tips belanja hemat selama bulan puasa, belanja hemat selama lebaran, promo hero, promo giant, promo guardian, promo ikea
event,  financial,  Lifestyle,  moms,  tips & trick

3 TIPS BELANJA HEMAT SELAMA BULAN PUASA

Belanja hemat selama bulan puasa memang cukup sulit dilakukan. Saya pribadi justru seringnya pengeluaran membengkak selama Ramadhan padahal tidak makan minum seharian. Sementara gajian jumlahnya masih sama seperti bulan kemarin. Mana sebentar lagi Idul Fitri, siapin THR, bingkisan, mudik dan masih banyak pengeluaran menanti bulan berikutnya. Jadi harus gimana dong? Pakai kartu kredit kah? Eits, tunggu dulu, Moms.  Saya mau sharing nih tips belanja hemat selama bulan puasa. 

Jadi tadi siang (2/5) saya bersama Hero Group ngobrol seru seputar belanja hemat selama bulan puasa. Perbincangan kita semakin menarik sebab ada mba Ligwina Hananto seorang Financial Management Consultant yang membedah kebocoran keuangan rumah tangga yang sering dilakukan tanpa disadari. Jelas saja Talkshow bertajuk “Anti Boncos di Bulan Ramadhan” ini jadi perhatian peserta gathering yang didominasi oleh ibu-ibu.

tips belanja hemat selama bulan puasa, belanja hemat selama lebaran, promo hero, promo giant, promo guardian, promo ikea

.

Kenali 3 Jenis Pengeluaran Selama Bulan Puasa

Mba Wina mengatakan, ada tiga jenis pengeluaran secara umum yaitu pengeluaran rutin, lifestyle atau gaya hidup dan social. Pengeluaran rutin adalah uang yang kita gunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari seperti transportasi, uang makan siang, uang belanja dan lainnya. Pada bulan puasa, biasanya pengeluaran rutin ini cenderung mengalami penurunan sebab kita gak makan siang, gak jajan, gak ngopi di siang hari.

Namun saat Ramadhan, pengeluaran gaya hidup atau lifestyle ini jadi meningkat sebab biasanya saat berbuka kita ingin menyediakan menu berbuka dan sahur yang baik, misalnya ada takjil, mengonsumsi buah lebih banyak juga varian menu yang lebih beragam dari hari biasanya. Belum lagi badai buka bersama ini bakal merogoh dompet bahkan tabungan kita loh. Gak ikutan, gak enak. Ikutan bukber ya banyak banget!

Tak sampai disitu, pengeluaran social juga turut meningkat bahkan berlaku juga untuk non muslim. Pada bulan suci yang penuh keberkahan semua orang berlomba-lomba untuk saling berbagi, bersedekah, membayar zakat, memberi THR kepada asisten rumah tangga, tukang kebun, security komplek, tukang sampah dan lainnya.

tips belanja hemat selama bulan puasa, belanja hemat selama lebaran, promo hero, promo giant, promo guardian, promo ikea

Terus gimana dong caranya supaya semua kebutuhan selama bulan puasa dan menjelang Idul Fitri ini terpenuhi tanpa harus berhutang?

Mba Wina menegaskan, lakukan disiplin keuangan, gunakan penghasilan bulanan untuk pengeluaran bulanan dan gunakan penghasilan tahunan seperti Tunjangan Hari Raya (THR) untuk pengeluaran tahunan.

Jadi gini Moms, lakukan budgeting bulanan seperti bulan-bulan sebelumnya, ada pos untuk biaya hidup, dana darurat, sedekah, investasi dan dana lain-lain. Lalu gunakan dana THR untuk keperluan membayar zakat, membeli bingkisan, memberi ampau untuk ponakan dan sanak-saudara, berqurban, memberi THR dan mudik bagi yang pulang kampung.

Uang THR habis dong? Ya memang seperti mba Wina sampaikan, uang THR gak bisa diandalkan untuk investasi atau modal usaha misalnya. Baiknya memang uang THR ini disisihkan 10-20% untuk disimpan. Gimana kalau ternyata over budget? Uang THR gak cukup memenuhi kebutuhan tahunan yang saya sebutkan diatas. Nah, disinilah kita harus bijak mengambil keputusan. Lakukan sesuai dengan kemampuan, jangan sampai memaksakan beli ini itu, mudik, ngasih sana sini tapi uang tabungan habis malah sampai pakai kartu kredit segala.

Terus gimana untuk yang freelance seperti blogger yang gak punya uang THR sementara kebutuhan tahunan tetap sama seperti yang lainnya. Kuncinya “persiapkan” jauh-jauh hari. Dan ini yang saya lakukan bahkan sejak Idul Fitri tahun lalu. Jadi saya menyisihkan sekian rupiah setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Lebaran tahun ini sehingga gak keteteran lagi.

.
3 Tips Belanja Hemat Selama Bulan Puasa

Pertama, jangan termakan mitos belanja yang keliru yaitu belanja semurah mungkin tapi dapat barang sebanyak mungkin. Ini keliru ya Moms sebab ada barang ada kualitas. Disaat kita menginginkan kualitas seperti makan nasi dari beras organic, sayur dan buah organic pasti harganya lebih mahal dari sayur dan buah yang biasa. Jangan sampai, dapat sayur banyak dengan harga murah tapi ternyata sayur sisaan yang sudah tidak segar, dimakan pun rasanya gak enak.

Kedua, manfaatkan promo. Perilaku setiap orang saat mendapatkan promo itu berbeda-beda lho Moms. Ada yang kalap sampe beli banyak dan menimbun di rumah ada juga yang justru menyesuaikan promo dengan kebutuhan.

Ketiga, persiapan dana belanja. Nah, ini menarik untuk dicoba. Misalnya setiap bulan kita menyisihkan budget sekian untuk belanja. Selama tidak ada kebutuhan, uang tersebut ya tidak usah dipakai. Jadi pas memang kita butuh sofa misalnya, dan di IKEA lagi ada promo, bisa langsung beli tanpa harus pinjam kartu kredit dulu. Pola belanja seperti ini lebih sehat daripada ngutang dulu.

tips belanja hemat selama bulan puasa, belanja hemat selama lebaran, promo hero, promo giant, promo guardian, promo ikea

 

.

HERO Group Berikan Promo Menarik Selama Ramadhan

Bicara soal belanja hemat selama bulan puasa, Hero Group yang terdiri dari Hero Supermarket, Giant, Guardian dan IKEA, menawarkan banyak sekali promo menarik sepanjang bulan suci Ramadhan ini.

Siapa yang gak kenal HERO Group, saya termasuk masyarakat yang mengandalkan keberadaan mereka. Dulu waktu masih tinggal di Cirebon, tiap bulan ngandelin banget belanja di Giant. Sementara untuk kebutuhan kosmetika dan kesehatan, tinggal melipir ke Guardian yang masih berada dalam satu Gedung.

PT Hero Supermarket Tbk ternyata sudah setia menemani kita selama 47 tahun loh dan termasuk perusahaan ritel modern pertama di Indonesia. Jadi gak heran, kalau nama mereka sudah melekat di masyarakat. Kini mereka sudah memiliki 53 Giant Ekstra, 76 Giant Ekspress, 32 Hero Supermarket, 273 Guardian dan 1 IKEA. Kabar baiknya, IKEA akan membuka store baru di JGC. Jadi siapa yang belum pernah foto di Lorong etalase IKEA BSD? Siap-siap pose di IKEA JGC ya….

tips belanja hemat selama bulan puasa, belanja hemat selama lebaran, promo hero, promo giant, promo guardian, promo ikea

Bapak Hadrianus Wahyu Trikusumo, Director: Group Counsel & Legal Hero Supermarket Tbk berharap dengan adanya promo yang diberikan bisa membantu meringankan pengeluaran rumah tangga masyarakat selama menjalankan ibadah puasa yang biasanya segala macam kebutuhan melonjak. Berikut promo yang diberikan:

1. Hero Supermarket

Jangan lupa nih yang tempat tinggalnya dekat Hero Supermarket nikmati program Pasar Ramadhan 30 days of discovery. Mommies yang belanja min Rp 300.000,- berhak mendapatkan kesempatan tebus murah untuk produk tertentu. Supaya update terus informasi promonya, bisa klik di www.herosupermarket.id atau follow akun Instagram ya di @herosupermarket.

tips belanja hemat selama bulan puasa, belanja hemat selama lebaran, promo hero, promo giant, promo guardian, promo ikea

2. Giant

Belakangan jadi senyum-senyum sendiri liat video singkat wara-wiri di timeline Instagram. Ada si Jutek lah, si Sadis lah dan kok rasanya saya banget deh apalagi si galau yang kebanyakan mikir mau beli ini itu tapi uang gak cukup. Untung ada Giant yang storenya banyak ditemukan di kota besar di Indonesia. Giant punya banyak promo setiap bulannya. Setelah promo Harga Teman pada bulan April, kini Giant menggelar promo dalam 3 program yang berbeda special di bulan Ramadhan, yaitu belanja Murah Bulan Berkah, Pasar Ramadhan Berlimpah Berkah dan Santap Segera Saat Berbuka. Cocok banget buat kalian yang punya rencana buka bersama, ada pilihan menu siap saji di Giant yang rasanya enak dengan harga hemat. Cek promo mereka disini ya @giantindonesiaofficial.

tips belanja hemat selama bulan puasa, belanja hemat selama lebaran, promo hero, promo giant, promo guardian, promo ikea

3. Guardian

Guardian hadir lebih dekat di bulan Ramadhan dan memberikan inspirasi gaya hidup sehat dan cantik selama menjalankan ibadah puasa melalui 273 gerai yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Ibu Erin Arifin, Head of Marketing Guardian, saat puasa terjadi perubahan pola makan dan istirahat yang biasanya membuat sebagian orang tampil kurang fit saat menjalankan aktifitas. Gak mau dong aktifitas dan ibadah kita terhambat. Untuk menopang itu semua, kita bisa mengonsumsi multivitamin. Yang mau tampil cantik saat lebaran pun bisa menambah koleksi makeup dan skincare-nya di Guardian dengan promo diskon hingga 30%. Saya pribadi paling favorit nih promo +1000 nya, cukup dengan menambah seribu rupiah untuk mendapatkan produk kedua secara gratis. Jangan lupa follow akun Instagram @guardian_id untuk mendapatkan update promo produk dan tips seputar kesehatan dan kecantikan.

4. IKEA

Ah, gak usah ditanya, ini mah andalannya buibuk saat butuh perlengkapan rumah tangga. Soal kelengkapan produk sih jangan ditanya, lengkap banget! Harga termurah sampe yang eksklusif juga ready. IKEA juga jadi salah satu tempat seru untuk berburu pernak-pernik foto produk saya selama ini. Bahkan sebagian besar mainan dan perlengkapan Nafeesa juga dari IKEA.

Hampir semua kebutuhan untuk rumah ada disana sebab IKEA memang hadir untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi setiap orang. IKEA dengan pilar utamanya yaitu democratic design memiliki konsep yang unik dan berkualitas seperti memikirkan kualitas, bentuk dan keberlanjutan terhadap produk tersebut.

tips belanja hemat selama bulan puasa, belanja hemat selama lebaran, promo hero, promo giant, promo guardian, promo ikea

Menariknya, IKEA memiliki layanan antar barang loh. Buat yang lagi butuh wajan, produk IDENTISK lagi promo juga Moms, dari harga Rp 499.000 menjadi Rp 399.200. Kita juga berkesempatan mendapatkan Gift Voucher IKEA senilai Rp 1,5 juta untuk setiap pembelian METOD Kitchen. For more information click www.IKEA.co.id

33 Comments

  • traffic people

    Berikut adalah beberapa tips belanja di platform online selama Ramadan dari Shopback Indonesia. Shopback merupakan platfrom gaya hidup yang mendukung masyarakat untuk dapat berbelanja online dengan cermat dan hemat.

  • miyosi

    Iyes, Mb
    Pengeluaran ketika Ramadan rentan membengkak kalau enggak diantisipasi
    Aku juga selalu menyisihkan per bulannya sekian biar pas Ramadan atau lebaran tahun berikutnya enggak berat2 amat hehe
    Nah kalau belanja biasany di Giant, suka ikutin promonya
    Kalau Hero di kotaku udah tutupp T_T

  • masra

    saya banget nih mba sering ketipu sama belanja semurah-murahnya dengan ngambil sebanyak-banyaknya. ujung-ujungnya juga tetep harus ngobok-obok dompet ya hahahaa

      • Yuni

        Baca tulisan diatas jadi cengar-cengir sendiri mbak, pasalnya bulan Ramadhan ini benar-benar terasa pengeluaran lebih besar dr hari-hari biasanya. Memang kadang suka kalap pengen ini itu buat buka puasa…. nyatanya perut gak muat. Dan terimakasih sudah berbagi 3 tips yang jitu banget…..karena hidup ini masih berjalan terus hendaknya kita harus pandai mengatur keuangan agar masa depan terjamin. Mengikuti trend, dengan berhura-hura itu cuma kesenangan sesaat…jadi selama kita masih memiliki masa depan, lebih baik kita atur keuangan sebaik mungkin….Krn lebaran itu terjadi berulang-ulang setiap tahun….dan bila tetap menurutkan hawa nafsu maka masa depan kita bakal menyedihkan…TFS mbak.

  • Dewi adikara

    Nah, kalau ada promo aq masih sering beli banyak sekalian, tapi komitmennya uang utk kebutuhan utama sdh terpenuhi, hehehhe…
    Makasi mbak Cici, infonya lengkap banget, aq jadi pingin lihat IKEA dari dl blm sempet ngintip produknya:)

  • Okti Li

    Benar sekali ya, kita itu harus prioritaskan kebutuhan, bukan keinginan.
    Iya yg punya dana THR, kalau yang enggak macam kami ini, wah intinya mensyukuri atas apa yang sudah ada saja. Hehehe

  • Eryvia Maronie

    Jujur aja, setiap kali bulan Ramadhan saya banyak putar otak untuk mengatur keuangan. Soalnya ya seperti yang disebut di atas, lebih banyak pengeluaran untuk beli takjil, buka puasa bareng manteman, dsb.

  • Rohyati Sofjan

    Komennya pilih yang ini, yang sebelumnya ada salah ketik. Maaf. Ngantuk da jam sahur.
    Ini dia, pos belanja selama ramadhan memang lebih besar daripada bulan biasa, soalnya ada tambahan untuk lebaran.
    Saya sendiri lebih fokus pada stok makanan di lemari kecil untuk sahur. Harus selalu sedia telur dan makanan kering. Mie instan ada stok tetapi jarang dipakai. Biasanya menghangatkan makanan sisa buka kemarin. Belum basi, sih. Kayak hari ini. Kemarin masak sayur kacang hitam, goreng tahu dan naget ayam, masih ada sisa sedikit ayam goreng yang ogah dimakan Palung, Lalu kemarin sore ayahnya yang laden bangunan pulang kerja bawa ikan pemberian bos yang punya tempar pemancingan. Alhamdulillah, disyukuri saja.
    Yang utama bagi saya untuk anak adalah harus ada susu dan buah.
    Panjang umur untuik Hero Group. Saya pernahnya belanja di Hero kala masih di Bandung, belum pernah ke Giant, sih.
    Hi hi, pengen juga ke IKEA. Penasaran dengan perabotnya yang cantik dan berkualitas,
    Salam kenal, ya, Mbak. Saya dari WAG Fun. 🙂

  • Diah

    mantap banget nih Mbak, asyik ya kalau ada Giant. Bisa jadi lebih hemat dong ya, secara banyak promonya gitu dan lebih ngertiin buibuk, heheh. Sayang nih di Kendari sini belum ada Giant. Jadi belum bisa menikmatinya, ikss

  • Tuty Saca

    Nah iya nih aku lagi berusaha untuk tidak membuka pintu hutang. Mau beli sesuatu kudu nabung dulu jangan mudah tergoda dengan cicilan kartu kredit hehehhee

    • fillyawie

      Setuju Uang THR memang nggak bisa dipakai buat investasi apalagi nabung, lha wong pas lebaran kebutuhan pokok baiknya bisa 2x lipat wkwkwk. Belum lagi kebutuhan lainnya mulai dari angpao, kue kering dll beneran bikin THR habis malah bisa nombok ya Ci. Aku paling sering belanja di Giant, Hero dan Guardian. Kalau Ikea udah nggak pernah lagi, semenjak tinggal di Makassar. Sedih akutuu .

  • lianny hendrawati

    Nah iya kadang kalo sudah ada promo, suka beli barang yang nggak perlu hanya karena harga murah ya.
    Dari awal harus sdh di list mana yang memang merupakan kebutuhan yang harus dibeli.

  • Heni Puspita

    Saya sering belanja di Giant, pas depan rumah ibu jadi enak tinggal nyebrang. Sering promo minyak goreng jg he he.
    Sepertinya memang harus sisihkan uang u budget bulan Ramadan n Lebaran.
    Ada yg ikut tabungan jadi pas Ramadan/jelang puasa bisa buat beli beras, minyak, dsb.
    Pengeluaran meningkat sbnernya bukan boros ya, tp pasti deh pengen lebih banyak berbagi ke keluarga, tetangga, atau yg membutuhkan. Dari hal seperti bagi makanan berbuka atau sedekah u yang kurang mampu.

  • Hidayah Sulistyowati

    Asliii, aku juga ngakak lihat video di timeline Instagram, selama ini nggak pernah sih kejadian kayak gitu. Mantap aja belanjanya di Giant, terutama weekend tuh suka ada promo harga diskon dengan produk tertentu. Dan kalo belanja dari dulu aku suka bawa catatan, udah punya prediksi juga harga perkiraan barang yang akan saya beli. Jadi udah ada budget khusus yang nggak berlebihan. Kalo pun lebih, paling untuk belanja buah pas kebetulan ada promo yang nggak masuk daftar belanjaan

  • Kurnia amelia

    Aku lagi mencoba tidak tertarik sama promo dan menimbun barang nih huhu tapi agak susah sih ya soale klo liat promo langsung clinggg banget mata ini hehe. Ptapi pas udah beli banyak gitu dan liat saldo jadi nyess sendiri hehe.

  • Heni Puspita

    Baru tau kalau giant dan ikea itu satu grup
    Aku sering belanja ke giant dekat rumah
    Untuk promo aku beli yang butuh aja
    Merk yg dipake pun belum tentu bakal beli banhak kalau promo, sebutuhnya aja
    Klo temen2ku iya deh kalau kyk margarin gitu promo, beli banyak krn buat bikin kue n dijual kuenya hehe

  • Lidya

    Kayanya selama puasa ini banyak orang yang mengeluarkan uang lebih bayak ya untuk ini itu, padahal bisa kok berhemat juga ya.
    Kalau mau beli harus bener2 dipilih jangan karena kena rayuan harga murah tapi kualitasnya gak bagus

  • Anne Adzkia

    Alhamdulillah kami termasuk yg lebih bisa hemat kalau Ramadhan, krn jarang keluar rumah. Ongkos transport dan makan selama di luar yg biasanya bikin budget membengkak. Utk mmg Idul Fitri hrs siapin budget dr awal ya, krn kalo udah ketemu keluarga besar, ada aja pengeluaran tak terduga utk ngasih sana-sini.
    Btw, IKEA promonya telat…huhuhu, aku baru beli barang tepat bbrp hari sblm promo dimulai (jadi tsurhat dimarih),hihihi

  • Nyi Penengah Dewanti

    Jadi IKEA sama Giant satu perusahaan Hero Group
    duh kalo ada promo begini sangat membantu ibu rumah tangga banget ya Mba Ci
    soal jangan tergoda barang murah, itu juga kita wajib banget cek dengan teliti soalnya kemarin baru kejadian akunya hahaha

  • lendyagasshi

    Sering banget lewat dari dana belanja.
    Hiiks~
    Padahal uda di list, nanti butuhnya belanja apa aja.
    Tapi suka kalap, banyak yang dipingin dan berasa perlu semua.
    Huwaaa~

  • Nyi Penengah Dewanti

    Kayaknya udah jadi naluri kalo wanita demen belanja wkaakak
    tapi juga harus memerhatikan apa saja yang dibelanjakan ya Mba
    terus kalao ada promo manfaatin banget ini
    makasih tipsnya mba Ci. Giant lebih miring harganya memang

  • Andiyani Achmad

    Harus banget hemat belanja selama bulan puasa ini ya, kalo enggak bisa bisa boncos deh. Mana pas liat makanan buat buka puasa udah kalap, apa aja mau dibeli hahhaha. anyway thanks buat tipsnya

  • Uniek Kaswarganti

    Beli barang dengan ngutang tuh jatuhnya nyesek di belakang mba. Apalagi jika kena bunga cicilan yang lumayan tinggi duuuhh… Saat lihat barang yang kita beli dan ingat hal itu tentu rasanya gimanaaa gitu. 😉 Thanks untuk tips2nya ya mba

  • Euisry Noor

    Betul banget Mbak, Ramadhan pengeluaran membengkak gini, padahal ini aku cuma buka puasa di rumah, gak ada acara bukber sama sekali. Tetep aja, huhu… Dan kebayang lebaran kudu bagi2 parcel, butuh manajemen keuangan yg baik emang

  • Ira Hamid

    sayangnya ke-empat tempat belanja di atas belum ada di kotaku, hiks 🙁
    Dan karena itulah saya dan keluarga belanjanya di pasar tradisional, alhamdulillah harga barang-barang relatif murah jadi bisa lebih hemat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *