Lifestyle,  moms,  parenting,  Traveling

Pengalaman Satu Hari Menjelajahi Bali Bersama Balita

Mengawali tahun 2018, perjalanan kami dimulai dengan trip to Bali yang disponsori oleh salah sat brand ternama sebagai hadiah utama blog competition yang digelar Agustus 2017 lalu.

Seperti biasa sebelum melakukan perjalanan, kami membuat itinerary terlebih dahulu untuk mengestimasi biaya dan waktu. Beberapa tempat pun sudah di list sambil mereview ulang kira-kira tempatnya toddler friendly apa ngga, saya juga minta referensi tempat kepada driver yang sudah dibooking untuk menemani kami selama di Bali.

ONE DAY TRIP TO BALI

Flight dari Jakarta pukul 07.45 WIB dan tiba di Ngurah Rai Air Port sekitar pukul 10.25 WITA. Hotel Courtyard Marriott yang sudah dibooking baru bisa Check In jam 15.00 WITA. Jadi kami langsung meluncur ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana yang berada di Tanjung Nusa Dua, Badung, Bali. Jalanan siang itu tidak begitu macet sehingga kami tiba lebih cepat dari perkiraan. Setelah membeli tiket masuk GWK, semua pengunjung diwajibkan mengenakan kain ikat sebelum memasuki kawasan wisata GWK yang disebut-sebut akan rampung tahun 2018 ini.

bali, wisata bali murah, garuda wisnu kencana, tempat wisata bali, pura taman ayun, jimbaran seafood, pantai pandawa bali

Disini juga ada Live performance setiap harinya seperti penampilan tari bali, tari barong keris, petualangan garuda cilik, Okokan Parade dan Joged bumbung yang digelar bergantian waktunya. Untuk melihat semua penampilan ini, pengunjung tidak dikenakan tiket lagi, cukup sekali membeli tiket di gate masuk Rp.20.000,- saja, kami sudah bisa berkeliling GWK dan melihat pertujukan tradisional Bali. Kami pun berkesempatan untuk melihat penampilan Garuda Wisnu Ballet, meskipun kami tidak begitu mengerti dengan arti tembangan yang dialunkan tapi kami sangat menikmati pertunjukan Garuda Wisnu Ballet. Setelah pertunjukan para pengunjung pun diberi kesempatan untuk foto bersama para pemain.

Menurut saya pribadi, ini keren banget ya. Mereka melestarikan budaya dan sejarah daerah Bali kemudian mengenalkan pada seluruh dunia melalui wisatawan yang hadir. Meskipun yang nonton saat itu gak begitu banyak, tapi acting mereka tetap keren dan all out. Apalagi make up dan wardrobe nya yang niat banget.

Untuk sampai di patung Dewa Wisnu kami harus menempuh anak tangga yang cukup tinggi, apalagi siang itu matahari cukup terik. Sambil gendong Nafeesa, lumayan banget bakar lemak. Dari ketinggian 146 meter dari atas tanah kami dapat melihat pemukiman dan pantai di sekitar Bali. Dari sini, kami dapat duduk-duduk sambil menikmati semilir angin dari atas bukit. Berikutnya kami menuju patung burung garuda yang masih dalam tahap pengerjaan. Dari sini pengunjung dapat melihat lotus Pond yakni lorong besar pilar berukir batu kapur yang tinggi, ditambah pemandangan rumput hijau yang rapi dan bersih cukup memanjakan mata kami.

Disini juga tersedia Mushola, beberapa restoran dan tempat pembelian oleh-oleh khas Bali seperti baju, iket kepala, kaca mata dan makanan khas Bali lainnya. Sebaiknya kamu membawa minum air mineral sendiri, selain hemat, mengitari area GWK akan membuat kita kehausan.

MAKAN SIANG DI WARUNG MAKAN IBU OKI

Setelah cukup lelah naik turun tangga, tiba waktunya makan siang dan perut juga mulai protes. Kami pun diajak untuk mencicipi nasi campur khas Bali di warung makan Ibu Oki yang terkenal. Sayangnya saya tidak sempat mengambil foto disini karena kerepotan sama Nafeesa yang udah mulai cranky. Warung makan ibu Oki ini ramai pengunjung terutama saat makan siang. Sesuai dengan namanya “warung” Ibu Oki juga tampil sederhana seperti warung pada umumnya. Tempatnya tidak luas hanya ada 5-6 meja saja. Tapi gak nyesel sih kesini meskipun panas-panasan dan ramai, rasa nasi campurnya enak banget.

Satu porsi nasi campur >> nasi putih, sate lilit, urap sayuran, pepes tahu ayam, tempe oreg, semur telor, kacang goreng dan ayam goreng, Rp. 20.000,-

MAMPIR SEBENTAR KE PANTAI PANDAWA

Setelah makan siang, kami melanjutkan perjalanan menuju Pantai Pandawa yang indah nan menawan dengan pasir putihnya yang menghampar luas. Kami tiba di pantai pandawa sekitar pukul 14.00 WITA, salah waktu memang, ke pantai siang bolong kebayang dong ya panasnya seperti apa?

Tapi pengunjung tetap ramai loh meskipun panas terik, saya sampe gak bisa membuka mata dengan normal karena silau sekali. Tapi melihat para pengunjung baik itu wisatwan asing maupun lokal sangat menikmati bermain ombak disana. Selain menikmati keindahan Pantai Pandawa, pengunjung pun dapat memanjakan diri dengan pijatan tradisional langsung di tepi pantai yang dibandrol Rp.50.000/60 menit untuk wisatawan lokal.

Disekitar pantai juga terdapat warung dan tempat makan seperti makan berat, snack, kelapa muda dan makanan khas Bali lainnya. Kamu bisa foto sepuasnya di Pantai Pandawa, banyak spot yang cantik untuk Menuhin feed instagram kamu deh pokonya. Selain di pantai, kamu juga bisa tetep eksis disisi lain Pantai Pandawa yakni sekitar jalanan menuju pantai yang letaknya diatas sehingga kita bisa menikmati indahnya laut lepas dari ketinggian.

MENIKMATI SENJA DI PURA ULUWATU

Tak lama, kami melanjutkan trip menuju wisata alam yang terkenal dengan pertunjukan tari kecak di tebing pinggir pantai. Yups, wisata pura uluwatu. Rasanya bahagia deh sampe disini, nuansa rimbun pepohonan dan angin yang cukup kencang menyambut kedatangan kami. Kami pun tak sungkan untuk berisitirahat dan rebahan di gazebo yang ada disana. Nafeesa masih saja exciting lari kesana kemari, sementara saya rasanya sudah lelah. Di pura uluwatu pun kita masih harus berjalan menyusuri tebing bibir pantai.

Hati-hati ya saat berkunjung ke Pura Uluwatu karena banyak monyet yang turun berkeliaran menghampiri pengunjung. Tak jarang mereka menyerang pengunjung yang menjinjing makanan. So, pastikan kamu berhati-hati dengan barang bawaan, seperti kamera dan handphone.

MAKAN MALAM DI BINTANG LAUT RESTORAN, PANTAI JIMBARAN

Trip kami di hari pertama akan diakhiri dengan makan malam di Jimbaran, untuk menghindari kemacetan arah kesana, kami memutuskan untuk segera bergegas dari pura uluwatu dan tidak menonton pertunjukan tari kecak terlebih dahulu. Sayang sekali kami kurang beruntung, saat tiba di restoran Bintang Laut di Jimbaran ternyata turun hujan, air laut pun pasang dan terkena buangan sampah dari daerah lain. Ngeri sih litanya, karena sampahnya bukan cuma puing kecil tetapi bongkahan kayu yang cukup besar seperti balok kayu, batang pohon dan lainnya yang terhempas ombak tinggi.

Ya sudah, kami menikmati makan malam di dalam restoran karena cuaca sedang tidak mendukung. Berharap besok sore bisa dapet sun set di Tanah Lot. Setelah makan malam, kami bergegas ke hotel untuk berisitrihat.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Alhamdulilah banget, trip kami kali ini disponsori oleh salah satu brand ternama di Indonesia sebagai pemenang blog competition yang mereka gelar. Semua biaya ditanggung mereka, jadi kami tinggal mecari tiket pesawat dan penginapan saja. Supaya lebih praktis, tentu saja saya dan suami mengandalkan fitur yang dimiliki Pegipegi.com untuk layanan pemesan tiket pesawat dan booking hotel. Kita bisa mencari hotel murah dan promo dengan mudah. Berkat pegi-pegi kami mendapatkan penawaran menarik dari Hotel Courtyard Marriot di Nusa Dua Bali.

Selama 3 hari 2 malam, kami dimanjakan dengan fasilitas Hotel berkelas internasional ini lho Moms. Apalagi Courtyard Marriot juga memiliki pantai pribadi, jadi kami bisa menikmati trip kami dengan puas. Soal fasilitas dan layanan di Courtyard, gak usah diragukan lagi. Ramah, bersih dan keamanannya sudah terasa sejak pertama kali memasuki kawasan hotel ini.

Nah, untuk Moms dan keluarga yang sedang merencanakan liburan dan lagi galau nyari tempat penginapan. Kalian bisa mengandalkan pegipegi untuk mendapatkan penawaran hotel termurah. Kita bisa membandingkan setiap hotel yang terdaftar berdasarkan harga, fasilitas, rate bahkan bisa langsung melihat lokasinya di maps. Happy holiday Moms.

16 Comments

Your Cart is empty!

It looks like you haven't added any items to your cart yet.