tahapan perawatan luka dengan hansaplast
event,  feature,  health,  product review

Perawatan Luka Ringan di Rumah dengan Hansaplast

Perawatan Luka Ringan di Rumah dengan Hansaplast. Moms, apa sih yang biasanya dilakukan saat si kecil terluka, misalnya terjatuh atau tergores? Percaya ngga, ternyata masih banyak dari kita yang mengadopsi perawatan luka keliru dari orangtua kita terdahulu. Misalnya, saat si kecil terjatuh lalu lecet lututnya, kita auto menjulurkan lidah dan mengolesi lukanya dengan air liur, ada yang begitu?

Oleh karena itulah Halodoc bersama Hansaplast gencar mengedukasi para orangtua untuk mengetahui fakta dan mitos seputar menyembuhkan dan perawatan luka ringan. Seperti hari ini, saya happy banget bisa berpartisipasi dalam acara “WOUND CARE TALK” bersama dr. Adisaputra Ramadhinara, MSc, CWSP, FACCWS, Wound Specialist Physician dan Mom Tyna Kanna Mirdad.

blogger gathering halodoc dan hansaplast

.

Memahami Pengertian Luka

Di awal Talkshow dr. Adisaputra mengatakan, luka merupakan kondisi terputusnya kontinuitas jaringan yang disebabkan banyak hal seperti tergores, terjatuh, terbakar bahkan gangguan kulit seperti kapalan, telapak kaki pecah-pecah atau iritasi kulit. Rasa sakit pada luka bersifat relatif, setiap individu akan merasakan perih atau sakit yang berbeda.

Luka pada seseorang biasanya dibedakan menjadi dua, yaitu luka akut dan luka kronis. Luka akut yakni luka dengan proses penyembuhan sesuai dengan tahapannya, biasanya bisa sembuh dalam waktu 2-4 minggu. Sebaliknya, luka kronis terjadi ketika penyembuhan luka tidak sesuai dengan proses tahapan penyembuhannya, biasanya dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

Baca juga : 3 Cara Mengobati Luka Tanpa Rasa Perih

.

Fakta Perawatan Luka Ringan yang Wajib Diketahui

Saya jadi flashback waktu masih kecil dulu. Pernah terjatuh sampai lutut dan siku terluka dan lecet karena jatuh dari sepeda dan terseret di aspal. Si Ibu dengan sigap membersihkan luka dan langsung mengoleskan Iodine atau saya menyebutnya obat merah karena memang cairannya berwarna merah pekat. Rasanya sangat tidak nyaman, sakit, perih sekali. Tapi saya bertahan dan ngga nangis karena menurut ibu ku, warna merah dari obat dan rasa perihnya justru bagus dan mempercepat proses penyembuhan luka. Cepat kering! Katanya.

cara perawatan luka ringan yang tepat

Dan, saya baru tau kalau hal tersebut ternyata keliru. Dr. Adisaputra menjelaskan, Iodine atau obat merah tidak menyembuhkan luka. Bahkan rasa perih yang ditimbulkan pun tidak ada kaitannya dengan luka cepat sembuh atau tidak. Ya memang, Iodine dapat mencegah bakteri tapi bukan pembersih luka. Jadi ngga heran banyak kasus di lapangan, luka luarnya sudah kering dan menebal tapi luka di dalamnya masih basah.

Tak hanya itu, saya juga sering diomelin kalau luka ditutup dengan perban atau plester, katanya bakalan lama kering dan lama sembuhnya. Justru sebaliknya, jika luka dibiarkan terbuka maka lebih rentan terinfeksi oleh kotoran dan bakteri dari luar. Tidak sedikit pasien yang datang untuk berobat akibat infeksi luka lantaran penanganan yang keliru.

Baca juga : Atasi Ruam Popok Anak dengan Tepat

.

Proses Perawatan Luka Luar yang Benar

Hansaplast merupakan salah satu brand perawatan yang selalu ada di kotak pertolongan pertama saya. Terlebih saat ini Hansaplast memiliki rangkaian perawatan luka yang lengkap sehingga nggak perlu bingung lagi cari obat perawatan luka luar di rumah. Berikut ini step by step perawatan luka luar sederhana yang bisa kita lakukan sebagai pertolongan pertama:

  1. BERSIHKAN. Bersihkan luka menggunakan Hansaplast Spray Antiseptik untuk mencegah infeksi dengan cepat dan tanpa rasa sakit.
  2. LINDUNGI. Segera tutup luka menggunakan Hansaplast Plester untuk menjaganya tetap bersih dan melindunginya dari faktor eksternal seperti debu, kotoran, dan bakteri.
  3. SEMBUHKAN. Bersihkan luka setiap habis mandi. Oleskan Hansaplast Salep dan tutup kembali luka menggunakan Hansaplast Plester. Hansaplast Wound Care Ointment membantu penyembuhan luka lebih optimal serta mengurangi risiko luka membekas untuk luka baru. Gunakan secara teratur.

tahapan perawatan luka dengan hansaplast

Berikutnya mba Tessa Indira Putri, selaku Junior Brand Manager menjelaskan keunggulan Hansaplast Wound Care Series yang terdiri dari Hansaplast Spray Antiseptik, Hansaplast plester dan Hansaplast Wound Care Ointment.

.

1. Perawatan Luka dengan Hansaplast Spray Antiseptik

Produk ini sudah saya gunakan sejak pertengahan tahun 2019. Alasan utamanya karena Hansaplast Spray Antiseptik gak pake perih saat digunakan pada luka.

Hansaplast Spray Antiseptik merupakan antiseptik pembersih luka dengan tekstur cair. Cara penggunaan juga mudah, tinggal kita tekan dan semprot ke area luka. Dr. Adisaputra menjelaskan, bahan aktif yang bagus untuk menyembuhkan luka yaitu PolyHexanide atau PHMB (PolyHexaMethylene Biguanide). Dan Hansaplast Spray Antiseptik memiliki kandungan tersebut.

Selain Pain Free, Hansaplast Spray Antiseptik juga memiliki banyak keunggulan lain seperti gak berwarna, dan gak berbau, handy alias mudah digenggam dan mudah dibawa kemana-mana terutama saat traveling serta aman digunakan. Tersedia ukuran 50 ml dengan kisaran harga Rp 45.000,-.

hansaplast spray antiseptik harga, antiseptik hansaplast beli dimana, perawatan luka ringan

.

2. Perawatan Luka dengan Hansaplast Plester

Apapun mereknya, kalau cari plester pasti nyebutnya “beli Hansaplast”! bener ngga? Saking udah nempel banget merk Hansaplast di kepala. Tapi nggak cuma karena sudah lama namun dari segi kualitas juga mumpuni.

Hansaplast Plester dibuat dengan wound pad berkualitas tinggi. Kain yang digunakan juga elastis sehingga tidak melukai dan tetap nyaman digunakan beraktifitas. Hansaplast plester juga memiliki banyak varian seperti  Hansaplast plester standar, Advance, Kids dan rol kain .  Jangan lupa mengganti Hansaplast setiap hari atau sesuai dengan anjuran dokter. Kalau saya pribadi lebih suka Hansaplast transparan yang Bikin kulit jadi gak terlihat seperti sedang menggunakan plester. Bantalan luka nya juga nyaman di kulit.

.

3. Perawatan Luka dengan Hansaplast Wound Care Ointment

Biasanya luka akan meninggalkan bekas. Bagi para wanita, ngga cantik lah ya kalau ada koreng di betis misalnya. Nah, Hansaplast Wound Care Ointment ini membantu menyembuhkan luka dengan memberikan kelembaban untuk membantu penyembuhan luka lebih optimal. Membantu mempercepat penyembuhan luka hingga 2x lebih cepat* serta mengurangi risiko infeksi. Dapat digunakan pada luka bakar minor dan sunburn.Mempercepat penyembuhan luka 2x lebih cepat serta mengurangi risiko infeksi.

*dibandingkan dengan luka yang tidak dirawat

Nah, Hansaplast Wound Care Ointment juga ternyata aman digunakan untuk ruam popok pada bayi lantaran kandungannya yang sudah teruji klinis seperti tanpa menggunakan pewangi, pewarna, pengawet dan substansi lain yang berasal dari hewan. Tersedia ukuran 20 gr dengan harga kisaran Rp. 50.000,-.

hansaplast ointment review, cara merawat luka ringan

.

Mengapa harus melakukan perawatan luka ringan?

Jelas ya, supaya mengurangi risiko infeksi dan terjadinya bekas luka berlebihan. dr. Adisaputra juga memberikan contoh pada luka bakar. Seandainya terjadi luka bakar, sebaiknya segera bersihkan dengan air yang mengalir. Supaya lukanya tidak melebar pada area kulit lain. Jadi sebenarnya cukup sederhana penangan luka ringan di rumah ya, selama dilakukan dengan benar dan higienis serta tidak panik. Semoga kita dan keluarga diberi perlindungan dan kesehatan ya.

16 Comments

  • Lidya

    Jaman dulu luka dibiarkan terbuka katanay supay acepat sembuh & keringm ternyata itu salah ya yang seharusnya ditutup supaya gak kena bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Beruntung sekarang ada Hansaplast Spry yang gak perih untuk membersihkan luka

  • demia

    hansaplast antiseptik yang spray ini membantu banget nih, apalagi aku dirumah ada kucing yang kadang suka kena cakarnya, tinggal semprot udah langsung beres hihihi

  • Indah Riadiani

    Pas banget nih baca ini, jadi tergugah untuk sedia hansaplast spray dan oinment nya di rumah. Secara anak saya kalo luka gamau disentuh, pasnya mau diobatin udah kaya ngajak kungfu. Thanks ya mba infonya, manfaat banget ❤️

  • Nchie HAnie

    Iya nih ci, jamanku dulu orang tua membiarkan luka terbuka padahal ternyata ya harus dilindungi.
    Apalagi sekarang banyak yang lucu2 plesternya. Suka banget yang trasnparan itu .
    Ku udah pake yang hansaplast spraynya nih.

  • Mugniar

    Sama … jaman saya kecil dulu, kalo ada luka karena jatuh, dikasih Iodine (dulu bilangnya YODIUM hihi) sama Bapak. Ternyata malah gak efektif ya? Alahmdulillah sudah tahu deh sekarang tentang Hansaplast ini, jadi tahu mana perawatan yang benar terhadap luka.

  • Lusi

    Band aid & antiseptic spray sudah punya. Selalu ada di kotak obat. Oinment belum. Padahal penting ya karena sering kena setrika & minyak goreng.

  • lianny hendrawati

    Anakku tuh dulu kalau main sering jatuh dan luka, dan nangis2 kalau mau dibersihkan lukanya karena perih.
    Sekarang bisa membersihkan luka pakai hansaplast spray antiseptik saja ya, nggak perih di luka. Aku mau cari juga nih di halodoc, harus sedia di rumah buat jaga2 kalau ada anggota keluarga yg luka.

    • Okti Li

      Selama ini suka banyak petuah orang tua kalau luka obatnya begini, begitu, pakai ini pakai itu. Padahal gak jamin membersihkan, mengobati apalagi merawatnya ya. Pakai hansaplast lebih praktis ternyata

  • Hidayah Sulistyowati

    Hansaplast punya produk mengobati luka bakar ringan juga ternyata.
    Aku sejak lama udah melakukan prosedur membersihkan luka dengan air mengalir. Menjadi anggota KSR bikin belajar seputar perawatan luka dan cara penanganan pertama untuk kecelakaan ringan lainnya

  • Dawiah

    Waduh, pantas luka bakardi telapak suami saya dulu lama banget sembuhnya. Penanganannya salah ternyata. Waktu kena luka bakar, saya dan suami buru-buru mengambil odol terus olesi dan kipas-kipas hingga kering, tidak menutup luka itu dengan perban agar lukanya cepat kering. ternyata itu salah. Makasih infonya ya

  • Kurnia amelia

    Iya huhu kalau pakai obat yang mengandung iodine suka perih dan meninggalkan noda terus noda nya juga susah ilang. Btw aku juga sedis Hansaplast nih di rumah hehe buat jaga-jaga.

  • lendyagasshi

    Tau banget deeh…kalau zaman dulu ada yang luka, suka auto-ngemut.
    Huhuu…ternyata gak bener dan malah jadi sarang kuman yaah…?
    Hansaplast ini sudah ada sejak aku kecil yaa… Harus banget ada di kotak P3K.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *