penyebab dehidrasi
Blogging,  Family,  self improvement

Persiapan Menuju Danone Blogger Academy Batch 2019

Gimana sih caranya menjadi seorang Blogger? Caranya ya dengan banyak membaca dan sering menulis, jawaban itu yang sering saya dapatkan. Tapi pada kenyataannya, menjadi seorang Blogger itu gak sekedar banyak baca dan menulis saja, ada banyak keterampilan yang harus kita kuasai untuk menopang tulisan kita. Misalnya teknik photography, yang standar aja dulu deh, misalnya gambar tidak blur, bisa mengatur posisi objek supaya informasi tersampaikan.

Setahun berjalan, udah mulai lancar mencari ide untuk bahan tulisan. Sejujurnya, untuk bahan atau ide penulisan tuh gak perlu dicari kadang mereka datang dengan sendirinya melalui apa yang kita lihat, dengar bahkan kita alami. Yang sulit itu, mencari data dan fakta yang akurat sehingga tulisan yang kita sajikan untuk pembaca tidak simpang siur.

Kemudian ada masalah baru yang sangat mengganjal yakni gaya bahasa dan tulisan. Saya sempat dikritik oleh rekan blogger lain dimana tulisannya saya katanya terlalu formal bahasanya. Sementara Blogger itu mestinya lebih luwes karena targetnya untuk masyarakat luas bahkan masyarakat menengah ke bawah. Galau? Sudah tentu. Mengubah gaya bahasa itu tidak mudah, Ferguso… Jadi, saya sering berkunjung ke blog teman-teman lain untuk mempelajari gaya bahasa mereka. Tapi mohon map, saya jarang meninggalkan komentar, hanya membaca artikelnya saja.

Lalu, saya pun berkenalan dengan SEO dan SEM. Salah satu teknik yang menurut saya harus dikuasai oleh seorang Blogger supaya bisa lebih optimal di mesin pencarian baik itu Google, Yahoo, Bing dan lainnya. Memang butuh proses dan trial error. Apalagi ngga ada guru SEO yang benar dan yang salah. Setiap guru punya pandangan dan caranya masing-masing yang sudah pasti berbeda. Tinggal kitanya aja mau menerapkan yang mana.

Bersyukur banget, Alhamdulilah tahun ini bisa bergabung bersama rekan-rekan Blogger di Danone Blogger Academy Batch 3. Meski agak berat sebenarnya karena diselenggarakan di Bali, so I left my kid at home. Tapi, kesempatan tidak datang 3 kali ya, saat Batch Pertama saya harus cancel karena belum bisa cuti kerja. Jadi kesempatan kali ini, tidak saya sia-siakan lagi. Dan, suami pun memberikan ijin (tumben banget), so saya makin semangat menimba ilmu disana.

Setelah dikirim brief, happy banget pas tau kalau narasumbernya memang expert. Apalagi kali ini ada Kak Kaden Arini, Influencer yang konten foto dan videonya kece banget. Pas kan sesuai dengan passion saya, jadi nanti saya bisa tanya-tanya nih dibalik keistimewaan fotonya tersebut.

Anyway, sebelum berangkat ke Bali, semua peserta DBA Batch 3 diberikan tugas. Jadi, kami semua harus menulis satu artikel dengan topik bebas namun related dengan Video yang disajikan. Saya menulis tentang penggunaan air bersih. Dengan latar belakang, keprihatinan saya tentang kurangnya awareness masyarakat akan penggunaan air bersih. Intinya, saya sedih karena dibeberapa wilayah, sumber air menjadi langka akibat kemarau panjang. Sementara, di wilayah lain malah tidak bisa bijaksana menggunakar air bersih.

Doakan saya ya semoga, bisa menjalankan tugas dengan baik, bisa belajar banyak dan menyebarkan ilmunya ke semua orang. Dan yang pasti, saya harus mendapatkan jawaban dari kegalauan saya selama ini. Seperti apa sih Blogger yang baik dan benar itu? Apakah yang artikelnya muncul di halaman muda? Atau yang ramai pengunjungnya? Atau yang memiliki value untuk masyarakat? Tunggu jawabannya ya.

0
Your Cart is empty!

It looks like you haven't added any items to your cart yet.

Browse Products
Powered Voltage Emoji by Caddy