product review,  tips & trick

CARA MEMASAK KETUPAT PRAKTIS, K-TUPAT MINI ANTI GAGAL

Cara memasak ketupat praktis itu idaman Parenials jaman sekarang yang cenderung menyukai hal-hal praktis. Jika bisa, semua bisa disulap dengan sekali tekan tombol saja. Order online misalnya. Tapi, terkadang ada rasa penasaran ingin mencoba hal-hal baru. Terutama saat lebaran dan gak mudik. Rindu kampung halaman sedikitnya bisa terobati dengan makanan khas lebaran yang biasa dihidangkan di rumah orangtua. Makan di luar sih udah biasa ya. Jadi, tahun lalu saya sempat nekat nih memasak ketupat praktis sendiri. Niat sih udah mantap, tapi bingung harus mulai darimana. Berikut ini kesulitan yang sering Parenials temukan saat hendak memasak ketupat praktis ala rumahan.

Sulit membuat kerangka ketupat sendiri

Duh, ini nih masalahnya. Dari jaman dulu belajar membuat urung ketupat atau kerangka ketupat selalu gagal. Si Emak tiap tahun ngajarin sampe bosannya sendiri karena gagal terus.

Kerangka ketupat dibuat dari daun kelapa. Biasanya masyarakat memilih daun kelapa yang masih muda karena teksturnya yang masih halus dan lentur sehingga mudah dibentuk dan dianyam.

Namun, membuat kerangka ketupat tak semudah yang dilihat. Dilipat, ditarik, dibelok, dan buyar. Ah, nyerah deh, akhirnya saya mencari solusi lain. Solusinya, beli kerangka ketupat yang sudah jadi di pasar tradisional. Harganya murah, sekitar 1500-3000an per kerangkanya.

Tidak tau takaran

Setelah kerangka ketupat ada di rumah. Kemudian saya segera mencuci beras untuk bahan ketupat lebaran. Namun, saya tidak tau takaran beras yang pas untuk membuat ketupat yang pulen, penuh dan tidak lembek. Karena diisi berdasarkan feeling akhirnya ada yang terlalu kembung karena kepenuhan, ada juga yang lembek karena kurang terisi.

Nah, dibawah ini ada tips membuat ketupat praktis anti gagal untuk Moms yang baru akan mencoba memasak ketupat lebaran.

 

Tips Memasak Ketupat Anti Gagal

  • Dimulai dari memilih kerangka ketupat. Pilih kerangka yang terbuat dari daun kelapa muda dan masih hijau serta bersih. Kerangka ketupat yang kotor dapat membuat ketupat cepat basi.
  • Pilih beras yang pulen. Beras pulen biasanya lebih mengembang dibandingkan beras biasa. So, cukup isi sekitar 2/3 nya saja agar tidak terlalu keras dan kerangka jadi pecah karena kepenuhan isinya.
  • Pastikan takaran air pas saat merebus ketupas. Ketupat harus terendam air secara penuh agar matang secara maksimal. Moms bisa mengecek secara berkala takaran air saat merebus ketupat. Jika air sudah menyusut sementara ketupat masih belum matang, Moms bisa tambahkan air kembali.
  • Simpan di tempat yang kering. Setelah ketupat matang, simpanlah ditempat yang kering dan bersih. Biasanya saya menggantung ketupat di meja makan daripada menyimpannya dengan cara ditumpuk.

cara memasak ketupat praktis, enak dan cepat dengan K-Tupat K-Link

Bahan Dasar Membuat Ketupat Lebaran

Tidak ada bahan tambahan lain yang sulit ditemukan saat memasak ketupat. Moms hanya membutuhkan beras, air, sedikit garam dan anyaman ketupat.

Cara Memasak Ketupat Praktis

  1. Cucilah beras dengan air mengalir.
  2. Rendam beras yang sudah bersih dengan air baru yang sudah dibubuhi garam selama 15-30 menit.
  3. Tiriskan beras. Beras harus dalam keadaan kering saat akan dimasukan kedalam anyaman ketupat. Dan, pastikan tangan Moms bersih saat memasukan beras kedalam anyaman ketupat.
    Siapkan air di dalam panci dan biarkan mendidih.
  4. Masukan ketupat yang sudah terisi beras kedalam air rebusan.
  5. Pastikan seluruh badan ketupat terendam air.
  6. Rebus ketupat selama 4-5 jam.

 

Gimana Moms, sudah terbayang ngga gimana cara memasak ketupat praktis untuk lebaran nanti? Untuk Moms yang masih bingung, selain ada 2 solusi yang sudah saya suguhkan diatas. Saya punya solusi jitu cara memasak ketupat praktis anti gagal untuk Lebaran yaitu dengan memasak K-tupat Mini dari K-Link.


PAT PAT K-TUPAT MINI DARI K-LINK

SOLUSI KETUPAT ANTI GAGAL

K-Tupat Mini jadi solusi banget untuk saya yang gak mau repot dan bingung dengan takaran. Bayangkan saja, saya harus nungguin rebusan ketupat selama 4 jam. Ditinggal pun rasanya was-was. Takut kekeringan dan gosong panci di rumah. Dengan Pat Pat K-Tupat Mini, saya tak perlu lagi repot dengan takaran air dan berasnya. Sebab tinggal rebus saja. Kelebihan Pat Pat K-Tupat lainnya yaitu bisa dimasak di Magic Com lho Moms.

Satu dus K-Tupat K-Link berisi 20 bungkus K-Tupat Mini yang sudah terisi beras. Packaging dusnya terbuat dari kertas berwarna hijau. Sementara packaging kantung K-Tupat Mini terbuat dari plastik transparan jadi kita bisa melihat beras didalamnya.

Baca juga : Game Anak Sholeh, Sarana Belajar Pintar Berbasis Pendidikan Islami

Keunggulan Pat Pat K-Tupat Mini K-Link

  1. Praktis.
  2. Sudah mendapatkan sertifikasi Halal MUI.
  3. Telah terdaftar di Dinas Kesehatan.
  4. Plastik kemasan Foodgrade dan BPA Free, sehingga aman saat direbus.
  5. Harga ekonomis.

cara memasak ketupat enak, pulen dan cepat

Cara Memasak Ketupat Praktis, K-Tupat Mini K-Link

  1. Cuci kantung K-Tupat dengan air mengalir.
  2. Siapkan air rebusan ke dalam panci atau Magic Com. Biarkan mendidih dan masukan kantung ketupat kedalamnya.
  3. Pastikan kantung K-Tupat terendam sempurna.
  4. Rebus K-Tupat Mini selama 60-90 menit.
  5. Cek air rebusan secara berkala. Jika air sudah mulai menyusut, tambahkan air rebusan kembali.
  6. Jika K-Tupat sudah mengembang dan matang, angkat dan tiriskan.

Demikianlah cara memasak ketupat praktis tahun ini. K-Tupat Mini K-Link sangat membantu Parenials seperti saya, yang kerepotan mengurus rumah tanpa asisten rumah tangga. K-tupat K-Link cara memasaknya simple, praktis dan anti gagal. Soal rasa, gak perlu ditanya, pulen, empuk dan enak. Apakah Moms memiliki ide lain cara memasak ketupat praktis ala Moms sendiri? Boleh share dibawah ya. Selamat mencoba Moms. K-Tupat nya lebih nikmat disajikan dengan sambal goreng kentang ati pete dan rendang. Yummy. Minal Aidzin Walfa Idzin.

Untuk Moms yang ingin mencoba Pat Pat K-Tupat Mini dari  K-Link bisa mendapatkannya di K-Link Store .  Bisa dipesan secara online dengan menghubungi kontak yang tercantum di wesbitenya. Ada beberapa Marketplace yang sudah menjual produk ini juga. Jadi sangat mudah didapatkan ya Moms. Selamat Mencoba.

2 Comments

  • bella agmia

    Ketupat mini klink emang anti gagal mom, Aku udah coba. Sekel dan padat, hehe. Ini cocok nih buat yang pingin makan Ketupat Tapi gak bisa masaknya atau buat anak kos yg gak sempet masak ribet. BTW pake mejikom lebih irit gas ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *