minum susu saat sahur dan berbuka puasa
event,  health,  Lifestyle,  product review,  tips & trick

Pentingnya Minum Susu Saat Berbuka Puasa dan Sahur, Kin Fresh Milk Susu A2 yang Nyaman dan Aman di Perut

Pentingnya minum susu saat berbuka puasa dan sahur. Alhamdulilah sepuluh hari lebih kita sudah menjalankan ibadah puasa. Tak terasa ya sebentar lagi akan memasuki minggu ketiga. Moms tau gak sih apa yang terjadi pada tubuh saat berpuasa?

Dr. Rizal Alaydrus, M.Sc., seorang Pakar Gizi yang menjadi narasumber pada acara buka Bersama Kin Fresh Milk Kamis lalu (16/5) menjelaskan, pada minggu kedua berpuasa tubuh akan melakukan proses detoksifikasi dan penyembuhan secara alami.

Detoksifikasi yaitu proses dimana racun didalam tubuh akan dibuang melalui kotoran, urine dan keringat. Proses ini baik sekali untuk metabolisme tubuh. Apalagi dibarengi dengan proses penyembuhan secara alami. Aktifitas, gaya hidup kurang sehat dan radikal bebas bisa mempengaruhi kinerja tubuh kita. Beberapa sel dalam tubuh kemungkinan ada yang rusak dan akan teregenerasi saat beristirahat dimalam hari. Selama berpuasa, proses ini akan berlangsung lebih optimal sebab kondisi system pencernaan yang kosong beberapa jam selama 30 hari terbukti membawa dampak baik untuk kesehatan.

minum susu saat sahur dan berbuka puasa

Nah, kalau Moms sendiri memasuki minggu ketiga ini apakah lebih enerjik atau justru lebih lemas? Idealnya, pada minggu ketiga tubuh kita sudah mulai terlatih bahkan tak lagi merasa lapar dan lemas di siang hari.  Tapi jika kita justru merasa lemas, nampaknya ada yang keliru dengan pola istirahat dan pola makannya deh. 

Hal ini juga dibenarkan oleh Mba Astrid Satwika, seorang ibu dengan 2 anak yang tetap produktif dengan aktifitasnya sebagai seorang influencer tak membuatnya loyo saat berpuasa. Sebab ia pandai mengatur waktu istirahat dan selalu mengonsumsi makananan tinggi nutrisi.

minum susu saat sahur dan berbuka puasa

Kita tau dong selama bulan Ramadan, pola tidur kita mengalami perubahan bahkan waktu istirahat malam hari jadi berkurang. Nah, solusinya saya tetap harus menyempatkan waktu untuk tidur siang 1-2 jam supaya badan gak terlalu lelah.

Untuk urusan makan, tahun ini saya benar-benar strick banget nih mulai mengurangi makanan dan minuman tinggi gula dan garam. Kalau tahun lalu kolak, es sirup dan gorengan plus sambalnya wajib ada di meja makan, tahun ini mereka semua absen dulu. Saya lebih memilih berbuka dengan air putih, kurma, buah atau cemilan sehat lainnya. Selang 1-2 jam barulah lanjut makan berat. Serius deh, badan jadi lebih nyaman diajak berpuasa.

.

Pentingnya Minum Susu Saat Berbuka Puasa dan Sahur

Dr. Rizal Alaydrus memaparkan, selama berpuasa, tubuh kita berhenti makan dan minum selama kurang lebih 12-14 jam. Ada kondisi dimana perut benar-benar kosong tanpa makanan sehingga system pencernaan dapat berisitrahat. Hal ini juga ditentukan oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Mie instan menjadi salah satu makanan yang lama diproses sehingga kita akan mudah merasa lapar. Semakin lama makanan diproses dalam saluran pencernaan, maka kita akan semakin cepat merasa lapar.

Oleh sebab itulah, kita sangat dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis sebab kandungan karbohidrat didalamnya mampu mengembalikan energi.

minum susu saat ramadan

Kalau tahun-tahun sebelumnya selalu dengan menu yang sama, tahun ini saya menyisipkan berbuka dengan susu. Memang agak asing ya, tapi sebenarnya kebiasaan minum susu saat Ramadan ini sudah ada sejak saya mash kecil hanya saja dulu waktunya pas makan sahur.

Saat berusia 5 tahun, saya sudah mulai belajar berpuasa. Satu hal yang selalu saya ingat kalau Ramadan yaitu dipaksa minum susu saat sahur sama si Emak, bahkan berlanjut hingga saat ini sama semua cucunya. Kalau anak-cucunya protes minum susu, sederhana bilangnya “biar kuat puasanya sampe maghrib, mau ikut lebaran kan?”

Ternyata minum susu saat berbuka puasa dan sahur selama bulan Ramadan sangat dianjurkan lho. Pemilihan waktunya sendiri bisa disesuaikan. Bisa saat sahur, menjelang tidur bahkan berbuka. Cara mengonsumsinya pun beragam, untuk kalian yang gak terlalu suka dengan susu, bisa dikreasikan jadi sop buah, pudding dan menu lainnya. Namun, Dr. Rizal menganjurkan, susu baiknya dikonsumsi saat berbuka sebab kondisi perut kosong bisa menyerap zat gizi oleh tubuh secara maksimal.

Susu menjadi pilihan yang sangat tepat sebab susu sebenarnya bukan minuman melainkan makanan yang berbantuk cair dengan kandungan nutrisi yang lengkap baik makro (protein, lemak dan karbohidrat) dan nustrisi mikro (vitamin dan mineral). Pilihlah jenis susu dengan kandungan gula dan garam murni agar mudah dicerna dengan baik.

pentingnya minum susu saat berbuka puasa dan sahur

Kin Fresh Milk, Susu Berkelas dari Sapi Teratas

Kin Fresh Milk menjadi salah satu pilihan susu A2 yang kami konsumsi selama Ramadan. Sebelumnya saya juga pernah menuliskan perkenalan pertama saya dengan Kin Fresh Milk yang memiliki tiga rasa yaitu  rasa Chocolate, Coffee dan Full Cream. 

Untuk beberapa orang minum susu saat berpuasa memang agak malas ya sebab waktu makan yang sempit dan kapasitas perut menampung makanan gak bisa langsung banyak. Selain itu, terkadang perut jadi begah, kembung dan mules after taste nya.

kin fresh milk untuk berbuka

Berbeda dari susu lainnya, Kin Fresh Milk merupakan susu dari sapi A2 yang hanya mengandung Protein A2 yang lebih baik sehingga lebih mudah dicerna dan nyaman di perut. Bahkan kandungannya sama seperti human milk atau ASI sehingga mudah dicerna dengan baik, nyaman di perut dan ngga bikin eneg atau kembung.

kin fresh milk, susu berkelas dari sapi teratas

Ibu Tiffany Pratiwi Suwandi, Brand Manager KIN menjelaskan, Kin Fresh Milk yang merupakan 100% susu A2 segar alami tanpa ditambahkan atau dikurangi kandungannya juga dengan manis alami sangat aman dikonsumsi saat berbuka puasa. Bahkan kandungan nutrisi makro dan mikronya yang lengkap mampu memenuhi kebutuhan tubuh.

minum susu saat sahur dan berbuka puasa

Meski tampilannya sama seperti susu lain, namun Kin Fresh Milk diproduksi khusus dari sapi A2 yang telah lulus tes DNA tanpa rekaya genetic sehingga protein yang dihasilkan pun hanya protein A2 saja. So, clear ya Moms perbedaannya Kin Fresh Milk dengan susu lainnya?

Kin Fresh Milk termasuk susu UHT dengan kemasan unik yakni berbentuk botol tidak tembus cahaya, dengan tutup ulir anti tumpah. Proses pembuatan dan pengemasan atau packaging pun menggunakan teknologi aseptic filling dan botol dengan UV Light Barrier sehingga susu dalam kemasan botol tetap terjaga kesegaran dan kualitasnya meski tanpa bahan pengawet.

Baca juga : Pengalaman Minum Susu Kin Fresh Milk Pertama Kali

manfaat minum susu, manfaat minum susu bagi orang dewasa, manfaat minum susu bagi anak, manfaat minum susu kin fresh milk, harga kin fresh milk, rasa kin fresh milk, kin fresh milk original, kin fresh milk coffee, kin fresh milk chocolate

Bersama Kin Fresh Milk, puasa kita jadi lebih sehat dan berkah sebab selain kandungan didalamnya yang super komplit, Kin Fresh Milk juga sudah mengantongi sertifikat Halal. Apalagi acara buka Bersama #semaKINnyamansaatramadan merupakan program roadshow KIN,  dimana mereka mengajak berdonasi untuk anak yatim piatu di Rumah-yatim.org. Caranya, cukup dengan mengembalikan satu botol Kin Fresh Milk varian apapun, artinya kita sudah berdonasi Rp. 1000,-.  Sebagai penutup acara, kami pun dibekali tips membuat pudding chia berbahan dasar susu KIN Fresh Milk dan dilanjutkan buka puasa bersama.

minum susu saat sahur dan berbuka puasa

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi wbsite dan social media Kin Fresh Milk dibawah ini:

Website           : www.kindairy.com

Instagram        : @kindairyid

Facebook        : Kindairy ID

34 Comments

  • Rohyati Sofjan

    Saya baru tahu soal perbedaan susu sapi antara A1 dan A2. Kala beli Kin plain, saya sempat bingung dengan tulisan A2 pada kemasan. Ternyata ada artinya sebagai pembeda dari susu biasa.
    Kin plain rasanya enak dan mengingatkan pada susu murni asli yang dulu kerap saya beli kala di Bandung. Yah di sini tak ada yang jualan susu murni da di pelosok kampung, adanya Kin bisa membantu sebagai alternatif kala saya butuh pasokan susu A2.

  • Okti Li

    Meski susu itu mengandung nutrisi baik untuk tubuh, tetapi ternyata ada protein A2 yang lebih diprioritaskan ya ?
    Itu mungkin yang membedakan kadang ada yang minum susu jadi mual, kadang ada yang aman aman saja.
    Protein yang dikandung susu itu kita harus tahu dulu apakah A1 atau A2…

  • Rosanna Simanjuntak

    Sudah lama baca referensi tentang susu Kin Fresh A2 ini, yang tidak bikin eneg dan mual
    Sepertinya kudu coba, biar lebih afdol ne!

    Aku termasuk tim yang mual kalau minum susu.
    Baru tahu ternyata itu dipengaruhi kandungan proteinny ya

  • Jiah

    Buka dengan susu, aku sih blm penah Mbak. Tapi kalau sahur iya. Cuma akhir2 kok agak eneg. Mau ganti susu nih. Mungkin Kin bagus juga ya

  • Tetty Hermawati

    ini aku pun sering sakit karena puasa, dan banyak yg nyaranin minum susu aja. Emang iya yah, susu banyak manfaatnya, apalagi kalau susunya dari sapi yang tepat dan gak bikin perut jadi sakit. Kayaknya bakalan sering minum susu sapi deh aku abis ini, supaya tetep sehat puasanya.

  • herva yulyanti

    Anakku sih mba yang aku biasakan sahur dan berbuka minum susu, aku ya kalau inget aja hahaha..btw susu KIN ini enak yah memang yang membedakan dengan susu lain sapi A2. paling suka rasa coklat enak banget soalnya

  • Yuni

    Lihat Kin Fresh Milk tenggorokan terasa segar, sepertinya memang saat berbuka baiknya minum susu ya mbak supaya nutrisi dalam tubuh terpenuhi. Saya akhir-akhir ini memang terasa lemas karena kurang tidur. Siang aktivitas padat sementara malam tidurnya lebih singkat. Setelah baca tulisan ini mungkin saya harus menyelipkan minum segelas Kin Fresh Milk

  • Hidayah Sulistyowati

    Kin Fresh Milk bikin seger di tubuh kalo udah terbiasa mengonsumsinya. Kebetulan udah 2 bulan ini saya sediakan di rumah untuk anak-anak. Biasanya buat pendamping sarapan pagi, karena mereka sarapannya roti bakar yang praktis dan nggak kekenyangan

  • Elly Nurul

    Seru banget ya buka puasa diawali dengan minum KIN Fresh Milk, apalagi minumnya bareng bareng gitu.. terasa banget kebersamaannya.. beneran loh, KIN Fresh Milk ini aman dikonsumsi walaupun dalam keadaan perut kosong.. setelah minum KIN Fresh Milk aku ngga merasa mual atau kembung.. juara deh ini KIN Fresh Milk

  • Idah Ceris

    Eeeeeeh, baru tahu brand susu ini. Mamak-mamak di pedesaan kudet banget. Hahaha. Nambah pengetahuan buat aku, nih. Tahun depan insya allah Kecemutku mulai belajar puasa. Sekarang baru 3 tahun.

  • Keke Naima

    Selama bulan puasa ini untuk beberapa sebab, pola istirahat saya jadi agak kacau. Makanya mulai sakit-sakitan begitu masuk 10 hari terakhir Ramadan. Mulai minum susu lagi supaya lekas fit. Hari ini, mau beli KIN. Kebetulan stok susu juga mulai habis

  • susie ncuss

    Aku pun doyan banget minum susu saat sahur karena buat tambahan gizi agar kuat menghadapi pressure saat kerja di bulan ramadhan.
    jadi pingin nyobain KIN Fresh Milk yang rasa cokelat nih, mbak.. 😀

  • Eka Rahmawati

    Aku belum pernah si nyoba minum susu untuk berbuka atau sahur. Paling beli susu sapi murni terus dijadiin sebagai campuran buat bikin es buah. Tapi boleh juga nih nyoba susu Kin, soalnya belum pernah nyobain

    • Donna Imelda

      Thanks banget infonya mbak… aku jadi tau penyebab mual dan kembung setiap habis minum susu, intoleransi laktosa penyebabnya. Jadi tahu juga kalau ada susu jenis yang berbeda dari Sapi A1 dan A2. Asiknya KIN fresh milk pure dari susu A2 ya, aku bakal aman dari mual dan kembung setelah minum susu

  • Arda Sitepu

    KIN Fresh Milk aku suka yang rasa coffee mbak, seger banget abis minum ini. Rasanya juga khas banget. Btw acaranya keren banget ya, apalagi di Bulan Ramadhan ini bisa mengajak donasi kepada anak-anak yatim piatu.

  • Nabilla DP

    Aku sering lihat susu Kin ini di alfa dan indomart mba tapi belum pernah nyobain. Jadi penasaran mau coba karena baca artikel ini dan karena pake susu sapi A2. Menarik!

  • Mechta

    Nah ..jadi tak perlu lagi was2 sakit perut atau mual akibat susu ya.. yg penting pilih yg dari sapi A2.. atau paling mudah ibgat3 namanya : KIN. Gitu y mba..

  • Kurnia amelia

    Alhamdulillah seneng ya dengernya hanya mitos kalau minum susu saat buka itu bikin mules dan ga nyaman, jadi kalau buka puasa minum KIN justru lebih bagus ya soale keadaan perut masih kosong juga jadi mudah dicerna.

  • Rahmah

    KIN mah memang susu favorit ini
    Apalagi yang rasa kopi dna cokelat
    Saya aj suka rebutan sama anak apalagi kalau pas buka puasa suka ditambah sama es batu, hehe

  • Diyanika

    Alhamdulillah, akupun merasakan semakin ke sini badan makin fit. Berat badan turun hampir 5 kg karena menerapkan food combaining. Seperti Mbak Cici, kalau siang aku juga harus tidur siang. Susu KIN ah, sering berburu diskon susu iniini diminimarket. Yang cokelat, favorit aku banget.

  • Lidya

    Wah keren ya KIN Fresh Milk ternyata ini susu pertama yang diproduksi dari Sapi A2 di Indonesia. AKu suka yang rasa Cokelat & kopi. Minum KIN Fresh Milk gak khawatir mual lagi deh setelah minum susu

  • April Hamsa

    Aku selalu minum susu pas buka dan sahur 😀
    Buat nambah2 energi. Tapi emang sih ada beberapa yang perutnya sensi kalau abis kosong minum susu jd kurang enak perutnya. Kalau Kin ini kyknya cocok buat yang perutnya sensi gtu ya mbak…

  • Uniek Kaswarganti

    Emang lebih baik berbuka dan sahur dengan makanan dan minuman yang mengandung gizi, seperti susu ini. Kadang kita hanya mikirin kenyang saat buka atau sahur saja, namun melupakan kandungan gizi di dalamnya. Saat waktu sempit, susu bisa jadi alternatif terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *