penyebab dehidrasi
health,  Lifestyle

SehatQ Bantu Kenali Gejala Dehidrasi pada Orang Dewasa

Dehidrasi bisa terjadi pada siapa saja baik anak maupun dewasa. Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa terjadi ketika cairan dalam tubuh dikeluarkan lebih banyak daripada yang masuk. Gak cuma lewat urine, cairan tubuh juga dikeluarkan melalui keringat, nafas dan air liur lho. Apalagi faktor cuaca, aktifitas dan pakaian yang dikenakan juga turut mempengaruhi kadar cairan yang dikeluarkan.

Mungkin beberapa orang akan sangat mudah mengatakan “duh, kayanya dehidrasi nih”, saat merasa sangat kehausan. Tapi saya pernah mengalami dehidrasi yang sangat menggangu bahkan proses penyembuhannya hingga dua minggu.

Jadi, saya ingat betul waktu itu memang lagi banyak kerjaan banget. Bahkan saya hampir setiap hari keluar rumah untuk menghadiri undangan acara. Lokasinya juga terbilang cukup jauh dari rumah, apalagi saya juga lebih suka naik kendaraan umum seperti Commuter Line. Selain hemat, akses paling mudah dari rumah ya stasiun kereta.

penyebab dehidrasi

Berangkat mendekati jam makan siang, disaat matahari sudah sangat terik ya. Apalagi Jakarta udah berapa bulan gak diguyur hujan. Saya juga berhijab dan termasuk orang yang suka dengan gaya busana layering. Udah pakai inner, pakai blouse, pakai outer juga. Jadi bikin saya makin mudah gerah dan berkeringat. Belum lagi kondisi di kereta, kalau rejeki ya bisa duduk, kalau kurang doa ya sudah dinikmati saja sepanjang perjalanan berdiri.

Sampai di tempat acara, saya disambut dengan lambaian soft drink beserta es batunya. Mana tahan sih melihat gelas berembun. Saya sih pasrah banget, udah kepanasan, pegel berdiri, himpit-himpitan pula di kereta, tanpa basa-basi ya minum aja itu soft drink nya.

Ba be bo, acara selesai saya pulang dengan kondisi yang sama, yang kereta super padat, gerah dan berdiri. Sampai di rumah, langsung istirahat ditemani secangkir teh manis hangat. Udah lupa lagi deh tuh minum air putih. Padahal kita tau ya, manfaat mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup itu banyak sekali.

Satu, dua, tiga hari bergitu terus. Badan masih fit, tenaga masih on fire, tapi sebenarnya gejala dehidrasi sudah muncul hanya saja saya yang gak aware. Yang paling terasa yaitu sulit konsentrasi dan mudah panik. Jangankan menangkap materi yang disampaikan, saya malah serba lupa dengan apa yang harus saya lakukan. Handphone lupa discharge, powerbank habis, memory card kamera gak dibackup, semua kacau. Sampai satu hari, saya panik mencari handphone yang saya kira hilang. Padahal itu handphone dipegang lho. Bahkan saya sampai salah naik kereta karena hilang konsentrasi.

gejala dehidrasi

Saya masih mbandel, hingga puncaknya saya merasakan sakit kepala disertai pusing yang teramat. Sampai gak kuat berdiri karena benda yang saya lihat seperti berputar bahkan lantai pun rasanya goyang. Kulit juga terasa lebih kering dan bibir terkelupas. Badan rasanya lemas, mudah mengantuk dan gak bergairah.

Saking gak kuatnya nahan sakit kepala dan pusing, saya pun pergi ke dokter. Pertama, dokter melakukan pemeriksaan fisik seperti mengukur tekanan darah dan nadi. Jelas hasilnya memang buruk, tekanan darah saya sangat rendah sehingga menyebabkan nadi melemah. Dokter juga menyebutkan, kurangnya cairan dalam darah berpotensi mempercepat detak jantung. Akibatnya aliran darah jadi meningkat dan ini lah penyebab sakit kepala serta pusing yang saya rasakan. Kemudian dokter juga melanjutkan pemeriksaan air liur dan tes urine. Hasil tes urine juga menunjukan adanya infeksi saluran kemih ya penyebabnya dehidrasi tadi.

Baca juga : 7 Kebiasaan Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

.

SehatQ Bantu Kenali Gejala Dehidrasi pada Orang Dewasa

Satu kebiasaan yang sering kita lakukan ketika sakit yaitu mencari artikel dari internet sebelum pergi ke dokter. Browsing sana-sini dan mengadopsi semua informasi bahkan dari sumber yang belum tentu terpercaya. Beruntung kalau informasi yang disajikan benar adanya, jika keliru hanya akan menambah masalah.

Bersyukur banget ketika saya mengetahui ada layanan kesehatan terbaru yang mampu menyajikan informasi kesehatan secara akurat dan lengkap yakni SehatQ. Sebagai asisten kesehatan, SehatQ mampu membantu untuk mengelola kesehatan kita dan keluarga.

website sehatq layanan kesehatan keluarga

Fitur Layanan Kesehatan SehatQ

  • Berita kesehatan terbaru yang akurat.
  • Database lengkap mengenai penyakit, obat, prosedur, dan tes.
  • Infografis, animasi, dan video penjelasan yang mudah dipahami bahkan oleh masyarkat biasa.
  • Tanya jawab dan live chat dengan dokter.
  • Forum diskusi untuk komunitas dengan difasilitasi oleh moderator yang terlatih.
  • Tool kesehatan interaktif.

tips kesehatan online sehatq

Kesimpulan

Buibuk gak perlu khawatir, semua informasi kesehatan yang ada di halaman website SehatQ sesuai dengan referensi para ahli dan kredibel. Sebab SehatQ memiliki tim dokter umum dan spesialis yang mampu memberikan akses layanan kesehatan yang terpercaya dan mudah dimengerti. Apalagi SehatQ juga ternyata memiliki platform forum diskusi untuk bertukar informasi dan fitur Konsultasi Tanya Dokter yang bisa menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan. Jika, kita ingin terlibat dalam acara dengan topik kesehatan seperti kompetisi lari, kita bisa registrasi melalui menu “acara”. Semoga bermanfaat.

Instagram: @sehatq_id
Twitter: @sehatq
Facebook: SehatQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *