manfaat software erp untuk perusahaan pemula
financial,  Lifestyle,  product review

Software Sistem ERP SystemEver Bantu Bisnis Pemula Kelola Perusahaan

Sebelum saya jelaskan apa itu Software ERP, saya akan sharing pengalaman saat membangun bisnis beberapa tahun silam. Akhir tahun 2019 lalu, saya diundang dalam kegiatan pameran SMEs (Small Medium Enterprise – Business) terbesar di Indonesia. Sebagian dari mereka sudah Go International dan memiliki omzet hingga milyaran rupiah setiap bulan. Uniknya, ada salah satu Pengusaha Kopi asal Lampung yang saat ini sudah sukses kemudian mengungkapkan kesulitan yang ia hadapi yakni soal manajemen usaha yang dijalani.

Hal ini persis dengan apa yang saya rasakan saat membangun usaha bisnis kuliner 4 tahun silam. Terlebih untuk saya yang tidak ada basic Pendidikan bisnis, cukup sulit saat mengatur soal akuntansi, cash flow pembelian dan penjualan serta hal lainnya untuk mendukung kesuksesan usaha yang tengah dijalankan. Semuanya serba baru dan otodidak. Ya, untuk berani memualai bisnis aja modalnya memang ngga cukup Cuma niat dan tekad yang kuat. Perlu ilmunya juga, salah satunya yaitu penggunaan Software ERP untuk perusahaan pemula.

software erp systemever bantu pemula kelola perusahaan

Binis yang saya rintis dibidang culinary memiliki karyawan sekitar 35 orang. Untuk proses belanja bahan makanan dapur dan pantry dilakukan setiap hari, sementara ikan dan daging akan disuplai langsung.

Saat itu saya sempat mencari Software Cloud ERP yang dapat mempermudah pengelolaan usaha kami namun kebanyakan hanya provide sistem kasir, beberapa ada yang termasuk layanan stock in dan stock out product namun saya cukup kesulitan untuk melakukan konsultasi saat sistem mengalami masalah.

Menariknya saat ini banyak sekali sistem manajemen seperti Software ERP (Enterprise Resource Planning) yang mendukung para pengusaha newbie sehingga kita lebih leluasa menjalankan bisnis sekaligus melakukan evaluasi. Kita tidak perlu merekrut karyawan banyak untuk mengurusi laporan satu per satu atau bahkan menggunakan layanan IT dengan harga tinggi.

.

Sistem ERP Terbaik

Beberapa sistem ERP terbaik yang telah banyak digunakan perusahaan yaitu Odoo ERP, SAP Business One, NetSuite ERP, Oracle’s E-Business Suite, Ecount ERP. Dan satu lagi yaitu aplikasi SystemEver yang diluncurkan oleh YoungLimWon Soft Lab asal Korea Selatan.

.

Mengenal Software ERP “SystemEver” sebagai Aplikasi ERP Terbaik

SystemEver merupakan  sebuah software sistem manajemen terpadu berbasis Cloud ERP atau Enterprise Resource Planning sehingga cocok untuk kita yang tengah menjalankan bisnis skala kecil dan menengah . Menariknya SystemEver® dapat diaplikasi untuk berbagai bidang usaha dan fungsi manajemen seperti manajemen akuntansi, penggajian, penjualan, pembelian, logistic, distribusi dan manufaktur lainnya.

keunggulan software sistem erp systemever untuk kelola perusahaan

.

Keunggulan Software ERP SystemEver, Software ERP Terbaik di Indonesia

1. Telah Berpengalaman dan Tepercaya

Sejak kemunculannya tahun 2017 lalu, SystemEver diklaim sebagai Software ERP terbaik di Indonesia lantaran efektif dan efisien dalam pelaporan serta user friendly. Tak heran, sebab SystemEver besutan YoungLimWon ternyata telah berpengalaman selama 27 tahun serta telah melayani lebih dari 1600 perusahaan di banyak negara seperti Korea, Cina, Vietneam, Jepang dan Indonesia.

Berkat inovasi yang dilakukannya, SystemEver disebut sebagai Software ERP terbaik di Asia Tenggara dan masuk Top 10 ERP System di Asia oleh APAC CIO Outlook.

.

2. Memiliki Sistem i-Series dan Fitur Visual-K

Sejak masuk dipasar Indonesia pada November 2019, Sistem iSeries yang diditerapkan di Indonesia telah disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan bidang bisnis serta kearifan lokal. iSeries tersebut terdiri dari i1, i2, i3 yang disebut sebagai unit model sebab dapat dipilih sesuai kebutuhan penggunanya. Berikutnya yaitu i5 dan i7 sebagai sistem ERP terintegrasi dengan kinerja lebih luas dan lengkap. YoungLimWon Soft Lab juga mendirikan consulting lab.

Bahkan sistem iSeries telah disempurnakan dengan fitur Visual-K sehingga lebih user friendly. Tampilan interface nya menarik namun disajikan dengan sederhana dan mudah dipahami sehingga mudah dioperasikan untuk pemula. Berikut ini informasi iSeries Software ERP SystemEver yang hadir di Indonesia, diantaranya:

a. i1 – Manajemen Akuntansi

Sistem i1 Series ini sangat krusial untuk dimiliki sebuah perusahaan bahkan bagi yang baru merintis sebab didalamnya ada pengelolaan invoice atau piutang, analisa biaya dan laba perusahaan, monitor pengeluaran serta pemasukan secara real time. Terlebih untuk saya yang ngga paham soal akuntansi, manajemen akuntansi i1 ini akan memudahkan tracking dan monitoring perusahaan. Tenang, Software ERP SystemEver model i1 Series mudah digunakan oleh pemula, hanya butuh beberapa waktu untuk penyesuaian saja.

.

b. i2 – SDM/ Manajemen Penggajian

Sebelum saya menggunakan Software ERP, saya hanya mengandalkan rumus Excel untuk melakukan penggajian karyawan. Meski karyawan saya saat itu hanya berjumlah 35 orang namun setiap akhir kerepotannya lumayan menguras waktu. Lantaran saya harus melakukan rekap absensi karyawan, mengecek jam lembur atau over time karyawan, termasuk tunjangan uang makan dan transport beberapa bagian delivery misalnya.

Dengan model i2 Series, semua dilakukan oleh software SystemEver mulai dari pemeriksaan daftar gaji, absensi yang disesuaikan dengan kalkukasi gaji per jam atau harian, lembur, tunjangan, hingga mengarsipkan history penggajian dengan mudah dalam riwayat akuntansi dan pajak.

.

c. i3 – Manajemen Persediaan

Seperti yang saya sebutkan diawal artikel, setiap hari sebelum restoran closing, saya harus mengecek laporan dari kepala dapur dan pantry serta kasir untuk stok barang yang tersedia sehingga saya bisa membuat memo untuk barang habis dan harus dibeli hari berikutnya. Begitu juga setiap pagi, saya harus mengecek barang masuk setelah belanja.

Meski begitu, kebocoran tetap terjadi, misalnya ada penjualan soft drink yang tidak tertulis. Stok berkurang sementara data dari mesin register kasir tidak masuk. Atau stok makanan berkurang banyak sementara orderan yang masuk tidak terlalu banyak, baik dine in maupun take away.

Dengan software SystemEver i3 Series, pengecekan ketersediaan barang untuk masing-masing bagian pembelian, penjualan dan produksi. Saya dapat memeriksa secara real time seperti pengelolaan stok, pesanan dan sistem pemesanan hingga melakukan pengawasan laporan penjualan.

.

d. i5 – Manajemen Penjualan dan Distribusi

Sistem ERP i5 menghubungkan bagian pembelian, penjualan hingga sistem model akuntansi. Sehingga semua laporan terintegrasi dengan baik. Saya dapat melakukan pengawasan dari laporan yang muncul pada sistem i5 seperti informasi penjualan, mengeluarkan segera faktur pajak saat penjualan dan kinerja penjualan.

.

e. i7 – Manajemen Pabrik atau Manufacturing Management

Sistem Manajemen Pabrik pada model i7 baik digunakan untuk bisnis dalam skala lebih besar. Untuk bisnis yang saya jalankan belum menggunakan ERP model i7. Sedikit informasi mengenai model i7 mencakup penggabungan dari beberapa model lain dan terintegrasi seperti perusahaan dengan jumlah karyawan besar dengan sistem absensi sidik jari sebab akan berimbas pada penghitungan gaji. Misalnya ada potongan gaji sekian untuk karyawan yang telat diatas 10 menit. Nah, semua pekerjaan yang dilakukan pada sistem dan model lain seperti akunting, penggajian, distribusi akan disupport oleh sistem i7 ERP.

.

3. Bisa Dikases Dimana pun dan Kapan pun

Software ERP SystemEver membantu pengelola bisnis untuk melakukan monitoring dimana pun dan kapan pun selama terhubung dengan internet. Bahkan bisa diakses melalui PC, laptop, tab hingga smartphone. Cocok banget untuk para pengusaha muda Millenial yang gemar ngantor dimana pun.

.

4. Harga Terjangkau Lengkap dengan Layanan Konsultasi

Nah, ini yang harus diperhatikan! Harga serta layanan yang akan kita dapatkan. Jangan sampai mendapatkan Software ERP murah diawal ternyata saat ada masalah kita harus mengeluarkan banyak biaya hanya untuk konsultasi saja. SystemEver disempurnakan dengan fitur Consultant-K yang siap membantu kebutuhan perusahaan sehingga lebih efektif dan efisien baik secara waktu maupun biaya.

.

5. Menggunakan 5 Bahasa

SystemEver sudah dilengkapi dengan layanan dalam 5 bahasa diantaranya Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Vietnam dan Indonesia sehingga mudah dipahami.

manfaat software erp untuk perusahaan pemula

.

Kesimpulan

Software ERP sangat dibutuhkan untuk kita yang sedang membangun bisnis supaya mudah untuk melakukan monitoring dan evaluasi. Software ERP SystemEver Indonesia memiliki fitur dan keunggulan yang kita butuhkan. Dengan harga yang terjangkau, SystemEver memberikan layanan terbaiknya untuk pengelolaan bisnis kecil, menengah hingga bisnis besar.

Sistem kinerja dan pelaporan yang sistematis, akurat, real time serta dilengkapi dengan fitur Consultant-K yang siap melayani kebutuhan perusahaan dengan waktu dan biaya yang minim. Sehingga kita bisa menggunakan waktu untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan, tanpa harus direpotkan dengan hal-hal teknis.

Facebook: @systemeverid
Instagram: @systemeverid
Linkedin: @ylwind
Youtube: @SystemEverID
Website: https://systemever.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *