Lifestyle,  tips & trick,  Uncategorized

5 Cara menghemat budget saat belanja gadget online

Berawal dari pengalaman saat beli handphone untuk adik saya bulan lalu, kali ini saya mau sharing soal cara menghemat budget saat belanja gadget online. Secara, kayanya hampir setiap bulan selalu saja ada produk baru yang dikeluarkan oleh brand-brand smartphone. Perbedaannya cukup signifikan namun fitur yang ditawarkan lumayan jauh berbeda dan pastinya harga pun mempengaruhi. That’s why, kita harus jeli dan sabar saat akan membeli gadget. Berikut ini adalah tips atau cara menghemat budget saat belanja gadget online.

cara menghemat budget saat belanja gadget online, tips hemat budget saat

 

1. Cari Gadget Sesuai Kebutuhan
Ini penting banget sebelum memutuskan untuk membeli gadget dan sebanrnya berlaku untuk barang apapun. Pastikan Moms mengetahui barang seperti apa yang dibutuhkan. Misalnya, saat ini Moms sedang menjalankan bisnis fashion secara online. Smartphone yang dibutuhkan tentu saja yang mensupport pekerjaan dan aktifitas Moms saat ini seperti camera-nya bagus, kapasitas memory nya besar dan mungkin saja opsi lainnya yaitu dual SIM untuk memisahkan antara nomor pribadi dan nomor bisnis. Contoh lainnya, smartphone untuk anak SMP, tentu saja kebutuhannya belum terlalu banyak. Moms bisa saja membelikan smartphone yang cukup bisa browsing dan support aplikasi chatting. Setelah Moms mengetahui kebutuhan gadget seperti apa yang Moms cari, barulah kita hunting.

.
2. Bandingkan Fiturnya dari beberapa merk
Beberapa orang biasanya langsung mencari merk gadget atau smartphone ternama seperti mengetikan di mesin pencarian “HP Samsumg terbaru” untuk menambah referensi produk. Boleh-boleh saja Moms. Namun, sebaiknya Moms juga mencari produk dengan fitur yang sama namun dari brand yang berbeda sebagai bahan perbandingan. Biasanya produk yang dikeluarkan pada waktu bersamaan atau jarak yang tidak terlalu lama, fiturnya akan mirip, paling ada beberapa perbedaan yang ditonjolkan masing-masing brand. Misalnya brand A mengeluarkan produk bulan ini dan Brand B mengeluarkan produk bulan depan, produk keduanya cenderung memiliki kesamaan apakah dari fitur, bentuk dan aspek lainnya.

.
3. Bandingkan Harga
Setelah Moms mendapatkan referensi beberapa produk yang diunggulkan, sabar dulu ya. Jangan terburu-buru melakukan transaksi. Sebaiknya Moms melakukan perbandingan harga dari satu market place dengan market place lainnya. Lumayan loh, dibeberapa moment suka ada promo potongan harga yang cukup signifikan perbedaannya. Atau, promo cicilan 0% dan masih banyak lagi promo yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dan pastinya menguntungkan.

.

4. Pilih gadget yang mudah digunakan
Dari sekian banyak pertimbangan, gadget yang accessable jadi pilihan saya. Misalnya mudah dioperasikan, friendly user, mudah dikoneksikan dengan teknologi lainnya, memiliki kecepatan transfer tinggi bisa melalui bluetooth, NFC dan lainnya, handy atau mudah digenggam dan daya tahan baterenya bagus. Saya pernah loh Moms, membeli gadget yang design nya keren banget, harga OK, tapi entah kenapa sering hang karena over heat nyari jaringan terus, almost all the time. Padahal provider yang saya pakai sangat bagus di lingkungan rumah tapi smartphone baru saya justru tidak bisa menangkap jaringan dengan baik. Pernah juga, membeli smartphone dari brand ternama, memang dari iklannya pun disebutkan keunggulan hanya di camera tapi saya kekeh mau beli buat kerja. Alhasil, cuma bertahan 3 bulan karena gak bisa diandalakan untuk proses trasnfer data.

Hal-hal sederhana seperti ini mempengaruhi daya pakai sebuah gadget yang akan kita beli ya Moms. Dan Alhamdulilah, smartphone terakhir, saya beli 2 tahun lalu, semua fiturnya sesuai dengan aktifitas dan pekerjaan saya saat ini dan belum berencana untuk menggantinya. Itulah keuntungan membeli sesuatu dengan perhitungan yang tepat ya Moms.

.
5. Cari tempat belanja yang terpercaya
Ini point penting lainnya, jangan sampai tergiur dengan harga lebih murah tapi ternyata penipuan. Apalagi, beli gadget itu harganya gak satu dua ribu ya Moms, tapi bisa jutaan jadi pastikan Moms memilih store online yang terpercaya. Jangan melakukan transaksi secara personal dengan store yang baru saja kenal. Sebaiknya lakukan transkasi dengan store kepemilikan rekening bersama seperti market place tertentu. Sehingga lebih terjamin keamanannya. Pun barang ternyata sold outm uang tetap akan direfund dengan jumlah yang sama. Saya pun pernah mengalami beberapa kali kejadian barang sold out setelah payment sukses dilakukan. So, agar hal tersebut tidak terjadi sebaiknya pastikan stock barang ready, bisa melalui chat online melalui aplikasi atau web, email Customer Service atau menghubungi langsung melalui telepon.

cara menghemat budget saat belanja gadget online, tips hemat budget saat

Tips dan cara menghemat budget saat belanja gadget online lainnya yaitu manfaatkan layanan yang ada dari store online atau market place tersebut seperti gratis ongkos kirim, cashback, mendapatkan free aksesoris, garansi pengiriman dan pengembalian barang dan lainnya.

Demikianlah Moms, tips atau cara menghemat budget saat belanja gadget online based on my experience. Nah, sekarang lebih enak Moms saat mencari referensi gadget sebagai bahan perbandingan. Gak perlu buka satu per satu. Cukup kunjungi website iprice.co.id dan ketikan merek atau nama produk maka iprice akan menampilkan produk yang Moms cari. Singkatnya iprice ini membantu untuk mencarikan, membandingkan dan pastinya jadi lebih hemat ya Moms. Kalau Moms ingin membandingkan harga, Moms tinggal ketik dikolom pencarian. Contohnya, Harga Samsung S8, maka akan muncul hasil pencarian untuk harga Samsung Galaxy S8 Murah Terbaru dan Spesifikasinya dari beberapa store. Semoga bermanfaat ya tips dan cara menghemat budget saat belanja gadget online.

cara menghemat budget saat belanja gadget online, tips hemat budget saat

19 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Website ini dilindungi Hak Cipta!!!