Tabungan Emas Pegadaian, Cara Buka Rekening dan Keunggulannya
event,  financial

Tabungan Emas Pegadaian, Cara Buka Rekening dan Keunggulannya

Tabungan Emas Pegadaian ada yang pernah mendengar atau mungkin ada yang sudah punya tapi masih bingung cara pemakaiannya? Emas batangan memang beberapa tahun belakangan menjadi primadona ya. Apalagi banyak anak-anak muda yang mulai berinvestasi emas batangan untuk rencana jangka panjang mereka.

Kerasa banget sih memang kalau beli emas batangan secara fisik ya. Langsung gede gitu ngeluarin uangnya. Katakanlah Rp900ribu per gram, minimal beli 5 gram aja harus ada uang Rp4,5juta kan?! Untuk pemula pasti lumayan banget uang segitu harus ngumpulin dulu baru bisa beli fisik.

Masalahnya, mending kalau uangnya terkumpul, biasanya malah terpakai terus ya Bu. Namanya pengeluaran kayanya udah pada nungguin, jadi uang simpanan kadang morot terus. Jangankan beli emas batangan, yang ada tabungannya berkurang terus.

Tabungan Emas Pegadaian, Cara Buka Rekening dan Keunggulannya

.

Tabungan Emas Pegadaian

Jangan khawatir! Sekarang ada Tabungan Emas Pegadaian dimana kita bisa menitipkan saldo emas layaknya tabungan untuk berinvestasi emas.

Jadi, Ibu bisa top up berapa pun jumlahnya dan langsung akan dikonversikan dengan nilai emas pada saat itu. Misalnya, Ibu ada rejeki Rp500ribu, bisa langsung ditabung dan akan dikonversikan jadi berapa gram emas kah. Kalau jumlahnya sudah besar, Ibu bisa mencetak emas batangan bersertifikat di outlet Pegadaian terdekat. Ngga takut terpakai lagi kan uangnya?

Baca juga: Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan Kemen PPPA

.

Cara Buka Rekening Tabungan Emas Pegadaian

Ibu bisa buka rekening Tabungan Emas Pegadaian melalui outlet Pegadaian terdekat ataupun via aplikasi digital. Jika Ibu burek melalui aplikasi Pegadaian Digital, prosesnya sangat mudah dan cepat, yaitu:

  1. Download aplikasi Pegadaian Digital melalui Appstore maupun Playstore.
  2. Ibu hanya perlu mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas dan melampirkan kartu identitas diri seperti KTP/Paspor serta NPWP (jika ada).
  3. Pilih cabang lokasi pembukaan. Pastikan signal stabil supaya bisa mengakses lokasi dengan akurat dan cari cabang terdekat untuk pengambilan buku tabungan.
  4. Pastikan email yang disubmit aktif ya karena akan ada pemberitahuan via email.
  5. Lalu Ibu perlu mengisi saldo pembukaan awal sebesar Rp 50ribu. Pilih metode pembayaran dan langsung top up.
  6. Rekening Tabungan Emas Pegadaian pun telah selesai dan bisa digunakan.

Nah, jika Ibu ingin mendapatkan buku Tabungan Emas, Ibu harus melengkapi data diri dan datang ke outlet Pegadaian maksimal enam bulan sejak pembukaan dari aplikasi Pegadaian Digital.

.

Cara Menabung Tabungan Emas Pegadaian

Sama seperti menabung pada umumnya, Ibu hanya perlu menyetorkan sejumlah uang melalui outlet Pegadaian atau secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital, by ATM atau transfer antar atau beda bank. Nilai top upnya sendiri ada ketentuannya ya, Bu yaitu mulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per hari per CIF. Jadi, kalau ada uang Rp100ribu, bisa langsung top up deh, lumayan kan.

.

Keunggulan Tabungan Emas Pegadaian

Idealnya sih tabungan emas ini untuk investasi jangka panjang ya. Kalau pun mau diambil ya hanya untuk dicetak. Namun, jika ternyata ada kebutuhan dana mendesak, Tabungan Emas Pegadaian dapat dijual dan digadaikan menjadi uang tunai dengan proses pencairan cepat.

Tak hanya itu, Tabungan Emas juga bisa ditransfer ke rekening Tabungan Emas lain. Bahkan bisa menjadi jaminan pembiayaan Haji dan jaminan cicilan perhiasan di merchant toko emas yang sudah bekerja sama dengan Pegadaian. Dengan catatan harus ada saldo mengendap minimal 0,1 gram supaya tabungan tetap aktif. Tapi, lagi-lagi tekadkan niat ya Bu. Jika niatnya untuk investasi, tutup mata untuk diambil buru-buru supaya bisa merasakan manfaatnya.

Baca juga: Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit agar Tak Terlilit Hutang

.

Keunggulan Aplikasi Pegadaian Digital

Memiliki fitur yang sangat lengkap terutama untuk transaksi emas dan gadai, diantaranya:

  • Fitur Emas, pada menu “emas” Ibu bisa membelil, menjual, transfer, cetak emas, daftar rekening, info harga hingga gadai tabungan emas.
  • Fitur Gadai, Ibu bisa melakukan booking waktu kunjungan ke cabang terdekat, gadai tabungan emas hingga gadai efek berupa gadai dengan jaminan saham dan/atau obligasi tanpa warkat yang tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek.
  • Pembiayaan, terdiri dari dua pilihan yaitu pembiayaan multiguna untuk keperluan produktif dan konsumtif bagi wirausahawan, pegawau dan pekerja professional. Serta pembiayaan ibadah haji.
  • Pembayaran dan Top Up. Nah, ternyata kita juga bisa loh melakukan pembayaran PLN, Pam dan Telkom melalui aplikasi Pegadaian Digital. Lalu bisa juga melakukan pembelian pulsa, e-wallet dan link Aja.
  • Cicil emas, selain tabungan ada juga program cicil emas untuk jenis Antam, UBS, LM Lotus Archi dan LM Galeri24. Untuk simulasi cicilannya seperti apa, Ibu bisa coba melalui website atau pun aplikasinya ya.
  • Cabang Pegadaian dan informasi harga jual serta harga beli saat ini.

tabungan emas pegadaian, cara mudah investasi emas, investasi halal, investasi untuk ibu rumah tangga

 

Kesimpulan

Gimana apakah Ibu tertarik untuk mulai berinvestasi emas batangan? Ngga ada alasan harga belinya tinggi ya karena bisa nabung dulu, cetak kemudian. Yuk, wujudkan rencana masa depan keluarga dengan investasi Tabungan Emas Pegadaian. Terimakasih Clozette Indonesia sudah melibatkan saya dalam program ini sehingga saya semakin termotivasi untuk nabung emas nih. Yuk, follow @clozetteid dan @sahabatpegadaian untuk keep their informations. 

8 Comments

  • Okti Li

    Semakin mudah sekarang memiliki tabungan untuk investasi membeli emas batangan ya. Investasi emas ini sebenarnya sudah turun-temurun dari nenek moyang. Hanya kami menempatkan pada emas perhiasan. Ya emang kalau dijual harga dipotong biaya. Tapi paling tidak ga susah susah amat kalau ada kebutuhan mendesak.
    Sekarang ada sistem nabung dulu seperti ini jelas makin menyenangkan nih. Apalagi cukup menggunakan Smartphone dulu, baru ke Pegadaian nya. Mudah ya.

  • Nchie Hanie

    Nah Tabungan Emas ini fav mamaku banget, aku diajarin dari dulu but nabung emas malah ga ngeh aja.
    Ternyata jaman now mah makin hits yaa dan carany mudah juga, lewat hape pula, dan suatu saat bisa digadai kapanpun sesuai kebutuhan

  • Dessy Achieriny

    Di group alumni kemarin jadi pembahasan juga nih, rata2 temenku sekarang lagi nabung emas. Sempet juga ada keinginan sama suamiku dari beberapa bulan lalu, cicilannya juga bisa disesuaikan dengan budget.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *