distribusi daging kurban, qurban dompet dhuafa 2020, sedekah daging qurban
event

Sedekah Daging Kurban untuk Kaum Dhuafa, mulai dari 100ribu

Sedekah Daging Kurban untuk Kaum Dhuafa, mulai dari 100ribu. Alhamdulilah, telah disampaikan pada bulan Dzulhijah tahun ini. Meskipun kita tau, sejak Maret lalu tertatih-tatih untuk menopang hidup karena pandemi namun Allah telah menguatkan hati kita dan mencukupkan apa yang dibutuhkan.

Bagi umat Islam, bulan Dzulhijah merupakan bulan kemuliaan, dimana kita bisa menunaikan perintah Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu. Namun bagi kita yang masih terkendala baik itu secara finansial maupun kesehatan, tetap bisa melaksanakan ibadah yang dianjurkan yaitu berkurban dengan menyembelih hewan kurban seperti sapi dan kambing.

Berkurban harus sesuai dengan rukunnya, baik itu cara dan waktu pelaksanaan serta jenis hewan kurbannya. Agar ibadah kurban kita semakin sempurna, sebaiknya kita patuhi juga sunnahnya, seperti tidak memotong kuku dan rambut hingga tiba waktu berkurban. Kemudian, berpuasa dan memperbanyak ibadah sunnah lainnya terutama di 10 hari pertama bulan Dzulhijah.

Tahun ini memang sangat berbeda, lantaran adanya pandemi, masyarakat dianjurkan untuk tetap mematuhi protocol kesehatan jika akan melaksanakan ibadah kurban, baik bagi pekurban maupun pengurus. Bahkan, banyak pihak menganjurkan untuk melakukan kurban secara online, misalnya transaksi jual-beli hewan kurban secara online atau bahkan berkurban online melalui Dompet Dhuafa.

Namun, tentu saja ditengah pandemi ini tidak semua keluarga mampu menunaikan ibadah kurban karena banyak terjadi PHK. Sehingga Dompet Dhuafa menginisiasi program Sedekah Daging Kurban.

dampak covid19, dampak pandemi
src: Dompet Dhuafa

Sedekah Daging Kurban bersama Dompet Dhuafa

Seperti halnya ibadah sedekah lainnya, sedekah daging kurban bisa diikuti oleh semua orang disegala usia. Bisa dilakukan secara online dan sedekah daging kurban bisa dilakukan mulai dari Rp 100ribu saja. Yang menarik, sedekah daging kurban ini hanya bisa dilakukan pada bulan Dluzhijah, tidak bisa dilakukan pada bulan lainnya sehingga banyak orang yang memanfaatkan moment ini. Kali ini Dompet Dhuafa membuka sedekah melalui KitaBisa.

.

Mengapa harus Sedekah Daging Kurban?

Bagi kita yang tinggal di kota besar dan masih memiliki penghasilan, mengonsumsi daging sapi atau daging kambing bukan hal yang aneh. Kita bisa mendapatkan dengan mudah. Lain hal dengan sodara kita, kaum Dhuafa di pelosok tanah air. Sulitnya akses dan permasalahan ekonomi membuat mereka kesulitan untuk menikmati keduanya.

Berkurban sendiri memiliki banyak sekali manfaat, dari sisi religi, sosial dan ekonomi. Sejatinya dengan ibadah kurban, semua orang bisa menikmati kebahagiaan dan keberkahan Hari Raya Idul Adha, bisa menikmati daging yang mungkin untuk sebagian keluarga dianggap makanan mewah dan mahal. Minimal setahun sekali mereka menikmatinya tanpa harus membeli.

Sementara bagi perkurban, menyembelih hewan kurban tidak lah mengurangi rejeki yang mereka miliki melainkan menjadi lebih berkah, atas izin Allah SWT. Berkurban merupakan tanda ketaqwaan kita terhadap Sang Pencipta.

kurban online, qurban online, tata cara qurban online
src: Dompet Dhuafa

.

Tapi Saya belum bisa berkurban tahun ini?

Tidak apa-apa, kita tetap bisa memberikan kebahagiaan melalui Sedekah Daging Kurban bersama Dompet Dhuafa. Dana yang terkumpul akan dikonversikan dengan hewan kurban yang kemudian akan didistribusikan kepada kaum Dhuafa di seluruh pelosok negeri.

Insya Allah, rekan-rekan dari Dompet Dhuafa akan menjaga amanat dari kita semua. Akan memilih hewan kurban terbaik dan menyembelih sesuai dengan syariat Islam sehingga nilai kurbannya tetap baik dan diterima oleh Allah SWT.

Yuk, ikut juga Sedekah Daging Kurban disini kurban.dompetdhuafa.org semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan kelancaran atas rejeki kita sehingga kita bisa berkurban di tahun berikutnya, Amin.

sedekah daging kurban dompet dhuafa 2020
src: Dompet Dhuafa

19 Comments

  • enny ratnawati

    aku msh bingung kak, dengan sistem qurban patungan kayak gini. lalu qurbannya ntar atas nama siapa.biasanya kan ada namanya tuh
    Tapi ini mungkin menjembatani dikala banyak yang terkena phk pandemi kali ini ya

    • Leila

      Hari ini hari terakhir berarti ya karena udah hari tasyrik terakhir, karena penyembelihan dan pengirimannya sekalian bareng sama program kurban walaupun judulnya sedekah?

  • Lina sophy

    Programnya dompet dhuafa ini bagus banget ya mbak? Ini membuat masyarakat yang jarang menerima pembagian daging kurban karena keterbatasan kini jadi bisa kebagian. Dan yang mau sedekah kurban ke tempat terpencil insyaallah juga lebih manfaat

  • Indri

    Subhanallah dari dulu dompet dhuafa selalu melakukan program yg keren dan pastinya bermanfaat bagi masyarakat yg membutuhkan ya. Dan skrng pun bisa berbagi daging untuk masyarakat pelosok yg mungkin memang susah atau jarang makan daging

  • Firda

    Alhamdulillah sekarang kalau mau qurban udah dimudahkan banget dan gak perlu bayar terlalu mahal. Duh, aku jadi pengen qurban juga tahun depan. Semoga kesampaian deh. Aamiin aamiin.

  • Kak Niken

    Menyalurkan hewan kuran melalui dompet dhuafa memang terpercaya ya kak. Dan juga lebih aman. Insyaallah disalurkan kepada yang benar membutuhkan hingga pelosok negeri.

  • Visya

    Program sedekah daging ini menurutku inovatif banget yah mom. Walaupun pahalanya ngga sebanding kurban tapi kebahagiaan berbaginya tetap dapat

  • atiqoh

    Alhamdulillah sekarang kalau mau qurban udah dimudahkan banget dan gak perlu bayar terlalu mahal, semoga semua bisa berkurban, terima kasih dompet dhuafa 🙂

  • Annisa

    Alhamdulillah ada solusi untuk tetap berbagi di masa pandemi saat ini ya, mbak. Banyak juga temenku yang cerita belum bisa berkurban di tahun ini, karena pandemi jadi efeknya ke ekonomi. Mudah-mudahan programnya bermanfaat untuk semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *