Beauty,  event,  health,  tips & trick

Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab

Merawat rambut itu penting sekali untuk semua orang, baik laki-laki, apalagi perempuan. Termasuk yang berhijab, jangan sampai hijab dijadikan alasan untuk bermalas-malasan merawat rambut lho Moms. Ah, rambut kan tertutup hijab, jadi gak masalah kalo lepek atau bau apek, kan gak tercium orang. Bener sih, tapi kan menggangu kenyamanan diri sendiri dong. Gak enak banget, pas lagi ngobrol sama temen tapi tangan gentayangan kemana-mana, garuk sini, garuk situ akibat kulit kepala gatal.

Seperti yang disampikan Pak Dimas pada acara Beauty Blogger Gathering bersama Mylea, fungsi utama rambut yaitu sebagai pelindung, sensor sentuh, pembeda jenis kelamin bahkan gaya rambut bisa menunjukan status sosial seseorang.

Merawat rambut tak cukup menggunakan shampoo saja lho Moms. Meski fungsinya mencuci rambut dan kulit kepala namun rambut perlu dinutrisi agar tumbuh sehat, lebat dan berkilau. Sebelum melakukan perawatan, pastikan kita sudah mengenali jenis kulis kepala dan rambut kita terlebih dahulu supaya tepat memilih produk yang dibutuhkan.

Pada Beauty Blogger Gathering Mylea kemarin, kami diedukasi tentang susunan rambut juga lho Moms. Setiap helai rambut memiliki ujung rambut, batang rambut dan akar rambut. Nah, akar rambut berada didalam kulit dan bertahan didalam folikel. Didalam akar rambut terdapat kantong rambut, umbi rambut dan rumah rambut. Mereka inilah yang harus dirawat untuk cikal bakal rambut berikutnya.

Selain akar, batang rambut juga perlu dirawat agar batang rambut lebih kuat, tidak rapuh, tidak kering dan tidak mudah patah. Lapisan penting pada rambut diantaranya kutikula (selaput rambut yang berada pada permukaan rambut), kortex (kulit rambut yang berada pada lapisan yang terbungkus kutikula) serta medula (sumsum rambut yang berada pada lapisan terdalam dari rambut).

Kenali Kondisi Kulit Kepala

Moms, manfaat shampoo-an tak hanya untuk rambut namun juga merawat kulit kepala dan menjaganya untuk tetap bersih. Apalagi untuk kita yang berhijab, penting banget memperhatikan kebersihan rambut dan kulit kepala. Kondisi kepala yang tertutup membuatnya mudah lembab, bercampur dengan keringat dan debu akan membuat rambut jadi mudah lepek, bau apek hingga muncul gatal. Berikut ini kondisi kulit kepala yang sering dikeluhkan, diantaranya:

  • Kulit kering. Kondisi kulit ini ditandai dengan munculnya gatal bahkan disertai kulit yang pecah-pecah.
  • Kulit sensisitif. Kondisi kulit yang mudah alergi dan muncul kemerahan serta bisul.
  • Kulit berminyak. Biasanya disebabkan oleh kelenjar Sebaceous yang terlalu aktif. Kondisi kulit kepala berminyak membuat rambut jadi mudah lepek dan bau.
  • Ketombe. Ketombe kering dan basah timbul karena adanya pengelupasan lapisan tanduk di kulit kepala. Ketombe bikin gak nyaman, selain kotor, membuat kulit kepala jadi gatal dan bau.
  • Kutu. Kutu bisa betah bersarang jadi banyak di rambit seseorang yang kotor, apalagi rambutnya cukup tebal ya. Kutu termasuk gangguan akibat parasit jenis serangga.
  • Psoriasi, dermatitis kulit dan kurap. Ini adalah jenis kulit kepala yang harus ditangani dokter untuk penyembuhannya, jika dibiarkan akan menyebar ke area lainnya.

Sebelum berhijab, saya pun sama seperti Mom Jean Gersang, Momfluencer yang hadir kemarin pada acara Mylea. Setiap hari rambut bersahabat banget sama hair dryer dan alat pelurus rambut (catokan). Meskipun tau kurang baik untuk rambut, namun pekerjaan kita menuntut untuk tampil rapi. Dan, setuju banget dengan hasil survey yang ditunjukan Pak Dimas bahwa permasalahan rambut dan kulit kepala yang paling banyak muncul yaitu soal kerontokan rambut.

Rambut rontok adalah rambut yang terlepas dari kulit kepala. Kerontokan rambut dikatakan normal jika rambut yang terlepas kurang dari 100 lembar per hari. Moms bisa melakukan tes kerontokan dengan cara menarik segenggam rambut. Dan lihat hasilnya ada berapa helai rambut yang rontok. Jika hanya 5 helai, maka wajar.

Penyebab Kerontokan Rambut

Ada banyak penyebab kerontokan rambut, diantaranya hormonal, sakit atau sedang mengonsumsi obat tertentu, stress, usia, mengikat rambut terlalu kencang dan penggunaan kosmetika rambut yang tidak cocok.

Penyebab Kerusakan Rambut

  • Proses kimia seperti pengeritingan, pelurusan dan pewarnaan.
  • Perlakuan sehari-hari seperti paparan sinar UV, penggunaan alat stylish, menyisir dan menggosok rambut dengan kasar saat basah.

Tentang Mylea

Rangkaian produk Mylea diluncurkan berdasarkan hairceutical atau medicated dengan formulasi khusus SILICON FREE yang dikombinasikan vitamin dan nutrisi dari bahan alami yang telah terujii.

Hairceutical adalah teknologi gabungan antara Hair Care dan Pharmaceutical (obat-nutrisi) bertujuan untuk merawat kulit kepala dan akar rambut.

 

Kandungan Mylea

  • Mengandung ekstrak bunga Chamomile yang berfungsi sebagai anti inflamasi, meredakan dan menyehatkan kulit kepala tanpa membuatnya berminyak.
  • Horsetail berfungsi untuk memperkuat batang rambut dan memberikan nutrisi agar lebih lentur.
  • Ekstrak ginseng, kaya akan nutrisi yang baik untuk memperkuat akar rambut.
  • Ekstrak bunga Arnika & Pirocotone Olamine membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mengurangi bakteri penyebab ketombe serta mengurangi rasa gatal akibat ketombe.

Varian Mylea

Mylea Intensive hadir mengatasi masalah rambut yang sering tertutup, diwarnai dan dicatok. Cocok untuk jenis rambut normal dan rambut kering. Rangkaian Mylea Intensive berupa Shampoo 200 ml dan 100 ml, Intensive Daily instant hair mask 150 gr dan hair tonic 100 ml & 200 ml.

Mylea Ginseng. Kandungan ekstrak ginsengnya cocok untuk mengatasi rambut tipis dan rapuh serta rontok. Rangkaian Mylea Ginseng berupa Shampoo 200 ml dan 100 ml, Intensive Daily instant hair mask 150 gr dan hari tonic 100 ml & 200 ml.

Mylea Anti Dandruff. Sesuai dengan namanya, Mylea Anti Dandruff hadir untuk mengatasi masalah rambut berketombe dan berminyak. Rangkaian Mylea Ginseng berupa Shampoo 200 ml dan 100 ml dan hair tonic 100 ml & 200 ml.

Saat hair check pada acara Gathering kemarin ternyata kulit kepala ku normal dan sehat. So, aku mencoba menggunakan Mylea Intensive yang cocok untuk mengatasi masalah rambut yang sering tertutup karena berhijab. JIka aktifitas saya cukup padat, saya pasti keramas setiap hari terutama sore selepas beraktifitas. Rasanya jadi lebih fresh, stress akibat macet pun hilang seketika.

8 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *