health,  moms,  parenting

Anak Hebat Berawal dari Saluran Cerna Sehat

Saluran cerna sehat ternyata sangat mempengaruhi kecerdasan dan tumbuh kembang anak. Betapa tidak, saluran cerna memiliki system saraff yang begitu banyak sehingga para ahli seringkali menyebutnya sebagai otak kedua. Sistem saraf tersebut mengatur banyak hal pada tubuh anak, mulai dari fungsi otot, kekebalan tubuh dan juga hormone. Bahkan, system saraf pada saluran cerna mampu memproduksi serotonin (neutrotransmiter yang membuat rasa nyaman) dalam jumlah lebih banyak dibandingkan yang dihasilkan oleh otak. Luar biasa kan Moms?

Masih belum percaya? Coba deh Moms ingat-ingat saat si kecil masih bayi dan rewel, kira-kira paling sering penyebabnya muncul karena apa? Selain saat mengantuk biasanya bayi lebih mudah rewel saat memiliki masalah dengan saluran cernanya seperti lapar dan haus, gumoh, kolik atau susah buang air besar serta masalah pencernaan lainnya. Oleh sebab itulah, gak salah ya kalau dibilang anak hebat bermula dari perut yang sehat. Ketika kondisi perut dan saluran cerna sehat, maka semua makanan dan minuman yang dikonsumsi anak akan diproses dengan baik, nutrisinya akan terserap optimal oleh tubuh, sementara kotorannya akan dibuang dengan rutin setiap hari.

Ada banyak hal yang bisa orangtua lakukan untuk membantu menjaga kesehatan saluran cerna anak. Misalnya mengonsumsi suplemen makanan, biasanya selain membantu menjaga kesehatan saluran cerna juga turut meningkatkan napsu makan anak. Namun, tidak semua anak menyukai rasa dan aromanya.

Beruntungnya kini Bebelac mengeluarkan varian baru yakni Bebelac Gold yang mendukung kehebatan perut sehat bagi anak. Bebelac Gold memilii tinggi serat yang bagus untuk perut si kecil. Tiga kandungan utama Bebelac Gold yakni Fish Oil 0,32%, Corn Starch atau pati jagung Fos:Gos 1:9 minyak ikan serta 13 vitamin dan 7 mineral seperti zat besi, Zinc, Iodium, vitamin A dan Kalsium.

Selain itu, Bebelac Gold juga ternyata memiliki kandungan Fiber, DHA, Omega 6 dan Omega 3 yang lebih banyak dari produk lainnya. Jadi, dengan mengonsumsinya sehari tiga kali, sudah bisa memenuhi nutrisi tambahan yang dibutuhkan anak selain dari makanan.

Moms, yuk kenali 7 kehebatan saluran cerna sehat bagi anak berikut ini:

1. Pencernaan nyaman

Seperti yang sudah saya singgung diatas, saluran cerna yang sehat ditunjukan dengan proses mencerna dan penyerapan nutrisi yang optimal hingga pembuangan kotoran pada anak secara rutin. Ketika saluran cerna ternyata memiliki masalah terhadap toleransi makanan dna minuman yang ia konsumsi maka akan muncul reaksi tidak nyaman pada anak seperti rewel, menangis, perut kembung, muntah bahkan diare. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga asupan makanan bagi anak, harus bernutrisi dan higienis.

 

2. Penyerapan Nutrisi

Jika makanan yang anak konsumsi sudah tinggi nutrisi dan higienis, maka dengan bantuan saluran cerna yang sehat nutrisi tersebut harusnya mampu terserap dengan optimal oleh tubuh anak. Apalagi anak memerlukan jumlah kalori yang cukup besar untuk memenuhi pertumbuhannya pada beberapa bulan pertama kehidupannya ya Moms. Setelah usia 4-6 bulan, sistem saluran cerna anak yang belum sempurna kini mengalami perubahan yang pesat sesuai kematangan fungsinya supaya mampu menghasilkan enzim yang membantu proses mencerna makananan.

 

3. Pencernaan Lancar

Setelah makanan diproses sepanjang saluran cerna, kemudian nutrisinya diserap tubuh, kotorannya wajib dibuang melalui air kencing atau buang air besar. Menurut Dr. Badriul Hegar, Ph.D., Sp.A(K) pada buku Keunikan Cerna Anak, salah satu tanda pencernaan lancar pada anak yaitu memiliki pola buang air besar yang sesuai dengan usianya, seperti frekuensi bab, konsistensi dan warna feses.

 

4. Perlindungan Alami

Tau kah Moms, 70% sel daya tahan tubuh terdapat pada saluran cerna? Oleh sebab itu, jika ingin anak tumbuh dengan sehat dan pesat maka berikan perhatian lebih pada saluran cernanya. Mulai dari makanan yang dikonsumsi dan mikroorganisme di dalam saluran cerna sangatlah berperan penting untuk memberikan perlindungan alami bagi anak dari bakteri, virus dan parasite.

 

5. Tumbuh Kembang Optimal

Ketika saluran cerna mampu bekerja dengan baik, maka nutrisi pun akan tersalurkan. Anak jadi bisa menikmati aktifitasnya tanpa adanya gangguan dan masalah pada perut. Perasaan dan otak mereka jadi bekerja dengan baik, mereka jadi lebih happy, aktif dan periang.

 

6. Cepat Tanggap

Sistem saraf pada saluran cerna yang sering disebut-sebut sebagai otak kedua memiliki keterlibatan terhadap perkembang otak anak. Secara ilmiah dikatakan bahwa mikroflora baik pada saluran cerna seperti Bifidobakteria dan Lactobacillus sapat mempengaruhi sistem saraf untuk melepaskan netrotransmitter yang akan mempengaruhi kinerja anak saat memberikan respon terhadap rangsangan yang diterima.

 

7. Menjaga Suasana Hati

Sudah dapat dipastikan ya Moms, ketika anak memiliki saluran cerna yang baik, napsu makannya pun turut naik, pola tidur yang cujup serta kinerja otak yang cepat tanggap. Semua hal ini mendukung sekali suasana hati anak untuk selalu tampil riang dan ceria tanpa adanya gangguan kesehatan yang ia keluhkan.

Kesimpulannya, saya meyakini sekali bahwa kesehatan yang baik bermula dari kondisi perut dan saluran cerna yang sehat. Sebenarnya ini berlaku juga untuk orang dewasa ya. Jangankan anak-anak, kita aja sebagai orang dewasa kalau pola buang air besar-nya tidak lancar, apa yang dirasakan? Pasti serba gak nyaman kan? Perut gak enak, gak napsu makan, kerja pun jadi gak konsentrasi, alhasil kita gak bisa beraktifitas dengan baik. Itu baru satu masalah, gimana kalau diare? Makin parah lagi bahkan bisa menyebabkan kematian. Apalagi bayi dan anak-anak yang cenderng belum bisa mengungkapkan apa yang dirasakan, mereka hanya mampu mengekspresikannya melalui tangisan yang kadang jutsru bikin orangtua makin bingung.

Yuk, kita jaga kesehatan saluran cerna si kecil karena anak hebat berawal dari saluran cerna sehat. Mulai mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi dan serat serta higienis. Tak lupa, berikan si kecil Bebelac Gold setiap hari untuk memberikan nutrisi tambahan yang lebih optimal bagi saluran cerna serta tumbuh kembang anak.

 

 

saluran cerna sehat, Bebelac Gold, saluran cerna sehat, Bebelac Gold, saluran cerna sehat, Bebelac Gold, saluran cerna sehat, Bebelac Gold, saluran cerna sehat, Bebelac Gold, saluran cerna sehat, Bebelac Gold, saluran cerna sehat, Bebelac Gold, saluran cerna sehat, Bebelac Gold, saluran cerna sehat, Bebelac Gold, saluran cerna sehat

19 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *