https://cicidesri.com/manfaat-belajar-menggunting-dan-menempel-gambar-untuk-anak
BBC,  parenting

5 Manfaat Belajar Menggunting dan Menempel Gambar untuk Anak

5 Manfaat Belajar Menggunting dan Menempel Gambar untuk Anak. Salah satu kegiatan bermain yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak yakni kegiatan menggunting dan menempel gambar. Sedikitnya ada 5 manfaat aktifitas menggunting dan menempel untuk anak usia 3 tahun. Tak hanya bagus untuk perkembangan motoric halusnya namun juga berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri anak.

.

Hal yang harus diperhatikan Orangtua

Pasti kita sering mendengar ada orangtua yang melarang anaknya menggunakan gunting. Dengan alasan keselamatan, orangtua biasanya menjauhkan dari benda tajam tersebut. Termasuk saya, awalnya saya juga takut, takut tergores, terluka dan lain sebagainya. Tapi kemudian saya berpikir, berarti saya meragukan kemampuan anak saya. Ketakutan saya ini harusnya menjadi motivasi untuk mengajarkan anak bagaimana menggunakan gunting yang benar, bukan malah menjauhkannya. So, sebelum kita mulai aktifitas menggunting dan menempel bersama si kecil, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Pastikan Ibu mendampingi si kecil saat aktifitas menggunting dan menempel dilakukan.
  2. Berikan gunting anak dengan ukuran lebih kecil dan lebih aman saat digunakan.
  3. Edukasi anak bagaimana cara menggunakan gunting yang benar.
  4. Informasikan juga hal yang membahayakan, misalnya tidak boleh mengacung-acungkan gunting, bercanda dengan gunting, berlari membawa gunting atau memasukan kedalam mulut dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Mengenalkan Anggota Tubuh pada Anak

Setelah semua dirasa siap, Ibu bisa langsung memulai aktifitas menggunting dan menempel gambar di rumah bersama si kecil. Berikut ini, 5 manfaat belajar menggunting dan menempel untuk tumbuh kembang anak, diantaranya:

1. Melatih motorik halus anak

Kita tau ya, Buk, saat menggunting anak akan menggerak-gerakan gunting mengikuti pola atau gambar yang diberikan. Artinya otot jari anak akan terlatih sehingga terstimulasi kekuatan dan ketahanan jarinya. Awalnya pasti akan sulit dan terlihat masih kaku, namun setelah 5 gambar selesai, si kecil sudah mulai lihai. Bahkan mulai rapi potongannya.

2. Melatih konsentrasi dan kesabaran anak

Saat memasuki usia 3 tahun, anak sudah mulai pandai mengutarakan maksud dan keinginannya sekaligus menolak dan komplen terhadap apa yang tidak ia sukai. Saya ngga menyangka kalau aktifitas menggunting memberikan dampak positif bagi si kecil. Saya melihat Nafeesa enjoy dengan kegiatan tersebut. Ia duduk dan khusus’ menggunting dari sisi ke sisi. Bahkan, saya kaget banget saat dia melakukannya dengan rapi. Kalau menurutnya belum rapi, dia belum serahkan hasil gambarnya tersebut.

3. Melatih koordinasi tangan dan mata anak

Manfaat belajar menggunting dan menempel gambar juga melatih koordinasi tangan kanan, tangan kiri dan mata si kecil. Jelas, sebab kalau meleng sedikit, gambarnya bisa tergunting atau malah tangannya yang tergores.

Awalnya, si kecil bingung saat menggunting gambar yang berukuran besar. Lantaran tangannya belum bisa menyentuh semua bagian sisi. Kita bisa bantu untuk memegang sisi lain sementara si kecil menggunting. Sisanya biarkan dia yang merapikan.

Termasuk saat menempel gambar, dia tau harus ditempel dimana, dan bisa melihat gambar yang rapi dan kurang rapi. Secara gak langsung, nilai estetikanya juga jadi terbangun.

4. Meningkatkan rasa percaya diri pada anak

Beberapa sumber menyebutkan, aktifitas menggunting bisa meningkatkan rasa percaya diri pada anak saat memasuki sekolah. Hal ini belum saya buktikan sebab Nafeesa belum sekolah. Namun, dia happy banget saat hasil karyanya sudah selesai. Biasanya dia akan bercerita kepada nenek-kakek atau sodara yang lain saat video call atau bahkan ke teman-teman sebayanya.

5. Mendukung kreatifitas dan lancar menulis

Menulis bagi anak-anak merupakan aktifitas yang lumayan sulit ya. Sebab jari dan tangannya masih belum terbiasa. Namun, kegiatan menggunting dan menempel gambar yang dilakukan dapat meningkatkan motoric halus sehingga berdampak pada kemampuan menulis anak. Jadi, aktiftas menggunting gambar bisa dijadikan aktiftas pra-menulis untuk anak usia 3 tahun.

Media yang digunakan:

  • Koran bekas, majalah bekas, kertas berwarna.
  • HVS atau buku tulis.
  • Gunting anak.
  • Lem kertas.
  • Gambar berpola seperti tomat, ayam atau Ibu bisa menggambarnya sendiri.

Nah, itu lah 5 manfaat belajar menggunting dan menempel gambar untuk anak usia 3 tahun yang bisa dilakukan di rumah kapan pun. Sebab media yang digunakannya pun sangat mudah ditemukan. Lakukan kegiatan ini setiap minggu, misalnya setiap hari Senin dan Kamis sehingga kemampuan mengguntingnya tetap terlatih. Selamat mencoba.

Baca juga : Indikator Tumbuh Kembang Anak Usia 3 Tahun

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *