyerang pria juga menimbulkan rasa nyeri, namun berbeda letaknya yakni pada anus.

    Konsentrasi urine lebih pekat, keruh dan berbau. Saat uji lab saya melihat sendiri urine yang sudah saya wadahi di tabung bening memang terlihat keruh dan warnanya pekat.

    Akumulasi dari semua nyeri dan sakit yang muncul dari gejala anyang-anyangan membuat saya jadi mudah merasa lelah dan tidak fit karena harus bolak-balik toilet, jadi badmood, hilang konsentrasi bahkan saya sempat mengalami demam.


    CARA MENCEGAH DAN MENGATASI INFEKSI SALURAN KEMIH ATAU ANYANG-ANYANGAN

    Setelah melewati satu rangkaian pemeriksaan sample urine, dokter kemudian memberikan obat antibiotik serta analgesik untuk mengurangi rasa perih dan nyeri saat buang air kecil yang harus saya minum selama tiga hari. Sejak saat itu saya mulai waspada pada infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan, selain menimbulkan rasa tidak nyaman, anyang-anyangan juga dapat membawa risiko serius pada kesehatan saya seperti infeksi ginjal. Berikut ini adalah beberapa hal yang saya lakukan untuk mencegah anyang-anyangan datang lagi, diantaranya:


    1. MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT

    • Mengonsumsi air mineral yang cukup yaitu sekitar 2 liter per hari. Di kantor, saya selalu menyediakan air minum dalam botol besar ukuran 1.2 liter setiap hari dan harus saya habiskan.
    • Mengurangi mengonsumsi soft drink dan minuman berkafein seperti kopi, baik itu kopi murni ataupun es kopi yang populer saat ini. Kalo pun saya terpaksa minum kopi karena godaannya yang tak tertahankan, saya seimbangkan dengan minum air putih lebih banyak.
    • Mulai mengurangi pemakaian celana atau jeans ketat agar tidak lembab.
    • Sering mengganti celana dalam terutama saat padat aktifitas serta memastikan permukaan organ intim tidak lembab. Sejak terkena ISK, saya selalu membawa celana dalam cadangan didalam tas untuk ganti terutama saat melakukan trip atau outing dari kantor. Pilih celana dalam dengan bahan yang halus, adem dan mudah menyerap keringat ya dear.
    • Saat haid, saya selalu mengganti pembalut secara berkala untuk menghindari bakteri jahat berkembang dalam kondisi lembab.

    2. MENERAPKAN PERILAKU BAK DAN BAB YANG TEPAT

    • Setelah kejadian gagal tes kesehatan itu, saya berjanji untuk tidak melakukan hal yang sama yang merugikan kesehatan saya, terutama menahan buang air kecil. Saya selalu menyengajakan BAK terlebih dahulu sebelum menempuh perjalanan jauh karena khawatir ingin buang air kecil selama diperjalanan namun terjebak macet atau tidak menemukan toilet bersih.
    • Seandainya terpaksa harus menggunakan toilet umum, saya selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum buang air kecil, menekan tombol flush untuk membersihkan area toilet sebelum digunakan, membersihkan dudukan toilet dengan tissue atau cairan anti septic yang biasanya sudah tersedia.
    • Membersihkan dan membasuh area genital dengan bersih dari arah depan ke belakang untuk menghindari bakteri e colli masuk ke vagina yang dapat menyebabkan ISK.
    • Mengeringkan area genital dengan handuk lembut atau tissue kering setelah buang air kecil atau buang air besar.
    • Satu lagi yang tidak pernah saya tinggalkan yaitu mencuci tangan kembali sebelum meninggalkan toilet. 


    3. MENGONSUMSI URI-CRAN SECARA TERATUR

    Selain pola hidup tidak sehat dan tidak higienis, anyang-anyangan juga bisa muncul karena sebab lain seperti adanya tekanan pada kandung kemih. Setelah dua tahun terbebas dari anyang-anyangan, tahun lalu saya kembali mengalami hal yang sama saat hamil besar. Saya sempat disarankan untuk mengonsumsi buah cranberry untuk mengatasi anyang-anyangan namun lumayan sulit mendapatkan jenis buah ini sementara anyang-anyangan yang menyerang sangat mengganggu, terlebih saya juga masih aktif bekerja saat itu.

    Setelah coba tanya sana-sini, saya menemukan manfaat cranberry dalam bentuk lain yaitu pada produk Prive Uri-Cran dari PT. Combiphar. Kemudian saya mencoba produk Prive Uri-Cran serbuk yang dapat diminum dengan cara diseduh. Sebenarnya ada varian kapsul juga tapi saya lebih menyukai yang serbuk karena bisa dilarutkan dalam air dan diminum seperti biasa jadi rasanya seperti tidak minum obat.

    Sebelumnya saya sudah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan yang biasa saya kontrol. Setelah saya tunjukan kandungan dari Uri-Cran, beliau pun mengizinkan saya untuk minum Uri-Cran karena kandungannya yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

    KANDUNGAN CRANBERRY PADA PRIVE URI-CRAN, SOLUSI ALAMI PENCEGAH  ANYANG-ANYANGAN

    Buah Cranberry atau disebut juga Vaccinium Oxycoccos merupakan salah satu jenis keluarga berry yang berwarna merah dan banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi pada buah Cranberry membuat buah ini banyak digunakan sebagai sumber vitamin yang baik untuk meningkatkan daya imunitas tubuh, menjaga kesehatan jantung, mencegah sariawan dan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.



    Prive Uri-Cran Plus juga mengandung Probiotik yang bagus untuk kesehatan saluran cerna. Setiap hari saya selalu mengonsumsi Probiotik baik dalam bentuk susu permentasi maupun suplemen makanan dalam bentuk tablet atau serbuk. Dengan mengonsumsi Prive Uri-Cran Plus saya mendapatkan manfaat lebih dalam satu produk yaitu dapat mencegah anyang-anyangan atau ISK serta melancarkan saluran cerna.

    Antioksidan pada cranberry yang dikenal dengan sifat anti-adhesi-nya membuat bakteri tidak dapat menempel pada saluran kemih sehingga dengan mengonsumsinya secara rutin dapat mencegah kita dari infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan. Kini, saya tidak lagi bingung mencari buah cranberry yang susahnya minta ampun karena khasiat cranberry bisa saya dapatkan dari satu kapsul Prive Uri-Cran yang mengandung Proantocyanidin untuk mencegah dan menangkap bakteri pada saluran kemih.


    ALASAN SAYA MEMILIH URI-CRAN SEBAGAI PELINDUNG SALURAN KEMIH

    Mencegah lebih baik daripada mengobati, apalagi saya pribadi memiliki pengalaman sangat buruk dengan ISK atau anyang-anyangan sehingga saat ini saya lebih preventif dengan mengonsumsi Prive Uri-Cran serbuk. Berikut ini adalah pertimbangan saya saat memilih Uri-Cran sebagai sahabat saluran kemih saya, diantaranya:

    • Sebagai solusi alami untuk mencegah ISK atau anyang-anyangan.
    • Dapat menjaga kesehatan saluran kemih dan melindunginya dari bakteri jahat.
    • Praktis, dapat diminum kapan pun dan dimana pun.
    • Ada dua varian yaitu kapsul dan serbuk yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Saya memilih Uri-Cran serbuk yang rasanya enak dan segar apalagi dikonsumsi saat dingin.
    • Ekonomis, harga terjangkau dan mudah dibeli di Mini Market, Super Market atau Drugstore secara online. Untuk daerah Jakarta, sangat mudah ya mendapatkan produk ini. Saya membeli Prive uri-Cran Plus di Watsons, dan ternyata bisa juga secara online disini.
    • Selain dapat melindungi saluran kemih, manfaat Uri-Cran juga dapat saya rasakan seperti tidak mudah sakit karena Uri-Cran mengandung Vitamin C dan antioksidan tinggi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
    • Aman diminum oleh ibu hamil, hal ini sangat menjadi rekomendasi saya pribadi ketika mengalami anyang-anyangan saat hamil bahkan hingga sekarang tengah menyusui si kecil.

    Tersedia dua varian yaitu kapsul dan powder atau serbuk dengan komposisi dan isi yang berbeda namun tetap dengan manfaat yang sama serta dapat diminum kapan pun dan dimana pun. Uri-Cran merupakan salah satu produk andalan yang diproduksi oleh PT Combhipar yang sudah terpercaya dalam dunia farmasi sejak tahun 1971 sehingga tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya.

    uri cran, combhipar, anyang-anyangan yaitu , infeksi saluran kemih adalah, penyebab anyang-anyangan, penyebab infeksi saluran kemih, gejala anyang-anyangan, gejala infeksi saluran kemih, uri cran melindungi saluran kemih, manfaat buah cranberry, buah cranberry tinggi vitamin C, bahaya bakteri e colli  anyang-anyangan pada ibu hamil, mengatasai anyang-anyangan, mengatasi infeksi saluran kemih, sakit buang air kecil, bahaya anyang-anyangan, bahaya infeksi saluran kemih, ISK
    Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry
    Sediaan: Kapsul
    Dosis: 1-2 Kapsul / Hari
    Isi per Box: 30 Kapsul / Box


    uri cran, combhipar, anyang-anyangan yaitu , infeksi saluran kemih adalah, penyebab anyang-anyangan, penyebab infeksi saluran kemih, gejala anyang-anyangan, gejala infeksi saluran kemih, uri cran melindungi saluran kemih, manfaat buah cranberry, buah cranberry tinggi vitamin C, bahaya bakteri e colli  anyang-anyangan pada ibu hamil, mengatasai anyang-anyangan, mengatasi infeksi saluran kemih, sakit buang air kecil, bahaya anyang-anyangan, bahaya infeksi saluran kemih, ISK
    Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum.
    Sediaan: Powder Sachet
    Dosis: 1-2 Sachet / Hari
    Isi per Box: 15 Sachet / Box

    Dari dua jenis diatas, saya lebih menyukai Prive Uri-Cran Plus yang saya minum 1-2 sachet setiap hari dengan cara diseduh atau dilarutkan dalam air,saya biasanya pake air dingin sih karena rasanya yang segar dan manis-manis asem semakin nikmat saat diminum pake air dingin. Tetapi saya juga selalu menyediakan Prive Uri-Cran kapsul saat ada gathering atau rapat kerja diluar kota karena simple dan praktis, tinggal minum aja seperti kita minum obat biasa, tanpa perlu diseduh.


    Untuk Moms di rumah yang sering bermasalah dengan anyang-anyangan atau Infeksi Saluran kemih bisa mencoba mengonsumsi Prive Uri-Cran secara teratur. Moms bisa membeli Prive Uri-Cran di Guardian, Century, Kimia Farma, Watson dan Viva Generik.

    Atau untuk Moms yang masih penasaran bisa langsung mengunjungi website atau kontak dibawah ini:
    0800-1-800088 (bebas pulsa)
    Senin-Jumat : 08.00-17.00
    Facebook : priveuricran
    Instagram : uricran.id

    No Comments

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    error: Website ini dilindungi Hak Cipta!!!