manfaat pijat bayi
event,  health,  parenting

Manfaat Pijat Bayi Baru Lahir, Bentuk Sentuhan Cinta Ibu untuk Anak

Sentuhan cinta ibu untuk si kecil bisa ditunjukan dalam beragam bentuk, salah satunya bisa ditunjukan dalam bentuk pijatan lembut pada tubuh si kecil. Siapa diantara Moms yang sampai anaknya balita masih suka memijatnya? Wah, sama dong Moms. Saat ini putriku berusia 2 tahun dan setiap hari kami menghabiskan quality time berdua sebelum tidur dengan pijatan.

Pijat bayi yang dimaksud bukan pijat terapi karena sakit ya Moms, kalau pijat terapi beda lagi harus dilakukan oleh ahlinya. Pijat bayi yang saya maksud sebenarnya berupa sentuhan lembut pada tubuh si kecil untuk membuatnya lebih relaks, hanya diberikan sedikit tekanan yang bisa kita sesuaikan dengan usianya. Jadi, jangan salah persepsi ya, bukan pijat akibat terkilir atau keseleo, hehehe.

manfaat pijat bayi

Meski begitu, pijat bayi tetap harus memperhatikan Do’s and Don’t’s nya. Untuk tutorialnya sih bisa dicari di Youtube ya atau bisa juga mendonwload step by step pijat bayi disini.

Moms tau ngga sih kalau pijat bayi yang gerakannya sangat sederhana itu memiliki banyak sekali manfaat untuk tumbuh kembang si kecil? Beberapa pasti sudah tau dong ya? Tapi manfaat persisnya kira-kira Moms sudah tau belum nih?

Baik, supaya makin semangat memberikan sentuhan cinta untuk si kecil di rumah, saya akan sharing tentang manfaat pijat bayi untuk tumbuh kembang anak. Informasi ini saya dapatkan saat bertemu dengan Dr. Bernie Endyarni Medise SpA(K), MPH pada kegiatan pelatihan pijat bayi yang digelar oleh Johnson’s Baby Indonesia di Hotel Grand Mahakam, Jakarta Selatan.

sentuhan cinta ibu

Ini bukan kali pertama Johnson’s menggelar kegiatan pelatihan pijat bayi. Sebelumnya mereka juga pernah menyelenggarakan acara yang sama bahkan mendapatkan rekor Muri Indonesia. Sebagai bentuk komitmen Johnson’s Baby, program pelatihan pijat bayi ini akan terus berkelanjutan sebagai bentuk support mereka terhadap program pemerintah yakni untuk menurunkan angka kematian bayi di Indonesia menjadi 12 per 1.000 kelahiran.  Bahkan, saat ini Jonhson’s bekerja sama dengan Habitat for Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur .

teknik pijat bayi yang benar

Ibu Whynne Lukman, Brand Manager Johnson & Johnson Indonesia, memberikan tips soal memijat bayi. Menurut beliau, pijat bayi dapat dilakukan dalam 2 waktu yakni sebelum mandi dan sebelum tidur. Jika dilakukan sebelum mandi pagi, kita bisa menggunakan baby oil. Sementara, jika pijat dilakukan setelah mandi atau sebelum tidur, Moms bisa menggunakan baby lotion sebab baby lotion dapat mengunci kelembapan kulit bayi sehingga tetap halus dan lembut.

Meski begitu, pijat bayi atau sentuhan cinta ini sebenarnya bisa dilakukan kapan saja selama si kecil siap dan mau. Percaya nggak, kalau kita rutin melakukannya, si kecil nagih sendiri loh.

.

Pentingnya Stimulasi Harian Untuk Tumbuh Kembang Bayi

Moms, kenapa sih pijat bayi ini sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan? Sebab pijat bayi memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Tak hanya secara fisik tapi juga secara mental dan pertumbuhan sel otaknya.

Golden Age atau periode emas anak yakni terletak pada 1000 hari pertama kehidupannya sehingga pada masa ini semua orangtua wajib memperhatikan asupan nutrisi bagi si kecil. Bahkan pada masa ini juga, otak manusia berkembang sangat pesat.

Tau kah Moms, berat otak bayi saat lahir mencapai 400 gram. Lalu saat memasuki usia 3 tahun beratnya bertambah menjadi 1100 gram, artinya otak manusia bertambah sekitar 800 gram selama 3 tahun pertama kehidupannya. Sementara berat otak dewasa hanya 1400 gram. So, sejak usia 3 tahun hingga sekarang otak manusia hanya bertambah 300 gram saja. Kebayang dong seperti apa dahsyatnya?

Ada 2 hal yang sangat dibutuhkan si kecil agar tumbuh kembangnya optimal yaitu nutrisi dan stimulasi. Untuk memenuhi nutrisi bayi bisa diberikan ASI dan melakukan imunisasi hingga selesai. Sementara untuk stimulasi, kita bisa memberikan rangsangan melalui panca indera.

pelatihan pijat bayi untuk ibu hamil

Cara terbaik perawatan bayi dan anak yang dapat dilakukan orangtua yaitu memenuhi kebutuhan fisik yang mencakup nutrisi dan stimulasi panca indera, serta kebutuhan mental dan emosional anak melalui bonding anak dan orangtua.

Multisensory Stimulation yaitu stimulasi yang dilakukan orangtua untuk banyak manfaat dalam kegiatan yang sama. Multisensory stimulation ini dapat dilakukan setiap saat, bisa saat mandi, makan, bermain, persiapan tidur, sentuhan dan stimulasi pijat.

Multisensory stimulation bisa dilakukan melalui eye visual contact atau kontak mata, communication baby talk to mother, touch atau centuhan saat pijat dan fragrance saat menggunakan media oil atau lotion. Nah, sederhananya saat melakukan pijat, supaya mencapai kategori Multisensory Stimulation, Moms bisa memijat si kecil, mengajaknya bicara, bercanda, memberikan wewangian dan lain sebagainya.

pelatihan sentuhan cint ibu untuk bayi bersama Johnsons

Manfaat Pijat Bayi

  1. Manfaat Fisik

  • Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapannya.
  • membantu meningkatkan berat badan sehingga anak dapat tumbuh sehat.
  • melancarkan sistem peredaran darah.
  • melancarkan sistem sirkulasi/pernafasan.
  • menjngkatkan sistem imunitas sehingga bayi tumbuh semakin sehat.
  • meningkatkan kualitas tidur dan membuatnya lebih nyenyak serta lama. Hal ini bagus untuk perkembangan memori si kecil.
  1. Manfaat Emosional

  • Merekatkan bonding dengan ibu.
  • Mudah bersosialisaai seperti tersenyum dan kontak mata.
  • Membantu meredakan ketidaknyamanan seperti kolik dan tumbuh gigi.

multisensory stimulation

Tips Sederhan Memastikan Tumbuh Kembang Anak Optimal

Kategori untuk bayi: sehat, nyaman dan happy.

  1. Sehat, terpenuhi nutrisi agar terhindar dari paparan penyakit termasuk imunisasi.
  2. Kebersihan, pastikan benda yang digunakan si kecil higienis, mulai dari pakaian, mainan, perlengkapan makan dan lainnya.
  3. Happy, memastikan kebutuhan kasih sayang dan keamanan si kecil terjamin.

Kesimpulan

Moms, saat memberikan stimulai untuk si kecil, perhatikan hal-hal berikut ini, seperti: hindari wewangian yang terlalu tajam, suhu ekstrim, tekstur kasar, suara keras dan cahaya yang terlalu terang. Bayi akan langsung mengekplorasi lingkungan terdekatnya saat baru lahir melalui indera sensorinya. Moms bisa membantunya melalui multisensory stimulation yang dilakukan sedini mungkin supaya anak mendapatkan karakter yang ceria, sehat, cerdas dan aktif.

produk johnsons utuk bayi

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *