Food,  health

Manfaat Susu Kurma Bagi Kesehatan Keluarga, Cobain Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Abu Usamah telah menceritakan kepada kami Hasyim bin Hasyim dari ‘Amir bin Sa’d bin Abu Waqqash dari Ayahnya dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Barangsiapa pada pagi hari makan tujuh butir kurma ‘ajwah, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun dan sihir.” (HR Abu Dawud)

Tepatnya tahun lalu, saya mendapatkan nasihat mengenai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yaitu dengan mengonsumsi kurma secara rutin. Adapun jumlah kurma yang dikonsumsi sebaiknya berjumlah ganjil, begitu yang diucapkan paman seraya melahap kurma yang dihidangkan.

Buah kurma kerap kali disebut sebagai buah nabi, mengandung karbohidrat sederhana seperti sukrosa dan fruktosa. Bahkan, hampir 70% kandungannya terdiri dari karbohidrat. Jadi, berasa ngga sih kalau pas Ramadan dan buka puasa, takjilnya minum air hangat dan 3 buah kurma aja rasanya cukup mengganjal perut ya.

Pada laman Hellosehat menyebutkan, buah kurma juga kaya akan kandungan kalsium, zat besi, vitamin K, folat serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid dan anthocyanin. Kandungan vitamin dan nutrisi buah kurma juga dipengaruhi oleh tingkat kematangannya.

.

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Dr. Zaidul Akbar, seorang dokter dan penulis buku “Jurus Sehat Ala Rasulullah” sering mewartakan khasiat kurma bagi tubuh dalam postingan Instagramnya. Berikut ini adalah manfaat kurma untuk kesehatan, diantaranya:

1. Menjaga Kesehatan Otak

Tau kah kamu penyakit Alzheimer? Iya, penyakit pada otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara bahkan dalam kasus yang parah dapat mengubah perilaku seseorang secara bertahap. Istilah awamnya adalah pikun. Kandungan antioksidan flavonoid pada kurma mampu menyendat produksi protein pemicu peradangan sehingga risiko pikun menjadi berkurang. Ya tentunya selain mengonsumsi kurma, saya juga harus pintar menjaga kesehatan otak.

2. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan pada kurma juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Kita tahu ya, radikal bebas sangat berbahaya jika masuk dan mengendap dalam tubuh dalam waktu yang lama. Apalagi buat kamu yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, polusi dimana-mana. Adanya pandemi menambah kewaspadaan saya untuk menjaga dan melindungi keluarga semaksimal mungkin. Instead of only consume a medicine, I prefer choosing a natural one, like kurma. Bahkan, kurma juga disebutkan dapat membantu mengurangi risiko kanker.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa tahun terakhir, kita banyak kehilangan sosok ternama yang meninggal akibat serangan jantung. Banyak sekali penyebabnya, yang paling sering disebutkan adalah akibat gaya hidup tidak sehat.

Kurma mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, magnesium dan kalium pada kurma juga membantu menstabilkan tekanan darah. Serta serat didalamnya mampu menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga dengan mengonsumsinya dengan baik dan benar, akan sangat membantu menjaga kesehatan jantung dan menjauhkan kita dari penyakit hipertensi, kolesterol dan penyakit yang umum menyerang usia dewasa hingga lansia.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buat kamu nih yang susah makan sayur dan buah, coba deh tambahkan makan kurma untuk membantu asupan serat dalam tubuh. Kamu pasti udah tau dong, kekurangan serat bisa menyebabkan susah buang air besar. Jika dibiarkan bisa berakibat fatal seperti wasir misalnya. Tak hanya itu, serat juga berfungsi untuk menghindari kita dari masalah diare. Jangan anggap sepele, kesehatan tubuh manusia bergantung pada kesehatan saluran cernanya lho. Jika saluran cerna baik, maka ia akan bekerja optimal untuk menyerap seluruh nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Sebaliknya, jika saluran cerna tidak sehat, maka ia tidak akan optimal dalam proses penyerapannya. Sudah dapat dipastikan, tubuh akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan.

5. Baik untuk Kesehatan Tulang

Bicara soal kesehatan tulang, kurma menyuguhkan beragam nutrisi seperti selenium, mangan, tembaga dan magnesium yang dibutukan oleh tulang. Dengan mengonsumsi kurma secara rutin akan menjauhkan kita dari osteoporosis.

Masih banyak lagi manfaat kurma untuk kesehatan tubuh seperti mengatasi anemia, mencegah diabetes, membantu menurunkan berat badan. Untuk yang sedang menyusui, kurma juga dipercaya dapat melancarkan ASI. Bahkan, kurma muda juga berkhasiat untuk menyuburkan bagi yang sedang program hamil.

Saya jadi teringat, saat kakak ipar terkena demam berdarah, dokter menyarankan untuk mengonsumsi kismis dan kurma untuk pasca recovery untuk mengembalikan stamina dan menstabilkan kadar serta tekanan darah.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Cicidesri (@cicidesri)

.

Susu Kurma Syukur As-Sunnah, Cara Baru Menikmati Kurma

Saya dan Nafeesa nih semangat banget mengonsumsi buah kurma namun sayangnya suami kurang menyukai rasa manis yang terlalu dominan. Lalu, saya mencari cara nih supaya doi mau juga mengonsumsi kurma. Lantaran menurut saya, suami lebih berisiko terpapar radikal bebas karena bekerja setiap hari dan bertemu banyak orang. Jadi, kebutuhan dia untuk mengonsumsi kurma ini lebih banyak daripada saya.

Akhirnya, saya menemukan alternatif lain untuk mengonsumsi kurma dalam bentuk liquid yaitu susu kurma. Berbagai macam susu kurma kami coba hingga bertemulah dengan susu kurma Syukur As-Sunnah. Alhamdulilah, suami sukaaaa banget karena punya banyak varian rasa. Eh, btw buat kamu yang punya keluhan yang serupa, bisa loh coba juga susu kurma Syukur As-Sunnah juga, sini deh saya share rasanya kaya apa.

.

Susu Kurma Syukur As-Sunnah

Awal tahun 2021 mengenal Susu Kurma Syukur As-Sunnah dari salah satu kegiatan sosial yang saya temukan di social media. Memang Susu Kurma Syukur As-Sunnah juga bergerak pada sociopreneur untuk mensupport komunitas dan berbagai pihak yang bergerak untuk program sosial. Saat ini, Susu Kurma Syukur As-Sunnah diproduksi di Bogor dan semoga dengan semangat berbaginya, Susu Kurma Syukur As-Sunnah semakin berkembang dan hadir di setiap kota di Indonesia, Aamin.

.

Varian Rasa Susu Kurma Syukur As-Sunnah

  • Susu Kurma Syukur Original. Perpaduan susu dan kurmanya kawin banget. Jadi manis dan gurihnya pas, ngga terlalu over. Rasanya sama seperti saya bikin sendiri di rumah, tanpa pemanis buatan dan tanpa pengawet.
  • Susu Kurma Syukur Milo. Buat kamu yang suka banget sama susu Milo, wajib cobain deh Susu Kurma Milo ini karena rasanya jadi makin unik. Tidak menghilangan rasa susunya sama sekali. Tapi justru lebih enak saat di-blend dengan kurma. Anak-anak udah pasti doyan banget varian ini, dijamin!!!
  • Susu Kurma Cappucino. Kalau Nafeesa suka banget dengan rasa Milo, sementara suami nih jatuh cinta banget sama rasa Cappucino. Mungkin karena doi suka kopi kali ya. Pas diteguk, tercium aroma kopinya dan terasa kurmanya dilidah. Rasanya lebih enak dari Cappucinonya sendiri dan ngga bikin kembung ya hehe.
  • Susu Kurma Almond. Buat kamu yang suka rasa manis, Susu Kurma Syukur As- Sunnah rasa almond ini bakalan jadi favorit kamu banget. Lantaran rasa manisnya lebih kuat dibanding dengan varian lainnya. Manis, gurih, sedikit lebih pekat karena ada kacang almond yang dihaluskan bikin pengen nambah. Campur es batu lebih nikmat!
  • Susu Kurma Safron. Lantaran saya penikmat rempah dan jamu, rasa susu kurma safron ini paling pas dengan selera saya. Aroma rempahnya langsung tercium dan rasanya khas banget. Selain itu, warnanya juga berbeda dari yang lain, susu kurma syukur safron lebih light.

Kesimpulan

Nah, dari sekian banyak manfaat buah kurma,  yakin nih kamu masih mau menolak untuk mengonsumsinya? Rasanya enak, manisnya asli, apalagi saat diolah menjadi susu kurma, makin terasa nikmat.

Semoga aja nih ya, Susu Kurma Syukur As-Sunnah juga segera hadir di Jakarta dan Bekasi sehingga saya bisa leluasa membelinya. Apalagi sebentar lagi Ramadan, bisa jadi pilihan untuk berbuka puasa nanti. Oya, Susu Kurma As-Sunnah ini asli tanpa pemanis buatan dan tanpa pengawet sehingga harus dijaga dalam kondisi dingin jika ingin bertahan cukup lama, misalnya didalam freezer dan chiller. Sementara dalam suhu ruangan sebaiknya segera dihabiskan karena bisa basi.

Untuk teman-teman yang ingin mencobanya atau menjadi reseller susu kurma As-Sunnah bisa langsung menghubungi akun Instagram @susukurmaassunah, Insya Allah teman-teman disana sangat terbuka bagi siapa pun yang hendak bekerja sama.

14 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *