cara pemakaian respimer, cara cuci hidung, manfaat cuci hidung anak, nacl untuk hidung
health,  tips & trick

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Hidung tersumbat atau mampet pada anak-anak memang bikin ngga nyaman ya, Bu. Apalagi untuk bayi dan balita dimana mereka belum bisa mengeluarkan ingus sendiri, pasti akan mengalami kesulitan dan sangat mengganggu kenyamanan. Anak jadi rewel, tidurnya terganggu hingga menolak makan.

.

Penyebab Hidung Tersumbat

Ada banyak sekali penyebab hidung tersumbat pada anak-anak. Hidung mampet terjadi ketika jaringan di dalam hidung mengalami gangguan yang disebabkan iritasi. Bisa karena si kecil menghirup polusi udara, baik dari asap kendaraan, asap pabrik hingga asap rokok. Sementara penyebab lainnya yaitu alergi, sinusitis dan infeksi seperti ISPA dan influenza.

Nah, ketika saluran pernapasan anak terkena alergi atau infeksi, selaput yang melapisi saluran hidung anak akan meradang. Sehingga hidung akan memproduksi lendir untuk mengusir semua yang mengganggu. Lendir inilah yang membuat hidung jadi tersumbat. Akan sangat mengganggu jika terjadi di malam hari ya Bu, anak-anak akan kesulitan bernapas.

cara pemakaian respimer, cara cuci hidung, manfaat cuci hidung anak, nacl untuk hidung

.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

1. Menghangatkan tubuh anak

Ada banyak cara yang bisa Ibu lakukan untuk menghangatkan tubuh anak. Pertama, tidak menggunakan AC terlebih dulu, sebaliknya selimuti si kecil supaya tubuhnya tetap hangat.

Kedua, menepuk dan memijat lembut punggung si kecil. Ibu bisa menggunakan minyak telon untuk membantu menghangatnya tubuhnya.

Ketiga, memberikan air minum hangat. Apalagi saat anak terkena Flu sebaiknya cukupi asupan cairannya. Terakhir yaitu mandi air hangat. Saya pribadi menghindari mandi terlalu pagi dan terlalu petang saat si kecil terserang batuk, pilek dan Influenza.

 .

2. Menjemur si kecil di pagi hari

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak berikutnya yaitu dengan menjemur si kecil di bawah sinar matahari pagi. Pastikan mata anak terlindungi ya sehingga tidak langsung terpapar sinar matahari.

Selain meredakan hidung yang tersumbat, sinar matahari juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Jangankan anak-anak ya, kita aja nih orang dewasa saat terkena Influenza dan dibawa berjemur tuh rasanya nyaman banget ya. Dan, jadi lebih cepat pemulihannya.

Fyi, sinar Ultraviolet pada sinar matahari pagi yang menyentuh permukaan kulit akan diubah menjadi Vitamin D oleh tubuh. As we know ya, Vitamin D bagus banget untuk metabolisme tubuh.

Baca juga: Menu Buka Puasa Tinggi Serat untuk Keluarga

.

3. Penguapan dengan air hangat

Penguapan dilakukan supaya lendir yang menyumbat bisa perlahan mencair dan melegakan saluran pernapasan anak sehingga ingus dapat dikeluarkan. Cara penguapan dengan air hangat ini terbilang sederhana. Cukup siapkan air panas dalam wadah. Lalu hirup uapnya, hati-hati dengan uap dan air panas saat melakukan penguapan untuk si kecil.

.

4. Atur posisi tidur anak

Hal ini bisa dilakukan saat si kecil hendak beristirahat. Biasanya saya menambahkan bantal supaya posisi kepalanya sedikit lebih tinggi.

.

5. Mengeluarkan lendir dengan Nasal Spray & Nasal Decongestant

Salah satu produk yang bisa diandalkan yaitu Respimer, yang merupakan cairan pencuci hidung yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga hidung sekaligus membersihkannya dari debu, kotoran, virus dan bakteri. Dan, yang paling penting yaitu mampu membantu mengeluarkan ingus atau lendir pada bayi dan anak-anak. Dibawah ini, saya sharing sedikit ya pengalaman saat memakai produk Respimer, semoga bisa membantu.

cara pemakaian respimer, cara pemakaian Phsyiomer, bedanya respimer dan Phsyiomer

 .

Tentang Respimer

Seperti yang telah disebutkan, Respimer ini berupa cairan yang akan disemprotkan ke rongga hidung. Terbuat dari 100% sea water dan tanpa campuran air biasa sedikit pun sehingga sangat aman jika tidak sengaja tertelan si kecil.

Dari infromasi yang saya baca, Respimer diambil dari tempat terbaik di dunia yaitu St. Malo, Prancis. Selain terbuat dari 100% air laut, terdapat kandungan 80 mineral yang sangat baik untuk kesehatan hidung.

harga respimer, Phsyiomer dan respimer

.

Dua Jenis Respimer

Saya sempat bingung saat hendak membeli karena ada dua jenis. Saat itu Nafeesa berusia 2 tahun lantaran belum tau sebelumnya, jadi saya pilih menggunakan Respimer Baby Nasal Hygiene yang berwarna merah muda. Nah, supaya Buibuk ngga salah pilih, berikut ini beberapa perbedaan antara Respimer kemasan berwarna pink dan jingga ya.

  • Respimer Baby Nasal Hygiene

Box berwarna merah muda dan Respimer ini memiliki kadar NaCL 0.9% yang mirip dengan cairan tubuh kita. Respimer Baby Nasal Hygiene dapat digunakan untuk bayi usia 0 bulan Cara pemakaiannya pun bisa diulang 4-6 kali atau bahkan sesering mungkin sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Respimer Baby Nasal Hygiene yaitu untuk menjaga kesehatan rongga hidung, membersihkan hidung dari kotoran serta mencegah infeksi saat muncul gejala Influenza.

.

  • Respimer Baby Decongestan

Hadir dengan box berwarna jingga. Bedanya, Respimer jingga ini memiliki kadar NaCL lebih tinggi, yakni 2.2%. Respimer Baby Decongestan bisa digunakan untuk bayi diatas usia 1 bulan dengan pemakaian 2-3 kali sehari.

Kalau Respimer Baby Nasal Hygiene baik digunakan sehari-hari untuk mencegah datangnya flu atau saat flu ringan. Sementara yang Decongestan ini baik digunakan saat flu berat dan hidung tersumbat sehingga ampuh untuk menarik dan mengeluarkan lendir.

cara mengeluarkan ingus anak, cara engeluarkan lendir bayi, cara mengatasi hidung mamper, hidung anak mampet, hidung bayi mampet

.

Pengalaman Menggunakan Produk Respimer

Jujur ya, meskipun mengeluarkan ingus termasuk salah satu life skill yang harus dikuasai anak sejak berusia 2 tahun namun tetap saja, prosesnya ternyata ngga mudah. Terlebih saat anak-anak terkena Flu, udah rewel duluan.

Respimer ini sangat membantu mengeluarkan lendir yang menyumbat pada rongga hidung dengan mudah sehingga si kecil dapat bernapas lega.

Bentuknya cair, benar-benar seperti air, tanpa warna, tanpa aroma sama sekali. Jadi, anak-anak tetap nyaman saat disemprotkan kedalam rongga hidungnya.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah, sudah dilengkapi aplikator atau tip sehingga memudahkan dalam proses penyemprotan. Untuk anak usia 1-2 tahun, sebaiknya Ibu sounding terlebih dahulu supaya si kecil ngga kaget. Meskipun sebenarnya tip varian baby ini sudah hadir dengan comfort tip yang sengaja dibuat khusus untuk rongga hidung bayi dan memiliki semprotan micro-difusi, jadi cairan yang dikeluarkan lembut dan tidak menimbulkan rasa sakit pada si kecil.

Nasal Spray, Nasal Decongestant, respimer

Oya jangan lupa bersihkan tip yang sudah digunakan, simpan ditempat kering dan bersih. Terlebih saat pandemi seperti ini ya, kita harus ekstra menjaga kebersihan tubuh. Dan, yang selalu saya lakukan setiap kali sampai di rumah setelah bepergian, semuanya wajib mandi, keramas, kumur-kumur dan membersihkan rongga hidung dengan Respimer. Bahkan, selalu saya bawa saat harus melakukan pekerjaan di luar rumah. Botolnya terbuat dari plastik sehingga tidak mudah pecah, tidak berat dan tidak dapat tumpah atau bocor.

Anyway, saat ini Respimer sedang transisi nama menjadi, jadi jika Ibu nantinya menemukan dengan nama lain yaitu Physiomer, jangan khawatir, karena untuk kandungan dan cara pakainya tetap sama ya Bu.

Untuk Buibuk yang mau beli, bisa di baby store dan marketplace official store mereka secara secara online. Bisa juga di Shopee Interbat Official Shop atau Tokpedia Interbat Consumer Health. Dan bisa follow aja @respimerindonesia untuk informasi lebih detail. Semoga bermanfaat ya.

Baca juga: Simak Gaya Hidup Sehat Simple Berikut Ini!

48 Comments

  • Mugniar

    Physiomer ya nama baru Respimer.
    Memudahkan Nasal Spray & Nasal Decongestant-nya buat buibu yang punya baby karena salah satu masalah tuh ketika anak hidungnya tersumbat, bisa bikin emaknya kelimpungan. Kalau ada Nasal Spray & Nasal Decongestant ini amat terbantu.

  • Kartika Nugmalia

    Anakku termasuk yang cukup rentan flu dan hidung tersumbat. Aduh kalau udah kumat pasti rewel hiks. Belum pernah nyobain pakai respimer ini, tapi kayanya lebih efektif ya untuk mengurangi gejala flu pada anak

  • Rani R Tyas

    Apakah respimer ini bisa digunakan untuk seluruh umur? Anakku udah mau 4 tahun nih, tapi masih sering flu. Zzz.. kadang suka gemes sama hidungnya yang mampet.

  • Yoanna Fayza

    Nassal spray memang membantu banget saat bayi pilek yaa mba, waktu anak-anak masih kecil juga tiap pilek dan nggak bisa napas selalu saya bantu dengan nassal spray, baru deh bisa tidur nyenyak.

  • Ade UFi

    Sekarang ada nasal respimer ya yang bisa melancarkan hidung tersumbat. Saya masih pakai cara lama, penguapan, jemur matahari dan menghangatkan tubuh. Seperti yang Mba Cici tulis.

  • Lidya

    Paling gak enak kalau hidung mampet ya, dewasa aja terganggu apalagi anak-anak.Syukurlah sekarang bisa diatasi dengan nasal sprat dari Respimer selain diatasi dengan cara alami lainnya buat anak jadi nyaman lagi hidungnya

    • Nchie Hanie

      Iya, hiks, jangankan anak2 ya , orang dewasa aja huhu tersiksa kalo hidung tersumbat begini.
      Bneran kudu nyetok nih Respimer di rumah, apalagi yang punya anak keciil.

    • Lidya

      Kalau punya anak kecil kayanya harus sedia Respimer ya, soalnya kadang-kadang rewel gak jelas eh gai taunya hidung mampet jadi bisa langsung diatasi

  • lendyagasshi

    Inget banget zaman dulu kalau anak mengalami hidung tersumbat, suka digendongin sambil dibalur minyah telon hangat. Alhamdulillah, kini ada Repimer yang canggih. Kandungannya bisa melegakan hidung tersumbat anak agar nyaman bernapas kembali.

    • lendyagasshi

      Iya…
      Ini niih..pentingnya memiliki rumah yang kaya akan sinar matahari. Karena lebih nyaman ke anak-anak. Kalau butuh bantuan, bisa banget pakai Respimer yaa…kak. Bahannya yang alami membantu anak nyaman kembali saat bernapas.

      • lendyagasshi

        Alhamdulillah,
        Menggunakan Respimer dengan semprotan micro difusi membuat anak tetap nyaman meski sedang di treatment.
        Apakah hasilnya seketika atau menunggu beberapa waktu, kak?

  • riawani elyta

    Bener mbak . Anak kecil memang susah buat ngeluarin industri. Untung sekarang ada respimer ya, lebih mudah buat si kecil buang ingus

  • Ririe

    Kehadiran Respimer menjadi semacam oase bagi buibu yang punya anak kecil, sewaktu-waktu ngalami hidung tersumbat,bisa aksi cepat dikasih pertolongan pertama dengan Respimer ini. Dengan kandungannya yang aman, tentunya nyaman juga buat dekbay dan anak kecil ya

  • thya

    enak sekarang ada nasal spray, lebih simpel dan praktis. kalo aku biasanya jemur matahari atau uap air hangat + minyak kayu putih

  • gina

    saya sering pake semprotan hidung seperti ini, cmn beda merk. Tapi yg sy pake gak ad buat anak-anak. Oh ini okeh sih, krn bisa dipake buat anak. Recommended donk

  • YSalma

    Saya yg sering mengalami hidung tersumbat rasanya tidak nyaman banget. Apalagi kalau mau tidur. Duh.
    Apalagi anak-anak ya, rewel menjadi2. Respimer membantu banget mengeluarkan cairan yg menjadi penyebab hidung tersumbat tersebut ya. Siip. Hidung lega, istirahat bisa, kondisi kembali bugar.

  • Ida Tahmidah

    Wah seneng banget ada respimer ini karena pengalaman dulu waktu anak2 masih kecil suka kasihan banget anak tersumbat itu, susah banget ngeluarinnya. yang ada anak jadi rewel deh.

  • Wian

    Jujur, sampai anak-anak udah umur 8 dan 11 tahun aku belum pernah sama sekali loh nyoba pake produk sejenis ini. Sebenarnya karena dulu enggak tau. Padah ini efektif banget ya untuk membantu anak ketika hidung tersumbat.

  • indah nuria

    Memang saat anak – anak kecil tuh problem kesehatan yang paling sering dialami memang batuk pilek dengan hidung tersumbat. Untung sudah ada produk yang satu ini

  • Uniek Kaswarganti

    Jadi ingat ketika anak-anak masih kecil dulu, problem hidung tersumbat ini sering banget dialami. Udah sediiih aja kalau anak-anak pas mengalami hal tersebut. Coba udah ada Respimer ya dulu. Taunya cuma angetin pake baskom diisi air panas itu loh.

  • Heni

    Salah satu kenangan masa kecil yang nggak mengenakkan adalah kalau tidur malam eh hidungnya tersumbat. Asli jadi susah tidur hu hu.

  • Bibi Titi Teliti

    Paling ribet emang kalo anak hidungnya mampet yaaah, rewel karena gak bisa tidur tapi belum bisa buang ingus huhu
    Untung sekarang udah ada Respimer yah bisa membantu hidung tersumbat untuk anak

  • thya

    paling sebel kalo anak tersumbat hidungnya, jadi rewel seharian, tidur malem juga gak nyenyak. huhu
    untungnya sekarang ada respimer ya, bisa atasi hidung tersumbat anak tanpa ribet

  • Cindy Vania

    Eehh yang interbat punya kok bagus sih dan gede jadi enak digenggam kalau buat bersihin hidung bayi.

    Aku punya kecil, malah meleset2 euy..
    Boleh info nggak mbak cici harganya berapa?

  • Keke Naima

    Dulu saya suka resah deh kalau anak-anak udah tersumbat hidungnya. Karena dulu kan belum Respimer. Jadi suka kasihan lihatnya kalau mereka lagi kesulitan bernapas

  • Jiah

    Oh iya, kenapa kemarin gak kepikiran soal Nasal respimer ya waktu Keponakan hidungnya mampet? Kasihan banget karena jadi susah napas. Kemarin sih di jemur sama diangetin badannya. Sekarang kudu sedia Nadal deh

  • Sri Al Hidayati

    Baru aja kemarin saya sama si kecil berjemur bareng. Setelah minggu lalu berjemur karena hidungnya flu, jadi keterusan sampai sekarang. Sinar matahari pagi menyehatkan pastinya. Jadi lebih enak punggung dan dadanya.

  • Rina Susanti

    Mengatasi hidung tersumbat jadi praktis ya pake Respimer. Jaman anak sy balita belum ada kayaknya produk ini (atau ga tahu ya) jd merasakan rempongnya hidung anak tersumbat jadi rewel dan kita bingung , diuap atau pake minyak hasilnya ga cepet

  • dw

    baru banget 3 hari yang lalu saya beli merk lain mba karena si kakak dan bayi flu bersamaan, sumpah ga tega banget liatnya jangankan anak2th si kakak aja yang udah mau 6th kesulitan mengeluarkan ingus karena udah ga enak gt rasanya wajib nih ada di p3k mulai sekarang

  • Rizka edmanda

    Pas banget aku lagi cari nasal spray untuk newborn soaonya zaman qonita dulu pake cara tradisional diuapin pake air hangat makasih sharingnya mbak

  • Bundabiya.com

    ooh aku baru tau kalau lagi transisi nama, mba. menurutku lebih mudah dihapal respimer nih, tapi mungkin ada hal tertentu ya yang membuat perusahaan mengubah nama merek. yang penting manfaatnya masih sama lah yaa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *