event,  self improvement

Anak Binaan BBPLK Bekasi hasilkan Film Animasi Karya Anak Bangsa, Nano Millenial Force

Pernah gak sih kalian bingung mau kerja apa setelah lulus sekolah nanti? Atau merasa gak percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki?

Jangankan lulus SMA/SMK, yang lulusan sarjana saja kadang galau mau kerja apa nanti. Oleh sebab itu, gak sedikit diantara kita yang akhirnya banting stir. Gak peduli lulusan apa, yang penting kerja dulu deh. Bagi lulusan SMA/SMK yang kurang mampu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi menyerahkan diri menjadi buruh pabrik kontrak.

Padahal anak-anak muda yang memiliki kondisi fisik yang sehat, semangat tinggi dan waktu luang yang banyak adalah asset bagi masa depan dirinya dan negara. Jika diberikan edukasi dan pelatihan secara optimal, mereka mampu berkompeten dan berprestasi. Gak percaya? Contohnya adalah “Nano Millenial Force”, film animasi karya anak bangsa yang diciptakan oleh anak-anak binaan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBLPK) Bekasi.

animasi karya anak bangsa, nano millenial force, bbplk bekasi, kemnaker, kementrian ketenagakerjaan

Kalian mau gak mengikuti pelatihan secara eksklusif setiap hari, di ruangan khusus dengan perlengkapan modern, plus diberikan uang saku pula? Yuk, saya perkenalkan salah satu program Kementrian Ketenagakerjaan yang sudah berjalan di BBPLK Bekasi.

 

Program Pelatihan Movie Animator, Belajar GRATIS di Kelas Modern Bersama BBLPK Bekasi

Pada tanggal 16 November 2018, Bapak Muhammad Hanid Dhakiri selaku Menteri Ketenagakerjaan RI menyampaikan dalam sambutannya bahwa pemerintah dalam hal ini Kemnaker terus konsisten dan menaruh perhatian yang sangat besar terhadap pembinaan dan pengembangan SDM khususnya menyiapkan SDM yang kompeten dan berdaya saing.

Salah satu program yang sudah berjalan yaitu pelatihan Movie Animator di BBPLK Bekasi. Program seperti ini dimiliki oleh setiap BBPLK di wilayah lainnya, hanya saja bidang yang dilatih berbeda-beda seperti menjahit, perhotelan dan lain sebagainya. Khusus untuk program pelatihan yang dilakukan oleh BBPLK Bekasi langsung dibawah naungan Kemnaker.

animasi karya anak bangsa, nano millenial force, bbplk bekasi, kemnaker, kementrian ketenagakerjaan

Program BBLPK Bekasi layaknya kita mengambil kursus bahkan kuliah. Disini kita akan belajar dan berlatih sesuai dengan jadwal hingga menciptakan sebuah karya diakhir pelatihan. Bedanya, ketika kursus apalagi kuliah kita harus mengeluarkan biaya yang gak sedikit. Sementara disini, cukup belajar saja, gak perlu mengeluarkan biaya apapun alias GRATIS.

Buat kalian yang baru lulus SMA/SMK, tidak melanjutkan kuliah dan belum bekerja, saya sangat menganjurkan untuk mengikuti pelatihan ini. Meskipun Gratis, materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan siap mengantarkan kalian ke industri kreatif.

animasi karya anak bangsa, nano millenial force, bbplk bekasi, kemnaker, kementrian ketenagakerjaan

 

Peresmian Creative Room Dan Launching Film Animasi Karya Anak Bangsa “Nano Millenial Force”

Siang itu, Creative Room diresmikan oleh Menteri Ketenagakerjaan beserta jajarannya dan team BBPLK Bekasi. Kami pun melihat tayangan film animasi karya anak bangsa yang berjudul Nano Millenial Force. Film ini adalah karya anak binaan BBLPK Bekasi sebagai tugas akhir pelatihan. Sebanyak 32 anak binaan dari 2 kelas Movie Animator bekerja sama dan berhasil membuat animasi karya anak bangsa dengan pesan moral yang bagus serta gerakan animasi yang halus.

animasi karya anak bangsa, nano millenial force, bbplk bekasi, kemnaker, kementrian ketenagakerjaan

Creative room merupakan sebuah ruang dengan luas 303 meter persegi tempat seluruh peserta pelatihan Movie Animator belajar dan berlatih. Ruangan ini juga dibagi dalam beberapa meja kerja lengkap dengan peripheral yang dibutuhkan seperti komputer misalnya.

Fungsi Creative Room. Creative room memang sengaja dibuat untuk memenuhi keperluan peserta pelatihan seperti memproduksi sebuah animasi karya anak bangsa, melaksanakan pelatihan dengan suasana ruangan yang nyaman dan menyenangkan sehingga mereka mampu menghasilkan sebuah karya animasi anak bangsa yang dapat dipublikaskan dan bernilai jual.

Baca juga : Kacamatan Kesehatan dengan Infra Red Berteknologi Nano

 

Creative Room dibagi 6 ruangan untuk menopang kinerja peserta pelatihan diantaranya:

  • Ruang teater adalah ruangan ditampilkannya pertunjukan film hasil karya peserta pelatihan.
  • Ruang motion capture adalah ruang untuk merekam digital setiap gerakan tokoh yang sudah dibersi sensor pada setiap titik acuan yang diinformasikan ke sebuah system computer khusus menjadi suatu animasi karakter.
  • Ruang dubbing dan editing adalah ruangan tempat pengambilan pengisi suara untuk sebuah video. Ruangan ini juga tempat melakukan proses editing.
  • Ruang produksi adalah ruangan untuk membuat film animasi.
  • Ruang bermain dan pantry.

animasi karya anak bangsa, nano millenial force, bbplk bekasi, kemnaker, kementrian ketenagakerjaan

Nah, berikut ini adalah informasi yang saya dapatkan berdasarkan pertanyaan yang masuk by DM Instagram hari Jumat lalu. Semoga bisa menjawab ya.

Apa sih pelatihan Movie Animator?

Program pelatihan Movie Animator adalah kelas bagi anak-anak binaan BBPLK yang mempelajari soal pembuatan film animasi diantaranya seperti 3D Modelling, 3D Animate, 3D Rigging, Editing & VFX, Storyboarding, Character Design, dan Teaching Factory.

Program pelatihan Movie Animator merupakan salah satu usaha yang diciptakan pemerintah bagi generasi muda yang memiliki minat dan bakat seputar animasi untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan dalam wadah pelatihan. Mengingat bahwa masih sulitnya industri kreatif mendapatkan tenaga kerja yang berkompeten pada bidang ini. Sehingga program pelatihan yang dilakukan BBPLK Bekasi diharapkan dapat mencetak para animator dan calon animator yang dapat terserap ke industry dengan bekerja di studio maupun perusahaan bidang animasi.

animasi karya anak bangsa, nano millenial force, bbplk bekasi, kemnaker, kementrian ketenagakerjaan

Siapa saja yang boleh mengikuti program pelatihan Movie Animator?

Program pelatihan ini memang menyasar anak-anak muda yangkreatif, berbakat dan memiliki minat bidan animasi. Namun semua warga negara Indonesia dari semua lulusan tetap boleh mengikuti program ini. Dengan syarat usia minimal 18 tahun. Mulai dari tamatan SMP, SMA Perguruan Tinggi bahkan pensiunan sekalipun bisa mengikuti pelatihan Movie Animator yang kemudian disebut sebagai anak binaan BBPLK wilayah Bekasi.

 

Berlaku untuk yang berdomisili Bekasi saja kah?

Menariknya adalah program pelatihan Movie Animator ini boleh diikuti oleh semua orang diseluruh penjuru negeri, gak cuma untuk warga Bekasi saja. BBPLK Bekasi juga memiliki program boarding dan non boarding. Untuk anak binaan diluar wilayah Bekasi, misalnya asal Kalimantan, bisa tinggal di asrama yang sudah tersedia. Sementara bagi mereka yang masih bisa menjangkau lokasi setiap hari (Pulang-Pergi) bisa mengikuti kelas non boarding. So, peluang buat kalian yang ada di daerah lain terbuka lebar ya.

 

Bagaimana cara mendaftar untuk mengikuti program ini?

Kalian cukup mendaftar melalui website BBPLK Bekasi. Untuk mendapatkan update informasi waktu pendaftarannya, follow akun social media BBPLK Bekasi baik facebook dan instagramnya karena mereka selalu meng-update informasi seputar pendaftaran peserta pelatihan.

 

Apa saja syarat untuk menjadi anak binaan BBPLK Bekasi program Movie Animator?

Tidak ada syarat khusus. Secara kemampuan, kalian cukup memiliki kemampuan menggambar dasar. Untuk kemampuan pengembangan menggunakan komputer akan dibimbing saat pelatihan jadi jangan putus asa karena belum mahir mengoperasikan komputer ya. Daftar aja dulu!

 

Kapan dan berapa lama waktu pelatihan?

Program pelatihan yang dilakukan BBPLK Bekasi ini sama seperti les, kursus atau bahkan kuliah diploma. Setiap peserta wajib hadir dan mengikuti kelas mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore, setiap hari Senin sampai Jumat. Lama waktu pelatihannya berbeda-beda setiap bisdang, ada yang 1,5 bulan, 2 bulan hingga 6 bulan. Khusus untuk program Movie Animator lama pelatihannya yaitu sampai 6 bulan.

 

Apa aja sih yang dipelajari pada program pelatihan Movie Animator?

Program pelatihan ini memang diselenggarakan supaya anak-anak muda ini siap terjun langsung dalam indsutri kreatif. Untuk memenuhi kebutuhan industri tersebut, BBPLK Bekasi melaksanakan pelatihan Movie Animator antara lain 3D Modelling, 3D Animate, 3D Rigging, Editing & VFX, Storyboarding, Character Design, dan Teaching Factory.

Kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum SKKNI yang merupakan standar kurikulum pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. Tenaga pengajar yang terjun langsung membina peserta pelatihan yaitu dari BLK Bekasi dan pihak perusahaan yang didatangkan langsung oleh pemerintah.

 

Apa yang didapatkan anak binaan selama dan setelah mengikuti pelatihan?

Selama mengikuti pelatihan, anak-anak binaan akan mendapatkan fasilitas seragam, modul pelatihan, belajar dan berlatih dengan alat-alat yang lengkap dan modern.

Setelah selesai mengikuti pelatihan, mereka akan mendapatkan 2 sertifikat yaitu sertifikat dari BLK dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang dapat digunakan saat melamar pekerjaan dan memasuki perguruan tinggi. Bahkan, mereka juga akan diberikan uang saku dari pemerintah lho.

 

Apakah peserta yang sudah lulus bisa mengikuti kelas lagi?

Tidak berlaku dalam waktu yang berdekatan, tujuannya supaya program ini juga dapat diikuti oleh masyarakat yang lain. Peserta yang telah lulus dapat mengikuti kelas kembali minimal 1 tahun berikutnya.
Kesimpulannya, program ini terbuka untuk siapapun yang memiliki tekad kuat untuk belajar dan berlatih sesuai dengan bidang yang diambil. Disini juga gak cuma ada pelatihan Movie Animator tapi ada bidang lainnya seperti pelatihan perhotelan, barista dan lainnya.

Dari sekian banyak pilihan yang baik dalam hidup kita, selalu ada opsi terbaik yang bisa kita pilih. Daripada berpangku tangan dan menyerah pada takdir, yuk upgrade kemampuan kita demi masa depan yang lebih baik.

Website : www.blkbekasi.kemnaker.go.id

Facebook: BLK Bekasi Kemnaker RI

Instagram: BLK Bekasi Kemnaker RI

animasi karya anak bangsa, nano millenial force, bbplk bekasi, kemnaker, kementrian ketenagakerjaan

animasi karya anak bangsa, animasi karya anak bangsa, animasi karya anak bangsa, animasi karya anak bangsa, animasi karya anak bangsa, animasi karya anak bangsa, animasi karya anak bangsa, animasi karya anak bangsa, 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *