sumber asam folat
health,  moms,  parenting

10 Makanan Mengandung Asam Folat dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa bahagia untuk para calon orang tua, terutama untuk para calon ibu yang mendambakan hadirnya sang buah hati. Selain menjada masa yang membahagiakan, masa kehamilan juga merupakan masa dimana kondisi ibu dan bayi harus benar – benar dijaga. Asupan nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin harus benar – benar diperhatikan, termasuk dengan cara menyediakan makanan – makanan bergizi yang mengandung asam folat untuk ibu hamil.

Asam folat bagi ibu hamil bisa di dapatkan dari berbagai macam makanan, mulai dari buah – buahan hingga susu kusus ibu hamil yang banyak dujual di toko dan mini market. Berikut beberapa makanan sumber asam folat untuk ibu hamil yang perlu anda ketahui.

sumber asam folat

1.Buah Jeruk

Buah jeruk ternyata tidak hanya terkenal dengan kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi, tapi juga karena kandungan asam folatnya. Dengan kandungan antioksidan dan asam folat yang cukup tinggi, mengkonsumsi buah jeruk tentu dapat membantu dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi.

.

2. Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, serta asam folat. Satu buah pisang mengandung sekitar 23 mikrogram asam folat atau sekitar 5% dari kebutuhan asam folat harian. Jika satu buah pisang mengandung sekitar 5% dari kebutuhan asam folat harian, maka mengkonsumsi beberapa buah pisang dalam sehari dapat mencukupi sebagian besar kebutuhan asam folat harian.

.

3. Buah Alpukat

Sejak dulu, buah alpukat memang terkenal akan kandungan asam folatnya yang tinggi. Kandungan asam folat dari buah alpukat bahkan mencapai 82 mikrogram. Dengan kandungan asam folat yang sangat tinggi, tentu buah alpukat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Baca juga : 3 Persiapan yang Wajib Dilakukan Calon Orangtua

.

4. Hati Ayam

Hati ayam memiliki kandungan kandungan asam folat sebanyak 100 mikrogram per 100 gram hati ayam sehingga hati ayam sangat direkomendasikan bagi ibu hamil dan menyusui. Untuk pengolahannya sendiri yang paling baik adalah dengan direbus dengan bumbu – bumbu rempah. Akan tetapi, akan lebih bagus lagi jika konsumsi hati ayam ini diimbangi dengan berbagai macam buah dan sayuran yang juga mengandung asam folat.

.

5. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran degan kandungan asam folat tertinggi di antara jenis sauran lainnya. berdasarakan penelitian, terdapat sekitar 84 mikrogram kandungan asam folat dalam brokoli yang sudah dimasak. Bahkan, kabarnya kandungan ini bisa memenuhi seperlima dari kebutuhan asam folat harian bagi ibu hamil.

manfaat asam folat untuk ibu hamil

.

6. Telur

Telur memang sangat terkenal akan kandungan proteinnya, tapi mungkin banyak juga yang sudah mengetahui bahwa telur memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan asam folat dalam sebutir telur adalah sebesar 23,5 mikrogram. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi telur rebus secara teratur.

7. Buah papaya

Buah pepaya mengandung sekitar 53 mikrogram asam folat per 140 gram potongan buah. Selain itu, buah pepaya juga mengandung berbagai vitamin dan mineral pentng lainnya, seperti vitamin A, vitamin B1, B3, B5,  vitamin E, vitamin K, serat, potassium, kalsium, dan magnesium. Dari data tersebut, tentu kita sdah bisa mendapatkan gambaran betapa besar manfaat buah pepaya bagi ibu hamil.

.

8. Jenis kacang – kacangan

Kacang merupakan cemilan sehat yang sangat dirokemendasikan bagi ibu hamil, terutama karena kandungan asam folat di dalamnya. Beberapa jenis kacang yang bisa dijadikan cemilan ibu hamil di antaranya: kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah, serta kacang polong. Selain itu, kacang – kacangan juga mengandung beberapa nutrisi lain seperti vitamin B, magnesium, kalori, mangan serat, dan zat besi.

.

9. Ikan Salmon

Daging ikan salmon juga sangat cocok dikonsumsi pada masa kehamilan karena mengandung sekitar 7% dari kebutuhan asam folat harian. Selain itu, daging ikan salmon juga memiliki kandungan vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Selain vitamin B, terdapat juga kandungan antioksidan, selenium dan potasim.

Baca juga : Persiapan Orangtua Millenial Mendidik Anak Generasi Alpha

.

10. Buah Tomat

Buah tomat tidak hanya terkenal akan kandungan berbagai vitamin di dalamnya, tapi juga kandungan asam folat dan berbagai mineral penting. Kandungan asam folat dalam buah tomat sendiri adalah sebesar 9% dari angka kecukupan gizi harian. Dengan kadungan asam folat yang mencapai 9% dari angka kecukupan gizi, tentunya tomat menjadi salah satu buah yang paling direkomendasikan dalam daftar ini.

Selain bahan – bahan makan tadi, sumber asam folat paling mudah didapatkan dari produk susu yang yang memang diformulasikan bagi ibu hamil. Oleh karena itu, di samping makanan – makanan tadi, susu merupakan salah satu sumber asam folat bagi ibu hamil yang wajib dikonsumsi setiap hari. Selain kandungan asam folat yang jauh lebih tinggi, susu formula ini juga lebih enak dan mudah didapatkan karena memang banyak dijual di berbagai tempat.

16 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *