breastfeeding,  event,  moms,  mpasi,  parenting

Penuhi Nutrisi Kehamilan dan Menyusui dengan Baik bersama Bunda PAS Blackmores

Mommies, saya tuh termasuk ibu yang beruntung karena setelah menikah langsung dikaruniai seorang putri yang cantik nan soleha. Pengalaman kehamilan pertama ini kadang sering membuat saya menyesal karena bener-bener belum banyak tau harus ngapain. Artinya, ya udah sekedar hamil, menjaga asupan makanan dan istirahat aja. Soal vitamin pun sekedar yang diberikan obgyn saat itu. Bahkan saya sering banget bolos minum vitamin dan susu hamil karena rasa eneg nya bisa tinggal seharian.

Menurut dr. Bram Pradipta, kehamilan itu harusnya menjadi sesuatu yang direncanakan bukan tiba-tiba tau setelah sekian minggu. Supaya kita bisa menyiapkan nutrisi dengan baik untuk ibu dan janin. Mommies, 1000 hari awal masa kehidupan anak dihitung sejak ia masih dalam kandungan sehingga apapun yang kita konsumsi saat hamil akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak setelah lahir.

Sayangnya, saya baru mengetahui produk Blackmores pasca melahirkan. Nyesel juga sih kenapa gak tau dari dulu tapi daripada gak sama sekali, masih bersyukur tau sekarang saat masih menyusui. Karena produk yang satu ini memang dibuat khusus untuk ibu hamil dan menyusui, yakni Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold.

.

Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) Blogger and Influencer Gathering

Sabtu kemarin (27/10) saya berkesempatan untuk menghadiri blogger dan influencer gathering bersama Blackmores dan Thesmartmamas. Acara ini memang ditujukan bagi ibu hamil dan menyusui. Hadir pula 4 narasumber diantaranya Moms Adianti Reksoprodjo, Moms Catherine Sumitri, Moms Rini Yulianti dan Moms Alvina Michaela dari Blackmores.

Saat hamil pasti kita sering banget merasa pegal, leher kaku, belum lagi kaki dan punggung yang terasa kebas. Dengan melakukan simple stretching ternyata bisa mengurangi rasa pegal lho Moms. Kali ini Moms Adianti sebagai Prenatal and Postnatal Trainer mengajak semua Mommies yang hadir untuk melakukan gerakan strecthing yang sederhana dan bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Gerakan seperti menarik tangan keatas, kepala serta gerakan seperti push up namun dengan bantuan kursi.

Berikutnya yaitu sharing session bersama Moms Catherine Sumitri yang saat ini tengah menyusui si kecil usia 1 bulan. Dan Moms Rini Yulianti yang tengah hamil dan siap menghitung hari untuk berjumpa dengan si buah hati.
Sebelum acara dimulai, semua Mommies yang hadir memang harus melakukan nutrition survey untuk mengetahui jumlah nutrisi dari makanan yang sering kita konsumsi. Moms Alvina turut menjelaskan hasil Nutritions Survey yang sudah dikirim by whatsapp ke semua Mommies yang hadir. Ternyata jarang banget Mommies yang memenuhi asupan nutrisi yang ideal. Alasannya memang karena lifestyle atau gaya hidup ya Moms.

Gak aneh sih, seperti saya misalnya, lepas 1 tahun menyususi jadi pemakan segala. Tidak seperti pas awal menyusui yang lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur. Oleh sebab itu, suplemen menyusui memang dibutuhkan untuk memenuhi asupan nutrisi yang tidak bisa kita dapatkan dari makanan.

.

Pregnancy and Breastfeeding Gold

Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold hadir untuk memenuhi asupan nutrisi pada 1000 hari awal kehidupan si kecil yaitu mulai dari awal kehamilan, saat kehamilan dan saat menyusui.

Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold merupakan nutrisi esensial yang baik untuk kesehatan ibu dan perkembangan si buah hati selama kehamilan dan menyusui. Blackmores memang suplemen buatan Australia awalnya, namun sejak 2016, Blackmores sudah resmi didistribusi oleh Kalbe yang kredibilitasnya tak diragukan lagi ya Moms.

.

Sudah bisa dibeli dimana?

Mommies bisa membeli Blackmores di Guardian, Watson dan apotik besar terdekat.

.

Keunggulan Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold

  • Tinggi Kalsium.
  • Tinggi DHA dari minyak ikan dan tidak berbau.
  • Zat besi fumarat untuk mencegah anemia tanpa menyebabkan konstipasi.
  • Mengandung vitamin dan mineral esensial lainnya.

.

Komposisi

Asam folat 400 µg, Kalium iodide 196 µg (Iodium150 µg), Fish oil 1000 mg mengandung 330 mg Omega-3 (DHA 250mg + EPA 50 mg), Fe (II) fumarate 31.4 mg (Zat besi 10 mg), Niasin 15 mg, Vitamin C 60 mg, Kalsium karbonat 600 mg (Kalsium 240 mg), Zinc sulfat 41.6 mg (Zinc 15 mg), Magnesium oksida 99.6 mg (Magnesium 60 mg), Thiamine nitrate 1000 µg (Vitamin B1 810 µg), Riboflavin (Vit B2 1500 µg), Pyridoxine HCl (Vit B6 1500 µg), Vit B12 3 µg, d-alpha tocopherol (natural Vit E 10.42 IU), Dunaliella salina cell extract soft concentrate 144 mg.

.

Mother And Baby Fair 2018 Bersama Blackmores

Setelah ngobrol banyak hal tentang hamil dan menyusui di Padi Restoran, Bali Hotel, Jakarta Selatan. Kami pun beranjak untuk bergabung bersama Mommies lain di Mother and Baby Fair di Balai Sarbini. Disana sudah ada dr. Bram Pradipta, Sp.Og yang siap menyampaikan informasi perohal tumbuh kembang janin selama masa kehamilan.


.

Apa sih yang harus dipersiapkan bagi ibu hamil?

Menurut dr. Bram yang pasti ada 2 hal yaitu mental sebelum hamil dan nutrisi yang tepat. Nutrisi tepat ini artinya tidak kurang dan jangan sampai over estimate. Over estimate maksudnya adalah tidak makan berlebihan, hindari mindset makan porsi double saat hamil.

Ada beberapa ibu hamil yang bawaannya lapar terus, selalu ingin makan, boleh kah?
Boleh asal dengan syarat, makan sedikit tapi sering, misalmya per 2 jam sekali makan. Supaya lambungnya gak terisi penuh dan gak bikin muntah.

Bagaimana cara mengontrol makan yang pas saat hamil?
Dr. Bram menjelaskan bahwa tentunya harus ada pengetahuan ya soal porsi dan nutrisi makanan yang dikonsumsi. Bisa konsultasikan dengan obigyn-nya saat kontrol kehamilan.

Boleh gak sih mengonsumsi suplemen saat hamil?
Dr. Bram membolehkan ibu hamil mengonsumsi suplemen atau vitamin kehamilan. Suplemen ini dikonsumsi untuk membantu menyiapkan mutrisi tambahan. Bisa dikatakan suplemen jadi salah satu media untuk memenuhi nitrisi bagi bumil picky eater.

Muncul flek saat hamil, apakah tanda keguguran?
Dr. Bram menegaskan bahwa tidak semua flek menandakan keguguran tapi jangan disepelekan. Flek yang muncul dikatakan aman jika muncul hanya sekali pada masa kehamilan dan tidak menimbulkan nyeri. Misalnya flek saat awal masa kehamilan karena proses pelekatan embrio.

Bagaimana tumbuh kembang janin selama masa kehamilan?

  1. Mommies, menurut dr. Bram, Pada trisemester pertama, asam folat dibutuhkan sebanyak 400 mikrogram bisa berasal dari suplemen dan makanan seperti alpukatm pepaya dan jeruk.
  2. Pada usia kehamilan 13 minggu, janin berukuran sebesar jeruk nipis panjangnya. Si kecil sudah bisa membuka dan menutup jari jemarinya dan mampu menggerakan kedua kakinya. Pada usia ini kebutuhan Kalsium sangat penting.
  3. Pada usia kehamilan 4 bulan atau memasuki trisemester kedua, persendian si kecil mulai bergerak dan aktif. Dibutuhkan asupan Omega3 dan Omega6 sekitar 4-12 gram.
  4. Memasuki usia kandungan 5 bulan, janin seperti ukuran pisang panjangnya. Di dalam perut, si kecil sudah bisa makan air ketuban dan dibuang lewat urin. Panca inderanya pun sudah berfungsi. Pada usia ini Mommies membutuhkan nutrisi dan Zinc bisa dari suplemen dan makananan seperti salmon dan daging ayam.
  5. Pada usia kehamilan 26 minggu, rambut si kecil sudah mulai tumbuh. Asupan makanan bisa ditambah porsinya untuk memenuhi sebanyak 350 kalori dari sebelumnya.
  6. Memasuki trisemster ketiga, janin sudah berukuran sebesar buah nanas. Si kecil sudah mampu menggeleng-gelengkan kepala, saraf pusat sudah matang dan gerakan anak didalam perut sudah bisa dikontrol oleh anaknya sendiri bukan karena refleks seperti sebelumnya. Kebutuhan Kalsium meningkat pada usia ini.
  7. Pada usia kehamilan 37 minggu, paru-paru sudah matang, saluran cerna dan tali pusat sudah baik. Janin sudah cukup bulan dan siap lahir.

Tips Memenuhi Nutrisi Ibu Menyusui

  • Gizi cukup dan seimbang
  • Makanan bervariasi
  • Air yang cukup 2000-3000
  • Jangan melakukan diet berlebihan supaya cepat kurus
  • Tambahkan 600 kalori dibanding kebutuhan kalori basal
  • Makro dan mikronutrien penting untuk pembentukan asi yang baik
    Less stress

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Website ini dilindungi Hak Cipta!!!