my self, my self printable, free printable, free worksheet my self
BBC,  Printable

Printable My Self untuk Seminggu Belajar di Rumah

Hallo Bu, apakah sudah memiliki ide kegiatan di rumah bersama si kecil untuk bulan Agustus ini? Jika belum yuk kita mengulang kegiatan dengan tema yang sama namun jenis kegiatan dan latihannya berbeda.

Dibawah ini saya telah membuat printable dengan tema My Self atau Diriku dengan total ada 11 halaman atau 11 kegiatan. Ibu dapat membaginya untuk kegiatan satu minggu dan tentunya tidak terbatas pada printable atau worksheet yang ada disini saja ya melainkan Ibu bisa mengelaborasi sesuai kebutuhan anak. Berikut detail kegiatannya ya:

my self, my self printable, free printable, free worksheet my self

1. Tentang Saya. Untuk anak usia 3-4 tahun, cukuplah anak mengenal nama, usia dan hobinya. Kita bisa memberikan pandangan tentang hobi itu apa. Sementara untuk anak usia 4-6 tahun, diharapkan anak sudah bisa menuliskan namanya sendiri dan mengisi kolom yang tersedia pada worksheet. Termasuk hal yang ia sukai dan nama orang tuanya.

2. Berhitung. Untuk anak usia 3-4 tahun, Ibu bisa memberikan kegiatan pra-matematika seperti menyusun dari yang terkecil hingga terbesar. Namun untuk anak yang sudah lancar berhitung, Ibu bisa memberikan latihan penjumlahan pada lembar kerja. Bisa dengan bantuan manik-manik atau alat hitung manual lainnya.

3. Sebelum dan Setelah. Kegiatan ini termasuk penguatan matematika dasar. Dalam Montessori, anak harus memahami urutan angka. Berbeda dengan Alfabet yang boleh dihafal secara acak. Namun untuk angka, tidak boleh ya Bu, wajib berurutan. leh sebab itu kegiatan “Sebelum dan Setelah” ini membantu penguatan anak dalam bilangan dan angka.

4. Lebih besar, kecil dan sama dengan. Masih dalam kegiatan Matematika dasar. Siapkan manik-manik, kancing, batu, pompom, atau objek apapun yang ada di rumah. Ajak anak berhitung dan menentukan mana yang lebih banyak, lebih sedikit atau sama jumlahnya. Untuk kegiatan Matematika, bisa dipilih atau boleh juga diberikan semua dalam waktu yang berbeda.

5. Mengisi lingkaran yang kosong. Agar anak lebih bersemangat, Ibu bisa menyetel musik atau lagu favoritnya sambil mengerjakan kegiatan yang satu ini. Kegiatan ini bisa dilakukan kapan saja untuk mengisi aktivitas anak, boleh sore atau malam hari.

6. Dot to Dot. Anak-anak biasanya sangat menyukai kegiatan menggambar dan mewarnai. Oleh sebab itu, saya membuat kegiatan menggambar dengan menghubungkan satu titik dengan titik lainnya hingga membentuk sebuah objek. Manfaat kegiatan ini tentu saja untuk penguatan Matematika, termasuk kegiatan pre-writing untuk menguatkan otot jari dan tangan.

7. Identifikasi jenis kelamin. Ajak anak-anak mengidentifikasi wajah anak laki-laki dan perempuan. Lalu berikan ruang untuk mereka mengeksplorasi dan melengkapi gambar kepala pada lembar kerja.

8. Pop Art Coloring. Saatnya mengajak anak melakukan kegiatan art and craft. Kegiatan ini masuk kedalam area Practical Life dalam Montessori. Selamat berkreasi! Untuk detail pembuatannya bisa cek disini.

9. Dimanakah Aku Tinggal? Dalam Montessori, kegiatan ini termasuk kedalam area culture, khususnya geografi. Jangan memberikan hal yang sulit untuk anak tapi jangan meragukan kemampuan anak .Wah, masa anak umur 4 tahun diajak mengenal peta!

Tenaaang… kegiatan ini sangat menyenangkan kok. Berikan edukasi untuk anak dimana kah ia tinggal, lalu kalau di peta kota tersebut ada di sebelah mana ya. Berikutnya, dibagian bawah ada peta buta berwarna hijau, ajak anak menggambarnya dengan pasir, garam atau rautan pensil. Pertama, bubuhi dulu dengan lem sesuai pola, lalu taburkan pasir, garam atau rautan pensil. Dan beri tahu anak masing-masing nama pulau besar di Indonesia. Cek disini untuk detailnya.

10. Mencari perbedaan. Kegiatan ini membantu melatih visual discrimination anak, melatih fokus dan konsentrasi anak serta belajar bekerja dengan lebih teliti. Ada beberapa anak yang menyerah namun ada juga yang bersemangat. Tidak apa-apa ya bu, kita bisa berikan kegiatan ini dihari berikutnya. So, Ibu bisa melaminating atau memberikan alas plastik transparan sehingga tidak rusak atau robek.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba kegiatan ini untuk satu minggu kedepan. Silahkan download printable My Self disini. Untuk galeri permainan edukatif untuk anak di rumah bisa cek @joyfulparenting .

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *