belajar yang menyenagkan, belajar menyenangkan, belajar yang menyenagkan di rumah, belajar di rumah, mnc vision
moms,  parenting,  product review

Ketahui Sinergi Kehebatan Anak dengan Kalkulator Akal Fisik Sosial

Siapa sih yang tak ingin memiliki anak yang hebat dan sehat? Pastinya dambaan semua orangtua ya. Anak tumbuh aktif bergerak, aktif berbicara dan ingin mengenal banyak hal. Isi kepalanya dipenuhi dengan banyak pertanyaan soal ini dan itu, soal teman barunya, soal warna dan mainan favoritnya juga benda baru yang ia tangkap melalui panca indera.

Idealnya, semakin bertambah usia anak, kecerdasannya pun semakin meningkat. Namun, ada juga beberapa anak yang mengalami keterlambatan perkembangannya. Oleh sebab itu, sebagai orangtua, wajib hukumnya untuk memantau dan menstimulasi anak setiap waktu supaya mereka tumbuh dan menjadi anak yang tanggap serta cukup perhatian.

Termasuk Nafeesa putri ku yang saat ini memasuki usia 2 tahun mulai menunjukan perubahan yang signifikan. Tak jarang, saya dibuat kerepotan dengan tingkahnya yang aktif dan ingin mencoba banyak hal. Namun bukan berarti saya tak memiliki kendala. Terkadang, saya merasa cukup kesulitan untuk mengarahkan keaktifannya tersebut.

Memang ya Moms, enam tahun pertama kehidupan anak, tumbuh kembangnya sangat dipengaruhi oleh aktifitas fisik dan interaksi dengan lingkungan sekitar yang akan membentuk empat aspek perkembangan dasar, yakni aspek gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian.

Keempat aspek tersebut menjadi satu kesatuan yang harus tumbuh beriringan pada anak ya Moms. Sinergisme antara keempat aspek dasar perkembangan anak dalam kesehariannya akan tampak sebagai kepintaran anak dalam hal Akal, Fisik dan Sosial.

.

Mengapa Sinergitas Akal, Fisik dan Sosial Anak diperlukan?

Selain sehat, anak yang cerdas dan memiliki perilaku yang baik tentu saja harapan setiap orangtua. Oleh sebab itu, kecerdasan Akal, Fisik dan Sosial anak harus tumbuh beriringan sesuai dengan tahapan usianya.

Kecerdasan Akal merupakan cerminan kemampuan anak saat mecari ide, memecahkan masalah yang berkaitan dengan proses berpikir anak. Kepintaran Akal berkaitan dengan kemampuan kognitif si kecil yang meliputi word smart, music smart, number smart dan picture smart. Supaya kepintaran Akal anak tumbuh secara optimal, maka perlu distimulus dengan teknik yang berkaitan dengan word, picture, music dan number smart. Seperti mengajaknya menggambar, membangun sesuatu dengan balok, bernyanyi, menari, bermain music, mendengarkan lagu, belajar mengenal angka, memberikan pertanyaan kenpaa, membacakan cerita, mendongeng dan melatihnya berbicara.

Kecerdasan Fisik merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan gerak aktif anak meliputi body and nature smart. Untuk mengoptimalkan kecerdasan Fisik anak, Moms dapat menstimulasi dengan cara mengajaknya bermain di luar ruangan, mengenal binatang dan tanaman, mengajaknya berolahraga, menari dan berolahraga.

Kecerdasan Sosial anak merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan lingkungan dan interaksi anak dengan orang disekitarnya. Gak mau dong punya anak asosial atau minder saat bertemu dengan orang lain. Oleh sebab itu, kecerdasan sosial juga penting untuk dipupuk setiap saat. Kecerdasan sosial juga berkaitan dengan people smart dan self smart dimana anak akan menunjukan rasa suka bermain dengan teman-temannya, memiliki empati terhadap ornaglain, memahami perasaan oranglain serta mampu mengendalikan diri sesuai dengan tahapan usianya.

.

Apa sih Kalkulator Akal Fisik Sosial ???

Nah kira-kira Mommies sudah tau belum ya gimana caranya mengetahui pertumbuhan Akal, Fisik dan Sosial anak? Sudah sesuai dengan usianya kah? Untuk Mommies yang belum tau, saat ini bisa mencoba Kalkulator Akal Fisik Sosial persembahan Parenting Club.

Mommies gak perlu khawatir hasilnya keliru karena Kalkulator AFS ini merupakan tool yang dibuat dan diversifikasi oleh Dr. Ahmad Suryawan, dr., SpA (K), Dokter Spesialis Anak-Konsultan tumbuh kembang pediatri sosial.

 

Apa sih tujuan dan manfaat Kalkulator AFS bagi orangtua ???

Dengan kalkulator akal fisik sosial ini, orangtua bisa menilai tingkat sinergi Akal Fisik dan Sosial si kecil dengan rentang usia mulai 6 bulan hingga 7 tahun. Manfaatnya tentu saja, dengan mengetahui hasilnya, kita jadi lebih tau dimana letak kekurangan pengasuhan dan bimbingan yang kita berikan untuk si kecil.

Bagaimana cara menggunakan Kalkulator Akal Fisik Sosial ???

  1. Caranya mudah sekali, Moms tinggal mengunjungi wesbite www.parentingclub.co.id.
  2. Pilih menu Log In atau Regsiter pada pojok kanan atas. Untuk mencoba Kalkulator AFS ini harus sudah mendaftar terlebih dahulu ya. Atau Moms bisa langsung mencoba Kalkulator AFS yang muncul di Homepage, setelah menjawab 1 pertanyaan, Mommies nantinya akan langsung di-direct untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu baru bisa melanjutkan menjawab pertanyaan di Kalkulator AFS.
  3. Jawablah pertanyaan yang muncul. Pastikan jawaban yang diberikan sesuai dengan tumbuh kembang si kecil ya Moms.
  4. Jika telah selesai mengisi semua pertanyaan, maka Mommies akan mendapat jawabannya langsung. Jangan khawatir, pada bagian akhir, Mommies juga bisa mencari tau tips dan saran yang bisa dilakukan orangtua untuk melatih Akal Sosial dan Fisik anak sesuaidengan tahapan usianya.

Gimana tertarik untuk mencobanya? Alhamdulilah, hasil tes Nafeesa menunjukan hasil yang bagus namun bukan berarti saya lalai untuk menstimulusnya. Yuk, coba juga Moms. Kunjungi parentingclub.co.id dan Klik Kalkulator Akal Fisik dan Sosial. Selamat mencoba.  #ParentingClubID #KalkulatorAFSReview

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *