tips & trick

Merawat Jas Hujan Agar Tidak Mudah Rusak


Moms, memasuki musim hujan perlengkapan wajib yang sering dipakai yaitu jas hujan dan payung. Keduanya dapat melindungi kita dari hujan. Siapa diantara Moms yang membeli payung dan jas hujan setiap tahun saat musim hujan tiba?
Dulu saat masih sekolah, saya punya pengalaman sendiri, setiap kali memasuki musim hujan pasti minta dibelikan jas hujan baru, alasannya tidak lain dan tidak bukan karena rusak. Tapi kemudian orang tua saya mengajarkan bagaimana merawat jas hujan agar tidak mudah rusak. Kesalahan terbesar yang menyebabkan jas hujan mudah rusak yaitu jorok dan malas membersihkannya setelah dipakai. Namanya kehujanan pasti jas hujan kotor terkena cipratan air dijalan dari kendaraan lain, setibanya dirumah jas hujan saya geletakan begitu saja, dan itulah penyebab utamanya. Well, berikut ini saya share tips merawat jas hujan agar tetap nyaman digunakan dan awet:



  1. Setelah dipakai, bersihkan jas hujan dengan air bersih. Pastikan tidak ada kotoran dan lumpur yang menempel pada jas hujan.
  2. Keringkan jas hujan dengan mengelapnya menggunakan kain halus, kemudian gantung jas hujan ditempat terbuka agar kering terkena angin dan dapat digunakan kembali esok hari.
  3. Cucilah jas hujan sedikitnya 1-2 bulan sekali. Pastikan Moms menyikat seluruh bagian jas hujan termasuk topi dan risleting menggunakan sikat halus dan sabun atau detergen cair agar kotoran mudah terangkat.
  4. Bersihkan busa yang menempel dengan air yang mengalir dan bersih.
  5. Setelah semua permukaan jas hujan dibersihkan, keringkan dengan cara mengelapnya perlahan. Moms juga dapat menjemur jas hujan agar kering dengan maksimal.
  6. Jika musim hujan telah usai, pastikan jas hujan benar-benar kering sebelum disimpan untuk menghindari jamur dan bau tak sedap.
Itulah beberapa tips merawat jas hujan yang bisa Moms praktekan dan ajarkan kepada anak-anak di rumah, sehingga mereka tidak hanya dapat menggunakannya saja namun juga bertanggung jawab untuk merawatnya. Moms, punya tips lain seputar merawat jas hujan? Boleh share juga di kolom comment, siapa tau bermanfaat untuk mommy yang lain.

Baca juga : Hindari 5 Hal Ini Agar Anak Tidak Terserang Flu

No Comments

  • Cici Desri

    Hai mba Inda,
    hihihi aku jg dulu tiap musim hujan ganti jas hujan gara2 lepek, berjamur lalu sobek… kalo mau cuci bisa tambah detergen cair aja mba biar lbh mudah ngangkat kotoran xixixi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *