dana pensiun, dana darurat, asuransi kesehatan axa mandiri
Family,  financial

Jangan Salah Paham, Ini Perbedaan Asuransi dan Dana Pensiun

Dana Pensiun. Selama ini, banyak orang yang beranggapan bahwa perencanaan keuangan hanya sebatas menyiapkan dana darurat dan tabungan. Padahal, asuransi dan dana pensiun juga menjadi salah satu bagian dari perencana keuangan. Tahukah Anda apa saja perbedaan asuransi dan dana pensiun? Sebab, kedua hal tersebut seringkali dianggap sama oleh mayoritas masyarakat yang masih awam perihal asuransi.

Padahal keduanya mempunyai fungsi yang sangat berbeda. Antara asuransi dan dana pensiun pun berasal dari sumber pendanaan yang berbeda pula. Mengetahui perbedaannya sangat penting agar tidak ada anggapan bahwa mendaftar asuransi itu sama sekali tidak memiliki manfaat.

axa mandiri penipu, prudential penipu, asuransi penipu, dana pensiun

.

3 Perbedaan Asuransi dan Dana Pensiun

Jika dipahami secara sekilas, asuransi memang hampir sama seperti halnya dana pensiun. Banyak masyarakat yang menganggap kedua hal tersebut sebagai sesuatu yang sama. Akan tetapi, anggapan tersebut sepenuhnya salah. Asuransi dan dana pensiun mempunyai manfaat, tujuan, dan bidangnya masing-masing dalam memberikan anggaran dana kepada pihak yang terkait dengan hal tersebut. Inilah perbedaan dari dana pensiun dan asuransi:

.

1. Jenis-jenis Dana

Perbedaan asuransi dan dana pensiun yang pertama bisa dilihat dari jenis-jenis dananya. Perlu diketahui bahwa dana pensiun terdiri dari dua jenis yakni Dana Pensiun Lembaga Keuangan dan Dana Pensiun Pemberi Kerja. Kedua hal tersebut mempunyai prosedur pencairannya masing-masing yang tidak bisa dilakukan di semua tempat.

Dalam hal pencairan dana Dana Pensiun Lembaga Keuangan hanya bisa dicairkan melalui bank tertentu dan perusahaan asuransi. Di sinilah letak perbedaan jenis dana asuransi dan dana pensiun yang dimaksud. Dana pensiun tersebut bukan termasuk asuransi. Hanya saja, pencairannya harus melalui perusahaan asuransi. Dana ini juga terbuka untuk khalayak ramai sehingga siapa saja bisa mendaftarkan diri untuk menerima Dana Pensiun Lembaga Keuangan Tersebut.

.

2.  Waktu Pencairan Dana

Dana pensiun hanya bisa dicairkan ketika pihak yang bersangkutan sudah pensiun atau berhenti bekerja dari pekerjaan yang digelutinya. Pencairan dana pensiun tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu ketika dalam kondisi terdesak atau saat membutuhkan. Akan tetapi, pencairan tersebut memang harus melalui prosedur ketat dan melibatkan banyak persyaratan yang salah satunya adalah usia pensiun.

Berbeda dengan dana pensiun, asuransi bisa dicairkan kapan saja ketika hal-hal yang didaftarkan pada asuransi tersebut mengalami kendala misalkan saja rusak. Disamping Itu, untuk asuransi jiwa dan kesehatan, pencairannya dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja ketika sang pemegang polis mengalami sakit.

dana pensiun, dana darurat, asuransi kesehatan axa mandiri

.

3. Fungsi Dana Pensiun

Jika dilihat dari fungsi dananya, dana pensiun mempunyai fungsi dan tujuan untuk memberikan penghargaan kepada para pekerja yang telah lama mengabdikan dirinya pada suatu instansi tertentu. Yang perlu dipahami, tidak semua instansi memberikan dana pensiun kepada para pekerjanya. Akan tetapi, biasanya hanya instansi pemerintahan atau perusahaan skala nasional yang bisa mengeluarkan dana ini. Dana pensiun tersebut biasanya diambilkan dari potongan gaji karyawan setiap bulan nya.

Untuk asuransi, fungsi dari dana ini adalah untuk menggantikan biaya sesuatu hal yang sudah diasuransikan baik itu benda mati dan benda hidup. Dana asuransi harus dibayarkan oleh pemegang polis nasabah setiap bulannya dengan besaran sesuai perjanjian.

Demikianlah ulasan gamblang tentang pentingnya menggunakan asuransi serta 3 perbedaan asuransi dengan dana pensiun. AXA Mandiri menyediakan berbagai produk asuransi yang bisa dipilih untuk kebutuhan dan perencanaan masa depan nasabah. Produk asuransi AXA Mandiri layak dipilih karena bisa memberikan perlindungan yang profesional dan optimal. Namun, saat akan memilih produk AXA Mandiri, nasabah juga harus bisa hindari penipuan asuransi berkedok AXA Mandiri. 

11 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *