montessory at home, mengenal angtota tubuh, printable part of body, download free printable kid
BBC,  parenting

Cara Mengenalkan Anggota Tubuh pada Anak Usia 3 Tahun

Hallo, Buk. Gimana aktifitas si kecil saat ini? Minggu ini saya baru akan memulai aktifitas belajar dan bermain lebih terarah. Sebelumnya, saya masih membebaskan anak bermain tanpa ada goals. Lain halnya saat ia memasuki usia 3 tahun, saya mulai menyisipkan materi yang mengasah kognitifnya juga.

Minggu ini, kami belajar mengenal anggota tubuh. Saya bagi jadi 3 bagian yakni anggota tubuh bagian atas (kepala), tengah (badan) dan bawah (kaki).

Di usia 2 tahun, anak-anak pasti sudah mengenal beberapa bagian anggota tubuh seperti mata, telinga, tanggan dan lainnya namun masih terbatas. Oleh sebab itu, minggu ini saya ingin mengajak Nafeesa mengenal anggota tubuh dan cara merawatnya. Tentu saja dengan cara yang menyenangkan, seperti:

montessory at home, mengenal angtota tubuh, printable part of body, download free printable kid

.

1. Menunjuk dan menyentuh anggota tubuh dan fungsinya

Anak-anak akan mudah mengingat saat ia melihat dan menyentuh bentuknya sekaligus. Oleh sebab itu, saya mengajak Nafeesa untuk menyentuh setiap bagian anggota tubuh yang konkret yaitu bagian luar yang bisa dilihat dan diraba. Sementara bagoan organ tubuh dalam belum saya perkenalkan.

Setelah anak mengetahui namanya, barulah saya mengenalkan fungsi dariorgan tubuh tersebut. Buibuk sebaiknya baca buku atau browsing dulu manfaat dari masing-masing anggota tubuh supaya tidak keliru saat menjelaskan. Meskipun part of body ini terbilang sederhana, namun terkadang ada kalimta atau kata yang sulit dipahami anak-anak usia 3 tahun.

Perlahan, saya juga mengenalkan bagaimana cara merawat anggota tubuh tersebut. Tujuan supaya anak terbiasa dengan hidup bersih, bersyukur dengan ciptaan Allah serta mencintai apa yang sudah diberikan Allah SWT.

“Nak, ini mulut, dibagian luar mulut ada bibir. Lalu didalamnya ada gigi dan lidah. Manfaatnya untuk apa ya? Mengunyah, menggigit makanan sebelum masuk ke dalam mulut. Supaya tetap bersih, kita harus menggosoknya secara rutin. Supaya mulut ngga bau, giginya juga ngga berlubang.”

.

2. Mengenal dengan lagu dan video

Biasanya, setelah saya berikan penjelasan, saya ajak si kecil untuk menonton video tentang anggota tubuh atau mengajaknya bernyanyi. Banyak sekali video yang bisa diunduh di Youtube sebagai bahan materi untuk si kecil. Anak-anak jadi ngga mudah ngantuk. Karena dihibur dengan lagu.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joyful Parenting 101 (@joyfulparenting101) on

3. Activity: Cut and Stick Part of body

Terakhir, saya siapkan printable yang berkaitan dengan tema yakni bagian tubuh. Saya siapkan setiap hari berdasarkan materi yang akan dipelajari bersama. Dibawah, saya sediakan contoh PRINTABLE PART OF BODY yang bisa diunduh GRATIS dan bisa digunakan di rumah.

  1. Download printable.
  2. Cetak printable dua rangkap, untuk cadangan si kecil salah menggunting atau sobek.
  3. Siapkan gunting anak dan lem.
  4. Berikan arahan bagaimana menggunting printable, lalu berikan kesempatan si kecil untuk mencoba mengguntingnya sendiri.
  5. Setelah semuanya selesai digunting, dampingin si kecil untuk menempelkannya sesuai dengan tempat anggota tubuh tersebut.

DOWNLOAD PRINTABLE PART OF BODY DISINI

 

Kesimpulan

Jadi pengenalan anggota tubuh ini disampaikan selama satu minggu. Buibuk bisa mengulang aktifitas lain di rumah yang masih berkaitan dengan part of body, seperti senam bersama atau melakukan kegiatan lain di rumah. Artikel ini lanjutan dari materi tentang indikator tumbuh kembang anak usia 3 tahun.

Selain anak-anak mengenal banyak anggota tubuh, mereka juga jadi tau bagaimana merawatnya setiap hari. Tak lupa, kita juga sampaikan apa saja yang tidak boleh dilakukan dan bisa melukai tubuh. Misalnya memasukan benda tajam ke dalam telingan, dan lainnya. Anak-anak juga akan tetap happy karena ada aktifitas seperti menggunting dan menempel anggota tubuh. Selamat mencoba.

 

Baca juga : Meremas Adonan, Melatih Motorik Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *