sarapan sehat, manfaat sarapan, menu sarapan sehat, sarapan ceral, sarapan nestle, awali hari baik dengan nestle, sarapan gandum, sarapan buah, waktu sarapan
event,  health,  Lifestyle

Pentingnya Sarapan Sehat Untuk Awali Hari Baik

Siapa diantara Moms yang masih sering melewatkan sarapan sehat pagi hari? Sudah 3 tahun terakhir ini, saya sih sudah gak lagi ya karena di rumah ada suami dan anak, kasian dong kalau isterinya atau ibunya gak sarapan, anak-suami gimana mau sarapan juga.

Ibu adalah center of family, sehingga apapun yang akan dilakukan akan membawa pengaruh pada karakter anggota keluarga yang lain. Soal kebiasaan sarapan sehat misalnya. Tak bisa memasak atau repot karena bekerja, kini tak lagi menjadi alasan. Lantaran sarapan itu gak harus makanan berat melulu ya Moms, kita bisa memilih menu sarapan sehat seperti cereal dan jus untuk awali hari baik.

sarapan sehat, manfaat sarapan, menu sarapan sehat, sarapan ceral, sarapan nestle, awali hari baik dengan nestle, sarapan gandum, sarapan buah, waktu sarapan

Sebenarnya, wacana soal sarapan sehat sudah sering dikampanyekan banyak pihak, baik itu oleh sektor pemerintah maupun swasta. Mengingat bahwa masyarakat kita memang kebanyakan belum terbiasa dengan sarapan pagi. Bahkan, Riset Kesehatan Dasar 2010, Kementrian Kesehatan RI menunjukan, 76% masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa sarapan pagi ternyata mengaku belum mengonsumsi menu makanan bergizi seimbang. Artinya, sarapan saja tidak cukup tapi harus sarapan sehat yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi serat dan bergizi seimbang.

Melihat hal tersebut, kampanye sarapan sehat menjadi tanggung jawab bersama semua pihak untuk terus diedukasi kepada masyarakat luas. Seperti Nestlé Indonesia yang merupakan anak perusahaan Nestlé S.A., sebagai produsen makanan dan minuman terbesar di dunia turut berkomitmen untuk membantu 50 juta anak menjalani hidup yang lebih sehat pada 2030.

sarapan sehat, manfaat sarapan, menu sarapan sehat, sarapan ceral, sarapan nestle, awali hari baik dengan nestle, sarapan gandum, sarapan buah, waktu sarapan

Kemarin (17/2) Nestlé Indonesia menggelar acara senam bersama sekaligus peluncuran kampanye “Awali Hari Baik dengan Nestlé” yang dihadiri oleh komunitas, masyarakat sekitar dan tamu undangan. Kegiatan ini merupakan agenda rutin Nestlé Indonesia sebagai dukungan peringatan Pekan Sarapan Nasional 2019 dan sudah berlangsung sebanyak empat kali.

Direktur Nestlé Indonesia, Ibu Debora R. Tjandrakusuma berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat mulai terbangun pemahaman tentang pentingnya sarapan sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi baik disertai gaya hidup sehat.

 

Sudahkah Mommies Memenuhi Sarapan Sehat untuk Keluarga?

Moms, yakin sarapannya sudah bergizi baik dan seimbang? Kalau mikirin kata “bergizi” tuh suka pusing sendiri, yang gimana sih sarapan bergizi baik dan seimbang tuh. Untungnya, kemarin ada booth konsultasi gratis bersama Nutritionist Nestlé jadi saya bisa bertanya banyak soal ketidaktahuan saya.  Nah, berikut ini informasi yang saya dapatkan dari Nutritionist, diantaranya: 

  • Sarapan sebaiknya dilakukan dalam kurun waktu 2 jam sejak bangun tidur.
  • Sarapan adalah kegiatan makan dan minum. Selain makanan, sarapan sebaiknya dilengkapi dengan cairan yg cukup bisa dari air putih, teh, kopi, susu atau jus buah. Sesuaikan dengan kebiasaan dan kondisi tubuh.
  • Siapa yang suka ngemil karbo, seperti roti dan mie instan? Ada lho yang menganggap kedua makanan ini sebagai cemilan di jam genting yaitu sekitar jam 10 dan jam 2 siang. Kalau Mommies salah satu diantaranya, yuk mulai perbaiki menu selingan harian kita. Ganti dengan jus, buah murni atau makanan tinggi serat lainnya.

Baca juga : Minyak Goreng Sehat untuk Penderita Hipertensi dan Kolesterol

sarapan sehat, manfaat sarapan, menu sarapan sehat, sarapan ceral, sarapan nestle, awali hari baik dengan nestle, sarapan gandum, sarapan buah, waktu sarapan

.

Kreasi Sarapan Sehat Dan Bincang Santai Bersama The Baldy’s Family

Selain konsultasi, pengetahuan saya soal sarapan sehat ini disempurnakan oleh Mba Eka Herdiana, Corporate Nutritionist Nestlé Indonesia pada sesi bincang santai “Awali Hari Baik dengan Nestlé”. Hadir pula The Baldy’s Family yang turut membagikan keseruan mereka saat menyiapkan sarapan untuk anak-anaknya.

Untuk memenuhi pedoman sarapan sehat yang bergizi dan seimbang, Moms gak perlu bingung lagi karena Nestlé Indonesia memperkenalkan prinsip ABC (Atur-Baca-Cukupi) yang mudah diingat dan diaplikasikan, yaitu:

  1. Atur porsi untuk memastikan jumlah asupan makanan saat sarapan cukup dan seimbang artinya gak lebih dan gak kurang, sehingga mendukung aktifitas setiap hari. Kalau Moms terbiasa sarapan nasi, pastikan porsi nasi untuk sarapan seperempat dari porsi biasanya. Intinya kurangi karbohidrat dan asupan gula saat sarapan. Sebaiknya perbanyak asupan serat. Sarapan terlalu banyak malah bisa bikin ngantuk dan jadi gak produktif ya Moms.
  2. Baca label kemasan makanan untuk memperhatikan kandungan gizi dan cara penyajiannya. Nah, ini penting banget diketahui untuk Mommies yang menyukai sarapan sehat dan praktis seperti mengonsumsi sarapan cereal atau gandum kemasan.
  3. Cukupi asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi beragam jenis makanan. Asupan gizi anak dan dewasa itu berbeda ya, supaya si kecil tumbuh sehat dan optimal, penuhi standar asupan makanan yang bergizi seimbang untuk menghindari anak kelebihan berat badan atau bahkan kekurangan berat badan.

sarapan sehat, manfaat sarapan, menu sarapan sehat, sarapan ceral, sarapan nestle, awali hari baik dengan nestle, sarapan gandum, sarapan buah, waktu sarapan

Gimana kira-kira Mommies sudah terbayang ngga seperti apa menu sarapan sehat?
Mba Eka juga menyampaikan betapa pentingnya sarapan untuk anak-anak sebelum berangkat sekolah. Sarapan sehat seperti sebuah ritual untuk menyiapkan mereka menjalani aktifitas yang penuh energy dan semangat setiap hari. Anak-anak yang terbiasa sarapan sehat cenderung lebih aktif, ceria dan responsive, papar Mba Eka saat ditanya secara terpisah.

Gak salah kok sarapan bubur ayam, nasi uduk dan sejenisnya, selama memenuhi standar gizi dan nutrisi yang disarankan. Jika terlalu repot memasak pagi hari, Moms bisa menyiapkan sarapan sehat cereal untuk keluarga. Nestlé hadir dengan banyak produk pilihan berkualias untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia, seperti Nestum yang bisa dibuat Nestum ala bubur ayam yang diseduh dengan air kaldu atau Nestum buah yang diseduh dengan susu dan campuran buah-buahan dan biji-bijian lainnya. Pilihan favorit keluarga dari dulu sih sarapan sehat Koko Krunch, cukup disiram susu, sudah bisa langsung dinikmati.

Setelah acara senam Zumba selesai, saya pun diberikan kesempatan untuk mengkreasikan menu sarapan dengan bahan yang sudah disediakan lengkap oleh Nestlé. Nampak sekali keramahan dari jajaran dan pejabat Nestlé yang turut menyapa dan duduk bersama para peserta Kreasi Sarapan Sehat Nestlé. Saya pun berkali-kali dikunjungi dan diajak berfoto bersama.

sarapan sehat, manfaat sarapan, menu sarapan sehat, sarapan ceral, sarapan nestle, awali hari baik dengan nestle, sarapan gandum, sarapan buah, waktu sarapan

 

Keseruan Acara ‘Awali Hari Baik Dengan Nestlé

Fyi, acara ini digelar serentak di 9 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Balikpapan, Bitung dan Makassar. Tapi jangan khawatir, Nestlé Indonesia juga masih akan menggelar acara yang sama di kota lainnya hingga 31 Maret 2019 mendatang. Cek jadwalnya disini https://www.sahabatNestlé.co.id/awaliharibaik/ atau kalian bisa kunjungi Highlight Instastory ku untuk info dan jadwal di Kota Jakarta, Bekasi dan Tangerang.

sarapan sehat, manfaat sarapan, menu sarapan sehat, sarapan ceral, sarapan nestle, awali hari baik dengan nestle, sarapan gandum, sarapan buah, waktu sarapan

Jangan sampai gak hadir lho Moms, karena acaranya sangat meriah, informatif dan kita bisa menikmati sajian produk Nestlé Indonesia GRATIS seperti sarapan Koko Krunch dan Nestum, ada juga booth ngopi dari Nescafe, untuk anak-anak bisa minum susu juga loh ada booth Dancow. SEMUANYA GRATIS bahkan peserta yang hadir bisa menikmati susu beruang, Milo UHT dan Nescafe kemasan yang dibagikan cuma-cuma.

sarapan sehat, manfaat sarapan, menu sarapan sehat, sarapan ceral, sarapan nestle, awali hari baik dengan nestle, sarapan gandum, sarapan buah, waktu sarapan

Kesimpulannya, sarapan penting sekali untuk mensupply energy didalam tubuh sehingga mendukung aktifitas keseharian kita. Dengan sarapan kita jadi lebih fokus dan penuh semangat. Namun sarapan saja tidak cukup, yang tepat yaitu sarapan sehat dan tepat di pagi hari. Caranya? sebaiknya dilakukan dalam kurun waktu 2 jam sejak bangun tidur, kurangi karbohidrat, kurangi gula dan perbanyak serat. Biasakan minum susu dan jus buah mininmal sehari dua kali. Selain itu, bantu juga dengan aktifitas fisik seperti berolahraga dan bergerak aktif. Yuk, ajak keluarga dan orang terdekat kita untuk menjalankan kebiasaan hidup sehat sekarang juga.

sarapan sehat, manfaat sarapan, menu sarapan sehat, sarapan ceral, sarapan nestle, awali hari baik dengan nestle, sarapan gandum, sarapan buah, waktu sarapan

sarapan sehat, manfaat sarapan, menu sarapan sehat, sarapan ceral, sarapan nestle, awali hari baik dengan nestle, sarapan gandum, sarapan buah, waktu sarapan

Baca juga : Manfaat K-Ion Nano untuk Mengatasi Mata Lelah

54 Comments

  • Okti Li

    Sarapan memang penting ya. Bagaimana bisa beraktivitas kalau ga ada tenaga. Yang puasa saja juga ada saat sahur.

    Jadi ingat kalau di kampung saya, sebelum makan nasi, meski sudah banyak makan apapun tetap dibilangnya belum sarapan. Hehehe…

  • Rara febtarina

    sarapan penting banget, aku baru tau kalau sarapan itu sebaiknya tidak lebih dari jam 9, sedangkan aku suka banget kelewat sarapan dan kalau pun iya suka lebih dari jam 9, kayanya aku bakalan mulai memperbaiki sarapan aku nih

  • Reyne Raea (Rey)

    Nestle tuh udah kayak simbol nutrisi penting dalam sarapan ya.
    Produk-produknya enak-enak banget sih, favorit banget buat kami.
    Dan setuju banget dengan slogan ‘awali hari baik dengan Nestle’.
    Beneran membantu kita bisa sarapan sehat setiap hari, plus praktis pula

    Kalau kami emang udah terbiasa sarapan sejak dulu, dulunya terbiasa sarapan nasi, tapi sekarang lebih suka makanan yang banyak serat.
    lebih pas aja energinya dan ga bikin ngantuk 🙂

  • Reni Dwi Astuti

    Saya hampir setiap hari rutin sarapan. Biasanya bawa bekal dari rumah. Tapi kalau nggak sempat ya beli sarapan di kantin. Tapi kadang kalau lagi sibuk sampai lupa sarapan. Bekal sarapan baru dimakan sekitar hampir jam 11. Jam segitu keitung sarapan apa nggak ya?

    • Irra

      Ngiler banget nih liat menu sarapannya. Sarapan itu sangat penting ya bagi kita muda maupun tua. Untuk menunjang aktivitas mereka seharian. Dari du aku suka sarapan pakai sereal nestle coco crunch. Enak rasanya..

  • Keke Naima

    Kalau kami sekeluarga wajib sarapan. Apalagi buat anak saya yang pertama. Kalau gak sarapan, dia bisa langsung gak enak badan. Tinggal pilihannya aja, mau yang ringan atau berat. Tapi, saya penasaran nih kenapa gak boleh minum jus buah musiman untuk sarapan

    • Syarifani Mulyana

      Acaranya seru banget, moga di Surabaya juga ada ya..

      Setuju, sarapan itu banyak macemnya. Ngga harus makan makanan berat atau nasi. Apalagi kalo belum sempet masak.
      Minum susu, makan roti atau cereal pun bisa.
      Saya pun sebelum mengurusi pekerjaan rumah, wajib sarapan dulu supaya ngga lemes. Biasanya minum susu, kurma, sama roti gandum.

  • Jeanette Agatha

    Sarapan memang sangat penting untuk anak2 dan juga orang dewasa ya, mbak.
    Apa lagi saat anak2 mulai sekolah, sarapan itu penting banget untuk aktivitas mereka di sekolah.
    Terima kasih untuk informasinya, mbak 🙂

  • Diah

    Saya sebenarnya yg termasuk gak bisa klo gak sarapan, dari dulu mah sebisa mungkin sarapan dulu sebelum keluar tapi belakangan malah sering ke-skip tu sarapan, huhuhuh. Klo anak sih sebisa mungkin bujukin sarapan dulu, paling aman emang klo ada cereal semacam Koko Crunch kesukaan ini, praktis dan gak nolak deh doii.hehehh.
    Makasih infonya ya Mbak 🙂

  • April Hamsa

    Sarapan emang penting yaaa. Produk Nestle itu andalanku buat sarapan, aku selalu sedia serealnya di rumah. Cuma belum pernah nyobain yang nestum hehe. Betul setuju banget sarapan emang penyuplay energi. Apalagi buat anak2 ya mbak, soalnya kalau gak sarapan bisa lemes gtu gak ada tenaga buat nberaktivitas. TFS acaranya seru yaaa

  • Ludyah Annisah

    Setuju banget mba, karena untuk mendukung aktivitas seharian juga harus didukung dengan asupan sarapan yg sehat. So, enggak asal makan gitu aja ya mba, karena mempengaruhi sistem kerja tubuh dalam beraktivitas, thanks mba sharingnya

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

    Kalau lihat Nestum yang kebayang sama aku mukanya Irfan Bachdim sambil bilang “Sarapan tuh di makan bukan diminum!” Langsung leleh hati… laaaahhhhhh… Btw aku penasaran sebenarnya sama Nestum ini kak, coba hari Kamis kita sarapan pagi bareng dong dipinggir pantai ya, hahahahaa

    • cicidesri

      hahahaha, ah dirimu bisa aja,itu si irfan diem aja udah ganteng apalagi pas ngomong gitu ya, jadi bikin laper lagikan hahaha hayu hayu kak chi

  • Icha Faizah

    Di acara kemarin dapet ilmu yang bermanfaat ya, mba. Jadi kita sebagai ibu bisa langsung mengaplikasikan sendiri kepada keluarga di rumah karena itu kewajiban kita. Jadi suami dan anak, bisa mendapatkan haknya untuk sarapan sehat.

  • Aminnatul Widyana

    Sarapan memang sangat penting untuk menjaga kebutuhan energi dalam keseharian, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas yang membutuhkan energi banyak. jadi kita enggak bisa melewatkan sarapan begitu saja sebelum memulai aktivitas harian

  • Okti Li

    Sarapan jelas penting karena kalau tidak mana ada kekuatan untuk beraktivitas rutin. Sekali dua kali mungkin masih tampak kiat tapi kalau begitu dalam jangka waktu lama wah kondisi tubuh akan rapuh. Pencernaan kita juga akan mudah sakit karena bekerja tetapi tidak sesuai dengan waktu dan pekerjaan nya ya …

  • Siti Faridah

    Sarapan emang penting banget, Mbak. Dan sebisa mungkin aku pun harus selalu sarapan setiap pagi. Apalagi sekarang aku yang nyiapin sarapan untuk keluargaku. Baca postingan ini lalu seketika teringat jaman aku masih SD kala itu saat rajin banget minum susu Dancow.

  • Bunda Erysha (yenisovia.com)

    Bener banget Bun. Menurut aku sarapan itu penting banget. Kalau nggak suka pusing kepala aku mah kalau nggak sarapan. Apalagi kasian kan ya suami dan anak kalau kita nggak nyiapin sarapan untuk mereka. Wah kayaknya aku belum pernah nih sarapan dengan produk dari nestle. Penasaran

  • Dian Restu Agustina

    Aku termasuk tim sarapan..kalau enggak enggak bakal kuat hadapi kenyataan hehe
    Dan Nestle memang punya banyak pilihan untuk sarapan. Sehat, lezat dan praktis. Maka sedia produk Nestle di rumah wajib buat aku. Biar enggak bingung mau nyari menu

  • Reyne Raea (Rey)

    Saya dari dulu terbiasa sarapan mba, dan sarapannya apa aja sih, ga melulu harus nasi.
    Anak2 saya juga saya biasakan sarapan dan ga melulu makan banyak karbohidrat.

    beda ama pak suami yang sejak kecil terbiasa sarapan dengan makanan berat dan lengkap.

    produk2 Nestle juga jadi favorit kami.

  • Latifika Sumanti

    Sarapan, sepakat mba.. Itu penting banget. Karena anak yg melewatkan sarapan biasanya prestasi belajarnya kurang krn kurang semangat belajarnya. Hanya saja mungkin sarapan yg ideal untuk kita ga usah berat2 ya krn nanti malah ngantuk krn kekenyangan. Nestum sala satu alternatif sarapan ringan padat gizi menurutku

  • Inka Paramita

    Duh aku banget nih klo jam jam “brunch” doyannya ngemil mie insant, roti atau gorengan. Hahaa padahal mah klo mau sehat mendingan ngemil buah yaa demi gizi yang seimbang. Hehe btw kayaknya seru nih acara Nestle nya smoga aku bisa ikutan 🙂

  • Afrilentin

    Sarapan memang waktu makan yg paling penting buatku mbak,krna sistem pencernaan memang bekerja bagus pada jamnya srapan,yg bisa makan nasi pas srpn drumah cm aku anak sama papnya mah nggak bisa paling cuma makan roti.tp anak2 drmh gk bisa makan 2 macem gitu mis ud mnm susu makan cereal/roti biasanya cukup satu aja milih mau makan/minum aja klo minum yah mnm susu klo roti yah roti aja.ato solusi drmh paling koko crunch disiram susu beres

  • anggraeni septi

    Wah aku ini sejak SD dibiasakan Ibuku sarapan mbak. Pokoknya harus,, meski makanannya kadang bikin kekenyangan. Ternyata manfaatnya banget ya, dan aku salfok sama outfitnya Kak Desri. Cakep amat sih gayanya 🙂

  • Desy Yusnita

    Aku belum bisa menerapkan keseluruh keluarga nih tentang sarapan sehat. Suami masih suka banget sarapan Nasi uduk, udah sering ditawarin makanan sehat padah. Hhmm ujian ini.

  • Dwi Puspita

    Alhamdulillah selama ini tidak melewatkan sarapan karena sarapan itu penting banget. La wong saya sengaja nggak sarapan maksud hati biar sekalian makan siang eh nggak taunya kepala pusing. Hehehe

  • Ifa

    Aku ga pernah sarapan mba karena gakeburu kalo pagi gradak grusuk hehhee jdnya samp kantor baru deh bikin oat atau teh manid atau makan roti
    Padahal praktis bgt ya sarapan pake cereal. Noteed mba ilmu dan infonya

  • Irra

    Ternyata sarapan itu 2 jam setelah bangun ya? Aku suka makan jam 9-10an dan selalu menganggap itu sebagai sarapan. Haha. Ternyata salah yaa. Belum sempet nyoba nestum nih. Setelah baca ini ntar coba ah sarapan pakai nestum.

  • rahayu

    saya orang yang ga bisa kalo ga sarapan. Dan sarapan saya mesti nasi hahaa karena bubur atau makanan manis bikin mudah lapar lagii. tapi baca ini, jadi pingin lebih aware sama apa yang dimakan saat sarapan. biasanya suka apa aja yang penting sama nasi tapi ternyata kurang baik yaa kalo gak memiliki gizi yang seimbang,, terima kasih mba cici

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *