warung anak sehat, ibu kanti generasi maju, umkm perempuan, umkm digital, women will google
Lifestyle,  self improvement,  Social

Danone Specialized Nutrition Indonesia Bantu Ibu Kantin Warung Anak Sehat

Warung Anak Sehat Binaan Danone Specialized Nutrition Indonesia. Teng … Teng … Teng.. bunyi lonceng 3 kali di sekolah ku dulu menandakan berakhirnya jam pelajaran. Sudah saatnya pergi ke kantin, mengobati perut yang sudah dangdutan. Seperti biasa, suasana kantin sudah riuh, penuh dengan teman-teman lain yang sudah lebih dulu antri.

Terkadang saya rindu masa-masa saat duduk di bangku Sekolah Dasar. Rebutan jajan di kantin favorit. Sampai-sampai, saya tuh pengen banget loh punya kantin di Sekolah. Selain nantinya saya ngga perlu antri, kayanya asik gitu, ngga pernah sepi pembeli. Selama ada anak yang sekolah, ya ada terus pembelinya.

Kenangan saya tentang kantin sekolah ini membawa obrolan dengan suami. Saat berjumpa pedagang jajanan yang berkeliling dengan sepeda. Saya sempat melihat Ibu tersebut berjualan di salah satu Sekolah Dasar tak jauh dari rumah. Tapi sekarang si Ibu menjual makanannya dengan bersepeda, keliling dari rumah ke rumah. Gimana ya kondisinya ibu kantin selama pandemi seperti ini, dimana anak-anak semuanya melakukan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)?

.

Warung Anak Sehat Binaan Danone SN Indonesia

Diakui oleh para pengelola kantin sekolah, mereka kehilangan pendapatan sejak Maret lalu. Informasi ini saya dapatkan dari Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia yang memiliki program pembinaan untuk Ibu Pengelola Kantin Sekolah Generasi Maju. Dimana ibu-ibu ini berperan dalam pemenuhan nutrisi keluarga dan orang disekelilingnya.

Melihat kondisi di lapangan, Danone SN Indonesia melalui Sarihusada menyelenggarakan program edukasi bagi pengelola kantin sekolah supaya bisa bangkit dan menjalankan usahanya kembali dari rumah. Seperti yang disampaikan oleh Connie Ang, CEO Danone Specialized Nutrition Indonesia, mereka terus memberikan akses pelatihan pemanfaatan platform digital bagi mereka.

Baca juga: Danone Indonesia Bantu Ibu Rumah Tangga Berwirausaha dari Rumah

Fyi, program pembinaan bagi pengelola kantin ini sudah dilakukan sejak tahun 2011 bagi ratusan pengelola kantin Sekolah Dasar di Indonesia lho. Dulu populer dengan sebutan Ibu Warung Anak Sehat (IWAS). Apakah Buibuk pernah mendengarnya?

Menurut data yang disampaikan, hingga 2018, pembinaan pengelola kantin mampu memberdayakan 350 ibu kantin, dimana 72% diantaranya mengalami peningkatan income sebanyak 50%. Wah, sangat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat ya.

Kabar baiknya, para Ibu Kantin Sekolah Generasi Maju mulai mengembangkan usaha berskala kecil atau UMKM. Berbekal keahliannya menyediakan menu nutrisi sehat di sekolah, mereka memproduksi homemade food dan menjualnya secara door to door maupun online.

warung anak sehat, ibu kanti generasi maju, umkm perempuan, umkm digital, women will google

Kendalanya, ibu pengelola kantin ini memang tidak semuanya memiliki pengetahuan soal berjualan online sehingga perlu adanya pendampingan dan pelatihan memasarkan produk secara online.

Oleh sebab itu, Danone SN Indonesia menjalin Kerjasama dengan Google dalam program Women Will untuk memfasilitasi pelatihan UMKM Perempuan kepada Ibu Kantin Sekolah Generasi Maju.

Pada Oktober, pelatihan dilakukan bagi 50 ibu pengelola kantin sehat, berkelanjutan pada bulan November. Tujuan pelatihan ini tentu saja untuk menguatkan edukasi digitalisasi bagi pengembangan bisnis UMKM digital para pengola kantin sekolah. Selain pengetahuan dan keterampilan digital dalam berbisnis, mereka juga didampingi kesiapan secara mental.

Saya sangat terharu saat salah satu Ibu Kantin Sekolah Generasi Maju di Yogyakarta mengatakan dirinya sangat terbantu dengan program Danone SN. Terlebih di masa pandemi, penjual makanan semakin banyak sementara peluang menjajakan secara langsung dibatasi.

Namun, dengan adanya pembinaan dari Danone SN untuk para Ibu Kantin Sehat, mereka mampu memproduksi makanan yang tak hanya lezat tapi sarat akan kandungan nutrisi. Lalu memasarkannya secara online. Bahkan, mereka juga diberikan pelatihan mengelola keuangan sehingga pendapatan yang didapatkan dapat dikelola dengan baik.

warung anak sehat, ibu kanti generasi maju, umkm perempuan, umkm digital, women will google

Bahkan, tak hanya bantuan secara pelatihan saja, Danone SN Indonesia juga turut memberikan bantuan senilai lebih dari Rp 1 Miliar kepada 234 Ibu Kantin Sekolah Generasi Maju di Ambon, Bandung, Bogor dan Yogyakarta.

Saya pribadi sangat berterimakasih kepada keluarga besar Danone Indonesia yang konsisten membantu masyarakat Indonesia. Termasuk program pembinaan Warung Anak Sehat ini. Meskipun saya bukan bagian didalamnya, namun secara tidak langsung mereka berperan untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak generasi penerus bangsa dengan menyediakan jajanan yang sehat dan bersih. Semoga program ini terus berkelanjutan bahkan meluas hingga kota dan desa lainnya.

Baca juga : Terapkan Gizi Seimbang Selama Pandemi di Rumah

 

warung anak sehat, warung anak sehat, warung anak sehat, 

38 Comments

  • MpoRatne

    Pengetahuan bertambah tentang gizi anak dan bantuan modal usaha dari danonoe akan berpengaruh pada Semangat untuk menyajikan yang terbaik bagi murid-murid. Orangtua juga tidak was-was terhadap gizi anak kita atau anak aman terhindar dari bahan kimia pewarna dan pengawet makakanan

    • Dawiah

      Masya Allah patut berterima kasih ini kepada Danone Indonesia yang telah membantu masyarakat terlebih terhadap perkembangan kantin sehat sekolah. Semoga bantuannya bisa dimaksimalkan kebermanfaatannya.

  • Dessy Achieriny

    Iya kak bener, Kantin sekolah termasuk salah satu yang kena dampak karena pandemi. Alhamdulillah Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia memiliki program pembinaan untuk Ibu Pengelola Kantin Sekolah Generasi Maju sehingga menjadi penyemangat mereka untuk memberikan makanan yang tak hanya enak tapi bergizi dan bisa dijajakan secara online apalagi diberikan pelatihan mengelola keuangan juga ya.

    • Okti Li

      Kendala ibu kantin dan penjual UMKM di daerah saya juga sama. Apalagi saat pandemi. Sayangnya program ini blm sampai ke Cianjur nih ya. Semoga tidak hanya di kota besar aja ya

      • Yuni

        Salut dengan Danone yang mampu membantu pengusaha warung atau kantin sekolah tetap bangkit di masa pandemi ini. Emang terasa banget ya mbak saat anak2 harus belajar di rumah saja. Dulu warung2 di sekolah selalu ramai anak2 yang suka jajan di sekolah…kini warung ini tak ada pembelinya…namun berkat danone ibu kantin bisa tetap berjualan secara online. Itu artinya mereka tidak kehilangan pekerjaan dan penghasilan…semoga dagangan ibu kantin makin laris dan tetap menyehatkan.

    • Yuniari Nukti

      Jadi meskipun pandemi dan nggak ada anak yang datang ke sekolah, Ibu Kantin jualan online ya mbak? Syukur kalau sekolah punya program yang menghubungkan ibu kantin dengan orangtua murid supaya walau di rumah, anak-anak tetap bisa jajan di kantin sekolah

  • Kata Shyntako

    Sebagai seorang ibu aku menyambut bahagia ada Warung Anak Sehat yang memberdayakan dan mengedukasi buibu warung untuk provide jajanan sehat di kantin sekolah. Kece lah ini programnya Danone!

  • Sulung Siti Hanum

    Idenya brilian, program pembinaan buat pedagang kantin sekolah. Entah sampai kapan ya anak-anak sekolah harus belajar online. Sampai masa itu pulang kantin sekolah gak beroperasi. Kok aku baru kepikiran tentang pedagang di kantin ya setelah baca ini. Pandemi berdampak ke banyak aspek ya kak.

  • Uniek Kaswarganti

    Sedih juga ya ketika sudah terbina jadi ibu kantin warung sehat lalu terhempaskan gara-gara nggak bisa jualan secara offline lagi.
    Untungnya ada pelatihan digital gini, jadi para ibu kantin tetap punya solusi untuk mempertahankan usahanya.

    • Mei Daema

      Keren ya programnya danone ini, mudah2an bermanfaat bagi para ibu-ibu kantin yang mendapatkan pelatihan. Dan pastinya dengan ikut ini, wawasan ibu-ibu tentang gizi anak menjadi bertambah

  • Monica Anggen

    Program warung sehat ini bagus ya. Di satu sisi, menyediakan makanan sehat bagi anak-anak. Di sisi lain, Danone membantu banyak ibu kantin untuk tetap berdaya dan usahanya bisa tetap bertahan di masa pandemi begini.

  • Arda Sitepu

    Danone selalu hadir memberikan program-program yang bermanfaat apalagi untuk warung-warung yang memberikan jajanan sehat untuk anak-anak dan hal ini tentunya penting dalam menjaga kualitas jajanan anak-anak.

  • fanny_dcatqueen

    Ya ampun seneeeeng deh bacanya, kalo ibu2 kantin ini mndapat bantuan pelatihan, modal dan bimbingan jg dalam memasarkan produk makanan yg lebih sehat. Akupun kalo kantin anakku dikelola secara baik begini, makanan yg dijual bergizi dan hygenis, bakal ngizinin anak2 jajan di sekolah kalo sudah selesai pandemi nanti.

    Semoga para penjual makanan kantin, omset jualannya semakin meningkat juga yaaaa 🙂

    • Visya

      Profesi ibu kantin ngga pernah kebayang bakal terdampak pandemi tapi emang beneran sangat terdampak ya Kak. Beruntung Danone melek soal ini dan sigap membantu.

  • Rosanna Simanjuntak

    Baru tahu aku ada pelatihan dari Danone untuk membina ibu kantin warung sehat.

    … dan baru tahu juga kalau aktivitas ini sudah ada sejak 2011.
    Lagi-lagi, aku “mainnya” kurang jauh, hihihi.

    Dan, aku sangat salut sama perusahaan/brand yang langsung action seperti ini.
    Menyentuh “grass root” memberikan pendampingan dan pelatihan!

    Good job, Danone!

  • Roosvansia

    Jujur saja aku teralihkan dengan melihat si zuppa soup yg terlihat menggiurkan wkwkkwkw. Kalau ada pelatihan2 semacam itu, masyarakat jd bisa punya lbh banyak varian jajanan yaaaa. Semua senang. Semoga Danone ttp jalan programnya spy ibu2 RT bisa punya sampingan penghasilan ya.

  • Elly Nurul

    Selalu happy dengan program danone sn indonesia.. konsisten dalam membantu binaannya.. apalagi saat pandemi saat ini ya.. warung anak sehat jadi salah satu yang terkena dampak karena penerapan pembelajaran jarak jauh.. maka hal itu sangat berpengaruh pada penghasilan para ibu warung anak sehat.. program danone ini menjadi solusi yang efektif untuk bertahan di tengah pandemi

    • Siska Dwyta

      Program yang menarik sekali dadi Danone. Turut memberdayakan perempuan khususnya Ibu-Ibu Warung Sehat yang kena dampak pandemi. Tentunya dengan adanya pelatihan tersebut, ibu-para IWAS jadi teredukasi dan bisa tetap menjalankan usahanya dari rumah

  • Shyntako

    Seneng banget deh baca infonya kalo Danone kasih pelatihan untuk Ibu Kantin Warung Sehat, bagus buat upgrade diri para buibu rumah tangga yaa. Plus kan buibu kantin di masa pandemi gini penjualannya menurun, jadi bagus banget sih diajarin tentang jualan secara online

    • Nia Haryanto

      Keren deh Danone, bikin program yang sangat bermanfaat seperti ini. Pastinya ya, ibu kantin dan ibu warung ini sangat terdampak pandemi. Dari anak sekolah dan mahasiswa yang belajar online di rumah, hingga pegawai yang Banyak dianjurkan untuk bawa makanan sendiri. Tapi dengan pelatihan dari program Danone, ibu kantin bisa jadi pelaku UMKM. Yang mungkin produknya bisa laris secara online, ya. Semoga program ini bisa dilakukan di banyak tempat deh.

  • Tuty Saca

    wah idenya luar biasa ya, out of the box ! Buibu kantin yang jadi lebih maju. Aku juga baru tau kalau program ini udah lama ya. Maklum ga pernah main2 ke sekolah lagi jadi ga tau deh hehehhe

  • Nchie Hanie

    Selalu salut dengan program2 Danone, eh sekarang ada yang baru lagi bina ibu kantin warung sehat. Semoga anak2 pun makin sehat jajanannya yaaa, coz ibu kantonnya udah dikasih wawasan luas dan ilmu. Keren bangeet.

  • Firda

    Wah, programnya Danone ini keren banget. Aku udah baca beberapa tulisan tentang program ini dan ternyata mengesankan. Semoga kedepannya makin bagus programnya dan semakin banyak perusahaan yang punya program semacam ini.

  • Lusi Dan

    Jadi pengen balik sekolah lagi, makin betah di kantin kalo jajanannya enak dan sehat kayak gitu.
    Semoga pandemi segera berakhir

  • Lia

    Baru tau Saya, seperhatian itu Danone terhadap kualitas gizi anak anak. Sampai mendukung Dan memfasilitasi para pengelola kantin sekolahan. Untuk menyediakan makanan bersih sehat bergizi ya

  • Evi

    Kalau melihat jajanan anak-anak sekolah terutama yang SD, saya prihatin banget. Pernah ke suatu sekolah di Sukabumi, saya sampai bergidik melihat permen dan roti yang entah dikasih warna apa, ngejreng banget. Untung lah Danone melakukan sesuatu, membina kantin-kanting sekolah agar anak-anak kita bisa jajan lebih sehat. Semoga menjangkau ke sekolah-sekolah di pelosok juga ya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *