Knobbed Cylinders, knobbed cylinder
BBC,  Montessori

Knobbed Cylinder, Bekerja dengan Aparatus Montessori

Knobbed cylinder adalah material Montessori yang dirancang untuk membantu anak membuat perbedaan atau diskriminasi dimensi pada lingkungannya. Aktivitas ini menyiapkan anak pada kegiatan Matematika seperti perbandingan, penilaian dan seri.

Control of error terdapat pada Knobbed cylinder dimana anak akan mencari knobbed dan lubang yang sesuai. Aktivitas ini akan melibatkan indra peraba dan penglihatan.

Knobbed Cylinders, knobbed cylinder

Terdapat 4 blok knobbed cylinder, masing-masing berisi 10 cylinder atau tabung dengan knobbed atau kenop diatasnya. Setiap cylinder memiliki lubangnya masing-masing pada blok.

  • Knobbed cylinder pertama: Knobbed cylinder memiliki variasi dua dimensi dengan diameter mulai dari 1-5,5 cm. Ciri dari Knobbed cylinder pertama yaitu memiliki tinggi yang sama yakni 5.5 cm. Anak memahami prinsip tebal dan tipis.
  • Knobbed cylinder kedua: memiliki tiga dimensi dengan diameter mulai dari 1-5,5 cm. Ciri dari Knobbed cylinder kedua yaitu tingginya bertambah mulai dari 1-5,5 cm. Anak memahami prinsip besar dan kecil.
  • Knobbed cylinder ketiga: memiliki variasi tiga dimensi dengan diameter mulai dari 1-5,5 cm dan tinggi berkurang mulai dari 5,5-1 cm. Tidak ada dimensi terisolasi.
  • Knobbed cylinder keempat: hanya memiliki satu dimensi dengan diameter sama sementara tinggi bertambah mulai dari 1-5,5 cm. Anak memahami prinsip tinggi dan pendek dan prinsip perbandingan positif, komparatif dan superlative.

.

Tujuan dan Manfaat Bekerja dengan Knobbed Cylinder

Knobbed cylinder dapat dikenalkan pada anak mulai dari usia 3-3,5 tahun. Knobbed cylinder mengajarkan anak tentang diskriminasi dimensi melalui penglihatan. Seiring bertambahnya kompetensi anak, mereka mampu melakukan diskriminasi dimensi hanya melalui sentuhan.

Knobbed cylinder juga menyiapkan anak pada proses menulis (pre-writing) sebab jari-jari anak akan semakin terlatih ketika menjepit knobbed atau kenop menggunakan tiga jari sebagaimana ketika memegang pensil saat menulis.

Bekerja dengan Knobbed cylinder juga memberikan pengalaman dan pengetahuan dasar Matematika dan Bahasa sekaligus. Anak belajar bagaimana menggunakan kata perbandingan seperti besar, lebih besar, paling besar, sama besar, sama tinggi dan lainnya.

Baca juga: 9 Grup Sensorial pada Montessori

. 

Perhatikan Hal ini Saat Memilih Aparatus

Sebagaimana prinsip kurikulum Montessori, pilihlah Knobbed cylinder yang terisolasi dan presisi. Knobbed cylinder yang baik terbuat dari kayu solid, bukan sambungan. Terdapat lekukan pada badan blok untuk memudahkan anak membawanya dengan kedua tangan. Pada bagian bawah blok terdapat lubang kecil untuk menusuk knobbed jika sulit dikeluarkan. Lubang bisa sebesar jarum atau tusuk gigi.

Baca juga: Melatih Kecerdasan Anak dengan Area Sensorial Montessori