cara mencegah bau ketiak, bau badan, basket, basah ketek
Beauty,  health,  Lifestyle,  moms,  tips & trick

Tips Menghilangkan Bau Ketiak, Perempuan Wajib Tau!

Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Pengalaman Sendiri! Bau ketiak bisa merusak segala suasana, terlebih untuk kita kaum hawa. Pastinya jadi ngga PD karena kerap kali dianggap tak bisa merawat diri. Sebelum saya sharing tips ampuh menghilangkan bau ketiak, saya mau sharing dulu penyebab munculnya bau ketiak dibawah ini supaya kamu bisa tau apa yang membuat ketiakmu jadi bau.

mengusir bau ketiak berlebihan, cara ampuh usir bau keringat, hormon keringat masa pubertas

1. Bawaan lahir

Percaya atau tidak ada orang-orang yang mengaku sudah bau ketiak atau bau badan sejak kecil. Dan temanku sendiri yang mengalami. Jadi sejak kecil dia diminta untuk minum rebusan mpon-mpon untuk menghilangkan bau tersebut oleh Ibunya. It works, sejak usia 10 tahun bau badannya mulai berkurang meski sekarang jika over sweat, baunya tetap tercium.

.

2. Keringat berlebih

Tinggal di daerah pegunungan membuat saya jarang berkeringat lebay karena suhu dan cuacanya sejuk cenderung dingin. Kecuali saat berolahraga saja, itu pun keringatnya tetap terkendali.

Lalu saat kuliah, tinggal di daerah pesisir pantai yang panasnya ampun-ampunan deh. Jam 7 pagi aja, udah gerah banget. Sejak saat itu mengalami keringat berlebih. Sehari bisa ganti baju 5-6 kali. Tapi karena keteteran nyucinya akhirnya lama-lama jadi kebiasaan, paling ganti 3 kali sehari.

Mulai dari keringetan lalu diserap pakaian sampai kering lagi dan keringetan lagi dan kering lagi. Begitu terjadi setiap hari, kebayang ngga sih, lama-lama ketiak jadi bau. Lantaran pori-pori ketiak tertutup keringat dan debu. Jangan tanya mandi. Mandi bisa 3-4 kali sehari, bahkan saat kegerahan, tengah malam pun saya mandi. Mahasiswa belum sanggup bayar kost ber-AC yess.

Nah, kotoran ini mengendap dan menebal diarea ketiak. Sehingga saat terkena keringat langsung auto muncul bau tak sedap.

.

3. Deodorant

Banyak sumber yang mengatakan deodorant efektif menghilangkan bau badan dan mengurangi keringat berlebih. Hal ini pun saya coba, mulai yang roll on, stick, spray dari berbagai merek tetap ngga mempan. Jujur, yang ada malah makin bau dan area ketiak pakaian berubah warna menjadi kuning atau berwarna putih pada pakaian gelap.

.

4. Menggunakan bahan alami

Mulai dari lemon, baking soda, daun sirih dan masih banyak bahan alami lainnya yang saya coba tapi tetap ngga mempan. Penyebabnya bisa karena keringat berlebih dan pakaian bernoda putih dari deodorant. Jadi, selama pakai deodorant, ngga cuma bernoda tapi area ketiak pakaian juga menebal karena partikel deodorantnya mengendap disitu semua. Meskipun saat mencuci disikat bersih tetap aja susah hilang dan saat terkena keringat bisa memicu bau ketiak.

cara mencegah bau ketiak, bau badan, basket, basah ketek

 

Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Bau ketiak ini benar-benar membuat saya tidak percaya diri. Sampai akhirnya setelah lulus kuliah saya pindah ke Jakarta. Meskipun sama-sama panas tapi ngga sepanas di pesisir menurutku. Berikut ini adalah cara menghilangkan bau badan versi saya:

1. Mengganti semua baju bernoda

Yups, kasarnya saya membuang baju-baju yang ketiaknya bernoda dan menebal karena bisa memicu bau badan kembali saat terkena keringat. Lalu, saya membiasakan diri mengenakan pakaian rangkap dalam yang menyerap keringat seperti manset. Memang membuat lebih gerah tapi keringat tidak langsung merusak pakaian luar karena sudah terserap inner terlebih dahulu. Next, kalau pun mau diganti/dibuang, hanya inner-nya saja.

.

2. Mencukur bulu ketiak secara teratur

Wajib dilakukan! Keringat dan debu bisa terperangkap pada bulu ketiak yang panjang dan mengendap sehingga memicu bau badan. Jadi, mencukur bulu ketiak ini solusi banget.

Baca juga: Usir Bulu Ketiak Tanpa Rasa Sakit

.

3. Stop menggunakan deodorant

Di rumah sih masih ada deodorant roll on dan spray untuk dipakai jika diperlukan, tapi tidak setiap hari. Sampai saat ini masih dalam proses melepas ketergantungan deodorant. Bisa berbeda efeknya di setiap orang. Kakak saya berhasil mengontrol keringatnya dengan deodorant dari Rex*na tapi berbeda dengan saya yang malah bikin rusak pakaian.

.

4. Memperhatikan jenis pakaian yang dikenakan

Kamu pasti tau deh, ada jenis kain atau pakaian yang tidak menyerap keringat dengan baik dan justru bikin bau badan. Sekali kamu lewat, sembriwinggggg! Jika kamu termasuk yang mudah berkeringat, hindari deh pakaian bahan seperti ini. Bikin badan kamu makin bau.

Pengalaman pribadi, beli baju dengan harga under 100ribu di online shop. Modelnya bagus, sama persis dengan brand-brand kenamaan namun ternyata bahannya yang berbeda. Ada harga, ada kualitas. Yang saya dapatkan pakaian dengan bahan yang bau itu. Sejak saat itu kapok sih beli sembarangan di online shop.

.

5. Rutin membersihkan ketiak

Tips ini saya dapatkan secara tidak sengaja dari salah satu klinik kecantikan. Pada pagi hari atau setelah bepergian, saya membersihkan area ketiak menggunakan milk cleanser. Lalu mencuci bersih ketiak sekalian mencuci wajah. Setelah itu, saya bersihkan dengan toner yang biasa saya pakai untuk wajah. Yang pasti bukan exfoliate toner untuk menghindari iritasi karena kulit ketiak ini cukup sensitive. Jangan digosok kasar ya.

Jika seharian saya tidak terlalu banyak bergerak dan hanya stay di rumah, saya hanya menggunakan toner saja untuk membersihkan area ketiak. Pemakaiannya setiap pagi setelah mandi dan sebelum tidur.

Hal ini saya lakukan selama dua bulan dan Alhamdulilah mengurangi bau ketiak yang selama ini mengganggu. Untuk produksi keringat, balik lagi ke hormon masing-masing ya. Saya pribadi masih sering berkeringat lebih tapi tidak terlalu bau. Treatment membersihkan ketiak dengan toner ini masih saya lakukan hingga saat ini.

Baca juga: Urutan Mandi yang Benar Agar Tubuh Bersih dan Segar

.

Produk Apa yang Dipakai?

Produk yang saya pakai untuk membersihkan ketiak adalah produk yang saya pakai untuk membersihkan wajah. Yang penting bukan produk exfoliating. Pun mau scrubbing ketiak, pilih yang bulirnya tidak terlalu besar sehingga tidak sakit saat digosok.

Intinya selalu menjaga kebersihan ketiak.Terutama nih buat kamu para remaja karena biasanya produksi keringat meningkat pada masa pubertas. Mandi dengan bersih, perhatikan kebersihan ketiak dan pilih pakaian yang menyerap keringat. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Selamat mencoba, jika kamu punya tips lain boleh komen dibawah ya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *