kelas online, bimbel online
BBC,  parenting,  self improvement

5 Cara Belajar yang Menyenangkan di Rumah Selama Pandemi

Tahun ajaran baru akan segera dimulai namun kegiatan belajar mengajar (KBM) masih dilakukan secara online. Nah, gimana nih Buibuk masih sanggup kan melanjutkan pendampingan untuk anak dari rumah?

Tak mudah memang, apalagi untuk anak-anak usia Sekolah Dasar, mereka cenderung mudah bosan saat harus mengerjakan tugas satu per satu dari gurunya melalui smartphone. Mungkin karena belum terbiasa ya jadi rasanya lebih repot. Nah, setelah mengamati pola belajar ponakan ku selama 3 bulan ini, kali ini saya mau share cara belajar anak yang menyenangkan selama di rumah.

1. Memilih ruang yang nyaman untuk belajar

Apakah Ibu sudah menyediakan satu ruangan khusus untuk anak belajar selama di rumah aja? Beberapa orangtua murid yang saya tanya, ternyata kebanyakan mereka membebaskan anak belajar dimana pun, semau mereka, termasuk di kamar tidur. Padahal belajar di kamar tidur dianggap kurang kondusif, terlebih jika anak-anak dibiarkan belajar diatas kasur. Hmm, yang ada ngantuk terus, Bu.

Coba deh, berikan satu ruangan untuk melakukan aktifitas belajar dan bekerja bersama. Misalnya, ruang keluarga dimana orangtua bisa menyelesaikan pekerjaannya selama WFH, begitu pula anak-anak bisa belajar disana dengan pengawasan dan pendampingan orangtua. Tak lupa, sediakan perlengkapan yang akan ia butuhkan seperti buku, alat tulis dan lainnya supaya tidak perlu bolak-balik mengambil perlengkapan yang dibutuhkan.

belajar menyenangkan, bimbingan belajar onliine, kursus online

2. Hindari Distraksi

Setelah memilih satu ruangan untuk belajar dan bekerja bersama. Pastikan ruangan tersebut nyaman dan aman dari gangguan ya, Bu. Misalnya, aman dari lalu lalang orang lewat atau bising kendaraan dari luar rumah. Distraksi juga termasuk gangguan Televisi dan gadget. Berikan edukasi kepada anak, meskipun belajar di rumah menggunakan smartphone, tapi bukan berarti boleh nyuri-nyuri mengakses social media ya.

.

3. Pilih Waktu Belajar yang Tepat

Tentukan waktu belajar yang tepat untuk anak diluar jam absen sekolah ya. Biasanya, sekolah memberikan ketentuan waktu untuk hadir secara online hingga jam berapa akan berakhir, meskipun hanya hadir di Whatsapp Group. Berikan anak waktu istirahat dan tidur siang agar lebih fresh. Dan, pastikan anak sudah siap untuk belajar pada waktu yang sudah disepakati. Misalnya sore hari, untuk mengerjakan tugas atau sekedar membaca buku setiap harinya.

Baca juga : BBPLK Bekasi Ciptakan Film Animasi Karya Anak Bangsa

.

4. Pembiasaan dan Penerapan Lifeskill

Belajar di rumah sebenarnya jadi momen berharga untuk orangtua dan anak. Dimana, orangtua bisa mengajarkan banyak hal yang bersifat pembiasaan dan penerapan kecakapan hidup atau life skill. Temanya sendiri bisa melibatkan aktifitas di rumah, anak-anak terlibat dalam aktifitas yang dilakukan orangtua sehari-hari seperti membersihkan rumah, berkebun, merapikan tempat tidur atau bahkan memasak.

Untuk lifeskill, orangtua bisa mencari ide dari internet dan Youtube, kira-kira kreasi apa yang akan dibuat dengan perlengkapan yang ada di rumah. Yang penting, kita siap dan mau dulu nih untuk repot sedikit. Tapi asli deh, seru kok! Sambil mengenang saat ia masih balita dulu, yang masih nempel terus dengan ibunya, sekarang sudah besar, sudah menolak dipeluk depan teman-temannya. Jadi, bisa dibilang aktifitas seperti ini bisa merekatkan bonding antara anak dan orangtua.

belajar menyenangkan, bimbingan belajar onliine, kursus online

5. Manfaatkan Teknologi

Jaman sekarang semuanya serba tersedia dengan bantuan teknologi. Jika permasalahannya terletak pada kita sebagai orangtua yang tidak ada basic ilmu Pendidikan sama sekali, wajar ya kalau bingung mau mulai dari mana saat membersamai anak belajar. Paling ya membantunya mengerjakan tugas dari sekolah, itu saja. Ngga tau deh cari ide apa untuk membuat satu aktifitas seru untuk si kecil. Ya, kalau seminggu atau dua minggu sih OK, siap angkat senjata! Tapi ini berbulan-bulan ya Bu, selain angkat suara, bisa angkat kaki nih lama-lama hehe.

Jangan khawatir, manfaatkan teknologi dan segudang manfaatnya. Sediakan media pembelajaran untuk mendukung proses belajarnya lebih optimal selama di rumah. Salah satunya melalui bimbingan belajar online yang dapat membantu anak juga orangtua sekaligus.

kelas online, bimbel online

 

.

Kelas Pintar, Bimbingan Belajar Online Terpadu

Salah satu bimbingan belajar online terpadu yang bisa Ibu percaya yaitu Kelas Pintar. Sesuai dengan namanya, Kelas Pintar ini disebut sebagai solusi belajar online dengan metode kekinian sehingga mampu meningkatkan minat belajar dan pemahaman anak.

Jadi, kalau bimbel pada umumnya hanya melibatkan guru dan siswa, lain hal dengan Kelas Pintar. Disini, semua pihak terlibat mulai dari guru, siswa hingga orangtua dapat saling terintegrasi. Lantaran Kelas Pintar memiliki fitur merekam proses belajar sebagai bahan evaluasi bagi guru, orangtua dan sekolah untuk mengenali karakter, potensi dan tantangan yang dihadapi siswa.

Untuk orangtua. Jadi, kita nih sebagai orangtua tidak hanya complain saat anak mendapat nilai kecil saja, tapi coba kenali potensi dan gaya belajarnya juga. Adakah yang keliru atau perlu distimulasi lebih lagi. Dengan Kelas Pintar, orangtua bisa memantau proses belajar anak, jadwal belajar, mengundang mentor hingga melihat rapor anak kapan pun dan dimana pun.

bimbinan belajar online

.

Keunggulan Kelas Pintar

Pertama, Kelas Pintar memberikan solusi belajar digital yang dapat diakses dimanapun dan kapan pun melalui smartphone, tablet dan computer. Bahkan, dengan fitur belajar digital 360Âș memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi guru, siswa dan orangtua.

Kedua, layaknya proses KBM di sekolah, di Kelas Pintar pun guru dapat menjelaskan materi dengan jelas dengan bantuan papan tulis virtual dan berbagai layar (share screen) selama proses KMB berlangsung. Sehingga anak-anak tidak bingung dan tidak mengantuk jika sekedar mendengarkan saja.

Ketiga, memiliki 3 metode belajar yang efektif, yaitu:

  • Materi disampaikan secara menyeluruh melalui format audio-visual, video animasi dan buku pelajaran elektronik (e-book) sehingga dapat menarik minat belajar anak.
  • Penguatan konsep melalui soal latihan yang diberikan bervariasi seperti HOTS (Higher Order Thinking Skill), tanya jawab dan VBQ (Value Based Question) dimana anak bisa lebih terbuka wawasannya.
  • Adanya evaluasi proses belajar melalui serangkaian tes, seperti tes adaptif, soal pilihan ganda dan essay.

Keempat, dengan fitur yang dimiliki Kelas Pintar membuat proses belajar mengajar lebih optimal dan menyenangkan sebab didukung oleh:

  • Adanya akses tak terbatas ke puluhan ribu materi pembelajaran dan soal latihan untuk SD hingga SMA.
  • Adanya group diskusi murid dengan guru dalam satu aplikasi sehingga bisa melakukan konsultasi jika ada yang kurang dipahami.
  • Menggunakan pendekatan belajar personalisasi dimana metode ini akan berbeda dari satu siswa dengan yang lainnya.
  • Tersedia beragam pilihan modul untuk menunjang proses KBM.

kelas online, bimbel online

.

Kesimpulan

Proses belajar anak di rumah akan semakin menyenangkan dengan pengalaman belajar yang berbeda dari Kelas Pintar. Fiturnya juga beragam, bisa diakses oleh orangtua, murid, guru bahkan sekolah. Aktifitasnya mencakup semua aspek KBM, seperti penyampaian materi, tanya-jawab, penguatan konsep, latihan hingga ujian dan menerima rapor. Persis layaknya di sekolah, katakanlah Kelas Pintar ini membawa guru dan sekolah ke rumah dengan mudah. Jadi gimana, sudah siap mengubah pola belajar anak di rumah?

Baca juga : Persiapan Menuju Danone Blogger Academy 2019

26 Comments

  • Rach Alida

    Sepakat banget untuk belajar selama pandemi ini mba harus ruangannya nyaman dan bersih sih mba. Aku juga ingin belanja online buat anak mba. Apalagi di kondisi seperti sekarang ya

  • Mei Daema

    aku kesulitan kalau udah kedistraks mba Chi, pasti mau mulai lagi itu bakal lama, fokusnya mulai hilang keganggu gitu hehehe. Nyari lagi semangat sama fokusnya butuh berjam-jam bahkan berhari-hari heheeh

  • nchie hanie

    Ada lagi kelas pintar ini, makin ga ada alasan lagi malas belajar dan gaptek ya buat buibu. Asik nih, para ortu bisa akses juga ya Chie, jadi bisa mantau .
    Emang, jaman now seba canggih , masa pandemic tetep harus produktif di rumah , kuy!

    • Cilya

      Selama masa pandemi kemarin, banyak kelas online yg aku ikutin nih mba . Tips nomor satu penting banget utk menjaga konsentrasi
      Anak aku sempat aku daftarin di Kelas Pintar tapi malah ngga mau ikut anaknya

      • Yuni Handono

        Kelas Pintar sangat recommended ya mbak bisa membantu anak-anak belajar secara online selama pndemi ini. Memang peran ibu disini sangat dibutuhkan saat mendampingi belajar anak. Dan ruangan yang nyaman menjadi salah satu kuncinya. Pandemi memang belum berakhir namun jangan sampai proses belajar anak juga berakhir ya….di rumah masih bisa belajar maksimal dengan cara yang tepat.

      • Rahmah

        Wah ini juga kemarin diinfo teman buat anakku katanya cocok
        Tapi anakku baru TK.B sih meski kalau dilihat sudah selevel SD Kelas 1 kemampuannya
        Stalking Kelas Pintar ah

  • Demia

    pemilihan waktu itu buat aku ngaruh banget emang, kalo mau nulis blog juga kudu banget nunggu waktu yang nggak berisik dan pas mood lagi bagus hihihi, biar enak dan nyaman hehe

    • Mechta

      Nah, pas bener nih tips-tipsnya untuk masa pandemi begini. Terima kasih sdh berbagi tips ini ya mba.. insya Allah bermanfaat bagi saya dan pembaca lainnya..

    • Uniek Kaswarganti

      Setuju banget dengan pendapat Demia. Kita yang orang dewasa aja butuh waktu khusus untuk ngeblog, pake mikir kan ya itu soalnya. Apalagi anak-anak ya. Belajar pun harus tenang kondisinya agar tidak terpecah konsentrasinya.

  • Tetty Hermawati

    masa SFH ini emang bikin ibu2 jadi makin kreatif buat dampingi anak belajar di rumah, tapi emang sih tetep ada suka dukanya, dan wajib ada tools yang bisa bantu buat cari sumber belajar

  • Indah Nuria

    Anak – anakku sudah biasa dengan pembelajaran berbasis daring mba tapi memng butuh penyesuaian, terutama untuk konsentrasinya. Tapi aku terbayang di daerah 3T bagaimana ya dengan isu koneksi dan kelengkapan gawai?

  • Grandys Mawarni

    skrg memang teknologi udah membantu siapapun untuk bisa terus maju ya teh, tinggal kemauan dan konsisten aja hehe. Apalagi kelas pintar ini mudah digunakan oleh anak-anak untuk belajar selama masa pendemi

  • lendyagasshi

    Kelas Pintar mengadopsi cara belajar anak zaman sekarang yaa…
    Ya sudahlah ada pandemi, harus belajar secara online pula.
    Jadi makin happy belajar jarak jauh begini.

    • lendyagasshi

      Habis baca tulisan kak Ci, aku langsung keidean buat menata ulang meja belajar anak-anak.
      Mumpung pembelajaran aktif belum dimulai.
      Semoga makin semangat dalam belajar.

  • Uniek Kaswarganti

    Boleh juga nih ya menggunakan kelaspintar sebagai sarana belajar anak. Selama di rumah aja udah ketinggalan banyak pelajaran kayaknya karena pembelajaran yang diberikan dari sekolah secara online juga hanya sekadarnya.

    Kelaspintar ini berbayarkah Ci?

  • Laksmipaopao

    Yang menarik dari kelas online yang pernah aku ketahui, mereka punya motode yang menarik bagi anak-anak untuk belajar.
    Selain itu menambah kegiatan positif selama liburan dirumah saja seperti sekarang ya..

  • Elly Nurul

    Kelas pintar ini free apa berbayar ka? banyak banget ya manfaat yang didapat dari kelas pintar ini.. jadi ngga ada lagi alesan ngga ada medianya untuk bisa belajar ya… orangtua maupun anak anak bisa belajar dari kelas pintar ini

  • Lidya

    Noted ah aku lagi cari juga nih tempat belajar online gini buat anak-anak, maklumlah sekolahnya kan belum tatap muka jadi harus cari tamabahan pelajaran. Nanti aku pelajari kelas pintarnya

  • Dawiah

    Masa pandemi ini mengharuskan kita memilih alternatif yang cerdas, belajar secara daring. Untungnya teknologi sudah menunjang hal itu. Jadi belajar di manapun sekarang bisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *