konstipasi, serat pangan, serat larut, serat tidak larut
event,  health

Peluncuran Jam Makan Serat Bebeclub

Peluncuran Jam Makan Serat Bebeclub. Sejak mengenal Bebeclub 3 tahun lalu, saya lebih aware dengan kebutuhan serat keluarga terutama untuk si kecil. Dampak kekurangan serat tidak hanya sebatas menyebabkan konstipasi atau sembelit saja tapi juga memiliki dampak negatif berkepanjangan bagi kesehatan seperti obesitas, kolesterol hingga penyakit kronis lainnya.

Siang ini, Bebeclub meluncurkan jam makan serat sebagai bentuk edukasi bagi para orang tua. Tentu saja, saya pun sangat berantusias untuk mengikuti webinar tersebut. Nah, berikut ini adalah materi yang telah saya rangkum supaya Ibu juga mendapatkan insight tentang pentingnya serat bagi tumbuh kembang si kecil.

Baca juga: Anak Hebat Berawal dari Perut yang Sehat

.

Mengenal Serat dan Jenisnya

Serat yaitu kandungan dalam makanan dari tumbuhan yang diperlukan tubuh. Dapat dikatakan juga bahwa serat adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc, pakar ahli gizi yang menjadi narasumber webinar bersama Bebeclub menjelaskan serat pangan adalah karbodhidrat yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan yang merupakan bagian utuh dari tanaman. Sementara serat fungsional adalah serat yang ditambahkan pada makanan tertentu yang terbukti memberi manfaat bagi kesehatan.

Kemudian ada lagi jenis serta larut dan tidak larut. Serat larut dapat larut dalam air dan membentuk jeli kental kemudian melewati pencernaan menuju usus kecil dan dengan mudah difermentasi oleh microflora usus besar.

Sementara serat tak larut adalah serat yang tidak dapat larut dalam air. Tidak membentuk jeli dan hampir tidak difermentasi. Hampir semua serat pangan terdiri dari 1/3 bagan serat larut dan 2/3 nya adalah bagian serat tidak larut.

serat adalah, makan serat, bebelac gold

.

Mengapa Anak Perlu Mengonsumsi Serat?

Perut merupakan otak kedua anak. Bahkan metabolisme tubuh manusia terdapat pada saluran pencernaannya. Oleh sebab itu, penting sekali menjaga kesehatan saluran cerna anak agar tumbuh sehat, tanggap dan ceria. Terlebih ditengah pandemi seperti ini penting banget menjaga daya tahan tubuh si kecil ya, Bu. Karena percaya atau tidak, saluran pencernaan yang sehat juga mempengaruhi suasana hati anak lho.

Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaan yaitu dengan memenuhi kebutuhan serat setiap hari. Serat merupakan makanan bagi microbiota usus dan membuat usus menjadi lebih sehat. Lalu menstimulasi mikrobiota usus menghasilkan asam lemak rantai pendek. Sehingga metabolisme lebih baik dan anak menjadi lebih sehat.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bebeclub Indonesia (@bebeclub)

.

Manfaat Serat untuk Tubuh Anak

  • Memperlambat penyerapan glukosa sehingga menurunkan risiko diabetes.
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga adapat mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Menstabilkan tekanan darah.
  • Menambah massa feses terutama serat tidak larut sehingga dapat mencegah konstipasi.

Fungsi Serat Pada Saluran Cerna Anak

Dr. Ariyani menjelaskan secara detail yaitu untuk mengurangi gejala saluran cerna, merangsang dan melembutkan BAB serta menjaga populasi mikroba usus.

.

Kebutuhan Serat Harian Anak

Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc, menjelaskan bahwa sampai saat ini rekomendasi asupan serat untuk anak masih perlu dievaluasi. Sebab rekomendasi tersebut masih merupakan ekstrapolasi dari data asupan dewasa.

Namun secara global, tak hanya di Indonesia saja ya, 9 dari 10 anak diketahui tidak  dapat memenuhi asupan serat hariannya. Artinya, mungkin anak kita mau makan sayur dan buah namun jumlahnya masih belum memenuhi. Apalagi jika anak menolak buah dan sayur yak an?

Ibu tak perlu cemas karena Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc, kemudian memberikan panduan kebutuhan asupan serat berdasarkan usia dan jensi kelamis anak seperti data dibawah ini.

bebelac gold harga, pentingnya serat, kebutuahn serat harian anak suai 5 tahun, jam makan serat

.

Peluncuran Jam Makan Serat Bebeclub

FYI, Bebeclub ini masih bagian dari Danone Indonesia. Mereka sangat concern dengan kebutuhan masyarakat kita. Programnya sangat banyak mulai dari untuk ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, remaja dan masih banyak lagi yang lainnya.

Khususnya Bebeclub yang concern dengan asupan serat dan nutrisi anak senantiasa menyajikan platform dan program edukasi yang menarik untuk orang tua. Sebelumnya hadir pula Tummypedia dimana setiap orang tua bisa mengecek apakah kebutuhan serat harian anak sudah terpenuhi atau belum, mengecek kondisi pup si kecil hingga mendapatkan report dari dokter yang bisa kita unduh.

Mengingat bahwa kurangnya perhatian para orang tua Indonesia akan kesehatan saluran cerna anak, Bebeclub meluncurkan “Jam Makan Serat” sebagai edukasi kepada para orang tua dan si kecil akan pentingnya memenuhi kebutuhan serat harian anak. Dimulai dengan jingle yang bisa dinyanyikan bersama serta panduan mudah jam makan serat yaitu pada jam 10 pagi, 2 siang dan 8 malam.

konstipasi, serat pangan, serat larut, serat tidak larut

Tak hanya itu, Ibu juga bisa mengunduh e-booklet yang berisi informasi serat hingga menu tinggi serat untuk anak. Menu ini berisi resep dan cara memasak serta informasi kandungan serat didalamnya. Bagus banget untuk kita nih yang mungkin anaknya picky eater jadi bisa berkreasi dengan menu di rumah.

Nah, Ibu bisa juga loh join tantangan 21 hari makan serat melalui Instagram Stories dan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik dari Bebeclub. Buruan cek term and conditions-nya disini ya.

Baca juga: Manfaat Serat untuk Saluran Cerna Anak

.

Kesimpulan

Meskipun banyak orang tua yang peduli dengan kesehatan anak namun masih sedikit yang aware akan pentingnya kesehatan pencernaan pada masa tumbuh kembang anak.

Untuk anak usia 3 tahun, kebutuhan serat hariannya yaitu sekitar 16 gram per hari atau setara dengan 2 kg wortel rebus atau 1,5 kg bayam atau 1 kg papaya. Ibu bisa memilih sumber serat lain seperti buah, sayur, kacang-kacangan dan kreasikan sehingga si kecil mau mengonsumsinya.

Saya pun pernah mengalami moment anak picky eater. Tak hanya meminta anak mengonsumsi buah dan sayur namun coba deh untuk makan bersama sehingga anak merasa tidak dipaksa justru penasaran ingin mencobanya. Hingga saat ini, si kecil tidak pernah menolak mengonsumi smoothies atau jus mix buah dan sayur.

Mengingat bahwa serat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak sehingga kita perlu memenuhinya setiap hari.Asupan serta dapat mencegah dan mengurangi gangguan saluran pencernaan atau FGID. Serat secara tidak langsung dapat mempengaruhi perkembangan saraf, otak dan sistem imunitas anak.

43 Comments

  • nchie hanie

    Ini penting banget infonya buat buibu yang mempunyai anak kecil, peluncuran jam makan serat pada anak di jam 10 pagi, 2 siang dan 8 malam bisa jadi kebiasaan baru nih, ya buat kesehatan pencernaan pada anak sangat penting banget.

  • Yati Rachmat

    Beruntung ya Emak2 di zaman milenial bisa mendpt ilmu tentang hal2 yg mengedukasinya tentang hal2 merawat si kecil permata hati. Lain dngn di zaman bunda kl gak pinter2 mencari ilmu dari buku ya cuma meraba-raba apa yg terbaik makanan yg hrs diberikan kpd anak2 belahan jiwa. Alhamdullah anak2 tumbuh sehat dan bugar.

  • Ayi

    Makin besar anak saya makin picky eater. Makin susah makan buah dan sayur karena udah kenal junkfood. Kalo nyuruh dia makan buah dan sayur harus berantem dulu. Sepertinya saya juga harus menerapkan jam makan serat nih buat anak saya.

  • Lia Yuliani

    Ternyata ada waktunya jadwal makan serat buat anak. Kebutuhan serat anak juga perlu diperhatikan oleh seorang ibu, soalnya kalau anak kurang serat biasanya pencernaanya juga terganggu.

    • Mechta

      konsumsi serat pangan memang sangat dibutuhkan bagi kita untyk menjaga pencernaan kita, termasuk juga untuk anak-anak ya.. dan untuk itu memang perlu pembiasaan dan jugacontoh dari orang tua. bagus nih ada jam makan serat begini..

  • Mugniar

    Untuk tumbuh sehat, tanggap, dan ceria maka perlu ya memenuhi kebutuhan serat untuk anak karena berperan besar pada kesehatan organ pencernaannya yang juga merupakan otak kedua anak.

  • Era Sapamama

    Hehe pun selalu terdepan dalam mengedukasi ibu di Indonesiaya Mam. Kita-kita juga selalu bisa nambah ilmu baru. Masih jadi PR bagi saya untuk memenuhi kebutuhan serat harian anak. Soalnya anak cuma suka buah apel. Tapi untungnya dia suka banget sayuran. Semoga bisa memenuhi kebutuhan seratnya.

  • Mutia Karamoy

    Serat memang penting banget ya mak buat anak-anak terutama untuk kesehatan organ pencernaan yang akhirnya berimbas pada tumbuh kembang anak, beruntung saat ini sudah banyak edukasi yang mengingatkan orangtua akan pentingnya asupan serat untuk anak-anaknya, semoga akan mengedukasi banyak ibu dan calon ibu nih bahwa asupan serat sangat penting.

    • Dedew

      Serat penting banget ya untuk kesehatan pencernaan anak bagus nih program dari Bebelac untuk mengajak anak lebih rajin makan makanan berserat tinggi

  • lendyagasshi

    Pasti khawatir banget kalau punya anak yang picky eater. Padahal aktivitas dan kebutuhan untuk tumbuh kembang sangat banyak.
    Belum lagi menjaga kesehatan saluran cerna.
    Alhamdulillah, kandungan susu Bebelac sudah sangat lengkap. Ini beneran mengurangi kekhawatiran Ibu.

    • nchie hanie

      Rekomen banget mengkonsumsi Bebelac ini ya Len buat anak kecil, biar maksimal juga tumbuh kembangnya.
      duh, apalagi ada tantangan jam makan serat ini, bakalan lebih sehaat ini tuuuh.

    • lendyagasshi

      Jam makan serat ini kudu banget dilatihkan dari sejak anak-anak mengenal makanan yaa…
      Dan seiring dengan bertambahnya usia, kebutuhan serat pun semakin meningkat. Tantangannya asik banget niih…21 hari challenge dan semoga bisa konsisten untuk seterusnya.

    • Kurnia amelia

      Orang tua wajib tau ga kebutuhan serat anak soale kalau kurang serat anak suka sembelit. Untuk masalah kebutuhan serat masib PR buatku nih soale si bungsu agak picky eater kalau makan jadi seratnya dari buah aja gt sayur jarangg banget huhu.

  • Susi

    Saya juga mengutamakan konsumsi serat untuk anak melalui sayur dan buah lokal. Tapi memang sih, serat dari produk susu lebih praktis dan cepat diserap oleh tubuh. Jadi tetap butuh juga untuk saling melengkapi

    • Mirati Primasari

      jam 10, jam 2, jam 8 adalah jam makan serat.. harus dibiasakan menjaga pola makan sejak anak masih kecil, ditinjau dari waktu pemberian makan, mengingat serat sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

  • Husnul Khotimah

    Ngasih contoh memang lebih susah ya mbak, memang kalau nyuruh doang seringnya sih diabaikan sama anak-anak, saya juga sering memilih untuk mengajak mereka makan sayur-sayuran daripada menyuruh mereka, hasilnya memang beda hehehee

  • Dian

    serat sangat dibutuhkan bagi tubuh ya mbak
    meski agak susah mengajak anak untuk suka makan buah dan sayur, tapi klo dengan contoh pasti mudah

  • lianny

    Serat penting sekali untuk kesehatan pencernaan ya. Jam makan serat 10 pagi, 2 siang dan 8 malam. Noted! Selama ini aku taunya cuma pagi dan sore diantara waktu makan aja, ternyata malam juga ya jam 8. Makasih banyak infonya.

  • Rach Alida

    Kebutuhan serat anak jangan dianggap remeh. Aku ikut webinar itu dan nggak nyangka kalau banyak anak yang masih kurang serat. Makanya aku dukung kampanye yang dilakukan Bebelac ini

  • Keke Naima

    Pas, nih, infonya untuk sepupu saya yang anaknya baru MPASI. Dia sering japri ke saya buat tanya-tanya. Makanya saya suka update lagi info-info tentang kebutuhan bayi dan balita.

  • thya

    untuk anak 3 tahun, kebutuhan serat 16 gram setara dengan 2 kg wortel rebus? aduh, banyak juga ya ternyata. auto mikir, anakku tercukupi gak ya kebutuhan serat hariannya.. hemm

  • Bibi Titi Teliti

    Seru banget nih ikutan tantangan Jam Makan Serat karena emang harus dibiasakan sedari kecil yah,
    makan makanan yang berserat banyak banget manfaatnya,
    harus dimulai dari orang tua juga sih yah supaya anaknya ikutan makan serat

  • Istiadzah Rohyati

    Ternyata jam makan snack itu lebih bagus untuk makan serat ya. Sip lah kalau gitu, jam2 snack 10 pagi, 2 siang, sama 8 malam akan aku ganti makanan yg berserat. Palingan buah sih ya yg lengkap seratnya.

  • Sri Al Hidayati

    Bagus banget Bebelac buat platform Tummypedia untuk bisa mantau kesehatan pencernaan anak kita biar bisa terpantau baik, dan gak cek BB aja tapi juga cek asupan serat dan nutrisinya.

  • Nurul Rahma

    Saking pentingnya serat bagi tubuh, sampai harus dibuat jam makan serat ya mbak.
    Setuju bangettt kalo serat tu super duper pentiiinggg
    Alhamdulillah Bebelac menghadirkan campaign ini ya

    Semoga pencernaan anak-anak kita dan kitanya sehat semua. Aamiin.

  • Sri Widiyastuti

    Ternyata jam makan serat juga harus diperhatikan ya mam agar asupan seratnya benar benar bermanfaat untuk kondisi pencernaan yang lebih sehat. makasih informasinya mam, bermanfaat banget ini. karena aku kalau ngasih makan, ya makan aja ga dilihat waktu waktunya hihih

  • Lidya

    Bagus juga ya ada peluncuran jam makan serat dari Bebeclub untuk memngingatkan kita betapa pentingnya serat bagi tubuh kita khususnya untuk kesehatan saluran cerna

  • leyla imtichanah

    Keren nih Bebelac kasih edukasi pentingnya serat untuk anak-anak. Ada jam makannya pula. Maklum, anak-anak sekarang sudah banget makan makanan yang mengandung serat. Kebanyakan karbohidrat dan gula. Serem ya. Makasih infonya, Mbak.

  • leyla imtichanah

    bagus banget nih edukasinya, jadi tau deh kita pentingnya jam makan serat. Aku juga lagi memperbanyak asupan buah dan sayur di rumah walaupun ga semuanya dimakan anak-anak karena mereka picky eater, Setidaknya bertahap mereka mencoba buah-buahan,

  • Nia Haryanto

    Keren banget ya campaign Jam Makan Serat ini. Soalnya iya, susah banget membiasakan anak untuk rutin makan serat. Maunya daging aja terus. Dengan tantangannya, yang menyediakan aneka resep makanan berseratnya, Jam Makan Serat pasti jadi menyenangkan. Semoga para orang tua pada aware dengan hal ini. Dan mulai membiasakan anak-anak makan serat. Penting banget soalnya serat ini untuk tumbuh kembang anak, ya.

  • Cindy Vania

    mbak jujur baru tahu ada yang bisa diberikan saat jam 8 malam. Soalnya maks anak makan jam 6-7 terus udah gak mau.

    wah berarti yg jam siang bisa dibagi ke jam 8 malam ya untuk memenuhi kebutuhan serat harian anak.
    mantap nih, makasih ya mbak sharingnya. 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *