entrostop bagikan botol minum anak
event,  health,  Lifestyle

Entrostop Sediakan Program Air Minum Bersih untuk Sekolah

Program air minum bersih memang harus terus dilakukan dibanyak wilayah di Indonesia, terutama daerah yang sulit terjangkau atau jarang dikunjungi. Selain kondisi ekonomi dan kurangnya sarana prasarana, penyebab lainnya lantaran kurangnya edukasi dan sosialisasi hidup sehat.

Salah satunya yaitu Kabupaten Lebak, Banten yang menjadi mitra program air minum bersih yang dilakukan oleh pihak Entrostop Herbal Anak dan Lembaga Swadaya Masyarakat Project Child.Data Dinas Provinsi Banten tahun 2017 menunjukan, Kabupaten Lebak masuk kedalam wilayah dengan kasus diare yang cukup tinggi yaitu 39.627 kasus.

Rabu lalu (17/9), saya dan beberapa rekan influencer melakukan kunjungan ke SD Negeri 4 Rangkasbitung. Dimana sekolah tersebut menjadi satu dari sembilan sekolah mitra Entrostop untuk program air minum bersih di Kabupaten Lebak, Banten.

entrostop herbal anak

Edukasi tentang Hidrasi dan Fungsi Air dalam Tubuh Manusia

Target usia anak untuk program Drinking Water Program yaitu anak usia 10 tahun atau siswa-siswi kelas 4 SD. Program air minum bersih ini meliputi edukasi tentang hidrasi dan fungsi air didalam tubuh manusia. Materi disampaikan di ruang UKS (Unit Kesehatan Sekolah) oleh tim Project Child dengan sangat menyenangkan.

perkenalan hidrasi untuk anak SD

Anyway, ruang UKS nya tuh bersih dan rapi banget. Disana juga tersedia timbangan berat badan, tempat tidur serta obat-obatan yang dibutuhkan jika ada siswa yang sakit selam proses belajar mengajar berlangsung. Ruang UKS ini termasuk ruang yang didandani oleh Entrostop sehingga menjadi tempat yang nyaman digunakan warga sekolah. Didalamnya juga terdapat pesan-pesan Kesehatan yang ditempel di dinding ruangan.

ruang UKS SD Rangkas Bitung

Saya pun sempat mengobrol dengan beberapa orangtua disana. Mereka mengaku, anak-anaknya lebih suka jajan es kemasan yang rasanya manis daripada air putih. Saat saya memberi tau soal pentingnya air putih bagi tumbuh kembang anak-anak ternyata mereka juga baru mengetahui hal tersebut.

Sangat menyenangkan bisa ngobrol lebih dekat dengan para orangtua head to head seperti ini. Saya jadi bisa lebih dekat dengan mereka dan tau masalah Kesehatan apa sih yang sebenarnya banyak terjadi di masyarakat. Semoga ada kesempatan lain yang membuat saya bisa lebih berkontribusi dalam hal membangun pola hidup lebih sehat dan bersih bersama masyarakat luas. Karena umumnya mereka lebih takut atau malu saat berbicara di forum saat penyuluhan.

Baca juga : Pentingnya Mengenalkan Buah Pada Moment MPASI Si Kecil

Entrostop Herbal Anak Mengajak Siswa Mengurangi Sampah Plastik

Sesi berikutnya, anak-anak diajak melukis totebag, yang mana totebag ini bisa dibawa pulang oleh mereka untuk digunakan sebagai wadah jika berbelanja. Gak cuma itu, Entrostop juga membekali botol minum untuk semua murid. Tujuannya untuk mengurangi sampah plastik.

entrostop bagikan botol minum anak

Entrostop dibawah naungan PT Kalbe Farma Tbk. memang berkomitmen dalam meningkatkan Kesehatan untuk hidup yang lebih baik bagi masyarakat termasuk anak usia sekolah dimana Entrostop memberikan bantuan penyediaan air minum bersih dan layak minum berupa water filter agar siswa bisa terhindar dari penyakit diare.

Water filter merupakan alat untuk menyaring air yang diambil dari sumber mata air langsung dan bisa diminum oleh warga sekolah. Jika habis, bisa diisi melalui kran yang sudah dipasang oleh tim Project Child. Alat ini terbilang cukup murah sebab bisa dipakai oleh banyak orang dalam jangka waktu sekitar 2 tahun bahkan lebih lama jika dibersihkan dan dirawat dengan benar.

water filter untuk sekolah

Penyuluhan Pengobatan Diare Secara Mandiri

Selain penyedian air minum bersih, Entrostop juga memberikan edukasi tentang bahaya penyakit diare di kantor kecamatan Rangkasbitung. Ada sekitar 100 ibu-ibu hadir dalam penyuluhan ini. Masyarakat Rangkasbitung terutama orangtua yang hadir siang itu dibekali informasi tentang cara pencegahan dan pengobatan diare yang benar terutama pada anak-anak.

Sebab menurut data RASKESDAS 2013, satu dari tujuh anak Indonesia mengalami diare dan mereka mengalami diare rata-rata sebanyak 2-6 kali per tahun. Seperti yang diketahui bahwa diare di Indonesia disebabkan oleh infeksi virus. Bahkan, saking seringnya terjadi kasus diare, penyakit ini termasuk penyebab rawat inap nomor 1 di Rumah Sakit di Indonesia dan termasuk penyebab kematian no 2 pada anak usia 1-4 tahun di Indonesia.

sosialisasi diare

Entrostop Sediakan Program Air Minum Bersih untuk Sekolah

Oleh sebab itu, orang tua harus mengetahui tata laksana pengobatan diare secara mandiri. Pertama, kita bisa membuat oralit atau larutan gula garam yang diminumkan pada anak untuk mencegah dehidrasi.

Kedua, jika si kecil sudah berusia 6-12 tahun, kita bisa memberikan Entrsostop Herbal Anak dengan dosis 3 kali sehari. Entrostop Herbal Anak terbuat dari bahan herbal alami seperti ekstrak daun jambu biji, daun teh, jahe dan kunyit sehingga aman diminum anak-anak.

Entrostop Herbal Anak membantu mengatasi diare pada anak dan megatasi gejala yang menyertainya seperti mules, mual dan perut kembung. Teksturnya cair seperti sirup dengan rasa jambu biji yang manis jadi anak-anak pasti suka karena ngga pahit ya.

Entrostrop Herbal Anak tidak dianjurkan diberikan pada anak dibawah usia 5 tahun.

Ketiga, jika sakit berlanjut segera hubungi dokter. Jangan dibiarkan dan hanya diberi oralit saja ya Buk.

Kesimpulan Program Air Minum Bersih untuk Sekolah

Buk, diare ditandai dengan seringnya buang air besar dalam waktu dekat serta teksturnya cair. Penyebabnya bisa jadi karena bakteri dan virus yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi kotor. Meskipun ada kasus diare yang disebabkan alergi atau intoleransi laktosa pada pencernaan. Pada anak usia sekolah, umumnya disebabkan karena jajanan di sekolah yang tidak higienis. Bisa jadi, ada bakteri e.colli dari tagan si pedagang atau pembeli lain yang menyentuh makanan tersebut. Sehingga, kita perlu mengingatkan anak-anak untuk tidak jajan sembarangan di sekolah.

entrostop herbal anak sachet

Diare merupakan cara alami yang dilakukan tubuh untuk membuang bakteri dan virus yang ada dalam saluran pencernaan. Sehingga menurut beberapa ahli Kesehatan, diare ini jangan distop dengan obat sembarangan karena nantinya kuman dan bakteri akan tetap berada didalam saluran pencernaan. Sebaiknya minum obat diare yang bisa membunuh dan mengeluarkan kuman dan virusnya. Seperti halnya Entrostop yang bekerja dengan cara SERAP dan KELUARKAN bakteri dan virusnya lalu HENTIKAN diarenya. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Beautifull skin now or later? With Kalbe H2 Pure Skin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *