bisnis online, usaha online, memulai bisnis online, bisnis modal kecil
financial,  moms

Panduan Memulai Bisnis Online Modal Kecil

Adakah jenis bisnis online modal kecil yang cocok untuk pemula? Ada dong. Ide yang bisa Anda temukan bahkan sangat beragam dan lebih dari ekspektasi. Opsinya juga meliputi berbagai bidang, mulai dari menjual produk hingga jasa. Tertarik untuk mencoba? Baca artikel berikut dengan cermat, ya.

.

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online adalah segala jenis kegiatan bisnis yang terjadi melalui internet alias secara online, mulai dari pemesanan barang atau jasa, pembayaran, hingga penilaian/review produk. Menjalankan bisnis online dapat mencakup jual beli online atau menyediakan layanan dan jasa.

Ada banyak sekali keuntungan memulai bisnis online. Anda dapat bekerja dari rumah, menetapkan jam kerja sendiri, fokus pada bidang yang diminati, dan biasanya Anda akan terhindar dari modal awal yang besar.

Meskipun memulai bisnis online terlihat lebih mudah, namun untuk tumbuh dan berkembang Anda harus mengikuti proses yang mirip dengan memulai bisnis tradisional.

bisnis online, usaha online, memulai bisnis online, bisnis modal kecil

.

Cara Membuat Bisnis Online

Bagi Anda yang masih pemula, inilah serangkaian langkah tepat yang dapat Anda ikuti untuk memulai bisnis online modal kecil:

1.     Mulailah Bisnis yang Dapat Memenuhi Kebutuhan

Langkah pertama untuk memulai bisnis online adalah memutuskan produk apa yang akan Anda jual. Namun, kebanyakan orang yang baru memulai bisnis membuat kesalahan, dengan mencari produk terlebih dahulu dan pasar target di urutan kedua.

Padahal untuk meningkatkan peluang sukses Anda, menentukan pasar target harus dilakukan pertama. Triknya adalah menemukan sekelompok orang yang sedang mencari solusi untuk suatu masalah, tapi tidak menemukan banyak hasil.

Internet mempermudah riset pasar semacam ini. Anda hanya perlu melakukan:

  • Buka forum online untuk melihat pertanyaan apa yang diajukan banyak orang dan masalah apa yang sedang mereka coba selesaikan.
  • Lakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci apa yang banyak dicari orang, tapi tidak memiliki banyak pesaing.
  • Perhatikan pesaing potensial Anda dengan melihat media sosial dan situs web mereka, lalu catat bagaimana cara mereka memasarkan produk dan melayani pelanggan.
  • Anda dapat menggunakan hasil riset ini untuk mempelajari dan menciptakan produk untuk pasar yang sudah ada, dan melakukannya dengan lebih baik daripada pesaing.

.

2.     Branding dengan Cara yang Benar

Setelah menemukan ide produk yang menjanjikan dan gambaran pasar yang jelas, sekarang saatnya untuk mulai memikirkan elemen dari toko online Anda, seperti nama/merk, logo, ciri khas toko, dan sejenisnya.

Ada formula rahasia yang dapat membantu Anda melakukan branding dengan mudah, seperti:

  • Bangkitkan minat pembeli dengan judul yang menarik, tapi tidak berlebihan atau mengada-ada.
  • Jelaskan bagaimana produk Anda bisa memecahkan masalah yang dialami pelanggan.
  • Bangun kredibilitas toko Anda sebagai pemecah dari masalah tersebut.
  • Tambahkan testimoni real dari beberapa yang telah menggunakan produk Anda.
  • Berikan informasi lebih detail tentang produk Anda dan apa manfaatnya bagi pengguna.
  • Tawarkan garansi dan diskon (tanpa atau dengan syarat tertentu).

.

3.     Putuskan Bagaimana Anda Akan Menjualnya

Toko online Anda bisa dijalankan dengan beberapa cara, seperti:

  • Berjualan di media sosial (Instagram, Facebook, Twitter, dll).
  • Bekerjasama dengan pihak ketiga, seperti marketplace shopee, tokopedia, dan sejenisnya.
  • Buat website sendiri.

Opsi apapun yang akan dipilih, Anda memiliki waktu kurang dari 10 detik untuk menarik perhatian seseorang saat melihat toko online Anda. Jika pengunjung tidak tertarik, mereka akan pergi dan kemungkinan besar tidak akan kembali. Beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Jika Anda membuat website, pilih satu atau dua font biasa dengan latar belakang putih (jangan terlalu banyak warna dan jenis huruf, karena akan terkesan tidak profesional).
  • Situs web Anda adalah etalase online Anda, jadi buatlah ramah pelanggan dan enak dipandang.
  • Gunakan lebih banyak grafik, gambar, atau video daripada teks yang panjang.
  • Buat navigasi Anda jelas dan sederhana.
  • Sertakan penawaran opt-in (fitur berupa diskon atau voucher) agar banyak orang tertarik untuk membeli.
  • Mudahkan pelanggan melakukan prose pembelian dengan tidak lebih dari tiga klik, antara calon pelanggan dan pembayaran.
  • Sediakan banyak opsi pembayaran (jangan hanya transfer bank).

.

4.     Perhatikan Kualitas Gambar

Gambar dengan pencahayaan yang buruk atau gambar yang disusun secara sembarangan di situs atau media sosial Anda, tidak akan membantu membangun kredibilitas Anda.

Baik Anda menjual produk, jasa, atau sekedar berbagai pengalaman, menggunakan foto berkualitas tinggi bisa membuat perbedaan. Gunakan peralatan memadai yang dapat mengambil dan mengedit foto berkualitas tinggi, atau jika perlu pekerjakan seseorang yang jago di bidang ini.

.

5.     Jadilah Responsif

Sama seperti pelanggan offline yang suka berbelanja di toko dengan pegawai yang ramah dan sopan, pembeli online juga akan sangat senang jika diberikan layanan yang tepat.

Biasakan untuk membalas setiap chat pelanggan dengan cepat dan menggunakan bahasa yang friendly tapi tidak sok akrab, sopan, dan jangan sampai menyinggung (meskipun pelanggan Anda terlalu banyak bertanya atau suka mengulang pertanyaan).

Jika Anda mulai kerepotan untuk melakukannya sendiri, Anda bisa mencoba mempekerjakan karyawan yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

.

6.     Siapkan Ekspedisi Pengiriman yang Tepat

Memilih jasa pengiriman untuk produk yang Anda jual sama pentingnya dengan menjaga kualitas barang Anda dan layanan pelanggan. Ada banyak pilihan jasa pengiriman yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah jasakirim.id.

Jasakirim.id sudah berpengalaman melayani Jasa Ekspedisi Surabaya Jakarta selama bertahun tahun maupun kota kota besar lainnya di pulau jawa. Kami memiliki layanan door to door untuk pulau jawa dan madura, dan door to port untuk luar pulau jawa dan madura.

Jasa ekspedisi ini bisa membantu Anda mengirim barang ke seluruh wilayah di Indonesia dengan cepat, harga murah, dan dukungan pelanggan yang memadai. Dapatkan informasi lengkapnya dengan membuka website https://www.jasakirim.id/

Baca juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Modal

.

Contoh Bisnis Online

Berikut tiga contoh paling mudah dari bisnis online modal kecil yang dapat Anda mulai hari ini, dan bahkan Anda tidak perlu keluar dari pekerjaan harian:

1.     Dropship

Memulai toko online membutuhkan banyak investasi di muka. Selain harus mendesain situs web dan membuat daftar produk, Anda juga harus membeli, menyimpan, dan mengirimkan produk yang Anda jual. Jika tak ingin terlibat dengan segala kerepotan ini, Anda bisa mencoba dropship.

Menjadi dropshipper memungkinkan Anda menjual produk dan memasarkannya tanpa harus menyimpan inventaris atau mengirimkan produk sendiri, karena semuanya diurus oleh grosir pihak ketiga. Dengan kata lain, bisnis online ini tidak membutuhkan banyak modal.

.

2.     Penulis Artikel Online

Jika Anda suka menulis dan mahir merangkai kata, menjadi penulis artikel online adalah pekerjaan yang tepat untuk dicoba. Ada banyak sekali situs web seperti Fiverr dan Upwork, yang bisa membantu Anda terhubung dengan klien di seluruh dunia.

Pekerjaan penulis online dapat berkisar dari pekerjaan berbayar satu kali hingga pekerjaan berulang, atau pekerjaan yang konsisten setiap minggu dan bulanan. Modal yang Anda butuhkan hanyalah laptop dan koneksi internet.

.

3.     Jual Barang Buatan Anda Sendiri

Suka bereksperimen dengan barang-barang DIY seperti membuat sabun, lilin aromaterapi, atau kerajinan tangan lainnya? Maka kini Anda bisa menjadikannya sebagai pekerjaan kedua yang bisa mendatangkan uang. Konon, hal paling membahagiakan adalah merubah hobi menjadi bisnis.

Memulai dan mengembangkan bisnis online hingga meraih puncak kesuksesan memanglah tidak mudah. Mulai dari memilih produk hingga mengembangkan merk, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Namun dengan tekad dan cara yang tepat, Anda bisa melakukannya kapan saja Anda siap.

Baca juga : Software Sistem ERP Bantu Bisnis Pemula Kelola Perusahan

17 Comments

  • nchie hanie

    Ahh, pasca pandemi ini makin familiarr berbisnis online yaa, syuka deeh .
    Apapun bisa dilakukan asalkn ada kemauan termasuk berbisnis online apalagi ada panduannya seperti di atas yaaa.
    Cuzz eksekusii

  • Ghina

    ada yang bilang juga memulai bisnis dari apa yang kita suka mbak, hihi, tapi emang kalo jualan yang dibutuhkan pasti akan lebih mudah yaa, karena semua orang butuh..

    terus mengasah kemampuan dan mengembangkannya di media memang kunci banget, semua toh bisa dipelajari selagi kita mau ya. thanks for sharing mbak cici

  • Adhe

    Sepertinya menjadi “dropshiper” sangat menarik perhatian nih mba, hehe. Habis nya bingung juga kalo harus nampung stok / inventaris jualan. Cocok utk anak kosan kalo yah mba? 😉

  • Hani S.

    Panduannya super lengkap, akan sangat memudahkan bagi Para Pelaku Bisnis online Pemula. Di Tengah situasi Pandemi seperti sekarang, berbisnis online bisa jadi “jalan ninja” untuk tetap bertahan dari keterpurukan mengingat banyaknya Karyawan yang kehilangan Pekerjaan yang menjadi satu-satunya sumber mata pencaharian sebelumnya.

    • Vicky Laurentina

      Untuk bermitra dengan jasa ekspedisi, perlu perhitungan yang cermat, terutama pada kredibilitas penyedia jasa ekspedisi yang bersangkutan. Perlu sekali menilai apakah sang perusahaan jasa ekspedisi itu komunikatif atau tidak, bisa melakukan komunikasi bisnis atau tidak, bisa menulis email profesional atau tidak. 🙂

  • Visya

    Sepakat banget sama tipsnya mom. Akupun mulai bisnis online 3 tahun terakhir. Sebelum2nya bisnis offline, hehe, jualan di sekolah sewaktu SMA. Soal ekspedisi juga berperan penting sekali.

    Btw aku baru dengar jasakirim.id. kayaknya harus kepo kepo nih.

  • HM Zwan

    Dua tahun yang lalu aku iseng nyoba dropship, kok banyak yang pesan. Akhirnya mulai deh beli beberapa produk baju anak grosir, alhamdulillah berjalan lancar. Sampai sekarang juga masih dropship dan stok baju anak.

  • Iffiarahmandotcom

    Kalau saya sih yang paling penting dalam menjalani bisnis online dan usaha apapun adalah konsisten. Kerasa banget klo ga konsisten pelanggan pun jadi berkurang karena stoknya sepi dan biasanya market place pun kalau kita sdh lama ga jualan pasti memberi notif terkait produk kita yg ada di lapak mereka

  • renov

    Sekarang semakin banyak lagi jasa pengiriman yang memberikan pilihan konsumen untuk mengirimkan produk online nya ke konsumen ya, contohnya jasakirim ini.

    Btw makasih banyak tips nya Kak, berguna banget buat saya yang pernah gagal bisnis online tapi mau coba lagi.

  • atiq

    Sekarang sdh mudah ya mau bisnis bisa online darimana aja kapan aja 🙂 tinggal niat dan konsistensi aja yg gak boleh kendor nih 🙂 apalagi udh didukum sama jasa kirim yang cepat dan menjangkau seluruh pelosok nih hehe

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *