masker wajah, clay mask, cara mengecilkan pori-pori wajah, toner wajah, eksfoliasi wajah
Beauty,  Lifestyle,  tips & trick

3 CARA MENGECILKAN PORI-PORI WAJAH SECARA EFEKTIF DI RUMAH

Artikel cara mengecilkan pori-pori wajah ini terinspirasi dari pengalaman pribadi. Berawal dari acara peluncuran klinik kecantikan 6 bulan yang lalu. Saya melakukan skin check disana dan ternyata hasilnya mengejutkan. Di usia saya yang masih muda, ternyata sudah muncul tanda penuaan dini yaitu kondisi pori-pori wajah yang semakin membesar.

Jika hanya mendengar kayaknya kok biasa banget ya, hampir semua wanita mengalami masalah yang sama soal pori-pori wajah ini. Tetapi jika kita melihat langsung kondisi kulit wajah kita saat skin check, rasanya sedih banget deh. Oleh sebab itu, saya berusaha untuk mencoba melakukan banyak cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa dilakukan di rumah.

Sedikitnya ada 3 cara mengecilkan pori-pori wajah yang saya lakukan di rumah. Untuk hasil maksimal harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan, ya. Artinya, gak mungkin wajah jadi poreless kalau cuma dilakukan sekali atau dua kali saja. So far, saya merasakan perubahan yang signifikan dengan kondisi pori-pori wajah setelah 5 bulan menerapkan treatment ini. Selain itu, wajah jadi lebih bersih dan segar karena pori-pori terjaga kebersihannya. Komedo dan jerawat pun minggat. Penasaran dengan cara mengecilkan pori-pori wajah yang saya tempuh? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

 

1. Lakukan Eksfoliasi Wajah dengan Scrub, Peeling Gel atau Chemical Peeling

Eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati pada wajah penting banget dilakukan secara rutin. Paling tidak seminggu 2 kali untuk kulit normal. Namun jika kulit kalian berminyak dan cenderung mudah berkomedo, bisa melakukan eksfoliasi sebanyak 3 kali dalam seminggu. Jangan setiap hari juga ya, karena proses eksfoliasi ini sifatnya mengikis, jadi jika dilakukan terlalu sering justru akan tidak baik untuk kondisi kulit wajah.

Ada banyak produk skincare yang fungsinya untuk eksfoliasi seperti scrub wajah, baik itu berbentuk cream dengan butiran halus, maupun peeling gel. Atau kalian bisa juga menggunakan cairan peeling khusus untuk eksfoliasi seperti AHA BHA Peeling Solution miliknya The Ordinary.

Dengan eksfoliasi, kulit wajah jadi lebih bersih, tidak ada penumpukan kulit mati atau partikel makeup yang melekat pada kulit wajah. Selain itu, pori-pori wajah juga turut dibersihkan sehingga meminimalisir munculnya komedo dan jerawat.

masker wajah, clay mask, cara mengecilkan pori-pori wajah, toner wajah, eksfoliasi wajah

 

2. Gunakan Toner Wajah

Toner termasuk rangkaian skincare yang sering saya lupakan. Pemakaiannya yang simpel, alias cuma ditap tap, jadi saya kira gak terlalu membawa pengaruh untuk wajah. Ternyata saya salah! Justru toner ini membantu banget lho untuk membersihkan pori-pori wajah dengan maksimal dan mengecilkannya secara efektif. Apalagi jika digunakan setiap hari, hasilnya sangat optimal.

Kalian bisa memilih jenis toner sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. Sebab ada jenis toner yang mengandung alkohol dan kurang bagus untuk kulit kering. Saya sendiri menggunakan toner AHA BHA The Ordinary untuk membantu mengangkat komedo. Ada juga toner dengan ekstrak green tea miliknya Pure Heals yang mampu melembabkan wajah. Saya gunakan toner sesuai kondisi yang dibutuhkan aja sih.

masker wajah, clay mask, cara mengecilkan pori-pori wajah, toner wajah, eksfoliasi wajah

 

3. Rutin Menggunakan Masker Wajah

Sejak mengetahui pori-pori wajah membesar, saya jadi addicted banget dengan semua varian masker wajah. Idealnya masker wajah ini dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Bisa dibarengi setelah eksfoliasi wajah. Namun, karena wajah saya cenderung mudah kusam, jadi hampir setiap hari saya menggunakan masker wajah dalam berbagai bentuk.

Kalau saya pribadi, memang gak ada patokan atau jadwal khusus pakai masker jenis apa. Tapi selalu ada stok masker di rumah. Kalau lagi senggang, biasanya saya memilih clay mask. Nunggu keringnya memang lebih lama, tetapi saya suka banget sama sensasi saat pemakaian clay mask ini. Berasa ketarik tapi gak sakit gitu kan. Apalagi beberapa clay mask yang saya miliki juga ada yang mengandung cool mint, jadi pas diaplikasikan berasa lebih fresh pada permukaan wajah.

masker wajah, clay mask, cara mengecilkan pori-pori wajah, toner wajah, eksfoliasi wajah

Lain halnya, saat tidak ada waktu senggang karena kerjaan lagi banyak di rumah. Saya memilih Peel Off Mask. Jadi kadang sambil nge-draft, sambil maskeran juga. Kelebihannya masker ini yaitu mudah dibersihkan. Tinggal dikletekin aja.

Baca juga : Venus Soft Matte Lipcream, Membuat Bibirmu Tampil Cantik Dan Sehat

Sheet mask juga jadi masker favorit saya. Awalnya saya tuh gak terlalu percaya sama khasiat masker ini. Teksturnya memang kan seperti tisu basah, ya. Jadi saya underestimate duluan, masa iya tisu basah ditempelin doang bagus buat kulit wajah. Tapi pas pertama kali coba dan lihat hasilnya, takjub banget. Kulit wajah jadi nampak lebih cerah, kenyal dan fresh banget. Jadi, sheet mask termasuk jenis masker andalan ku juga. Hanya saja pemakaiannya gak sesering jenis masker lainnya. Karena menurutku gak ramah lingkungan ya. Sekali pakai, langsung buang dan sampahnya gak bagus buat lingkungan.

Kesimpulannya, kulit wajah akan mengalami perubahan setiap hari. Kualitas kulit pun akan menurun saat bertambahnya usia seperti berkurangnya elastisitas dan kelembaban wajah, muncul flek hitam, kantung mata, dan lainnya. Ditambah lagi, faktor lingkungan yang tidak bisa dikontrol, sinar UV dan polusi sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kulit wajah kita. So, mulai dari sekarang, yuk jaga kesehatan kulit wajah. Gak harus ke klinik kecantikan dan menghabiskan banyak uang, kok. Mahasiswa, karyawan baru atau ibu rumah tangga tetap bisa tampil cantik dengan budget terjangkau.

masker wajah, clay mask, cara mengecilkan pori-pori wajah, toner wajah, eksfoliasi wajah

Kalian bisa membeli tiga produk yang saya sebutkan diatas secara offline dan online. Bahkan, saya sering banget berburu Flash Sale di Shopee untuk beberapa skincare yang saya butuhkan. Harganya miring banget loh. Tinggal kita pilih rate penjual yang bagus atau star seller dengan penjualan produk terbanyak. Selain itu, program free ongkir jadi favorit saya. Namanya buibuk ya, dapat diskon Rp 10 ribu udah bahagia loh rasanya. Cantik itu gak harus mahal, yang penting rutin dan tepat memilih produk yang digunakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya.

Baca jugaCara Tepat Atasi Penuaan Dini Dengan Rangkaian Erha Anti-Aging

cara mengecilkan pori-pori wajah, cara mengecilkan pori-pori wajah, cara mengecilkan pori-pori wajah, cara mengecilkan pori-pori wajah, cara mengecilkan pori-pori wajah, cara mengecilkan pori-pori wajah, 

18 Comments

  • Bella agmia

    Ih ini aku banget, aku udh rajin Pelling pake scrub 2x seminggu, maskeran juga. Tapi emang pake toner baru rajin sekarang ini sebelumnya gak pernah pake tapi ternyata ngaruh ya bisa ngecilin pori. Cuma yang ampuh itu cemical peeling langsung kecil tapi emang harus biaya lagi yang lumayan ya buat ke klinik kecantikan heh

  • Siti Faridah

    Udah lama banget aku nggak rutin pakai scrub sama masker. Pantesan aja nih pori-pori kulitku membesar. Baca postingan ini jadi diingatkan untuk pakai scrub dan masker lagi. Kalau pakai toner sih aku masih rutin pakai. Hehehe.

  • Dian Restu Agustina

    Aku juga termasuk tim bukibuk yang dapat free ongkir atau diskonan 10 ribu aja dah seneng bangets..kwkwk

    Dan setuju bangets, cantik enggak harus pakai produk mahal, yang penting konsisten dalam perawatan dan tepat produk yang digunakan itu akan membuat kulit sehat terawat.

  • Bety Kristianto

    Wah baru tahu kalau toner bisa ngecilin pori deh. Udah lama nggak pake nih mba, sejaj pake micellar water gt. Kupikir udah cukup jadi nggak pernah nyetok cleanser ama toner lagi. Cobain ah bsk pake ini. Thks for sharing ya mba..

  • Rachmanita

    Sama tambahin dari dalam mba pola makan juga ngaruh sama kulit…aku pake skin care jg tapi aku imbangin minuman collagen…sebulan sekali rutin beli 30 botol minuman collagen..usia 28 pas skincek kmrn jd 23….

  • Ayun

    Ngecilin pori-pori, masalah yg kelihatan sepele tapi nggak bisa disepelekan. Hehehe… Kalo masker dan peeling udah lumayan rutin, tapi toner masih belum. Emang masih harus lebih disiplin buat merawat kulit.

  • adeuny

    aku sering banget ini mbak kelupaan pakai toner malah bisa diitung jarang banget banget cuma klo masker aku usahain seminggu sekali pakai terus.. mulai minggu depan kudu telaten lagi deh

  • Meriska Putri

    Aku juga rutin pakai acid toner plus hydrating toner buat kulitku yang pori-porinya gede ini. Mayanlah, jadi agak mengecil n jarang komedoan. Tapi Jangan lupa pakai sunscreen juga kalau pakai acid toner.

  • April Hamsa

    Jd pegen mraktekin. Coba kuceklist ah skincare yg blm aku punya. Emang usia2 30an ke atas kudu makin rajin merawat kesehatan kulit, khususnya kulit wajah. Kalau pori2 wajah mengencil jg mencegah jerawat ya 😀 Cuma ya kudu telaten dan disiplin makainya yaa

  • Syarifani Mulyana

    Selama ini belum pernah pake toner, buat bersihin wajah pake facial foam, micellar water, exfoliating gel.
    Sepertinya harus nambahin beli toner deh, biar pori mengecil & ga gampang komedoan.
    Yang sering kelupaan pake masker, padahal maskeran disambi ngerjain apa-apa itu bisa banget.

  • Ainhy Edelweiss

    Kalau soal toner nih saya termasuk masih jarang aplikasinya tapi ternyata gak boleh dianggap enteng yah mba, duhh kudu lebih memerhatikan perawatan kecsnrikan nih

  • Fanny F Nila

    aku juga rutin pakai yg toner untuk mengecilkan pori2, tapi jgn ada kandungan AHA BHA, krn aku alergi itu.. trus pakai masker seminggu sekali… asal rutin, pori2 wajah bisa mengcil kok.. tapi juga ditambah dengan skin care seperti serum dan moisturizer yg sesuai 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *