health,  Lifestyle

Peduli Wanita Indonesia, Sorella dan LovePink Ajak Deteksi Dini Kanker Payudara

Saat tubuh menderita penyakit, sebenarnya tubuh kita sudah memberikan signal kepada kita berupa rasa kantuk, mudah lelah atau rasa sakit pada bagian tertentu. Hanya saja terkadang, kita nya yang terlalu asyik sendiri dan seringkali lupa memberikan hak bagi tubuh untuk beristirahat.

Apa yang ada dalam benak Moms semua saat mendengar kata “Kanker Payudara”?

Takut dan menyeramkan ya. Moms, kanker payudara bukan sesuatu yang harus ditakuti justru harus dikenali untuk mencegahnya datang. Sebagian besar penderita kanker payudara merasa kecolongan saat terdiagnosa pada stadium lanjut. Padahal angka harapan sembuh pada pasien kanker payudara sangat besar jika terdeteksi sejak dini.

Minggu lalu (13/8) saya berkesempatan untuk menghadiri salah satu acara Blogger dan Influencer Gathering bersama Sorella Indonesia. Acara ini bertajuk #AllAboutInnerBeauty, yang merupakan salah satu bentuk perhatian Sorella terhadap seluruh wanita Indonesia untuk menyampaikan gerakan hidup sehat, salah satunya dengan menjaga dan merawat kesehatan payudara. Sorella juga menggandeng LovePink Indonesia sebagai salah satu narasumber pada Talkshow kesehatan sore itu. Acara ini didukung penuh oleh banyak media diantara www.womantalk.com , www.grid.id , www.nova.id dan www.smartmama.com.

cegah kanker payudara, deteksi kanker payudara, penyebab kanker payudara, cara mengobati kanker payudara, kanker payudara adalah, sadari dan sadanis, faktor pemicu kanker payudara

.

Talkshow bersama LovePink

Talkshow disampaikan oleh seorang wanita yang cantik, enerjik dan ceria. Beliau adalah Ibu Madelina Mutia selaku Co-Founder & Breast Cancer Survivor Lovepink Indonesia. Sedikit pun saya tak menduga kalau Ibu Mutia ini pernah menderita penyakit kanker payudara. Beliau terlihat sangat sehat dan bugar. Berangkat dari kisah dan perjuangan yang ia alami sendiri, kemudian bersama dengan Lovepink mengantarkannya pada gerakan sosial untuk memberikan dukungan bagi para penderita kanker payudara.

LovePink adalah organisasi sekaligus komunitas yang semua anggota dan aktifisnya merupakan survivors kanker payudara.

Ada 2 misi LovePink yang terus dijalankan yakni berupa dukungan moral untuk para pasien kanker payudara seperti melakukan kunjungan ke rumah sakit dan mengadakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang deteksi kanker payudara. Selain Ibu Muti, hadir juga Ibu Fariani (breast cancer survivor) yang berbagi kisah perjuangannya melawan kanker payudara.

cegah kanker payudara, deteksi kanker payudara, penyebab kanker payudara, cara mengobati kanker payudara, kanker payudara adalah, sadari dan sadanis, faktor pemicu kanker payudara

.
Mengenal Lebih Dalam Tentang Kanker Payudara

Kanker Payudara adalah sebuah keadaan abnormal dimana sel-sel pada jaringan payudara membelah dan berkembang diluar kontrol.

Fakta Kanker Payudara di Dunia

  1. Data dari WHO, 1 dari 8 perempuan beresiko terkena kanker payudara.
  2. Pasien perempuan terbanyak di Rumah Sakit adalah pasien kanker payudara.
  3. Kanker payudara tidak melulu menyerang wanita. Kanker payudara bisa saja diderita oleh siapapun yang memiliki payudara, termasuk laki-laki.
  4. 1 dari 1000 laki-laki beresiko terserang kanker payudara dan 1% dari pasien kanker payudara adalah laki-laki. Contoh nyatanya yaitu ayahnya Melly Goeslaw (Melky Goeslaw) yang terserang kanker payudara.
  5. Fakta harapan hidup penderita kanker payudara. Jika terdeteksi dini, harapan hidupnya lebih besar yaitu sekitar 98% sementara sebanyak 27% suvive pada tahap lanjut.
  6. Laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki resiko terkena kanker payudara. Penting sekali bagi kita semua untuk melakukan deteksi dini, salah satu caranya yaitu dengan SADARI (perikSA payuDAra sendiRI) dan SADANIS (perikSA payuDAra secara kliNIS).

.

Penyebab Kanker Payudara

Secara universal, dunia medis menyatakan belum ada penyebab kanker payudara secara pasti. Namun, ada beberapa faktor resiko pemicu kanker payudara, yaitu:

  1. Jenis kelamin
  2. Usia. banyak penderita kanker payudara di usia produktif sekitar usia 30 tahun.
  3. Faktor genetis. setiap orang memiliki sel kanker saat lahir jika terkena treager maka ia akan hidup.
  4. Riwayat keluarga. Anak dari orangtua penderita kanker payudara akan lebih beresiko menderita kanker.
  5. Pola hidup. 60-70% pasien penderita kanker payudara tidak memiliki catatan resiko tinggi namun dibsebakan karena pola hidup yang tidak sehat. Sementara sebanyak 30-40% survivor breast cancer diindikasi telah memiliki resiko tinggi sebelumnya.

.

Tanda-tanda Kanker Payudara

  1. Payudara Mengeras..
  2. Ada daging tumbuh dan menonjol pada payudara.
  3. Payudara cekung.
  4. Payudara berlekuk.
  5. Kemerahan.
  6. Keluar cairan dari puting biasanya warnanya keruh dan darah.
  7. Puting tertarik kedalam.
  8. Tumbuh pembuluh darah seperti parises pada payudara.
  9. Mengerut seperti buah jeruk.
  10. Terdapat benjolan dan biasanya keras dan tidak bergerak.
  11. Berubah bentuk.
  12. Kulit mengelupas awalnya karena gatal yang tak kunjung sembuh.

.

Langkah Deteksi Dini Kanker Payudara

1. SADANIS
SADANIS yaitu periksa payudara secara klinis dengan menggunakan 2 alat yaitu mamografi dan USG. Mamografi adalah alat paling valid untuk mendeteksi kanker payudara sekalipun belum muncul benjolan. Cara kerjanya seperti mesin foto kopi yaitu dengan menjepit payudara selama 1-2 detik untuk memfoto payudara dengan sinar radiasi akan terlihat gambar kepadatan jaringan payudara yang dibaca oleh dr specialis radiologi. Mamografi dianjurkan untuk usia 40 tahun keatas. USG adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi kanker payudara untuk usia dibawah 40 tahun. Cara kerjanya sama seperti USG kehamilan.

Sebelumnya saya pun pernah menjalani pemeriksaan USG payudara untuk memeriksakan payudara saya dan Alhamdulilah hasilnya baik. Moms, bisa membaca sharing saya saat menjalani USG Payudara disini.

Hasil USG Mamae Pribadi

.

2. SADARI
Sadari dapat dilakukan rutin setiap bulan untuk mengetahui jika ada perubahan pada payudara. SADARI dilakukan pada hari ke 7 – hari ke 10 menstruasi yaitu pada saat jaringan payudara tidak terlalu sensitif. Saat melakukan SADARI perhatikan: perubahan bentuk, ukuran payudara dan permukaan serta puting.

Berikut ini gerakan dan cara melakukan SADARI:

  1. Berdiri tegak menghadap cermin.
  2. Letakan kedua tangan dibelakang kepala, dorong siku ke depan dan kebelakang. Amati payudara.
  3. Letakan kedua tangan dipinggang. Bungkukkan badan hingga payudara menggantung. Rasakan bila seperti ada yang mengayun di payudara, jika sudah selesai tarik kembali kebelakang.
  4. Pegang bagian atas punggung dengan tangan kiri. Gunakan ujung jari telunjuk, jari tengah dan jari manis tangan kanan, cermati payudara kiri sampai area ketiak. Lakukan gerakan memijat keatas dan kebawah atau mengelilingi payudara dengan membentuk lingkarang-lingkaran kecil. Lalu, lakukan gerakan lurus dari arah tepi payudara menuju puting dan sebaliknya. Ulangi proses yang sama pada payudara kanan.
  5. Pencet puting satu per satu dengan telunjuk dan ibu jari. Bila ada cairan keluar konsultasikan dengan dokter.
  6. Berbaring dan letakan bantal dibawah pundak. Angkat lengan kanan keatas. Cermati payudara kanan menggunakan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis tangan kiri. Tekan dan rasakan payudara hingga ke area ketiak. Cermati payudara menggunakan 3 pola gerakan sebelumnya. Ulangi pada sisi berlawanan payudara kiri.

cegah kanker payudara, deteksi kanker payudara, penyebab kanker payudara, cara mengobati kanker payudara, kanker payudara adalah, sadari dan sadanis, faktor pemicu kanker payudara

.

Sorella Indonesia #AllAboutInnerBeauty

Narasumber berikutnya yaitu Ibu Agnes Dewi selaku Marketing Manager PT Megariamas Sentosa. Sorella sangat concern kepada para survivor breast cancer. Sorella hadir bukan hanya untuk mempercantik wanita dari luar saja namun juga dengan mempercantik wanita dari dalam (inner beauty) yaitu dengan menumbuhkan kepedulian sesama wanita seperti kepada survivor breast cancer.

cegah kanker payudara, deteksi kanker payudara, penyebab kanker payudara, cara mengobati kanker payudara, kanker payudara adalah, sadari dan sadanis, faktor pemicu kanker payudara

Kampanye #AllAboutInnerBeauty yang merupakan Phylosopy Sorella Indonesia dibuktikan dengan menghadirkan produk yang dibutuhkan bagi para survivors breast cancer untuk mengangkat kepercayaan diri mereka kembali di lingkungannya. Saat mereka tak lagi dapat tampil secara sempurna, Sorella Indonesia memberikan solusi bagi mereka.

Salah satu produk andalan yang baru saja Launching yaitu Body Contour Wellness yang memberikan banyak manfaat dan keunggulan, diantaranya:

  1. 3D Zero Pressure Wire bra dibuat dengan mengikuti bentuk payudara. Saat dipakai tidak ada tekanan kawat sehingga peredaran darah tidak terganggu dan tidak menyebabkan sakit di sekitar payudara karna kawatnya yang lentur. Bahannya lembut sehingga mensupport payudara dengan baik dan benar. Membuat Shape payudara lebih cantik karena wingsnya tebal dan talinya mensupport payudara pada posisi yang benar.
  2. Far Infrared Rays yang berfungsi untuk detoksifikasi, mencegah radiasi elektromagnetik dan meningkatkan sirkulasi darah pada bagian payudara.
  3. Specialty Bamboo Bra. Sesuai dengan namanya, bra ini mengandung serat bambu yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah, anti bakteri dan menghilangkan bau. Disempurnakan juga dengan kandungan Coffee Yarn atau bahan kopi dalam serat kainnya untuk membantu mencegah iritasi kulit dan anti oksidan.
    Mastectomy Bra untuk wanita yang terkena Kanker payudara pasca pengangkatan payudara agar dapat tampil dengan sempurna sama seperti wanita pada umumnya.
  4. Beauty Inside ( Post Mastectomy Enchancement breast Padding) sebagai pelengkap mastectomy bra diperlukan Padding khusus sebagai pengganti payudara palsu yang lebih dikenal dengan sebutan Prothesis.
    Kabar baiknya adalah untuk menunjang kebutuhan para survivors breast cancer dan menjawab request para survivors breast cancer di Bali tahun lalu, Sorella akan segera mengeluarkan Prothesis Silikon yang mudah dipakai dan dibersihkan.

.

Tentang Sorella

Sorella merupakan salah satu brand ternama di Taiwan yang sudah berdiri sejak tahun 1974. Kini, Sorella telah hadir dibanyak negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Philipina, Brunai Darusallam, Kamboja, Myanmar dan Vietnam.

Di Indonesia sendiri, Sorella sudah ada sejak tahun 1985 dibawah naungan PT. Megariamas Sentosa yang juga memiliki beberapa brand pakaian dalam ternama Internasional seperti Pierre Cardin, Young Hearts dan Felancy.

Banyak sekali varian produk Sorella seperti bra, panties, shapewear dan nightwear serta aksesories lainnya. Salah satu produk favorit saya yaitu korset Sorella yang bahannya itu breathable banget, stretch tapi gak bikin begah, anti bacterial jadi tidak membuat gatal saat terkena keringat dan sangat menunjang penampilan.

Sorella yang sudah menghadirkan banyak produk berkualitas selama 30 tahun di Indonesia berhasil meraih penghargaan dari TOP BRAND AWARD sebagai salah satu brand pakaian dalam wanita terpopuler dan terpercaya di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut (tahun 2013-2018).

cegah kanker payudara, deteksi kanker payudara, penyebab kanker payudara, cara mengobati kanker payudara, kanker payudara adalah, sadari dan sadanis, faktor pemicu kanker payudara

 

Demikianlah Moms informasi yang saya dapatkan dari Talkshow kesehatan bersama Sorella Indonesia dan  LovePink mengenai kanker payudara. Acara ini juga akan dilanjutkan dengan Kunjungan kepada survivor Kanker Payudara di Bali bersama 5 blogger dan 3 influencer terpilih. Semoga saya berkesempatan untuk mengikuti agenda tersebut agar dapat belajar dan memetik hikmah dari kisah wanita hebat lain diluar sana.

 

Informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi Sorella Indonesia melalui:

Website: www.sorella.co.id

Email : info@sorella.co.id

Instagram : @sorellaid

 

cegah kanker payudara, deteksi kanker payudara, penyebab kanker payudara, cara mengobati kanker payudara, kanker payudara adalah, sadari dan sadanis, faktor pemicu kanker payudara
Dok. Unicorn

cegah kanker payudara, deteksi kanker payudara, penyebab kanker payudara, cara mengobati kanker payudara, kanker payudara adalah, sadari dan sadanis, faktor pemicu kanker payudara

cegah kanker payudara, deteksi kanker payudara, penyebab kanker payudara, cara mengobati kanker payudara, kanker payudara adalah, sadari dan sadanis, faktor pemicu kanker payudara

 

kanker payudara, kanker payudara, kanker payudara, kanker payudara, sorella indonesia, sorella, lovepink indonesia, lovepink,

87 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *