parenting,  tips & trick

PERLENGKAPAN ANAK YANG WAJIB DIBAWA SAAT BEPERGIAN

Waktu masih gadis suka aneh kalo liat barang bawaan ibu-ibu yang seabrek, “mau piknik apa ya”, pikir saya saat ini. Eh ketulah omongan snediri, pas sekarang udah punya anak barulah kerasa kalo pergi-pergian bawa barang bukan kaya orang mau piknik lagi tapi kaya mau pindahan rumah hahaha..
 
Saya sangat concern dengan semua perlengkapan anak saat akan keluar rumah seperti pergi ke rumah saudara, belanja bulanan, menghadiri event dan kegiatan lainnya yang menghabiskan waktu cukup lama di luar. Terutama saat Nafeesa masih bayi, saya sering digodain suami “mau pindahan rumah” karena memang perlengkapan anak yang dibawa sangat banyak, mulai dari pakaian ganti, jaket atau sweater, MPASI dan snack Nafeesa, saya pun tak segan membawa boneka dan bantal. Tapi seiring bertambahnya usia Nafeesa, perlengkapan yang dibawa pun mulai berkurang. Penasaran kira-kira barang apa aja ya yang harus dibawa saat keluar rumah bersama anak? Yuk cek point-pointnya dibawah ini Moms…

 

1. SWEATER DAN PAKAIAN GANTI

Ini wajib banget dibawa, jangan sampe ketinggalan apalagi sengaja gak dibawa. Paling tidak bawa satu stel baju salin, biasanya saya pilih T-shirt dan celana untuk ganti Nafeesa. Selain casual, bahan kaos juga enak dipakai dan membuatnya bebas bergerak. Membawa pakaian ganti ini manfaat banyak banget, namanya (1) anak-anak makan sering blepotan, (2) belum lagi insiden lain seperti basah saat di toilet, ketumpahan makanan dan masih banyak lagi penyebab lain yang mungkin aja bisa terjadi. Selain itu, (3) untuk anak yang sudah sangat aktif, biasanya mereka senang bermain dan berlari kesana kemari sehingga membuat  bajunya basah karena berkeringat. Untuk menghindari iritasi kulit akibat debu dan keringat sebaiknya Moms ganti pakaian si kecil. Sweater dan jaket juga selalu saya bawa untuk menjaga suhu tubuh Nafeesa saat berada di ruangan dengan suhu rendah.

 

2. DIAPER CADANGAN

Kalo perginya cuma 1-3 jam sih aman ya gak bawa diaper cadangan tapi kalo aktifitas di luar rumah sampe seharian, penting banget bawa diaper cadangan. Meskipun diaper mudah didapatkan, bisa dibeli di mini market terdekat namun repot juga ‘kan kalo kondisinya kita sedang menghadiri acara yang formal lalu tiba-tiba si kecil puph dan kita gak bawa diaper pengganti. That’s why saya selalu sedia diaper didalam tas dan di mobil, kasian juga si kecil kalo harus nunggu lama diganti, kondisi diaper yang basah dan lembab membuatnya tidak nyaman dan memicu iritasi. 

 

3. SNACK DAN AIR MINERAL

Meskipun perginya ke Mall yang gampang banget cari makanan tapi gak ada salahnya membawa snack dan air mineral untuk si kecil. Pilihan snacknya bisa disesuaikan dengan usia dan kesukaan si kecil, bisa biskuit, crackers, pudding dan lainnya. Saat merasa lapar, si kecil cenderung rewel ya Moms jadi snack ini membantu sekali untuk mengobati rasa laparnya sambil menunggu waktu makan tiba. Agak repot juga kalo lagi belanja si kecil rewel minta buru-buru mampir di food court atau restoran, atau gak enak juga ‘kan saat menghadiri acara si kecil rewel minta makan padahal jam makan siang atau tea time nya masih lama.
perlengkapan anak yang wajib dibawa saat traveling

 

4. PERLENGKAPAN ANAK : BABY SKINCARE

Baby skincare seperti minyak telon, tissue basah, tissue kering, antiseptic dan sisir si kecil. Terkadang saya membawa baby lotion juga saat acara outdoor. Tapi paling sering dibawa yang 5 point diatas. Terkadang AC diruang kegiatan terlalu dingin untuk anak-anak jadi minyak telon ini membantu menghangatkan tubuhnya dan mencegah masuk angin. Antiseptic, tissue basah dan kering juga selalu saya bawa, untuk membersihkan sisa makanan Nafeesa atau membersihkan tangannya setelah bermain. Dan sisir ini optional ya Moms, karena anak ku perempuan dan rambutnya lumayan tebel, saya sering membutuhkan sisir untuk merapikan rambutnya kembali.
 
Itulah beberapa perlengkapan anak yang paling simple yang selalu saya bawa saat mengajak Nafeesa keluar rumah. Semoga bermanfaat dan boleh share juga dong perlengkapan apa saja yng sering Moms bawa dibawah ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Website ini dilindungi Hak Cipta!!!