resep donut kentang sederhana
Family,  Food,  moms,  product review

Resep Donut Kentang Topping YUMMY PeranChiz Cheddar

Resep Donut Kentang – Mengisi waktu dengan si kecil atau disebut quality time memang bisa dilakukan dengan banyak cara ya, Buk. Bisa jalan-jalan, makan bareng, main bareng hingga masak bareng. Semua aktifitas bisa disesuaikan dengan usia dan hobby si kecil.

Pas banget anak ku perempuan, saat ini usianya 3 tahun. Aktifitas favorit kami ya berkreasi di dapur, misalnya membuat cemilan sehat di rumah. Terlebih saat akhir pekan, biasanya saya dan suami suka iseng bikin camilan yang bisa dinikmati bersama-sama.

Nah, kalo Buibuk menu camilan apa sih yang sering dibuat di rumah? Atau malah lebih pilih pesan online nih hehe.. Minggu lalu saya dan Nafeesa berhasil membuat donut kentang yang mengembang sempurna. Jadi setelah sekian purnama, kayanya baru 3 atau 4 kali berhasil membuat donut kentang yang bentuknya cantik begini. Mau tau resepnya, keep reading on…

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Cicidesri (@cicidesri) on

Resep Donut Kentang

Sebelum membuat Donut Kentang, pastikan kondisi dapur sudah bersih dan aman ya terlebih jika si kecil ikut bergabung. Pastikan lantai tidak licin, jauhkan benda tajam dari jangkauan anak dan tak lupa saat proses menggoreng hati-hati dengan minyak panas ya, Buk. Berikut ini, bahan-bahan yang harus disiapkan:

Bahan-bahan:

– 500 gr tepung protein tinggi

– 100 gr gula pasir

– 50 gr susu bubuk

– 11 gr ragi

– 200 gr kentang kukus, haluskan dan dinginkan

– 75 gr mentega

– 1/2 sdt garam

– 4 kuning telur

– 100 ml air dingin

Cara membuat:

  • Masukkan tepung, gula, susu bubuk, dan ragi kedalam wadah lalu aduk rata.
  • Campurkan kentang kukus halus, kuning telur dan air dingin ulen hingga rata dan setengah kalis.
  • Masukkan mentega dan garam, uleni kembali hingga kalis elastis.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bagi adonan masing-masing sebanyak 50 gr, bentuk bulat-bulat dan diamkan kembali selama 20 menit hingga adonan mengembang.
  • Setelah mengembang, lubangi bagian tengah adonan degan tutup botol atau gelas kecil supaya Donutnya terbentuk dengan sempurna.
  • Lalu goreng Donut hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  • Cukup sekali balik aja ya supaya minyak goreng tidak banyak meresap.
  • Angkat dan tiriskan.

Topping

Nah, untuk pemberian Topping ini tergantung selera Buibuk dan keluarga ya. Bisa ditaburi gula halus, cokelat, ceres, aneka selai hingga keju.

Sesuai dengan permintaan warga di rumah, edisi kali ini, saya memilih keju sebagai topping donut. Keju yang saya gunakan yaitu keju Yummy Peranchiz Processed Cheddar.

resep donut kentang sederhana

YUMMY Peranchiz Processed Cheddar, Pertama Kali Coba langsung Suka!

Keju YUMMY Peranchiz Processed Cheddar bisa dibeli secara online maupun offline seperti di Happy Fresh atau Super Market. Harganya sekitar Rp 16.000 – Rp 25.000 dengan berat 180 gram. Alhamdulilah, Yummy Peranchiz Processed Cheddar sudah memiliki izin dari Badan POM dan sudah mengantongi sertifikasi Halal MUI.

Honestly, untuk pertama kalinya aku mencoba produk ini loh, Buk, tapi ngga nyesel karena rasanya enak mendekati rasa keju cheddar klasik gitu lah pokoknya. Gurih kejunya berasa banget tapi ngga asin ya, karena saya pernah mencoba keju lain yang rasanya terlalu asin jadi merubah cita rasa dari makanan atau camilan yang kita buat.

YUMMY Peranchiz Processed Cheddar bisa digunakan untuk bahan makanan olahan atau sebagai topping. Jadi, cocok banget untuk resep masakan gurih dan manis seperti pasta hingga dessert.

Apalagi, YUMMY Peranchiz Processed Cheddar juga memiliki tesktur yang lembut. Jadi, saat diparut diatas Donut Kentang ngga mudah patah. That’s why, saya katakan diawal, ini tuh Donut Kentang yang paling cakep tampilannya karena dibantu sama topping keju yang menggugah selera.

donut kentang toping keju peranchiz cheddar

Nah, selain Donut Kentang, saya juga sempat berkreasi membuat martabak keju cokelat kacang, jagung keju manis dan capucino blend dengan topping YUMMY Peranchiz Processed Cheddar. Dan memang terbukti, rasa gurih kejunya tidak mengganggu rasa dari makanan atau minumannya. YUMMY Peranchiz Processed Cheddar bercampur dengan cokelat dan kacang pada Martabak merupakan perpaduan yang pas, gurih, manis, crunchy-nya dapet banget!

Nah, Buibuk punya resep lain berbau keju kah? Boleh dishare juga ya, mumpung stok keju di rumah masih banyak 😀

yummy keju peranchiz cheddar review

Baca juga : Menikmati Makanan Khas Jepang Chin Ma Ya Rame Halal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *